Prosedur Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer (LJK) CPNS 2013 Sangat besar harapan publik agar setiap seleksi

CPNS tercipta transparansi, yang memungkinkan masyarakat dapat mengikuti dan memahami semua tahapan proses penerimaan CPNS. Muara dari bentuk transparansi tadi negara dan masyarakat mendapatkan calon PNS terbaik. Tahap yang sangat krusial dari proses seleksi CPNS adalah pemeriksaan hasil ujian yang berupa Lembar Jawaban Komputer (LJK). Berbeda dengan sistem CAT yang bisa langsung diketahui hasilnya, proses pengolahan atau pemeriksaan LJK masih membutuhkan waktu lagi. Mungkinkah pemeriksaan LJK dilalukan di depan peserta, secara teknologi proses tersebut sangat dimungkinkan. Dengan aplikasi Digital Mark Reader (DMR) pemeriksaan ujian bisa diselesaikan hanya dalam hitungan jam terhadap puluhan ribu LJK. Jika pemeriksaan dilakukan di depan peserta, perlu diperhatikan akuntabilitasnya. Perlu prosedur yang dapat memastikan bahwa proses pengolahan sampai menjadi hasil sudah dilakukan secara benar. Karena proses ini masih membutuhkan kegiatan manual seperti pengumpulan lembar jawaban. Pada penerimaan CPNS 2013 ini pemerintah telah memutuskan bahwa semua pemeriksan LJK ditangani oleh panitia seleksi nasional (Panselnas) yang dibentuk Pusat. Pemerintah Daerah hanya berwenang pada penggandaan soal dan pelaksanaan tes. Berbeda dengan proses pengangkatan CPNS dari Honorer K2, semua proses dari penyusunan soal sampai penggandaan/ distribusi dipegang oleh Pusat. Kemenpan RB sudah menandatangani MoU dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk proses pengolahan LJK CPNS. Dalam kerja sama tersebut BPPT menyediakan misi perekayasaan menyediakan misi perekayasaan teknologi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau di instansi pemerintah, salah satunya pelaksanaan pengolahan LJK ini.

Berita Acara Serah Terima 6. Ruang Tunggu Pembawa Berkas LJK. SOP Pemeriksaan Perangkat Pengolah LJK 2. Backup data CCTV (24 jam) 2. Untuk mengetahui proses pengolahan LJK CPSN. Instalasi Finger Print Ruang Pengolahan LJK Penyusunan SOP Pemeriksaan Perangkat dan Pengawasan Pengolahan LJK SOP dan perangkat yang disusun BPPT: 1. Ruang Pemantau dan Instalasi CCTV 4. Logbook dan Formulir terkait 7. terdiri dari: 1. Ruang Scanning. Persiapan ruang pengolahan LJK dan peralatan pemantau ruang pengolah LJK. Ruang Validasi. Checklist Pemeriksaan Perangkat 5. Ruang Penyimpanan Berkas LJK dan Ruang Rapat Tim Panselnas.Dengan penandatanganan ini diharapkan proses pemeriksaan bisa selesai dalam waktu 2-3 hari. Pengumpulan kartu kontrol pembawa LJK 5. Kartu Kontrol Pembawa Berkas LJK Penerimaan dan Pemeriksaan Perangkat Pengolah LJK Perangkat yang masuk dan keluar Ruang Pengolahan LJK wajib dilakukan prosedur sebagai berikut: 1. Ruang Pengolah LJK terdiri dari :Ruang Penerimaan Berkas LJK. SOP Penerimaan Berkas LJK 3. 2. Pemeriksaan segel port (Shift ‐ 1 sebelum masuk kerja. Pembuatan Berita Acara Serah Terima 3. kita coba uraikan tugas atau kegiatan yang menjadi tanggung jawab BPPT. 3. Pemeriksaan Perangkat dan Aplikasi 2. Penyegelan Port Pengawasan Pelaksanaan Pengolahan Lembar Jawaban Komputer (LJK) Kegiatan pengawasan dan pengolahan LJK dibagi dalam 2 shift dengan prosedur kerja: pekerjaan : 1. Ruang Pencetakan Hasil. Pengumpulan logbook Ruang Pengolahan LJK11 4. SOP Pengawasan Pelaksanaan Pengolahan LJK 4. Instalasi Frequency Jammer (alat pengacak signal) 5. Shift‐ 2 setelah selesai kerja) 3. Pembuatan laporan harian .

6. Sehingga perlu di tambah titik pemindaian atau setidaknya penambahan alat untuk mengatasinya. . Semoga saja Panselnas sudah mengantisipasinya sehingga pengumuman hasil bisa sesuai jadwal. Pemantauan CCTV Secara garis besar prosedur-prosedur di atas dapat digambarkan menjadi 2 kegiatan utama: Alur Penerimaan Berkas LJK Alur Pengolahan Lembar Jawaban Komputer (LJK) Satu hal yang perlu dikritisi dari prosedur yang terpusat ini adalah kemungkinan molornya jadwal pemeriksaan karena menumpuknya LJK yang diterima karena banyaknya peserta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful