P. 1
GTSLxc

GTSLxc

|Views: 16|Likes:
Published by Irfan Cahya Permana
zxx
zxx

More info:

Published by: Irfan Cahya Permana on Sep 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2014

pdf

text

original

Prostodonsia adalah cabang ilmu Kedokteran Gigi yang dimaksudkan untuk merestorasi dan mempertahankan fungsi rongga mulut

, kenyamanan, estetika dan kesehatan pasien dengan cara merestorasi gigi geligi asli dan atau mengganti gigi-gigi yang sudah tanggal dan jaringan rongga mulut serta maksilofasial yang sudah rusak dengan pengganti tiruan (Academy of Prosthodontics, 1995). Ilmu Prostodonsia meliputi: 1. Gigi Tiruan Cekat (GTC) Adalah pembuatan Gigi Tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang dan tidak dapat dilepas oleh pasiennya sendiri maupun dokter gigi karena dipasangkan secara permanen pada gigi asli yang merupakan pendukung utama dari restorasi. 2. Gigi Tiruan Sebagian Lepasan (GTS) Adalah Gigi Tiruan yang mengganti satu atau lebih gigi, tetapi tidak seluruh gigi asli dan/atau struktur pendukungnya, didukung oleh gigi dan/atau mukosa yang dapat dilepas dari mulut dan dipasangkan kembali. (Glossary of Prosthodontic terms, 1987). 3. Gigi Tiruan Lengkap (GTL) Adalah pembuatan Gigi Tiruan Lepasan yang menggantikan seluruh gigi geligi asli dan struktur pendukungnya baik maksila maupun mandibula (Glossary of Prosthodontic terms, 1987)

Apa Saja Jenis Gigi Palsu yang Umum Dipakai? Mengenal Jenis Gigi Palsu yang akan Anda pakai adalah hal yang sangat penting. Sehingga Anda merasa yakin atas pilihan Anda sendiri. Tentu saja dengan bantuan penjelasan dari dokter gigi, Anda bisa menentukan pilihan gigi palsu yang paling cocok. Jadi tidak ada salahnya pula menanyakan pada pemakai gigi palsu di sekitar Anda tentang jenis gigi palsu yang sedang mereka pakai dan apa pendapat mereka tentang gigi palsu tersebut. Gigi Palsu Lepasan Gigi palsu lepasan adalah Jenis Gigi Palsu yang paling umum dan sering dipakai sejak jaman dahulu hingga sekarang. Disebut lepasan karena gigi palsu ini mudah dipasang dan dilepas oleh si pamakai. Gigi palsu ini biasanya terbuat dari akrilik termasuk kerangkanya. Ada juga kerangka atau landasannya terbuat dari logam sedang giginya tetap terbuat dari akrilik, hingga tidak mudah patah dan lebih nyaman dipakai. Gigi palsu jaket (mahkota) Jenis Gigi Palsu berikutnya adalah gigi palsu jaket atau mahkota, model ini dibuat untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak tapi akar dan syarafnya masih berfungsi baik. Gigi palsu implan Sistem implan merupakan system pemasangan gigi palsu teranyar, dipasang dengan cara menanamkan gigi palsu ke dalam gusi. Namun pemasangan gigi palsu dengan implan ini lebih rumit dan perlu persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum pasien melakukan implan gigi.

Untuk mengurangi ketebalan dan luasnya landasan. hal itu tidak dapat dilakukan. sehingga dengan pemakaian normal pun. Gigi tiruan Lepasan Akrilik Gigi tiruan lepasan akrilik Gigi tiruan akrilik merupakan gigi tiruan yang paling sering dan umum dibuat pada saat ini. Karena bahan logam cukup kuat. dalam beberapa tahungigi tiruan jenis ini harus diganti Untuk mengurangi risiko keausan.Gigi tiruan kerangka logamGigi tiruan ini terdiri dari landasan gigi tiruan dari logam sedang gigi buatannya dari akrilik atau porselen. maka gigi tiruan akrilik bisadikombinasikan dengan gigi tiruan porselen. maka dapat digunakan gigi tiruankerangka logam. murah. karena tertutupnyalangit-langit akan mengganggu kontak lidah dengan langit-langit. Gigi akrilik pun mudah terpengaruh perubahan warna. akan berpengaruh pada pasak gigi yang mengakibatkan gigi palsu patah. Gigi tiruan ini mudahdipasang dan dilepas oleh pasien. Hal itu mengakibatkan ketidaknyamanan. mudah dibentuk. landasan gigitiruan kerangka . memakan waktu lama. sehingga jenis gigi tiruan ini memerlukan perawatan yang lebih seksama. baik untuk kehilangan satu atau seluruh gigi. sehingga landasan gigi tiruan akrilik harus dibuat lebihtebal dan lebih luas. gigi tiruan akrilik harusdirendam dengan air dingin supaya tidak mengalami perubahan bentuk. Misalnya warna dari makanan danminuman. berubah warna dan aus. Jangan menyikat gigi tiruandengan sikat gigi yang keras karena akan mengakibatkan keausan. Akan tetapi mudah menyerap cairan dan juga mudahkehilangan komponen airnya. ringan dan bisa diwarnai sesuai denganwarna gigi dan warna gusi. Sedang gigi implan pemakai akan terasa memiliki gigi asli dan bersifat permanen. Sehingga bila tidak dipakai. tetapi bila gigi hilang terlalu banyak dan meliputi gigi depan. Akrilik juga mudahmengalami keausan. namun pemasangannya cukup rumit. namun perawatannya harus ekstra karena jika terjadi kerusakan. Sedangkan gigi palsu jaket atau mahkota. Selain itu jugamengganggu bicara. keuntungannya pasien tidak perlu mencabut gigi asli.Apabila kehilangan gigi hanya di bagian belakang dan tidak terlalu banyak. tapi gigi palsu ini mudah patah. jika ada kerusakan harus dibongkar kembali dan biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal. pemasangan yang mudah dan relatif murah. Untuk gigi lepasan akrilik keunggulan gigi jenis ini adalah ringan. Landasan maupun gigi buatan dariakrilik juga mudah patah.daerah langit-langit yang berkontak dengan lidah dapat dibebaskan dari akrilik. Bahan akrilik merupakan campuran bahan sejenis plastik yang manipulasinya mudah.Kelemahan dan Keunggulan Masing-Masing Jenis Gigi Palsu Setiap Jenis Gigi Palsu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.seperti selalu menyikatnya dengan sikat gigi lunak.

Gigi yangrusak tersebut dikurangi sedemikian rupa dengan bentuk tertentu. Untuk membuat gigi pasak. Akan tetapi apabila patah hanya gigi akriliknya saja bisa disambung/diganti akriliknya saja. dibuat mahkota jaketseperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Apabila patah pada bagian logam.Penyangga gigi tiruan . Keuntungan jaket porselen. Gigi tiruan pasak Gigi tiruan pasak adalah gigi tiruan yang mengganti gigi yang belum dicabuttetapi mahkota gigi sudah rusak dan syaraf gigi sudah terinfeksi atau sudah mati. Gigi tiruan ini tidak dapat dilepasoleh pasien karena ditempelkan langsung ke gigi dengan semen khusus. Gigitiruan ini terdiri dari pontik.logam dapat dibuat lebih tipis dan lebih kecil sehingga si pemakaiakan lebih nyaman. Jaket porselen biasanya diberi penguat logam. tetapi syaraf giginya belum mati. tetapi harus dibuat ulang. kemudian digantidengan bahan akrilik/porselen/ kombinasi logam-porselen yang menyerupaiselubung/jaket yang bentuk dan warnanya disesuaikan dengan gigi sebelumnya ataumenggunakan gigi sebelahnya sebagai panduan. warnanya lebih baik serta tahan ausdibanding akrilik. maka kunjungan pasien ke dokter gigilebih banyak dari pemasangan gigi akrilik. sehingga gigi tiruan ini lebih mahal dari gigitiruan akrilik. sesudahitu baru dilakukan pembentukan konstruksi pasak. landasan gigitiruan tidak terlalu terganggu oleh keadaan cairan/makanan di dalam rongga mulut. Logam yang dipergunakan merupakan campuran logam khusus yangmemerlukan manipulasi lebih rumit. Bahan gigi tiruan ini tergantung pada posisi dan kondisi giginya. Kontak lidah dengan langit-langit tidak terlalu terganggu. dan terhindar dari risiko gigi tiruanhilang.tetapi akar giginya masih utuh. terlebih dulu harusdilakukan perawatan syaraf dahulu sampai steril dalam beberapa kunjungan. Tidak mengandung landasan yang akan mengganggu pengecapan lidah. yaitu pengganti gigi yang hilang serta penyangga. Setelah disemen ke dalam akar gigi.Gigi tiruan mahkota dan jembatanMerupakan gigi tiruan untuk kasus kehilangan satu atau beberapa gigi yangtidak dapat dilepas sehingga pasien lebih nyaman. Tetapi lebih mahal karena proses pembuatannya lebih rumit. Gigi tiruan mahkota/jaketGigi tiruan mahkota atau umum disebut jaket merupakan gigi tiruan yangdibuat untuk gigi yang belum dicabut tetapi mengalami kerusakan yang parah sehingga sudah tidak bisa ditambal lagi. Gigi tiruan pasak terdiri dari bagian logam yang ditanam ke dalam akar gigi serta bagian di luar gigi sebagai pendukung mahkota.yang terpengaruh hanya bagian gigi buatannya. jadi pengurangan gigi harus lebih banyak daripada akrilik. tidak dapat disambung sepertiakrilik. Karena landasan logam harus dicoba duluketepatannya sebelum dipasang gigi-giginya. Karena kekuatan logam.

Bahan yang digunakan bisadari akrilik dan porselen. Untuk kehilangan satu gigi. Pasak implan dipasang melalui prosedur pembedahan sampai terjadi proses penyembuhan serta terdapat hubungan antara tulang dengan logam pasak.dll. tetapi berfungsi sebagai pemelihara jaringan yang masih ada. pasak. gusi dantulang. maka setelah 6 bulan barudipasang sekrup penyambung antara pasak dan mahkota dengan membuka lapisanmukosa gusi di ujung atas pasak. Sehingga persepsi rasa seperti gigi asli. Seperti halnya mahkota dan jembatan.Keuntungannya gigi tiruan implan adalah tidak perlu dibuka/dilepas. Apabila gigi yang diganti lebih kecil darigigi penyangga. yaitu jaringan gigi.Pemakaian gigi tiruan tidak hanya mengganti gigi yang hilang.Pada pemakaian jaket. gigi penyangga bisa hanya pada satu gigi. dan tidak memerlukan gigi penyangga.Setelah sekrup terpasang ditunggu sampai sembuh luka jaringannya. tidak ada daerah langit-langityang tertutup landasan gigi tiruan. pembuatan implan memerlukan waktu lebih dari 6 bulan. Kebocoran . Akan tetapi untuk gigi-gigi belakang yang tidak terlaluterlihat lebih baik digunakan bahan logam untuk kekuatan dan mencegah keausan. Di antaranya kesehatan umum pasien harus betul-betul prima serta tidak mempunyai penyakitpenyakit yang melemahkan seperti diabetes.dengan cara mengurangi/menggerinda gigi asli tersebut dengan bentuk seperti untuk membuat mahkota/jaket. Kemudian mahkota dibuat di gigi tersebut dandisambungkan dengan gigi yang diganti. kelainan tulang. Apabila itu terjadi. Persyaratan untuk pembuatan implan ini lebih beratdibanding dengan gigi tiruan lain. kemudiandipasang pasak untuk penyangga mahkota. serta biaya yang lebih mahal karena memerlukan bahanbahan khusus. pasak implan yang ditanam hanya satu.ini menggunakan gigi asli disebelahnya yang masih ada. Jadi dapat dipasang pada pasien yang telah kehilanganseluruh giginya. Struktur tulang untuk tempat ditanamnya pasak tersebut harus memunyaiketinggian tertentu serta kondisinya masih baik. Fungsinya sebagai penyangga gigitiruan. seperti jenis logam pasak khusus yang dapat merangsang pertumbuhan tulang di sekitar pasak implan. mahkota dan jembatan kebersihan di daerah gusiharus diperhatikan. Sehingga pemakai gigi tiruan harus betul-betul memerhatikan kebersihan gigitiruan dan gigi aslinya.Dengan prosedur ini. Bila terjadi kerusakan gigi di daerah gusi akan mengakibatkanterjadinya kebocoran di daerah tersebut. baru setelah itu dipasang mahkotanya.Selain itu peralatan yang dipakai pun khusus dan memerlukan sterilitas tinggi.ImplanImplan adalah gigi tiruan yang dibuat dengan menanamkan pasak khusus kedalam tulang rahang yang telah kehilangan gigi. tetapi bilalebih bisa beberapa buah.

(1) Dalam proses desaingigitiruan sebagian lepasan. dan kebutuhan akan jenis perawatan (2)Penggantian beberapa gigi yang hilang pada region rahang edentulous dapatdilakukan dengan menggunakan teknik simple tissue bone. pertimbangan pun harus disesuaikan dengan kondisi keuanganAnda.Teknik PembuatanTeknik ini membutuhkan hal-hal sebagai berikut1).lama-kelamaan akanmenggerogoti bagian dalam gigi tiruan tersebut sehingga mahkota tidak terdukung. seluruh daerah periodontium juga akan rusak sehingga hanya mukosa yang jumlahnya lebih kecil dari daerah periodontal yanghilang tetap ada untuk mendukung beban yang mengenai gigitiruan penggantinya. gigitiruan kerangka logam atau gigitiruan dengan plat akrilik.Gigi bisa tiba-tiba patah dan mahkota tidak dapat dipertahankan sehingga gigi harusdicabut. Kenyamanan dan estetika alat inihampir sama dengan gigitiruan jembatan akan tetapi di desain lebih khusus denganmengurangi beban oklusal yang di terima gigi penyangga selama mastikasi.Pemilihan setiap jenis gigi tiruan ini pada akhirnya tergantung dari kondisi dansituasi mulut pasien dan pertimbangan dokter gigi. (3)Bila sebuah gigi asli tercabut. 5. Kondisi gigi yang tersisa terutama jika gigi ini berfungsi sebagai penyangga.sehingga kehilangan gigi merupakan indikasi pembuatan gigi tiruan baik itu gigitiruan jembatan. Apabila semua jenis gigi tiruan inimemungkinkan. Pembuatan mahkota penuh pada gigi penyangga atau mahkota keramik di gabungdengan mahkota metal denan menggunakan mahkota konvensional dan teknik gigitiruan jembatan. Bar dilapisi cobalt-chrome dan kerangka sadelnya .3).Fungsi gigi tiruan sebagian adalah memelihara struktur jaringan yang tersisa. Prothesa pengganti tersebut tidak boleh menyebabkan hilangnya gigi penyangga atauganggauan terhadap kesehatan temporomandibular joint. Kedua gigi penyangga di hubungkan dengan bar berbentuk huruf `T` terbalik danterbuat dari logam mulia yang kemudian di solder pada mahkota tiruan pada gigi penyangga. Panjang diastem Berpengaruh terhadap dukungan yang diberikan oleh gigi penyangga dan jaringa periodontium dalam pembuatan gigi tiruan. Jumlah diastemBerpengaruh terhadap penyebaran tekanan kunyah4.2). (4)Faktor penting dalam pembuatan gigi tiruan kerangka logam dan jembatan yaitu :1.3. indikasi. Keutuhan gigi penyangga2. Resorbsi prosesus alveolarisSelain penggantian gigi juga perlu diadakan penambahan prosesus alveolaris yanghanya bisa dilakukan dengan suatu gigi tiruan kerangka logam atau gigitiruan jembatan yang bisa di lepas. berlaku suatu prinsip umum dan penting yaitu dokter harus mengetahui selengkap-lengkapnya keadaan fisik pasien dan memmahami betul bentuk. yaitu denganmenggunakan alat partial denture over fixed bar.

Bar dihaluskan dan di solder pada coping logam.Desain dari piranti merupakan bagian penting dari rencana pembuatan gigitiruansebab struktur piranti gigitiruan tersebut meneruskan tekanan mastikasi dari permukaan oklusal gigi artifisial pada gigi asli dan lingir alveolar.Kerangka sadel berbentuk huruf `T` terbalik. dan bridge 1. Namun apabila terdapat kekurangan ruang dlam arahvertikal akibat erupsi yang berlebihan dari gigi atau dibutuhkan estetik yang lebih baik.Penentuan penggunaan gigi penyangga pada suatu gigitiruan sebagian tidak terlepasdari faktor-faktor berikut. 8)Gigi pada bagian mesial dan distal di preparasi untuk pembuatan mahkota seperti pada pembuatan gigitiruan jembatan. Implant gigi (dental implant) Implant gigi merupakan gigi palsu permanen yang ditanam dalam gusi dan berdiri sendiri. Perlekatan antara gigi dan basis gigitiruan kerangka sadel.http://gigiunhas97. yang ditanam dalam gusi dan berfungsi sebagai akar buatan dan part 2 crown+abutment. dapat di gunakan kerangka logam yang di gabung dengan gigi porselen dan basis gigi tiruan.Model pada logam di sesuaikan pada model yang di preparasi Flat bar verticalmenutupi daerah edentulous yang dilapisi malam dan di satukan dengan logam. tapi memudahkan sadel bergerak kearah vertikal ketika di insersikanatau di lepaskan. Yang lepasan berarti gigi palsunya bisa dilepas pasang oleh pasien. Bentuk dan posisi gigi. Kondisi jaringan PeriodontiumGigi yang berbentuk kerucut atau yang mengalami rotasi kurang sesuai untuk di pakaisebagai penyangga. yaitu implant.terbuat dari logam mulia. yang permanen dan lepasan.4). Gigi Palsu Permanen Sejauh ini ada 3 macam gigi palsu permanen yang udah dikenal. Ini gambarnya: . part 1 implant.2). Gigi palsu permanen artinya gigi yang dipasang permanen oleh drg yang sehari-harinya tidak bisa dilepas pasang oleh pasien. Kerangka sadel di beri cengkeram tuang untuk membantu retensi pada vertical plane . Implant terdiri dari 2 bagian. Cetakan akurat segera di kirim ke laboratorium. crown.wordpress. (5)1). Sekarang kita bahas satu per satu jenis2 yang permanen dan lepasan yaa… A. Saat penempatan dalam mulut gigi ini dianggap sebagai bagian dari gigi asli sehingga oklusinya harus di sesuaikan dengangigi yang lain. ini untuk mencegah pergerakan sadelkearah lateral. Pembebanan tambahan pada gigi sehubungan dengan penjangkaran dapat mengakibatkan kemunduran jaringan periodontal yang lebih cepatdan mengakibatkan kehilangan gigi tersebut.com Gigi palsu secara garis besar terbagi jadi 2. Umumnya di gunakankerangka cobaltchrome. yang membentuk struktur mahkota giginya.

Butuh jeda 1. Dengan implant. kalau gigi kamu yang ompong adalah gigi depan. implant memang paling mahal. Waktu 1. kamu ngga akan berasa seperti pakai gigi palsu.5 bulan ini dibutuhkan supaya implant menyatu kuat dulu dengan gusi kamu baru kemudian dipasang mahkota (crown) dan mendapat beban kunyah. Orang lain pun biasanya ngga menyadarinya. Apa Kelebihannya Dibandingkan Gigi Tiruan Lain 2. Persis gigi asli! Keberhasilannya jangka panjang juga bagus menurut penelitian asal kebersihan mulut kamu ok dan kamu rutin merawat gigi kamu.5 bulan.5 bulan dari pemasangan implant ke pemasangan mahkota tiruannya Mengenai biaya.Komponen Implant: Part 1 Implant & Part 2 Crown & Abutment Jeda waktu dari pasang implant (part 1) ke crown (part 2) biasanya minimal 1. tapi… tingkat kenyamanannya paling tinggi. atau patah. keropos. Crown (Mahkota tiruan) Crown merupakan mahkota palsu yang dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigimu yg rusak akibat lubang. biasanya kamu dibikinkan gigi palsu sementara yang lepasan agar ngga keliatan ompong. Untuk tau lebih jauh mengenai implant kamu bisa klik artikel: Apa itu Implant GIgi. Sembari menunggu. Karena. Crown hanya menggantikan mahkota yg rusak dan . it feels and looks like your natural teeth. dibandingkan gigi palsu lainnya.

Selama crown belum jadi.tidak menggantikan akar gigi so gigi kamu tidak perlu dicabut dan akar gigi harus cukup kuat. gigi kamu akan dipasang crown sementara agar tetap bisa tersenyum manis. . Biasanya perawatan saraf untuk gigi seri seperti ini butuh 2-3 x kunjungan baru kemudian bisa dibuatkan pasak dan crownnya. Ini ilustrasi crown gigi: Di bawah ini salah satu contoh kasus gigi yang masih bisa dicrown: Kasus seperti gambar diatas masih bisa lho di-crown. namun diperlukan perawatan saraf (root canal treatment) terlebih dahulu dan pemasangan pasak sebelum pemasangan crownnya. Hasilnya seperti ini: Kasus gigi patah seperti di bawah ini juga masih bisa di-crown.

alternative gigi tiruan permanen yang aman. buat kamu-kamu yang giginya keropos atau patah. . atau kalo kamu pilih yang lepas pasang walaupun biayanya tidak mahal. Berbeda dengan implant yang ditanam di dalam gusi. bridge disangga oleh gigi-gigi disebelahnya.So. Karena kalau sudah terlanjur dicabut. Konsultasikan dulu dengan drg. tapi tingkat kenyamanannya masih dibawah crown atau gigi palsu permanen lainnya. nyaman. siapa tau masih bisa dipertahankan dan dicrown. salah satu alternatif gigi tiruan pengganti yang sifatnya permanen adalah bridge. 3. tentu biaya pemasangan gigi palsunya lebih mahal klo kmu pilih yang permanen. so gigi-gigi tsb perlu dikecilkan dan dicrown. Bridge Bila kamu kehilangan 1 atau lebih gigi. jangan buru-buru diputuskan untuk cabut gigi dulu yaa. Ini dia ilustrasi gigi tiruan bridge: Untuk mengetahui lebih dalam mengenai bridge bisa klik artikel: crown and bridge. dan ekonomis selain implant.

Ini dia gambar ilustrasinya: . dia memiliki cengkeram kawat yang memegang gigi-gigi yang tersisa agar gigi palsu stabil dan tidak goyang saat digunakan berbicara atau mengunyah makanan. jenis ini paling nyaman digunakan. Platnya relatif lebih tebal dan ada cengkeram kawatnya sebagai tambahan pegangan ke gigi yang tersisa. So. Karena bahannya yang terbuat dr logam. 1. tentunya memang lebih nyaman digunakan.B. Valplast (Flexi denture) Gigi palsu jenis ini ngga menggunakan cengkeram kawat dan lebih lentur dan tipis dibandingkan gigi tiruan akrilik. Berikut contoh gambarnya: 2. Akrilik Gigi palsu lepasan jenis akrilik paling ekonomis dibandingkan gigi palsu lepasan lainnya. dan frame (kerangka logam). Ini dia ilustrasinya: 3. plat gigi tiruan bisa dibuat sangat tipis sehingga dibandingkan gigi tiruan lepasan lainnya. Seperti akrilik. valplast. Frame (kerangka logam) Gigi tiruan frame menggunakan plat logam dibagian dalamnya.GIGI PALSU LEPASAN Gigi palsu lepasan juga secara umum ada 3 macam tergantung bahannya. yaitu akrilik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->