SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)
DEMAM PADA ANAK
DISUSUN OLEH : VIDA LIDYAWATI NIM. 1201030313

PRORAM SARJANA KEPARAWATAN STIKes KENDEDES MALANG 2012

Memang sebagian besar kejadian demam pada anak mudah diketahui. namun telah diketahui juga demam pada kelompok yang beresiko tinggi. sekitar 10-30% dari semua keluhan yang diketemukan pada gawat darurat di rumah sakit atau dalam praktek dokter sehari-hari.PENGERTIAN DEMAM  Demam adalah keluhan pada anak yang paling sering dijumpai. .

tablet dibagi sesuai dengan dosisnya. kemudian digerus dan diminumkan. Memberikan kompres. dengan menggunakan kain bersih. Parasetamol diberikan 4 kali tiap 6 jam untuk waktu 2 hari. celupkan pada air (tidak perlu air es).  Cara pemberiannya. bayi dibawah 2 bulan dengan demam harus segera dirujuk.CARA MENGATASI DEMAM PAD A ANAK Untuk anak usia 2 bulan sampai 5 tahun demam diatasi dengan memberikan parasetamol atau dengan kompres.  .

•   . memberi minum pada anak yang demam Memandikan memandikan dengan menggunakan busa atau lap basah merupakan salah satu cara yang baik untuk menurunkan demam apabila anak muntah atau tidak dapat meminum obat penurun demam.memberi makan. Ini akan membantu mengencerkan dahak. Gunakan air hangat dan lap anak Anda dengan busa khusus atau lap mandi. Terkadang. air buah dan sebagainya) lebih banyak dari biasanya. Pemberian minuman Usahakan pemberian cairan (air putih. sedikit-sedikit tetapi berulang-ulang yaitu lebih sering dari biasanya. mandi dan minum obat penurun demam dapat menurunkan demam dan membuat anak merasa lebih nyaman. Pemberian ASI pada bayi yang menyusu tetap diteruskan. kekurangan cairan akan menambah parah sakit yang diderita. Cara memandikan. lebih-lebih jika muntah. Pemberian makanan Berikan makanan yang cukup gizi.

kuah sup. tangan dan kaki anak dengan air hangat. Upaya-upaya yang tidak dianjurkan : • Mengompres dengan air dingin • Mengompres dengan alcohol Obat yang dianjurkan : Parasetamol adalah obat pilihan pada anak-anak. . • Jaga agar anak tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. air. susu. bisa dilakukan di bak mandi. • Mengompres dengan air hangat (+/. atau jus buah). • Kenakan pakaian tipis dalam ruangan yang baik ventilasi udaranya. lalu basuh badan.40 derajat selsius).UPAYA YANG DILAKUKAN PADA DEMAM ANAK Beberapa upaya pertolongan pertama pada anak yang demam adalah : • Tingkatkan asupan cairan (ASI.

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful