You are on page 1of 2

Program Non Gelar Beasiswa Pascasarjana Kemenristek ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam pembangunan ekonomi berbasis pengetahuan. Selain untuk kalangan internal Kemenristek, penerima manfaat utama dari program ini adalah tujuh LPNK yang di bawah koordinasi Kemenristek, yaitu BPPT, LIPI, Batan, BIG, Bapeten, Lapan dan BSN. Program ini diharapkan akan berkontribusi pada penguatan sistem Iptek secara keseluruhan serta pada proses pembangunan pondasi yang kuat bagi koordinasi antar pemangku kepentingan, implementasi Iptek yang lebih baik, dan pengawasan kebijakan Iptek. Lebih jauh lagi, program ini akan berkontribusi juga kepada sisi manajerial dari program insentif litbang. Melihat luasnya kontribusi yang akan diberikan oleh program ini, maka program ini tidak hanya akan melibatkan LPNK tapi juga akan melibatkan kelembagaan Iptek lainnya yang terkait dengan Program Penguatan SINas seperti litbang kementerian, perguruan tinggi, lembaga litbang swasta, lembaga intermediasi dan juga sektor industri dalam rangka memfasilitasi proses transfer teknologi dan inovasi.

  • 1. Pemagangan Riset/Pelatihan

Program ini ditujukan bagi Karyasiswa/ peneliti/ perekayasa/ Pegawai BUMN/ BUMD/ Pegawai Swasta yang saat ini sedang melakukan penelitian atau kerjasama penelitian dengan institusi penelitian atau perguruan tinggi di luar negeri. Seleksi untuk program ini dilakukan berdasarkan kesesuaian proposal yang dikirimkan oleh calon peserta.

Program ini dilakukan khusus di luar negeri dengan jangka waktu maksimal 3 bulan. Persyaratan untuk dapat mengikuti program ini adalah :

  • 1. Melakukan pendaftaran ke Sekretariat Program Pascasarjana Kemenristek melalui Pusdiklat/SDMO LPNK masing-masing. Untuk koridor melakukan pendaftaran melalui penanggungjawab koridor di Kemenristek dan untuk pusat unggulan melakukan pendaftaran melalui penanggungjawab pusat unggulan di Kemenristek. Dokumen yang harus

dilampirkan adalah sebagai berikut:

  • a. Daftar riwayat hidup.

  • b. Surat ijin dari atasan setingkat Eselon II dan diusulkan oleh Pejabat Eselon I yang bertanggung jawab terhadap pengembangan SDM di instansinya.

  • c. Proposal yang terkait dengan 7 bidang fokus dan menjelaskan apakah risetnya dilakukan dalam rangka disertasi, publikasi ilmiah, atau untuk mendukung tupoksi di instansinya.

  • d. Acceptance Letter dari institusi riset atau perguruan

tinggi yang dituju

 
  • 2. Calon

peserta

yang berasal dari karyasiswa

Kemenristek wajib mendukung penulisan disertasi doktoral, membangun jejaring, kolaborasi riset serta

menghasilkan satu paper internasional.

  • 3. Calon peserta yang berasal dari peneliti LPNK Ristek wajib menghasilkan novelty dengan mitra risetnya dan menghasilkan publikasi internasional.

Penerima beasiswa program ini akan menerima :

  • 1. Tiket pesawat pulang-pergi sebanyak satu kali

  • 2. Biaya hidup sesuai SBU Kementerian Keuangan.

Tabel 1 Rencana Kegiatan Program Pemagangan Riset/Pelatihan tahun 2013

Bulan

Kegiatan

Februari

Sosialisasi Program

Maret – April

Pendaftaran dan proses seleksi peserta

Mei – Nov

Pelaksanaan Program

Agsts – Nov

Penyerahan laporan

2. English for Academic Purpose (EAP).
2. English for Academic Purpose (EAP).

Program kursus Bahasa Inggris ini ditujukan bagi para staf peneliti LPNK Ristek yang berencana untuk melanjutkan studi pascasarjana ke luar negeri. EAP ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan calon karyasiswa dalam penguasaan bahasa Inggris untuk akademik (listening, speaking, reading, writing) dengan penekanan khusus pada kemampuan penulisan akademik dan presentasi serta membaca dalam setting akademik. Calon peserta melakukan pendaftaran ke Sekretariat Program Pascasajana Kemenristek melalui Pusdiklat/SDMO LPNK masing-masing dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

  • 1. Daftar riwayat hidup.

  • 2. Essay singkat minimal 2 halaman yang menjelaskan alasan calon peserta ingin mengikuti program ini.

  • 3. Skor TOEFL ITP minimal 500 atau setara dengan IELTS
    5.

  • 4. Surat ijin dari atasan setingkat Eselon II dan diusulkan oleh Pejabat Eselon I yang bertanggung jawab terhadap pengembangan SDM di instansinya.

  • 5. Usia maksimal calon peserta adalah 40 tahun.

Penerima beasiswa program ini akan menerima tiket pesawat pulang-pergi sebanyak satu kali (apabila dilaksanakan di luar Jakarta), biaya hidup selama mengikuti program yaitu maksimal selama 3 bulan, biaya kursus, dan biaya mengikuti ujian internasional (IELTS). Rencana kegiatan pelaksanaan Program EAP yaitu :

Tabel 2 Rencana Kegiatan Program English for Academic Purpose (EAP) tahun 2013

Bulan

Kegiatan

Februari

Sosialisasi Program EAP

Maret - April

Pendaftaran peserta

Mei - Juli

Pelaksanaan Program EAP

Agustus

Penyerahan laporan EAP

3. Penerbitan Jurnal Nasional atau Internasional

Program ini ditujukan bagi Karyasiswa/ peneliti/ perekayasa/ Pegawai BUMN/ BUMD/ Pegawai Swasta yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal nasional atau internasional. Kemenristek akan membiayai publikasi jurnal maksimal sejumlah Rp.5.000.000,- (Lima juta rupiah) per orang. Pemohon dipersilahkan untuk mengirimkan surat permohonan dengan menyertakan surat pengantar dari Eselon II instansi asal pemohon, Letter of Acceptance dari pihak penerbit jurnal dan foto copy jurnal yang akan diterbitkan serta menyerahkan satu eksemplar jurnal yang dimaksud ketika jurnal tersebut telah terbit paling lambat pada bulan November 2013.

4.

Presentasi

makalah

di

konferensi/seminar

nasional atau internasional.

Program ini diberikan bagi Karyasiswa/ peneliti/ perekayasa/ Pegawai BUMN/ BUMD/ Pegawai Swasta yang akan berpartisipasi sebagai pembicara dalam sebuah konferensi. Biaya pendaftaran maksimal yang ditanggung oleh Kemenristek sebesar Rp.5.000.000,- (Lima juta rupiah) per orang. Pemohon dipersilahkan

untuk mengirimkan surat permohonan dengan

menyertakan surat ijin dari Eselon II serta surat

pengantar dari Eselon I instansi asal pemohon.

Kemenristek akan membiayai tiket pesawat pulang

pergi dan biaya hidup selama mengikuti konferensi yang besarnya disesuaikan dengan SBU Kementerian Keuangan. Jangka waktu maksimum yang diberikan untuk mengikuti konferensi adalah 5 (lima) hari, termasuk perjalanan.

Dokumen ditujukan kepada :

Penanggungjawab Program Beasiswa Pascasarjana Kementerian Riset dan Teknologi Gedung II BPPT Lantai 7, Jl. MH Thamrin No.8 Jakarta 10340 Telp: (021) 316-9214; 316-9224; Faks: (021) 310-2046 Email: admin-pascasarjana@ristek.go.id