P. 1
BAB I

BAB I

|Views: 3|Likes:

More info:

Published by: Erwin Hutapea Sinaga on Sep 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/14/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUHAN

Indonesia adalah Negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, salah satu sumber daya alam yang masih banyak cadangannya adalah batubara. Batubara pada saat ini merupakan salah satu energi alternatif yang sangat penting peranannya di muka bumi guna menggantikan minyak bumi dan bahan bakar lainnya.

Saat ini teknologi di dalam eksplorasi dan eksploitasi Batubara telah berkembang dengan pesat. Hal tersebut sangat diperlukan mengingat harga batubara yang semakin meningkat sehingga perlu dilakukan eksplorasi terhadap deposit batubara itu sendiri.

I. 1

LATAR BELAKANG MASALAH Pada saat sebelum di lakukan analisis batubara tahapan awal yang harus di

lakukan setelah pengambilan sample perlu di adakan penyemplingan terhadap sample batubara yang di tujukan untuk menjaga nilai kalori pada batubara agar tidak terkontaminasi oleh pengaruh udara, dikarenakan agar kandungan C yaitu fix carbone tidak berkurang oleh adanya pengaruh akibat kontaminasi udara itu sendiri,maka dari itu metode penyamplingan pada batubara sangat berperan penting untuk menjaga nilai kalori pada batubara tersebut, untuk itu perlu dilakukan metode yang sistematis penyemplingan batubara.

1

Fakultas Teknologi Mineral di Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta. I. dan juga untuk mengetahui peranan penting metode penyemplingan dalam eksplorasi batubara. I. masyarakat umum. Maka dari itu penulis lakukan agar fokuskan masalah lebih tertuju pada judul yang akan penulis bahas nantinya. baik textbook. . Tujuan Tujuan dari penyusunan seminar ini adalah untuk menambah pengetahuan di kalangan akademisi. 2 MAKSUD DAN TUJUAN Maksud Maksud dari penyusunan seminar ini adalah untuk memenuhi persyaratan akademik di Jurusan Teknik Geologi. Penyusunan makalah ini lebih bersifat sebagai studi kasus dan sebagai laporan penelitian. internet dan juga dari makalah. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui peranan penting metode penyemplingan dalam eksplorasi batubara. 3 METODE PENULISAN Dalam penyusunan draft seminar ini. 4 BATASAN MASALAH Sesuai dengan judul seminar yang di angkat. maka dalam penyusunan makalah ini penulis akan membahas secara spesifikasi tentang tahapan penyemplingan batubara berikut aplikasinya pada eksplorasi batubara.2 I. penulis menggunakan metode penulisan yang didasari pada studi pustaka dari beberapa sumber literatur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->