S1 DI jaya baya mengambil manajemen perusAHAN skrg ilmu maanjemen S2 di MM ui, Pada saat itu MM memasuki tahun ke 3, merasakan kebutuhan

akan ilmu manajemen, ada regulasi perbankan, kebutuhan akan manajer untuk masadepan itu besar, Petama nge apply dulu buat s2 baru minta s2 ke kantor. Saya lulus tes dulu baru saya tunjukan ke direkturnya. Program kantor yang dibayarkan oleh kantor. Ini programnya bagus baru saya ambil, saya ngambil najemen akuntansi Saya lulu s1 tahun 1983 pada saat itu ada penyusasian ijazah, dan kurang dihargai, belum dikasih penghargaan, Saya ngambil suatu keputusan tahun 1991, untuk mengambil s2 adalah suatu kilas balik, saya diaksih beasiswa saya akan diangkasa pura, baru asya lanjut, Saya lulusan stm listrik, trs masuk akademi curug sekolah tinggi penerbangan 1976, masuk kerja sbg teknisi radio, saya klo teknisi saya akan begini2 aja, Makanya saya mau ngambil posisi2 yang manajerial, makanya saya ngambil ekonomi di universitas jayabaya. Waktu itu saya gat au tentang adanya jurusan lain seperti ilmu ekonomi, begitu lulus, saya menikmati, trs balik ke kantor ternyta kuran gdihargai. Jadi saya balikin ke angkasa pura , kalo saya diberi beasiswa saya akan lanjutkan kalo engga sayya akan keluar cari tempat kerja yang lain. Ternyata saya dibayar kantor. Pas saya lulus tes, baru dikasih beasiswa, padahal ga ada program kantor ko dikasih *banyak yang cemburu. Baru satu2nya ada program s2 di angkasa perubahan. Program magister manajemen untuk perusahaan. Itu desainnya untuk pimpinan perusahaan. Barulah saya mulai menata menjadi manajer di angkasa pura. Kilas baliknya adalah ketika lulus s2. Apabila s2 untuk ekonomi sifatnya lebih general,sehingga meski saya mengambil manajemen akuntasi, saya tetap mendapatkan marketing, produksi, kembali seolah generalis, didesain untuk top manajerial, beda dgn master science, saya belajar bagaimana srategi perusahaan, dan teraplikasi. 93 diangkat manajer, 2002 jadi direktur utama Saya blajar mengelola suatu perusahaan yang sangat teraplikasi, 93 diangkat jadi manajer 2002 saya dari direktur utama apa gitu 2004 Lulus dari manajemen akuntasi, sya masukke marketing, 1993 2000 Ngambil s3, kalau mau menang di persaingan dia harus memiliki keunggulan kompetitif yang memiliki perbedaan dan keunikan. Disini ada 5 direktur yang semua orang s2. saya melihat apa kelebihan saya? Comp. adv saya apa? Saya ngeliat mejik yang dari pak rhenald. Mendasari say mendaftar, menjadikan saya ada nilai tambah supaya saya berbeda dari teman2. Waktu saya s2, orang harus berani mengambil keputusan, untuk memilih alternative yang sampe ke kesimpulan dan didukung oleh istri saya. Dan saat itu sedang banyak beasiswa. Memang saya katakana, bahwa saya sudah memiliki VISI, saya megnanut prinsip bahwa harus punya visi 2 langkah ke depan. Kalau tidak ada perbedaan kita tidak akan memiliki nilai tambah.

Itulah visi saya. Visi perusahaan agar world class ekonomi. Saya ingin mengajar dan menerbitkan buku. saya piker ini dunia.Kalau kita usadah sampe di level direktur. Program mm ini sangat bagus. Klo finace saya hanya ahli keuangan. Itu banyak program mm yang case study. Awalnya saya dicurug saya ga pernah berprilaku kaya eknisi. Hal yang berrubah. Mejik itu cenderung ke bisnis dan lebih komprehensif. Suatu perusahaan memiliki lingkungan ekternal dan internal yang berrubaah sehingga strategi saja tidak cukup dan harus diikti dgn inovaasi. Harapan 20 tahun lagi. Ui itu terlalu proud pada dirinya . Dosen yang inspiratif adalah pak dorojatun pak adi zakaria. Filosofi kasih itu harus relal mengorbankan dirinya kepada orang lain. Jadi bila sudah sampai hingga tingkatan teretentu. krn pikiran saya ga kaya teknisi makanya saya pengen cepet2 kuliah. Bagaimana mendesain agara visi yang disusun diawal agar menjadi world class company agar lebih cepat tercapai. Karena itu filosofi kasih. saya melihat bahwa bagian keuanganbelum banyak yang sarjana keuangan. orang harus punya visi.. Krn udah memiliki kompetensi baik teoritis maupun praktik. Saya selau ingin membantu orang lain. Bagaimana mendesain perusahan yang ke depan. Kampung saya seperti mangkok. Yang mau saya terapkan setelah doctor adalah saya ingin membuat suatu inovasi. jadi dibtuhkan suatu kemampuan membuat suastu keputusan strategis yang visinya ke depan. kapan akan giliran saya?. Saya ikut yang kelas pagi dan regular. Memang harus visi untuk menjadi global. Pas awal masuk angkasa pura. Pandangan untuk internasionalisasi untuk feui: siap ga siap harus menghadapi globalisasi. janan bersaing dengan teman sendiri harus berpikir dengan orang2 dari Negara lain. sehingga terbuka ntuk saya untuk mengambil keuangan. harus lebih membuka diri. saya angkatan 14. sedangkan bila mengambil mejik saya memiliki suatu kemampuan dalam memformulasikan suatu strategi dalam mendapatkan tujuan. merumuskan visi.. Nilai2 yang ditanamkan sejak kecil: Integritas. Ada tugas kelompk dan ada tugas individu. maka saya akan mengalahkan dunia. Saya sedang mendesain bagaimana perusahaan in. kontribusi saya dalam perusahaan say ikut dalam ikut mendesain visi. Terdapat perubahan paradigma berpikir menjadi bepikir yang ke depan. Hal hal yang saya miliki ingin saya sumbangkan ke anak muda. Pengalaman di MM dan soktor. sehingga bila mengambil finance ato marketing hanya terbatas pada tingkatan tertentu yang cenderung ke science. Karena tuntutan ke depan. saya membuat suatu roadmap mengenai sdm sehingga saya mendesain kompetensi dari sdm yang didalamnay ada faktor2 inovasi. . misalnya rela mengorbankan diri demi nengara. Bukan hanya science. Hamper tiap hari ada kuis. pas sd saya liat di peta ko dunia lkuas bagnet. Bagaimana mengimplementasi suatu teori. jangan pernah lelah dan rela untuk memmbantu orang lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful