You are on page 1of 12

Ketidakefektifan Memelihara Kesehatan (00099)

Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Ketidakmampuan untuk mengatur, dan/atau mencari memelihara kesehatan. Definisi Karakteristik:
Mendemontrasikan kekurangan perilaku adaptif terhadap perubahan lingkungan. Mendemonstrasikan kekurangan pengetahuan mengenai praktek kesehatan dasar. Kurang menarik mengekspresikan dalam memperbaiki perilaku kesehatan. Riwayat kurang perilaku pencarian kesehatan. Ketidakmampuan menerima respon untuk memenuhi praktek kesehatan dasar. Kerusakan sistem dukungan personal.

mengidentifikasi, bantuan untuk

Faktor yang berhubungan:


Kerusakan kognitif Komplikasi dari dukacita Kurang keterampilan berkomunikasi Kurang keterampilan motorik yang menyenangkan Kurang keterampilan motorik yang kasar Ketidakmampuan untuk membuat keputusan yang sesuai Ketidakefektifan koping keluarga Ketidakefektifan koping individu

1|Domain 1: Promosi Kesehatan

Ketidakcukupan sumber (e.g: alat, keuangan) Tidak ada keterampilan motorik yang menyenangkan Tidak ada keterampilan motorik yang menyenangkan Kerusakan perceptual (tanggapan) Distress spiritual Tidak tercapai tugas perkembangan

2|Domain 1: Promosi Kesehatan

Ketidakefektifan Manajemen Kesehatan Diri (00078)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Pola regulasi dan integrasi dari aturan terapeutik kegiatan sehari-hari untuk perawatan penyakit dan hal ini berakibat untuk memenuhi hasil kesehatan secara spesifik. Definisi Karakteristik:
Kegagalan memasukkan perawatan aturan dalam kegiatan sehari-hari. Kegagalan menerima tindakan untuk mengurangi faktor resiko. Membuat pilihan dalam kegiatan sehari-hari yang tidak efektif untuk memenuhi hasil kesehatan. Verbalisasi keinginan untuk mengatur (manage) penyakit. Vebalisasi kesulitan dengan aturan resep pengobatan.

Faktor yang berhubungan:


Kompleksitas sistem pelayanan kesehatan Kompleksitas aturan terapeutik Keputusan konflik Kesulitan ekonomi Terlalu banyak (berlebihan) dalam membuat permintaan (e.g: individual, keluarga) Konflik keluarga Pola pelayanan kesehatan keluarga Inadekuat banyaknya syarat (cues) untuk melakukan tindakan 3|Domain 1: Promosi Kesehatan

Ketidakcukupan pengetahuan Aturan hidup (regimen) Merasa terhalang Kehilangan kekuatan Merasa gawat Merasa lelah Merasa penting Ketidakcukupan dukungan sosial

4|Domain 1: Promosi Kesehatan

Kerusakan Memelihara Rumah (00098)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Ketidakmampuan untuk memelihara secara bebas keamanan promosi pertumbuhan lingkungan dengan segera. Definisi Karakteristik: Objektif:
Keadaan sekitar yang kacau. Ketidaksesuaian temperatur rumah tangga. Ketidakcukupan pakaian. Ketidakcukupan linen. Kehilangan pakaian. Kehilangan linen. Kehilangan alat yang diperlukan. Bau yang menusuk hidung. Anggota keluarga yang terlalu banyak. Kehadiran vermin (binatang kecil yang mengganggu, spt kutu). Keadaan yang tidak hyegine berkali-kali. Infeksi dikarenankan ketidak hygine berkali-kali. Ketidaktersediaan alat masak. Keadaan sekitar yang tidak bersih.

Subjektif: Anggota rumah tangga yang menggambarkan krisis keuangan. Anggota keluarga yang menggambarkan debit yang belum terselesaikan. 5|Domain 1: Promosi Kesehatan

Anggota keluarga mengekspresikan kesulitan memelihara rumah mereka pada model yang nyaman. Anggota keluarga menginginkan bantuan untuk memelihara rumah.

Faktor yang berhubungan:


Ketidakcukupan pengetahuan Penyakit Inadekuat sistem dukungan Perlukaan Kerusakan fungsi Ketidakcukupan organisasi (mengetur) keluarga Ketidakcukupan rencana keluarga Ketidakcukupan keuangan Kehilangan role model Tidak mengenali sumber lingkungan

6|Domain 1: Promosi Kesehatan

Kesiapan untuk Mempertinggi Status Immunisasi (00186)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Domain 11 : Keselamatan/Perlindungan Class 1 : Infeksi Class 5 : Proses Pertahanan Definisi : Sebuah pola penyesuaian diri untuk standar imunisasi lokal, nasional, dan/atau internasional untuk pencegahan penyakit infeksi yang cukup untuk melindungi seseorang, keluarga, atau komunitas dan dapat menjadikan lebih kuat. Definisi Karakteristik:
Mengekspresikan keinginan untuk mempertinggi perilaku terhadap pencegahan penyakit infeksi. Mengekspresikan keinginan untuk mempertinggi identifikasi masalah yang mungkin berhubungan dengan kekebalan. Mengekspresikan keinginan untuk mempertinggi identifikasi ketersediaan immunisasi. Mengekspresikan keinginan untuk mempertinggi status kekebalan. Mengekspresikan keinginan untuk mempertinggi mempertinggi standar imunisasi. Mengekspresikan keinginan untuk mempertinggi penyimpanan catatan immunisasi.

7|Domain 1: Promosi Kesehatan

Kelalaian Diri (00193)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Kumpulan perilaku kerangka kebudayaan yang meliputi aktivitas perawatan diri perseorangan atau lebih, hal ini merupakan suatu kegagalan untuk memelihara penerimaan sosial terhadap standar kesehatan dan kesejahteraan (Gibbons, Lauder, & Ludwick, 2006). Definisi Karakteristik:
Inadekuat hygiene personal. Inadekuat hygiene lingkungan. Ketidaktaatan pada kegiatan kesehatan.

Faktor yang berhubungan:


Sindrom capgras Kerusakan kognitif (e.g: demensia) Depresi Ketidakmampuan untuk belajar Kekhawatiran terhadap kelembagaan Tidak berfungsinya lobus frontal dan kemampuan proses pelaksanaan Kerusakan fungsional Gaya hidup/pilihan Keseimbangan kontrol Pura-pura sakit (malinger) Gangguan obsesif-kompulsif

8|Domain 1: Promosi Kesehatan

Gangguan kepribadian schizotypal Gangguan kepribadian paranoid Penyalahgunaan zat Stressor hidup yang berat

9|Domain 1: Promosi Kesehatan

Kesiapan untuk Mempertinggi Nutrisi (00163)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Pola intake nutrien yang merupakan kecukupan untuk memenuhi kebutuhan metabolik dan dapat menjadikan lebih kuat. Definisi Karakteristik:
Sikap terhadap minuman yang kongruen dengan hasil kesehatan. Sikap terhadap makanan yang kongruen dengan hasil kesehatan. Konsumsi cairan yang adekuat. Konsumsi makanan yang adekuat. Makan secara tetap. Mengekspresikan pengetahuan mengenai pilihan cairan yang sehat. Mengekspresikan pengetahuan mengenai pilihan makanan yang sehat. Mengekspresikan kemauan untuk mempertinggi nutrisi. Mengikuti standar yang sesuai untuk intake (e.g: piramida makanan atau petunjuk American Diabetic Association). Mengamankan persiapan minuman. Mengamankan persiapan makanan. Mengamankan penyimpanan minuman. Mengamankan penyimpanan makanan.

10 | D o m a i n 1 : P r o m o s i K e s e h a t a n

Ketidakefektifan Manajemen Aturan Terapeutik Keluarga (00080)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Pola regulasi dan integrasi pada sebuah program proses keluarga untuk perawatan penyakit dan hal ini berakibat untuk memenuhi hasil kesehatan secara spesifik. Definisi Karakteristik:
Percepatan gejala penyakit pada anggota keluarga. Ketidaksesuaian aktivitas keluarga untuk memenuhi hasil kesehatan. Kegagalan menerima tindakan untuk mengurangi faktor resiko. Kehilangan perhatian terhadap penyakit. Verbalisasi keinginan untuk mengatur (manage) penyakit. Verbalisasi kesulitan dengan aturan resep pengobatan.

Faktor yang berhubungan:


Kompleksitas sistem pelayanan kesehatan Kompleksitas aturan pengobatan Konflik keputusan Kesulitan ekonomi Terlalu banyak meminta Konflik keluarga

11 | D o m a i n 1 : P r o m o s i K e s e h a t a n

Kesiapan untuk Mempertinggi Manajemen Kesehatan Diri (00162)


Domain 1 : Promosi Kesehatan Class 2 : Manajemen Kesehatan Definisi : Pola regulasi dan integrasi dari aturan terapeutik kegiatan sehari-hari untuk perawatan penyakit dan hal ini berakibat untuk memenuhi hasil kesehatan secara spesifik. Definisi Karakteristik:
Pilihan kegiatan sehari-hari yang sesuai untuk menemukan hasil (e.g: perawatan, pencegahan). Mendeskripsikan pengurangan faktor resiko. Mengekspresikan keinginan untuk mengatur (manage) penyakit (e.g: perawatan, pencegahan akibat). Mengekspresikan kesulitan kecil dengan aturan resep pengobatan. Tidak mengharapkan percepatan gejala penyakit.

12 | D o m a i n 1 : P r o m o s i K e s e h a t a n