RADIOLOGY of NORMAL THORAX & ABDOMEN dr.Abdul Latief Sp.

Rad(K) tanggal 29 Des 09
huff,,, alhamdulllah akhirnya kelar!! ngedit materi satu ini diperlukan pengorbanan. demi teman2 semua…..pokoknya harus dibaca!!

Mengapa seseorang melakukan pemeriksaan thorax? Karena ingin menegatahui keadaan thorax dalam dan luar. Kita memeriksa thorax luar dengan inspeksi. Untuk mengetahui bagian dalam dilakukan pemeriksaan menggunakan foto/pencitraan. Pencitraan tersebut menggunakan sinar x yang ditemukan Wilhelm Conrad Rontgen. Mari mengenal tokoh! WILHELM Conrad Rontgen adalah seorang fisikawan Jerman. Ia menerima Penghargaan Nobel Fisika pada 1901 untuk penemuan sinar-X. Penemuan ini menandai dimulainya zaman fisika modern dan revolusi kedokteran diagnostik. Pada 1895 ia mengadakan percobaan dengan aliran arus listrik dan tabung gelas yang dikosongkan sebagian (tabung sinar katode). Rontgen mengamati bahwa potongan barium platinosianida yang berdekatan melepaskan sinar saat tabung dioperasikan. Ia merumuskan teori bahwa saat sinar katode (elektron) menembus dinding gelas tabung, terjadilah fluoresensi. Pengamatan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kertas, kayu, dan aluminum, di antara bahan lain, transparan pada bentuk baru radiasi ini. Hal ini mempengaruhi plat fotografi dan menunjukkan beberapa sifat cahaya, seperti refleksi atau refraksi. Ia menyebutnya fenomena radiasi X/radiasi Rontgen. Rontgen mengambil fotografi sinar-X pertama dari bagian dalam obyek logam dan tulang tangan istrinya. ♣ ♣ Sesuatu yang menghalang sinar x maka akan memberikan gambaran putih (opaq) Sesuatu yang ditembus sinar x akan memberikan gambaran hitam (lucent)

arcus aorta costae pulmo

A.pulmonalis jantung

dextra

1

Kecuali pada orang yang lanjut usia.56. maka di luar paru-paru terdapat udara. ukuran jantung (CTR) normal alah 0. Cirinya : di paruparu nampak gambaran seperti awan. diambil gambar AP dalam posisi berbaring. khususnya di bagian apex.Pada gambar di atas pulmo nampak lucent karena mengandung banyak udara pada alveolinya. Ukuran jantung dewasa: tidak boleh melebihi setengah diameter interthoracal (CTR: Cardio Thoracic Ratio) Ukuran jantung Batita : > setengah (sekitar 0. Namun dibandingkan dengan udara di luar tubuh. 2 . bukan merupakan TB. biasanya TB menyerang paru bagian bawah. Di Indonesia penyakit paru seperti TB (Tuberculosis) masih banyak. Pemotretan thorax dapat dilakukan dengan 2 cara: Posteroanterior (PA): sinar dari belakang ke depan Anteroposterior (AP): sinar dari depan ke belakang. sehingga jika terdapat infeksi mudah berkembang.6 atau 0. kabut atau gambaran bulat seperti koin (coin lesion) pada paru-paru.7) tetapi jika melebihi ukuran tersebut maka dicurigai bahwa jantung anak tersebut membesar. udara dalam paru memiliki warna lucent yang lebih rendah. Dalam melihat hasil foto Rontgen harus diperhatikan adanya kelainan2 seperti garisgaris putih. Jika warna lucent paru-paru sama dengan udara luar tubuh maka ada kemungkinan pnemothorax (thorax memiliki udara) misal saat luka tusuk yg mengakibatkan paru-paru mengempis. Menurut penelitian : sumber sinar Rontgen dengan jarak 100 cm. Tetapi kalau gambaran seperti awan ada di bawah. Mengapa di bagian apex? Karena vaskularisasi pada bagian apex relative sedikit.

maupun belakang cavum thorax. tengah . Sehingga terlihat organ mana yang terletak di depan. Mengapa diperlukan foto lateral? Karena dengan pemotretan AP maupun PA sesuatu yang di tengah thorax tertutup organ di depannya. 3 . • Saat inspirasi: udara masuk diafragma mendatar/rendah (ketinggiannya adalah sebesar 10 costae) NB: menghitung costae dari bawah. jika bagian tersebut hilang berarti ada jantung pasien membesar (cardio megaly).Gambar di atas merupakan foto lateral thorax. Tampak adanya retrosternal air space.

jika warnanya opaq maka disana terdapat cairan yang disebut efusi. Jantung langsing (Karena diaphragma turun) Saat ekspirasi: udara keluar diaphragm melengkung/naik (ketinggian kurang dari 10 costae) Jantung terlihat membesar Diaphragma gelembung gaster sinus costophrenicus Warna sinus costophrenicus harus lucent. Orang yang menderita asma jika melakukan inspirasi mudah. tetapi kesulitan untuk ekxpirasi. 4 . Broncus paru-paru menyempit sehingga udara tidak bisa keluar dan menekan jantung.• • • Pada orang yang menderita asma biasanya ketinggian diaphragma hingga costae 12. gambar disamping merupakan emfisema pada paru-paru.Di mana jantung terlihat kecil karena tertekan oleh paru-paru yang mempunyai tekanan besar. Jika terjadi efusi paru maka sinus costophrenicusnya terlihat tumpul. Yang terjadi pada orang yang menderita asma.

Ini juga dipakai saat pasien tidak mampu duduk dan berdiri. tidak goyang. Sedangkan gambar kanan merupakan foto thorax supine (pasien terlentang/tidur). Foto yang baik sesuai. pada gambar disamping terdapat bulatan (panah pendek) yang terletak di midclavicular line. namun kalau keadaan pasien sakit maka posisi duduk diperbolehkan. karena apa? Harga satu film mahal. Gambar kanan adalah foto ketika pasien yang difoto posisinya agak miring. (pokoknya posisi upright/tegak).Di atas merupakan contoh foto Rontgen yg tidak baik. Sekarang ini ada teknik foto Rontgen yang menggunakan CR (Computerized Radiography) jadi yang di belakang/layar bukan film melainkan plat elektronik yang kemudian diproses sehingga kualitasnya gambar dan pencahayaan baik. (back to economical problem). sinar dari belakang (PA).. Gambar kiri terlihat kabur karena penyetelan kV (kiloVoltage) yang terlalu rendah. 5 . karena sel kanker berkembang scr teratur dari suatu titik menjadi suatu bola. sehingga costae terlihat rapat. ini bukanlah kanker. sinar dari depan (AP).. Tetapi di negara kita tercinta foto yang seperti ini tetap dipake.dan penyetelan kV (kilovoltage) tidak terlalu tinggi/rendah. Dikatakan kanker jika bulatan terletak agak di atas (lihat panah panjang) kanke r mengapa kanker bentuknya bulat. Biasanya pasien yang akan difoto thorax berada dalam posisi berdiri.

biasanya titik-titik yang tampak di apex kecil-kecil semakin ke bawah semakin besar titiknya.Kalau TB titik/bulatan berjumlah banyak tersebar sebesar biji wijen sehingga disebut milliary(kecil-kecil). Jika penyebaran TB melalui bronchus. 6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful