MENCARI ILMU

Asalamualaikum warahmatullahiwabarokatu Asolatuwasalammualla asrofilambiyaiwalmursalin waalaalihiwashobihi ajmain, ammaba`ad
Yang terhormat bapak kepalasekolah SMA N 4 Prabumulih. Yang saya hormati bapak ibu guru. Dan teman-teman semua yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadiarat Allah swt. Yang telah melimpahkan nikmatnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang indah ini. Shalawat beserta salanm semoga senantiasa kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Swt., sebab jasa beliaulah kita bisa membedakan antara yang hak dan yang bathil, antara yang halal dan yang haram, antara jalan menuju surga dan jalan menuju neraka.
HADIRIN DAN HADIRAT YANG DI RAHMATI ALLAH !

Tidak lupa pula saya ucapkan banyak terimakasih kepada pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berbicara dihadapan kalian semua. Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara dengan mengambil tema : "MENCARI ILMU"
HADIRIN DAN HADIRAT YANG DI RAHMATI ALLAH !

Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu hukumnya adalah wajib bagi setiap muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang di sabdakan Rasulullah saw. Didalam haditsnya : Tholabul i`lmifariidhotun a`laakulli muslimin wamuslimah. Artinya : “Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi orang islam laki-laki dan perempuan.” Kenapa Rasulullah saw. Mewajibkan umatnya untuk mencari ilmu ? karena ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia didunia ini. Dengan ilmu, kita akan bisa menundukkan seluruh makhluk Allah yang ada di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung,bintang,bulan,langit,tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Dengan ilmu pula, kita bisa memimpin dunia, memimpin makhluk hidup, dan dengan ilmu kita akan menjadi makhluk yang terbaik di antara makhluk Allah. Tetapi jika kita tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh, tidak tahu apa-apa di dunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling jelek dan paling rendah.
SAUDARA SEKALIAN SEAKIDAH !

Sebagaimana saya sebutkan di awal, bahwa ilmu pengetahuan sangat penting dalam kehidupan ini, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karna itu, barang siapa saja yang menghendaki bahagia di dunia, maka harus menguasai ilmu dunia, begitu juga siapa saja yang menghendaki bahagia di akhirat, juuga harus dengan ilmu. Sebagaimana sabda nabi : Man aroodaddunyaa fa a`laihi biil i`lmi waman aroodal a akhirota fa a`laihi biil i`lmi waman arooda humaa fa a`laihi bil i`lm. Artinya : “barang siapa yang menhendaki dunia maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa yang menhendaki akhirat maka hendaklah ia berilmu dan barang siapa yang menhendaki keduanya, hendaklah ia berilmu.” Dari keterang hadits ini kita bisa menyimpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi khidupan manusia. Karena ilmulah manusia akan tinggi derajatnya di sisi Allah, dan Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu ke beberapa tingkat. Sebagaimana firmannya dalam surat Al Mujadalah ayat 11 : Yarfa i`llaahullazhiina aamanuu minkum wallazina uutull i`lmadarojaats Artinya : “. . . niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang berilmu di antara kamu, dan orangorang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa tingkat.”

HADIRIN - HADIRAT YANG BERBAHAGIA !

Karena ilmu pulalah yang membedakan manusia dengan hewan. Begitu pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia, Allah mengisyaratkan dalam AL QUR`AN bahwa pada wahyu pertama, kata yang pertama di pakai adalah kata IQRA`, yang artinya bacalah. Membaca adalah cara untuk mendapatkan ilmu, tanpa mau membaca seseorang akan sulit mendapatkan ilmu. Sebagai manusia, kita memiliki akal atau intelegensi. Dengan akal inilah kita dapat mencari ilmu pengetahuan, yang mana akan menjadikan kita berbeda dengan binatang. Makhluk-makhluk lain seperti flora dan fauna tidak mampu mencari ilmu, karena mereka tidak berakal. Itulah sebabnya manusia lebih unggul ketimbang makhluk lainnya. Misalnya, manusia dapat menaklukan semua makhluk di dunia ini seperti gunung-gunung yang besar. Pohon-pohon raksasa, hewan-hewan buas, planet-planet dan lainnya.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA !

Dapat kita bayangkan, jikalau kita tidak memiliki ilmu, maka kita akan sama derajatnya dengan makhluk lain, atau bahkan mungkin lebih hina. Menuntut ilmu itu tidak ada batasnya, baik waktu ataupun tempat. Sebagaimana sabda Nabi : Uthlubul i`lma minal mahdi ilallhad. Artinya : “ Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat.” Dan adapun dalam sabda lainnya : Uthlubul i`lma walau bisshiin. Artinya : “Carilah ilmu walau sampai ke negri cina.” Islam memerintahkan kita mencari ilmu, selama nyawa masih di kandung badan. Tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu, karena dengan ilmu manusia akan bahagia baik di dunia maupun di akhirat, hanya orang-orang yang tidak waraslah yang tidak mau menuntut ilmu.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA !

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua . akhir kata saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati. Billahit taufiq walhidayah, wassalam mua`laikum warohmattullahiwabarokatu..