MATERI PRATIKUM : BATUAN BEKU ASAM

TANGGAL PRATIKUM: 23 september 2013

TANGGAL DIKUMPULKAN: 30 september 2013

Nama : Robby Saputra Npm : 270110120060 Kelas: B2

LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI FAKULTAS TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN 2013

. dan alkali pelkdsfar ).LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. Jatinangor SAMPEL 1 (A-1) Batuan beku asam ini memiliki warna lapuk yaitu hitam ke abu-abuan dimana warna asalnya adalah coklat kemerahan. Ini terjadi karena ada nya alterasi atau pelapukan pada batuan tersebut. Batuan ini biasanya di temeui pada daerah vulkanik dan kaya akan mineral felsic ( kuarsa. plagioklas.

Selain itu kemasnya equigranural. Jatinangor SAMPEL 2 (A-2) Batuan bewarna lapuk hitam keputihan dan mayoritas berbutir faneritik. . Secara estimasi batuan ini sisusun oleh mineral kuarsa lebih banyak.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. itu dapat jelas dilihat dan dirasa tanpa menggunakan lup geologi. Batuan ini juga batuan vulkanik dan batuan beku asam.

Batuan ini juga memiliki mineral skunder yaitu olivine karena itu ada nya warna hitam pada batuan. Secara megaskopis besar butir nya adalah pirfiritik ( menengah ) dan memiliki kemas equigranular ( ukuran butir yang relative sama besar ). . Jatinangor SAMPEL 3 (A-3) Batuan ini merupakan batuan beku asam dimana terbentuk didaerah vulkanik.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21.

warna pada batuan biasanya dipengeruhi oleh mineral yang dikandung nya. Jatinangor SAMPEL 4 (A-4) Indeks warna pada batuan ini dapat diketahui bahwa mesokcratik ( sedang ). .LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. Secara umum biasa nya batuan beku asam memiliki indeks warna yang terang dan tersebar mineral – mineral felsic pada batuan tersebut.

apabila banyak nya mineral silikat maka batuan beku itu akan terlihat terang dan bersifat asam. karena pada dasar nya asam suatu batuan itu dilihat dari kadar silikat atau SiO2 yang dikandung didalam batuan tersebut.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. Jatinangor SAMPEL 5 (A-5) Betuan ini terlihat jelas bahwa merupakan batuan beku asam. .

yaitu batuan lain yang terselit pada suatu batuan lainnya. Jatinangor SAMPEL 6 (A-6) Secara umum batuan ini merupakan batuan beku asam. karena mengandung mineral felsic ( mineral terang ) dimana terlihat pada warna batuan itu sendiri. .LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. Struktur batuan ini adalah masiv tetapi pada batuan itu terdapat senolit.

. Menurut digram chart batuan ini adalah granitic. namun apabila di belah maka dapat dilihat bahwa warna segar dari batuan ini adalah putih.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. Jatinangor SAMPEL 7 (A-7) Secar handspesimen batuan beku ini bewarna coklat. dimana terdiri oleh sesuai etimasi kuarsa 50%. plagioklas 10% dan Alkali peldspar 20%.

. secara hubungan nya apabila ukuran butir halus maka kemas pada batuan ini inequigranural ( tidak berporos ).LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. Batuan ini memiliki indek warna leucrocratik dan berstruktur shetting join atau masif. Jatinangor SAMPEL 8 (A-8) Batuan beku asam ini memiliki ukuran butir yang lumayan halus ( porfiritik ).

estimasi persenannya adalah 50 % : 50 %. Batuan beku ini memiliki inidek warna lucocratic. Bentuk Kristal dari batuan beku ini adalah Subhedral dan bentuk mineral nya adalah hipidiomorf. . Jatinangor SAMPEL 9 (A-9) Batuan ini memiliki hubungan antara masa dasar dan fenokris yang sama banyak.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21.

Ukuran butir memiliki hubungan berbanding terbalik terhadap kemas dari batuan itu tersendiri. Jatinangor SAMPEL 10 (A-10) Batuan beku asam ini memiliki ukuran butir yang sangat halus yaitu afanitik. dan berkemas inequigranural.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. . Struktur batuan beku itu adalah massif.

Warna suatu batuan ditentukan oleh mineral yang dimiliki batuan itu sendri kecuali suatu batuan itu mengalami elterasi terhadap batuan atau mineral lainnya.LABORATORIUM PETROLOGI DAN MINERALOGI JURUSAN TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalan Raya Bandung – Sumedang Km21. . Jatinangor SAMPEL 11 (A-11) Dari warna nya batuan beku ini sangat bersifat asam. itu dapat terlihat dari warna yaitu bewarna terang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful