Dasar Konversi Energi Listrik

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Alternator mobil merupakan salah satu aplikasi dari generator dc. Sistem pengisian pada kendaraan mempunyai 3 rangkaian komponen penting yaitu Aki, Alternator dan Regulator. Alternator sendiri terdiri dari komponenkomponen seperti gabungan kutub magnet yang dinamakan rotor, yang didalamnya terdapat kumparan kawat magnet yang dinamakan stator. Alternator mulai berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke aki dengan mengkonversi / mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC. Sedangkan regulator punya fungsi sebagai alat pengatur dan pembatas voltase yang terdiri dari sebuah rangkaian dioda yang dinamakan rectifier serta dua kipas dalam (internal Fan) untuk menghasilkan sirkulasi udara. Besaran daya yang terdapat alternator beragam, mulai dari yang paling kecil yang mempunyai daya 35 A hingga yang terbesar yang beredar dipasaran yaitu 220 A. Karena berfungsi sebagai pembangkit daya listrik ke aki, apabila ada penambahan perangkat atau aksesoris mobil yang membutuhkan beban listrik yang besar / banyak, cukup dengan mengganti alternatornya bukan aki. Karena bila memperbesar daya listrik di aki tapi penyaluran tenaganya lebih kecil, maka aki akan tetap tekor. Jadi makin besar beban listrik yang dipakai, makin besar juga daya dari alternator yang harus dipergunakan. 1.2 Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui cara kerja sebuah alternator mobil atau generator dc dan juga fungsinya. 1.3 Batasan Masalah
Untuk membatasi materi yang akan dibicarakan pada tugas ini, maka penulis perlu membuat batasan cakupan masalah yang akan dibahas. Hal ini diperbuat supaya isi dan pembahasan dari tugas ini menjadi lebih terarah dan dapat mencapai hasil yang diharapkan. Adapun batasan masalah pada penulisan tugas ini adalah : 1. Mengetahui Prinsip kerja dari alternator mobil. 2. Mengetahui fungsi dan hubungan dari alternator, aki dan regulator.

“S” digunakan oleh regulator untuk mengatur strum pengisian ke aki. aki dan regulator. “B” adalah kabel output alternator yang mensuplai langsung ke aki. seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini .3. Sistem Pengisian Pada Mobil Baterai ketika dipakai maka akan berkurang muatan yang tersimpan didalamnya. alternator. Fungsi baterai pada mobil adalah untuk mensuplai kebutuhan listrik pada komponen-komponen listrik pada mobil tersebut seperti motor starter. “L” adalah kabel yang digunakan oleh regulator untuk indikator lampu ( CHG ). Sistem Pengisian Pada Mobil BAB II PEMBAHASAN 2. Rangkaian Sistematik Penjelasan : Ke empat kabel ( soket ) dihubungkan dengan alternator di sepanjang rangkaian kelistrikan. “IG” adalah indikator kontak yang ada dialternator. lampu-lampu besar dan penghapus kaca Komporen—komponen utama sistem pengisian terdiri baterai yaitu. Sehingga perlu dilakukan pengisian kembali agar tidak terjadi drop tegangan yang dapat menyebabkan komponen yang bergantung pada baterai rentan rusak.

Stator dilekatkan secara permanen pada badan alternator dan tidak ikut berputar. Bila rotor berputar. tugas ini dipegang oleh regulator. Battery mobil tidak akan mampu mensuplai arus listrik sendirian. Arus listrik ini adalah arus listrik bolak-balik atau AC. DIODES OUTPUT . Sifat battery (accu atau aki) adalah sebagai penampung arus listrik yang dihasilkan oleh alternator.Alternator Alternator berfungsi untuk mensuplai arus listrik untuk keperluan kendaraan(mobil). Lilitan ini disebut dengan istilah stator. medan magnet yang ada pada rotor akan menyapu lilitan pada stator sehingga menghasilkan arus listrik pada lilitan tersebut. Suatu Alternator terdiri dari komponen-komponen utama berikut : STATOR Disekitar rotor ada serangkaian lilitan lain berjumlah tiga buah. Alternator akan mengisi arus ke battery bila diperlukan.

maka output dari diode trio dialirkan pada regulator dan menjadi sumber arus lapangan. REGULATOR Regulator mempunyai dua input dan satu output. Inputnya merupakan suplai arus lapangan dan input voltase kontrol. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya di Indonesia. Aki temasuk sel sekunder. yaitu dari alternator itu sendiri melalui diaode trio dan dari baterai dengan melalui hubungan "lampu indikator". secara sederhana aki merupakan sel . Sedangkan di bahasa Inggris. kapasitor. sehingga aki 12 volt. Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. dll. karena selain menghasilkan arus listrik. di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. maka arus lapangan akan disuplai oleh baterai. arus yang banyak diperlukan adalah arus DC. memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell.Pada mobil. Jika voltase baterai turun. Pada saat mesin belum berputar dan kunci kontak diputar pada ACC. kata akumulator dapat mengacu kepada baterai. Sedangkan outputnya adalah arus lapangan menuju ke rotor. arus lapangan dibatasidan voltase output berkurang. Regulator menggunakan input voltase kontrol untuk mengendalikan jumlah input arus lapangan untuk menuju ke lilitan rotor. Setelah mesin berputar. aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. aki juga dapat diisi arus listrik kembali. Aktivitas ini dilakukan oleh diode output dan diode trio. Aki Akumulator (accu. SUPLAI ARUS LAPANGAN Suplai arus lapangan diberikan oleh dua sumber berbeda. kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil. Sebaliknya jika voltase baterai naik. regulator dapat mendeteksinya melalui hubungan yang ada dengan baterai dan membiarkan lebih banyak arus lapangan untuk mengalir menuju rotor yang pada gilirannya akan meningkatkan kekuatan medan magnet yang diperlukan untuk meningkatkan voltase output dari alternator. kompulsator. Oleh karena itu arus AC dari alternator harus dirubah dulu menjadi arus DC.

sehingga tegangan yang dihasilkan oleh alternator tetap (konstan) sesuai dengan harga yang telah ditentukan.yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4. walaupun putaran mesin yang menggerakkan berubah-ubah. Di samping itu regulator juga berfungsi pengisian pada batere apabila batere telah penuh dan alternator sudah dapat menyuplai arus listrik sendiri ke bagian yang memerlukan arus listrik . Regulator Regulator berfungsi mengatur besar arus listrik yang masuk ke dalam kumparan rotor.

Transformator-transformator gardu dan tiang Instalasi: . hal dilakukan untuk berbagai alasan efisiensi.Instalasi Pembangkitan: .Beban-beban listrik (motor. penggunaan penampang penghantar menjadi efisien.Transformator tegangan tinggi Saluran transmisi: .Saluran transmisi . diantaranya: .Jaringan Subtransmisi Jaringan subtransmisi berfungsi menyalurkan daya listrik dari sumber daya besar menuju gardu induk yang terletak di daerah tertentu.Tegangan yang dibangkitkan 3-13 kV .Sistem tenaga listrik Sistem tenaga listrik secara umum dibagi menjadi empat bagian utama. peralatan listrik.Tegangan 110-400 V . dll) Bagian-bagian Sistem Distribusi Listrik 1. 2008:4) 2. karena arus yang mengalir akan menjadi lebih kecil. arrester) . ketika tegangan tinggi diterapkan (Sakti. trafo.Saluran beban terhubung je peralatan .Tegangan 11-33 kV .Generator-generator dan prime mover .Saluran yang menghubungkan ke beban .Pembangkitan .Saluran-saluran transmisi tegangan tinggi (isolator.Transformator pengatur daya aktif dan reaktif Distribusi: .Tegangan 70-150 kV ( tegangan tinggi ) dan 500 kV ( tegangan extra tinggi ) . Gardu Induk (GI) . antara lain.Peralatan pengatur tegangan dan frekuensi .Distribusi . Biasanya menggunakan tegangan tinggi (70-150 kv) ataupun tegangan extra tinggi (500 kv) dalam penyaluran tegangannya. Gardu Induk Distribusi Dibagi menjadi dua bagian yaitu Gardu Induk dan Gardu Hubung : a.

Gardu induk berfungsi menerima daya listrik dari jaringan subtransmisi dan menurunkan tegangannya menjadi tegangan jaringan distribusi primer (Jaringan Tegangan Menengah/ JTM). Jadi pada bagian ini terjadi penurunan tegangan dari tegangan tinggi ataupun tegangan extra tinggi ke tegangan menengah 20 kv. Gardu Hubung (GH) Gardu hubung berfungsi menerima daya listrik dari gardu induk yang telah diturunkan menjadi tegangan menengah dan menyalurkan atau membagi daya listrik tanpa merubah tegangannya melalui jaringan distribusi primer (JTM) menuju gardu atau transformator distribusi. b. .

yang pertama ana dah memasuki perkuliahan kosentrasi ( STL ui!!) dan gedung tempat belajar pun baru (di sekip). Aduh pokonya. jadi duduk paling belakang deh. sekitar 90 orang.atau antara sistem elektrik dengan lainnya seperti banyak yang terlihat di tiang-tiang transmisi yang misahin antara kabel transmisi dan tiang. Jadi dapat disimpulkan kalo isolasi tu punya fungsi utama mencegah ada arus yang melewatinya dengan kata lain mengurangi atau menghilangkan jalan-jalan konduktif yang . cara ngajarnya menggebu-gebu dan orangnya ramah tapi yang membuat terasa aneh tu pelajarannya full english!! Beberapa poin penting yang berkaitan dengan High Voltage Engineering 1. tetapi jujur. Sebenernya apa tu insulation?? dari penjelasan yang terdengar di telinga ana sih intinya to seperate ( memisahkan) kalo di indonesiakan lebih cocok dibilang isolasi. Nah yang penting juga tu HVE testing equipment. duduk di belakang sambil terus bergoyang kepala mencari celah agar dosen dapat kelihatan dan kayanya ana banyak melamun tadi jadi ketinggalan beberapa poin penting neh. hari pertama kesannya ga enak sekali.. Yah kita sampingkan dulu posisi duduk yang ga enak. ada 2 sebab utama sih. Why?? 2. The main object of HVE is INSULATION. Memisahkan yang dimaksud adalah antara dua sistem (mungkin antara dua sistem elektrik – contoh: kabel yang di dalamnya ada dua saluran dimana keduanya tidak tersambung dengan ground dalam satu jalur. datang terlambat lagi.Teknik Tegangan Tinggi Awal perkuliahan semester ini memang kerasa lain bener. Fuuh mumpung masih di awal waktu belum sibuk bener ana coba2 belajar ah. ana lumayan suka dosen yang mengampu pelajaran pertama Teknik Tegangan Tinggi ini. kok ramai sekali ya kelasnya. Kesan pertama di STL neh.).

htm Dari gambar di atas dapat dilihat kalo yang ditunjukkan nmer 1 tuh kabelnya (salah satu fase). nmer 3 ada kabel jumper yang berada di atas kotak trafo.menghubungkan antara dua sistem. nmer 2 ada kotak transformator.biasanya berupa kabel telepon.themodernapprentice. Ckckck. mengutip dari perkataan pak Haryono bila isolasinya jelek “the PLN boss will be angry” atau siapa sih yang mau bayar daya listriknya kalo arus malah melewati tiang dan masuk ke bumi?? No one!! dan kerugian besar buat PLN. . kayanya penjelasannya sulit dimengerti yoo. nmer 5 tu kayanya kabel yang terisolasi -dilapisi bahan-bahan isolasi gitu.dan nmer 4 ni yang pengen ditunjukkin yaitu sebuah insulator.. diskip wae ora popo koq. jadi tiangnya tuh ga menjadi electrified dan arus dapat melewatinya dengan bebas dan aman.com/electrocution. hehe. gambar diambil di: www....

or semiconductor”. semikonduktor dari superkonduktor beserta kegunaannya.Elektronika Pengertian elektronika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerakan elektron dalam ruang hampa atau ruang berisi gas bertekanan rendah. gas dan semikonduktor. Ada beberapa definisi dari para ahli yang dapat memberikan gambaran pengertian tentang elektronika. Sedangkan pengertian elektronik adalah alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika. tabung gas. Millman “Electronics is the science and the technology of the passage of charged particles in a gas. design. Carol Young “The study. . Higginbotham dan Grabel “Electronics is the branch of Electronical Engineering which deals extensively with the transfer of information by means of electromagnetic energy”. perancangan dan penggunaan piranti-piranti yang berdasar hantaran listrik di dalam suatu ruang hampa. gas. Dari definisi-definisi tersebut pada hakikatnya pengertian elektronika adalah mempelajari pengendalian dan penerapan gerakan partikel pembawa muatan (elektron) dalam ruang hampa.C Yohannes Elektronika ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti (“devices” = alat) yang asas kerjanya ialah aliran elektron dalam ruang hampa atau gas (seperti dalam tabung-tabung radio) dan aliran elektron dalam semipenghantar (seperti misalnya dalam transistor). and use of devices that depend on the conduction of electricity through a vaccum. 2) Menurut J. in a vaccum. Hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika. seperti pada tabung hampa. 3) Menurut E. sebagai berikut : 1) Menurut Fitrzgerald. Artinya : Elektronika adalah ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik di dalam suatu gas atau suatu ruang hampa. gas atau semikonduktor. Artinya : Elektronika adalah cabang ilmu listrik yang bersangkutan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik. or in a semiconductor”. atau suatu semikonduktor. Artinya : Elektronika meliputi studi. 4) Menurut H.

“Tele” dan “komunikasi”. pihak pengirim dan pihak penerima. Media komunikasi “wired” (bukan weird) seperti ini sudah bisa dikelompokkan menjadi media telekomunikasi karena sudah ada jarak diantara pengirim dan penerima meskipun relatif dekat. Jadi kalo anda sedang berbincang secara langsung dengan rekan anda secara hadap2an maka itu bukan termasuk telekomunikasi meskipun saat terjadi percakapan tersebut melalui media hand phone (boros pulsa kalee). Jadi telekomunikasi bisa diartikan pertukaran informasi antar dua pihak. “Tele” berarti jauh dan “komunikasi” berarti berhubungan atau saling tukar informasi antar dua pihak. . Media telekomunikasi yang paling sederhana yang bisa ditemukan di sekitar kita adalah telepon menggunakan media bekas kaleng susu yang dihubungkan dengan seutas benang senar. dimana terdapat jarak di antara keduanya.Telekomunikasi Telekomunikasi terdiri dari dua kata.

Mata kulia dari Konversi listrik Matematika Terapan Fisika Terapan & praktikumnya Kimia Teknik & praktikumnya Rangkaian Listrik & praktikumnya Sumber Sumber Energi ( utama ) Teknik Bahan K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) Gambar Teknik .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful