TATA CARA PEMBERIAN HAK ATAS MEREK DAN PERLINDUNGAN

PPSH- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Jl. Siwalankerto Utara II No. 42 SURABAYA

1

APAKAH HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI)

Adalah Hak yang timbul bagi hasil olah pikir otak yang menghasilkan suatu produk atas hasil proses yang berguna untuk manusia Obyeknya Adalah : Karya –karya yang timbul atau lahir karena kemampuan Intelektual Manusia (yang diwujudkan)
2

1. Hak desain tata Letak Sirkuit Terpadu e. Sastra Ilmu Pengetahuan. Rahasia dagang. 2. Hak desain Industri d.HKI Mencakup 2 : Hak Cipta antara lain : Seni. 3 . Hak Kekayaan Industri yang meliputi : a. Hak Merek b. Hak Paten c.

barang. dan dijaga kerahasiannya oleh pemilik rahasia dagang. dan sastra. Hak Paten adalah setiap penemuan tehnologi/proses yang berupa produk atau alat yang baru dan mempunyai nilai kegunaan praktis.Pengertian :     Hak Cipta : adalah hasil setiap karya pencipta dalam bentuk yang khas dan menunjukkan keasliannya dalam ilmu pengetahuan. mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha. konfigurasi atau komposisi garis atau warna. atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi/dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk. atau garis dan warna. Desain Industri adalah kreasi tentang bentuk. komoditas industri atau kerajinan tangan. Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum dibidang tehnologi dan/atau bisnis. seni. 4 .

5 .Bagaimana Perlindungan HKI ? 1. Mempunyai alat bukti yaitu berupa surat keterangan atau sertifikat. Mengajukan Permohonan Ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual. 2. 3. Melakukan pendaftaran HKI.

 6 . huruf-huruf. angkaangka. susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembedadan dipergunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.Merek adalah suatu tanda yang berupa gambar.

32 tahun 2000 tentang desain tata letak sirkuit terpadu UU No. 4. 3. 2. 15 tahun 2001 tentang Merek UU No.Dasar Hukum HKI 1. 6. 5. 14 tahun 2001 tentang Paten UU No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri UU No. UU No.19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta 7 . 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang UU No.

7 Th. Perjanjian Trips (Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights) sebagai salah satu agenda WTO yang mewajibkan negara-negara anggotanga untuk memberikan perlindungan yang memadai terhadap HKI 8 .1994.Latar Belakang   Keanggotaan Indonesia di WTO dengan UU no.

Apakah Merek itu ?    Merek adalah “tanda” yang berupa : Gambar. huruf-huruf. atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki “Daya Pembeda” dan digunakan dalam kegiatan perdagangan Barang dan Jasa.2001 tentang Merek 9 . Dasar Hukum : UU No. angka-angka susunan warna. 15 Th.

10 . Merek Kolektif adalah merek yang digunakan pada barang dan/jasa dengan karakteristik yang sama untuk membedakan dengan barang/jasa yang sejenis lainnya.Ada Berapa Jenis Merek ? Jenis Merek ada 3 yaitu : 1. Merek Dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya. 3. Merek Jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan untuk membedakan dengan jasa sejenis lainnya. 2.

sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebut mereknya Sebagai jaminan atas mutu barangnya Menunjukkan asal barang/jasa yang dihasilkan 11 . 4. 2.Apa saja fungsi dari Merek ? Fungsi dari Merek adalah : 1. 3. Tanda Pengenal Untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya . Sebagai alat promosi.

Sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama keseluruhan atau persamaan pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang/jasa sejenis. 12 .Apa fungsi Pendaftaran Merek ? 1. Sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran barang/jasa sejenis. 3. Sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas merek yang didaftarkan. 2.

Didaftarkan oleh pemohon yang beritikad tidak baik. 5. 2. atau ketertiban umum Tidak memiliki daya pembeda Telah menjadi milik umum atau Karena merupakan keterangan tentang barang dan jasa yang dimohonkan pendaftarannya. 4. moralitas keagamaan. 3. 13 .Merek yang tidak dapat didaftarkan 1. kesusilaan. Bertentangan dengan Peraturan Per-UU yang berlaku.

emblem negara atau Lembaga Nasional maupun internasional. 2. foto atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain.Mengapa Permohonan Pendaftaran Merek ditolak ? 1. 3. Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan indikasi Geografis yang sudah dikenal. bendera. Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhan dengan merek yang sudah didaftarkan lebih dulu untuk barang dan jasa yang sejenis. 14 . kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang. 5. Mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek yang sudah terkenal milik oranglain untuk barang atau jasa sejenis. 6. Merupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap stempel resmi dari negara atau Lembaga Pemerintahan. singkatan nama. lambang. kecuali atas persetujuan tertulis dari yang berhak. Merupakan atau menyerupai nama orang terkenal. Merupakan tiruan dari nama. 4.

d. 15 . 600. Surat permohonan Pendaftaran dilampiri dengan : Foto Copy KTP Foto Copi pendirian badan hukum yang telah disahkan oleh notaris. Mengajukan permohonan pendaftaran rangkap 4 (empat) pada blangko formulir dan ditanda tangani oleh pemohon/kuasanya. membuat surat pernyataan bahwa merek itu adalah benar – benar miliknya.Bagaimana Cara Pendaftaran Merek ? 1. Etiket atau contoh merek sebanyak 25 lembar dengan ukuran 3x3 cm atau 8x8 cm. b. c. a. Surat Kuasa kusus apabila permohonan pendaftaran dikuasakan. e. 2.000. f. Membayar biaya penerimaan negara bukan pajak (Pnbp) sebesar Rp. apabila oleh perseorangan tidak perlu legalisir.

16 . Merek digunakan untuk jenis barang yang berbeda dan tidak sesuai jenis barang yang dimintakan pendaftarannya. 2. Merek tidak digunakan selama 3 tahun berturut-turut sejak tanggal pendaftarannya.Apakah Merek bisa dihapuskan ? Merek terdaftar dapat dihapuskan karena : 1.

Jangka Waktu Perlindungan Merek :   Jangka waktu untuk pendaftaran merek adalah 10 tahun Merek dapat diperpanjang dengan syarat mengajukan perpanjangan pendaftaran merek yang diajukan oleh pemilik/kuasanya secepat – cepatnya 12 bulan sebelum berakhirnya jangka waktu perlindungan pendaftaran merek tersebut. 17 .

Ps. 94 Dipidana penjara max 1 tahun dan /atau denda max 200 juta apabila memperdagangkan barang dan jasa sebagaimana dimaksud dalam ps.5 th dan /atau denda max Rp. 90. Pidana penjara Max 5 th dan/atau denda Max Rp. Ps. 15 Th. 1 milyard apabila menggunakan tanda yang sama pada keseluruhan dengan indikasi geografis milik pihak lain. Pidana penjara Max 4 th dan/atau denda max 800 juta apabila menggunakan merek terdaftar pihak lain yang memiliki persamaan pada pokoknya. Ps. 93 Dipidana penjara max 4 th dan/atau denda max 800 juta apabila menggunakan tanpa hak tanda yang dilindungi berdasarkan indikasi asal pada barang atau jasa sehingga dapat memperdaya atau menyesatkan masyarakat mengenai asal barang atau jasa tersebut. 92 ayat (2) Pidana Penjara max 4 th dan/atau denda max 800 juta apabila menggunakan tanda yang sama pada pokoknya dengan indikasi geografis milik pihak lain. 90.Ketentuan Pidana berdasarkan UU No. Ps.92 ayat (1) Pidana Penjara max. dan 93. 1 Milyard apabila menggunakan merek terdaftar tanpa izin. 2001 ttg Merek       Ps. 91.91. Ps. 18 .

0-7.Hukum dan HAM Jatim Jl. Direktorat Jenderal HKI Dep.Dimana Dapat Mengajukan Permintaan Pendaftaran HKI ? 1. Juklak Penerimaan permohonan HKI di Kantor wilayah Dep. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Jl. 4. 42 Surabaya.Hukum dan HAM R.I Jl. Kanwil Dep.Hukum dan HAM RI ) 3.Kayun 50-52 SBY ( Surat Kept Dirjen HKI No. Sentra HKI Perguruan Tinggi di Jatim 19 .Daan Mogot Km.H1-PR.24 Tangerang – Banten 2.06 Tahun 2004 ttg. Siwalankerto Utara II No. Konsultan HKI 5.

go.id 20 .TERIMA KASIH Departeemn Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia DIREKTORAT JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL Website : http://www.dgip.

21 .

22 .

23 .

24 .

  NOTE: Apabila permohonan yang diajukan DITOLAK : – Pemohon/ kuasa akan diberitahukan secara tertulis melalui surat. – Apabila Permohonan DITERIMA :    Pemohon/ kuasa akan diberitahukan secara tertulis melalui surat . dalam jangka waktu yang telah ditetapkan – Dalam hal permohonan ditolak. 25 . untuk mengambil Sertifikat ke DitJen HKI di Tangerang Atau : Kantor Wilayah dapat membantu teknis pengambilan Sertifikat sesuai dengan permintaan pemohon. dengan menyertakan alasan penolakan oleh Tim Pemeriksa dari Direktorat Jendral HKI RI – Pemohon dapat mengajukan surat sanggahan atas penolakan tersebut. maka segala biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful