Anggaran Dasar ( AD

)
Bab I Nama, Waktu, Dan Tempat Kedudukan Pasal 1a Nama Organisasi Ini Bernama “Gerakan Mahasiswa Togean” ( GMT ) Pasal 1b Waktu Organisasi Ini Didirikan Di Palu, Pada Tanggal 25 November 2012 Untuk Waktu Yang Tidak Terbatas. Pasal 1c Tempat Kedudukan Organisasi Ini Berkedudukan Di Palu Sulawesi Tengah, Dan Dapat Membentuk Afiliasi Di Seluruh Indonesia. 7 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

8 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab II Yurisdiksi, Asas, Ciri, Dan Sifat Pasal 2a Yurisdiksi Organisasi Ini Tunduk Kepada Hukum Yang Berlaku Di Indonesia. Pasal 2b Asas Organisasi Ini Berasaskan Pancasila, Dan UUD 1945. Pasal 2c Ciri Organisasi Ini Dibentuk Dari Kesadaran Berkumpul/Ber-Organisasi Dari Seluruh Mahasiswa Yang Berasal Dari Togean, Sehingga Yang Menjadi Ciri Setiap Anggota Adalah Mahasiswa Togean. Pasal 2d Sifat Organisasi Ini Bersifat Kedaerahan, Kemahasiswaan, Kebangsaan, Kemasyarakatan, Independen Dan Profesional.

9 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

10 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab III Maksud Dan Tujuan Maksud Dan Tujuan Organisasi Ini Adalah : Pasal 3 Ayat 1 Mempererat Tali Silaturrohim Antara Anggota Aktif Dan Memberikan Sumbangsih Baik Materiil Atau Immaterial Dalam Organisasi Yang Kemudian Berkembang Sebagai Bagian Organisasi Kemahasiswaan Yang Berkarya, Memberdayakan Potensi Semua Aset-Aset Organisasi Untuk Kesejahteraan Mahasiswa Sehingga Bermanfaat Bagi Daerah, Bangsa Dan Negara. Pasal 3 Ayat 2 Terbentuknya Pribadi Kedaerahan Yang Bertaqwa Kepada Allah SWT, Berbudi Luhur, Berilmu, Cakap, Dan Bertanggung Jawab Dalam Mengamalkan Ilmu Dan Memperjuangkan Cita-Cita Kedaerahan.

11 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

12 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab IV Usaha Pasal 4 Ayat 1 Menghimpun Dan Membina Mahasiswa Daerah Sesuai Asas Dan Tujuan Organisasi Serta Peraturan Perundang-Undangan Dan Paradigma Organisasi Yang Berlaku. Pasal 4 Ayat 2 Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Dalam Berbagai Bidang Sesuai Dengan Asas Dan Tujuan Organisasi Serta Upaya-Upaya Perwujudan Pembangunan Daerah.

13 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

14 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab V Aturan Peralihan Dan Penutup Pasal 5a Hal-Hal Lain Yang Belum Diatur Dalam Anggaran Dasar Ini Akan Diatur Dalam Anggaran Rumah Tangga. Pasal 5b Apabila Kemudian Hari Terdapat Kekurangan Atau Kekeliruan Dalam Anggaran Dasar Ini, Akan Dilakukan Perbaikan Sebagaimana Mestinya Oleh Musyawarah Anggota. Pasal 5c Anggaran Dasar Ini Disusun Dan Dirumuskan Oleh Seluruh Peserta Kongres Yang Hadir Pada Saat Kongres Pertama. Pasal 5d Anggaran Dasar Ini Ditetapkan dan Dikukuhkan Di Palu Pada Tanggal 25 November 2012.

15 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

16 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Anggaran Rumah Tangga ( ART ) Bab I Keanggotaan Pasal 1 Jenis-Jenis Anggota Anggota Inti Pasal 1 Ayat 1a Mahasiswa Yang Tercatat Sebagai Mahasiswa Pada Suatu Perguruan Tinggi Atau Sederajat Pasal 1 Ayat 1b Mahasiswa Yang Telah Menyelesaikan Program Studi Pada Perguruan Tinggi Atau Yang Sederajat Atau Mencapai Gelar Sarjana S1,S2. Tetapi Belum Melampui Jangka Waktu 2 Tahun. Pasal 1 Ayat 1c Anggota Yang Belum Melapaui Usia 40 Tahun.

17 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Anggota Simpatisan Pasal 1 Ayat 2 Anggota Yang Bersimpati Terhadap Organisasi Dan Di Anggap Telah Bekerja Kepada Organisasi Yang Telah Ditetapkan Oleh Pengurus Organisasi Atau Kongres Berdasarkan Kriteria –Kriteria Yang Diatur Kemudian Dalam Ketentuan Tersendiri. Anggota Kehormatan Pasal 1 Ayat 3 Anggota Kehormatan Adalah Orang Yang Dianggap Berjasa Terhadap Organisasi Atau Tokoh-Tokoh Yang Dianggap Penting Dalam Perkembangan Organisasi Yang Selanjutnya Disebut Sebagai Dewan Penasehat/Kehormatan. Dewan Pakar Anggota Yang Sudah Menyelesaikan Study Dan Masih Memberikan Kontribusi Terhadap Organisasi.

18 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab II Massa Keanggotaan Pasal 2 Anggota Inti Berakhir Massa Keanggotaannya Apabila : Pasal 2 Ayat 1 Meninggal Pasal 2 Ayat 2 Atas Permintaan Sendiri Secara Tertulis Yang Disampaikan Langsung Ke Sekretariatan. Pasal 2 Ayat 3 Diberhentikan Sebagai Anggota, Baik Secara Terhormat Atau Secara Tidak Terhormat. Pasal 2 Ayat 4 Bentuk Dan Tata Cara Pemberhentian Diatur Dalam Ketentuan Tersendiri.

19 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 2 Ayat 5 Anggota Inti Yang Telah Habis Masa Keanggotaannya Pada Saat Masih Menjabat Sebagai Pengurus Dapat Diperpanjang Keanggotaannya Sehingga Dapat Berakhir Masa Kepengurusnya. Pasal 2 Ayat 6 Anggota Inti Yang Telah Habis Masa Keanggotaannya Disebut Alumni Organisasi. Pasal 2 Ayat 7 Hubungan Organisasi Dengan Alumni Organisasi Adalah Hubungan Istoris, Keluarga, Kesetaraan, Dan Kualitatir.

20 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab III Hak Dan Kewajiban Anggota Pasal 3a Hak Anggota Pasal 3a Ayat 1 Anggota Inti Berhak Dipilih Dan Memilih. Pasal 3a Ayat 2 Anggota Inti Berhak Atas Pendidikan, Kebebasan Berpendapat, Perlindungan Dan Pembelaan Serta Pengampunan (Rehabilitasi). Pasal 3a Ayat 3 Anggota Simpatisan Berhak Mengeluarkan Pendapat, Mengajukan Usul-Usul Dan Pertanyaan-Pertanyaan Secara Lisan Maupun Tertulis.

21 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 3b Kewajiban Anggota Pasal 3b Ayat 1 Anggota Inti Berkewajiban Memenuhi AD/ART, Peraturan-Peratuaran Lain Serta Mengikuti Kegiatan-Kegiatan Yang Dilaksanakan Organisasi. Pasal 3b Ayat 2 Anggota Berkewajiban Menjunjung Tinggi Dan Mempertahankan Nama Baik Daerah, Bangsa, Dan Organisasi.

22 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab IV Perangkapan Keanggotaan Dan Jabatan Pasal 4 Ayat 1 Anggota Inti Organisasi Tidak Dapat Merangkap Dengan Keanggotaan Organisasi Lain Yang Asas, Sifat Dan Tujuannya Bertentangan Dengan Organisasi. Pasal 4 Ayat 2 Anggota Inti Dan Pengurus Organisasi Dapat Merangkap Sebagai Penggurus Partai Politik Atau Calon Legislatif. Pasal 4 Ayat 3 Perangkapan Keanggotaan Dan Jabatan Seperti Yang Dimaksud Pada Ayat 1 Diatas Dikenakan Sanksi Pemberhentian Keanggotaan.

23 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab V Penghargaan Dan Sanksi Organisasi Pasal 5 Penghargaan Pasal 5a Ayat 1 Penghargaan Organisasi Dapat Diberikan Kepada Anggota Yang Berprestasi Atau Menggangkat Citra Dan Mengharumkan Nama Organisasi, Serta Memiliki Peran Yang Besar Terhadap Organisasi. Pasal 5a Ayat 2 Bentuk Dan Penganugrahan Dan Penghargaan Diatur Dalam Ketentuan Tersendiri.

24 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 5b Sanksi Organisasi Pasal 5b Ayat 1 Sanksi Organisasi Dapat Diberikan Kepada Anggota Karena : Melanggar Ketentuan AD/ART Serta Peraturan Organisasi, Dan Mencemarkan Nama Baik Organisasi. Pasal 5b Ayat 2 Sanksi Diberikan Kepada Penggurus Berbentuk Diberhentikannya Sebagai Pengurus Dan Kembali Sebagai Anggota Inti.

25 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab VI Kepengurusan Pasal 6a Susunan Pengurus Organisasi Pasal 6a Ayat 1 Pengurus Organisasi Terdiri Dari Anggota Inti Pasal 6a Ayat 2 Pengurus Berjumlah Minimal 5 (Lima) Orang, Terdiri Atas Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Sekretaris, Bendahara. Pasal 6a Ayat 3 Jika Ada Event Yang Di Selenggarakan Oleh Organisasi Maka Dapat Dibuat Susunan Kepengurusan Di Luar Pengurus Organisasi Yang Kemudian Disebut Sebagai Pengurus Event. Pasal 6a Ayat 4 Pengurus Organisasi Boleh Merangkap Tugas Menjadi Pengurus Event Yang Di Selenggarakan Oleh Organisasi Kecuali Ketua Pengurus.

26 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 6a Ayat 5 Anggota Kehormatan Masuk Kedalam Susunan Pengurus Sebagai Dewan Penasehat Pasal 6b Persyaratan Pengurus Organisasi Pasal 6b Ayat 1 Dipilih Oleh Anggota Pada Rapat Musyawarah Besar (MUBES). Pasal 6b Ayat 2 Pengurus Organisasi Adalah Anggota Inti Yang Memenuhi Persyaratan Hukum Setempat Dalam Memperjuangkan Kepentingan Organisasi. Pasal 6b Ayat 3 Selalu Hadir Dan Loyal Terhadap Kepentingan Organisasi. Pasal 6c Hak, Kewajiban, Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Pengurus

27 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 6c Ayat 1 Pengurus Organisasi Berkewajiban Membuat Program Kerja Organisasi. Pasal 6c Ayat 2 Pengurus Organisasi Bertugas Melaksanakan Program Kerja Organisasi. Pasal 6c Ayat 3 Pengurus Organisasi Dalam Melaksanakan Program Kerja Organisasi Berhak Membuat Kepengurusan Event. Pasal 6c Ayat 4 Pengurus Organisasi Berkewajiban Mengawasi Pelaksanaan Kerja Kepengurusan Event. Pasal 6c Ayat 5 Pengurus Organisasi Berhak Memberhentikan Anggota Simpatisan Atau Anggota Inti Yang Melakukan Pelanggaran-Pelanggaran Terhadap Ketentuan Organisasi,Dan Mengabaikan Peringatan Dan Teguran Dari Pengurus.

28 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 6c Ayat 6 Pengurus Organisasi Bertanggungjawab Kepada Musyawarah Anggota. Pasal 6d Masa Kepengurusan Pasal 6d Ayat 1 Masa Jabatan Anggota Pengurus Organisasi Adalah 1 Tahun, Dan Dapat Dipilih Kembali. Pasal 6d Ayat 2 Anggota Pengurus Organisasi Akan Berakhir Kepengurusannya Apabila Meninggal Dunia Atau Mengundurkan Diri, Yang Selanjutnya Di Tunjuk Pengganti Sementara Sampai Musyawarah Anggota Diadakan. Pasal 6d Ayat 3 Pengurus Organisasi Dapat Diberhentikan Oleh Musyawarah Anggota Dengan Persetujuan Sekurang-Kurangnya Dua Pertiga Suara Yang Hadir.

29 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

30 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab VII Rapat-Rapat Dan Pengambilan Keputusan Pasal 7a Rapat Musyawarah Anggota Pasal 7a Ayat 1 Pengambil Keputusan Tertinggi Ditangan Musyawarah Anggota. Pasal 7a Ayat 2 Musyawarah Anggota Dilaksanakan Sekurang-Kurangnya Sekali Dalam Setahun, Dan Dipimpin Oleh Dewan Presidium. Pasal 7a Ayat 3 Musyawarah Anggota Bertugas Memilih Dan Menetapkan Anggota Pengurus Organisasi. Pasal 7a Ayat 4 Musyawarah Anggota Dapat Memberhentikan Pengurus Organisasi Dengan Persetujuan Sekurang-Kurangnya Dua Pertiga Suara Yang Hadir.

31 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 7a Ayat 5 Musyawarah Anggota Mengesahkan Rencana Kerja Pengurus Organisasi Dan Menilai Pelaksanaannya. Pasal 7a Ayat 6 Musyawarah Anggota Berhak Memberikan Pengarahan, Pertimbangandan Teguran Kepada Dewan Pengurus. Pasal 7a Ayat 7 Keputusan Musyawarah Anggota Diambil Secara Musyawarah Mufakat, Tetapi Apabila Diperlukan Dapat Dilakukan Pemungutan Suara. Pasal 7a Ayat 8 Musyawarah Anggota Dapat Diadakan Secara Luar Biasa Dengan Usulan Dari Angota Inti Atau Pengurus Organisasi Jika Diperlukan.

32 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Pasal 7b Dewan Presidium Pasal 7b Ayat 1 Dewan Presidium Terdiri Dari Anggota Simpatisan Diluar Pengurus Organisasi. Pasal 7b Ayat 2 Dewan Presidium Berjumlah Minimal 3 (Tiga) Orang, Terdiri Atas Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris. Pasal 7b Ayat 3 Dewan Presidium Dipilih Oleh Anggota Inti Dan Saran Anggota Simpatisan Serta Anggota Kehormatan. Pasal 7b Ayat 4 Dewan Presidium Bertugas Menyelenggarakan Musyawarah Anggota Dan Memimpin Musyawarah Anggota. Pasal 7b Ayat 5 Dewan Presidium Berakhir Masa Kerjanya Seiring Dengan Berakhirnya Musyawarah Anggota. 33 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

34 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab VIII Keuangan Pasal 8a Keuangan Organisasi Berasal Dari Uang Pangkal, Iuran Sukarela,Hasil Usaha Organisasi, Dan Bantuan Yang Legal, Sah, Ikhlas, Dan Tidak Mengikat. Pasal 8b Ketentuan Mengenai Uang Pangkal Dan Uang Iuran Akan Diputuskan Dalam Keputusan Pengurus Organisasi.

35 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

36 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Bab IX Aturan Peralihan / Penutup Pasal 9a Hal-Hal Lain Yang Belum Ditetapkan Dalam Anggaran Rumah Tangga Ini Akan Diatur Dalam Keputusan Terpisah. Pasal 9b Apabila Kemudian Hari Terdapat Kekurangan Atau Kekeliruan Dalam Anggaran Rumah Tangga Ini, Maka Akan Dilakukan Perbaikan Sebagaimana Mestinya Oleh Musyawarah Anggota. Pasal 9c Anggaran Rumah Tangga Ini Disusun Dan Dirumuskan Oleh Seluruh Peserta Kongres Yang Hadir Pada Saat Kongres Pertama. Pasal 9d Anggaran Rumah Tangga Ini Ditetapkan dan Dikukuhkan Di Palu, Pada Tanggal 25 November 2012

37 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

38 Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful