Apa Itu Latihan Kardio ?

Latihan ini melibatkan kegiatan apapun yang memerlukan penggunaan otot besar tubuh secara rutin dan tidak terputus, mengangkat denyut jantung antara 60 hingga 85 persen dari denyut jantung pada keadaan normal. Beberapa kegiatan kardio yang biasa dilakukan yaitu meliputi kegiatan berjalan, jogging, berlari, aerobik, bersepeda, berenang dan mendayung.

Manfaat Latihan Kardio ? 1. Memberikan Energi untuk Tubuh
Setelah melakukan latihan kardio secara teratur.Anda dapat merasakan adanya energi dan daya tahan tubuh yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

2. Mencegah datangnya Penyakit
Dengan latihan kardio secara teratur berarti anda telah mencegah penyakit jantung. Hal ini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit lain seperti gula darah, obesitas dan kolesterol tinggi, selain itu ,latihan kardio akan memperkuat paru-paru dan jantung.

3. Mengontrol Berat Badan Anda
Dengan latihan kardio, Anda dapat membakar kalori lebih banyak. sangat cocok bagi orang yang perlu menurunkan berat badannya. Sementara mereka yang sudah mencapai massa tubuh ideal mereka, latihan ini akan membuat lebih mudah untuk mengontrol berat badan. Latihan ini pun membantu mengikis kalori. Namun hal ini umumnya tergantung pada berat badan Anda sekarang dan jenis latihan kardio apa yang anda lakukan . Lebih baik konsultasikan hal ini dengan dokter Anda atau pelatih kebugaran , untuk mengetahui jenis yang tepat dari latihan ini untuk kebutuhan Anda.

4. Menurunkan Lemak Tubuh

Beberapa orang tidak memiliki masalah dengan bobot mereka. Namun, mungkin ada juga beberapa orang punya lemak berlebih yang terus mengganggu. Latihan kardio akan membantu dalam menyingkirkan lemak. Kegiatan melibatkan gerakan kelompok otot besar. Secara teratur melakukan pelatihan akan membuat Anda lebih ramping.

5. Terhindar dari Kebosanan
Latihan kardio sangat menyenangkan , Anda pasti akan merasa lebih berenergi dan merasa enjoy karena aliran darah lancar dan tubuh penuh energi. Perhatikan juga hal-hal penting ketika Anda melakukan kardio: - Pemanasan dan pendinginan Sebelum menjalani latihan sangat dianjurkan melakukan pemanasan dulu untuk mengurangi resiko terjadinya cedera begitu pula Setelah anda berlatih kardio, lanjutkan untuk kegiatan pendinginan . Ketika seseorang tiba-tiba berhenti berolahraga darah berkumpul dalam otot dan pernafasan terasa berhenti . Ketika ini terjadi, seseorang beresiko terkena serangan jantung. Jadi pendinginan harus dilakukan setelah latihan. - Durasi Durasi adalah berapa lama Anda melakukan aktivitas terus menerus dalam satu sesi. Idealnya, antara 20 dan 60 menit per sesi. Namun, jika Anda seorang pemula, Anda bisa memulai dengan melakukan latihan lebih singkat, sekitar 10 menit pada suatu waktu. Setelah Anda terbiasa dan merasa nyaman, Anda dapat meningkatkan jumlah waktu yang digunakan. - Frekuensi Bila belum terbiasa Anda dapat melakukan kardio 3-5 kali per minggu, kecuali jika Anda memiliki banyak lemak ditubuh dan berniat melangsingkannya boleh ditambah jadi 5-7 kali per minggu. - Konsumsi makanan berprotein Hindari makan besar sebelum melakukan latihan kardio, untuk hasil terbaik konsumsi makanan berprotein secukupnya seperti telur rebus sekitar 30 menit sebelum berolahraga sebagai bahan bakar bagi tubuh.

- Cuaca dan kondisi Jika cuaca dan kondisi memungkinkan, ide yang bagus untuk melakukan Kardio di luar ruangan. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menghirup udara segar yang serta menikmati alam sekitarnya. Jika Anda ingin manfaat penuh dari latihan kardio Anda harus tetap disiplin, fokus dan bertekad untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful