Nama : DR.BRA.

Mooryati Soedibyo Tempat tanggal lahir: Surakarta, 5 Januari 1928 Agama : Islam Riwayat pendidikan: universitas Saraswati Surakarta Program Diploma s1 Universitas Terbuka Jakarta Jurusan Sastra Inggris s2 Program Studi Linguistik Sastra Inggris Universitas Sebelas Maret S3 Universitas Indonesia jurusan Ilmu Manajemen Stratejik Jenjang Karier: Direktur Utama PT.Mustika Ratu,Tbk Direktur Utama Pt.Mustika Ratu Buana iNternational Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (1997-1999) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Propinsi DKI (2004-2009) Wakil Ketua MPR RI(2004-2009) Ketua Umum Asosiasi SPA Indonesia (ASPI) (1990-Sekarang) Ketua Kadin Indonesia bidang Industri Tektil, Aneka dan Agroindustri(1999-2004) President Asean Cosmetic Association (1993-1995) Ketua umum Ikatan Amemetri Kebudayaan Tradisional Indonesia (IAKTRI) (1976sekarang)

Mooryati Soedibyo
Melestarikan Budaya untuk mempercantik Dunia “kecantikan itu universal dan Indonesia memiliki putri-putri yang cantik, pintar dan berprilaku baik dan dibutuhkan wadah untuk menumbuhkan keberanian kepada mereka Agar dapat berkompetisi secara nasional dan internasional” Kedudukannya sebagai seorang cucu raja dari kesultanan solo dan menjadi seorang istri dari KRMH.Soedibjo Purbo Hadiningrat tidak membuatnya merasa puas dan hanya berpangku tangan dalam mengisi kegiatannya diwaktu anak-anaknya menjelang dewasa.

kesehatan dan social. perilaku dan kepintaran sekaligus dapat menjadi media yang dapat mempromosikan dan meningkatkan awareness terhadap produk perusahaannya. memperbaiki penampian dan menjadi cantik merupakan suatu hal yang penting dengan menjadi cantik dapat meningkatkan kepercayaan diri. seorang istri yang berdagang terkesan kurang pantas dan dapat menurunkan derajat suaminya. ia bertugas untuk mengawasi dalam bidang pendidikan. Setelah menjadi seorang pengusaha suskses. Setelah ia terpilih menjadi anggota DPD perwakilan dari Jabodetabek. ia menyadair tanggung jawabnya dalam menyampaikan . Mooryati sendiri tertarik untuk berbisnis dalam bidang kecantikan karena bagi dirinya.Usia 45 tahun tidak menjadi tantangan bagi seorang Muryati Soedibyo untuk mempraktikan keahlian meramu ramuan yang diketahui semenjak ia masih kecil dan masih berada di keraton. Padahal Mooryati dilarang berbisnis oleh keluarganya dari keraton. Dengan jabatannya ini. ia ditunjuk oleh anggota DPD lainnya sebagai wakil ketua II MPR RI. ajang ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan keberanian para putri Indonesia untuk berkompetisi secara nasional dan Internasional. Selama menjalani perannya sebagai wakil ketua MPR RI. Ketika awal bisnisnya berdiri ia hanya sekadar ingin berbagi dengan rekan-rekannya yang berada di Dharma wanita. Karena menurut keraton. Mooryati kemudian membuat suatu ajang yang mencari putri Indonesia yang memiliki kecantikan. Kecantikan dari dalam menurutnya lebih penting dimana hal ini dapat muncul karena adanya kepribadian yang baik . Bagi wanita yang dikarunia 5 orang anak ini kecantikan terbagi menjadi 2 macam yaitu cantik dari luar atau hanya sebatas kecantikan fisik dan kecantikan dari dalam diri. Selain itu. Meski ditentang oleh keluarganya. Mooryati tetap menjalankan bisnisnya tersebut Bisnis jamu yang berawal dari garasi rumahnya dengan jumlah pekerja 2 orang kemudian berkembang menjadi 50 orang dan semakin berkembang pesat hingga akhinya usaha tersebut membuahkan suatu perusahaan yang dikenal luas secara nasional sebagai Mustika Ratu. Mooryati terpanggil untuk mengabdi kepada masyarakat. Karena menurutnya merawat dri. Oleh karena itu ia mengajukan diri sebagai salah satu kandidat Depan Perwakilan Daerah pada saat kepemimpin Susilo Bambang Yudhoyono.suka menolong sesame dan dapat melestarikan kebudayaan Indonesia. Dalam mengembangkan bisnisnya.

program daya untuk untuk menumbuhkan SPIRIT dan membudayakan ENtreprenurship. Meski telah sukses dalam menjalankan bisnisnya dan telah berkiprah dalam dunia politk. . Ia pun merasa senang ketika menjalankan program doktornya. Selama 32 tahun. Sebuah organisasi nonprofit melakukan kepada daerah2 lembaga2 pendidikan untuk pemberdayaan perempuan melalui Training of Trainter . Tidak membuat Mooryati merasa harus berhenti belajar.Rekan0rekannnya sesama mahasiswa program doctor memiliki latar belakang yang berbeda-beda dengan pengalaman dan pengetahuan yang berbeda yang akhirnya dapat saling mengisi dan berbagi cara pandang dalam menyelesaikan suatu topic yang diberikan oleh dosen. Ketiga dosen itu adalah pihak yang membantunya menyelesaikan desertasi mengenai studi kepemimpinan dalam suksesnya perusahaan keluarga. Hal ini didorong oleh keinginannya untuk mengetahui dasar teori yang akan bergunaa dalam memajukan bisnisnya. Di usianya yang ke-80. Sehingga pada saat itu ia ingin mengetahui dasar teori yang telah ada. Albert wijaya dan Firmanzah. wanita yang pada saat ini aktif dalam Dewan Nasional Kesejahteraan Sosial (DNKS) memutuskan untuk kembali ke kampus dan mengambil program Doktor dalam manajemen stratejik di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dosen yang menginspirasi selama mengambil doctor adalah Rhenald kasali. finace . Mooryati telah belajar secara praktik baik ilmu marketing. Pada saat ini Mooryati aktif dalam Dewan Nasional Kesejahteraan Sosial.aspirasi rakyat dan dapat mensosialisasikan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah kepada masyarakat memalui tokoh masyarakat dan lembaga pemerintah pada tingkat daerah serta memberikan penyuluhan kepada kaum muda. opeasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful