Australia

1

AUSTRALIA

2

FENOMENA FISIK

3

686. L. Selat. L.• • LETAK – – – – – Astronomis : 113 BT. Tasmania Selatan : Samudera Hindia Batas B-T= 4000km • LUAS 7.155 BT dan 10 LS – 43 LS Utara : L.850 km2 U-S =3200km 4 .torres Barat : Samudera Hindia Timurt : Samudera pasifik.Timor. arafuru.

dan 5.dataran rendah pantai timur Bentang Alam Australia 5 .plato barat 2.plato dataran rendah tengah 3. yaitu: 1.dataran rendah pantai barat.kawasan pegunungan timur 4.BENTANG ALAM AUSTRALIA Benua Australia dapat dibagi menjadi lima kawasan bentang alam yang utama.

Danau Eyre adalah danau terbesar dan hampir sepanjang tahun danau tersebut merupakan danau garam tanpa air.228 meter). kemudian menuju ke laut selatan. 2. yakni Pegunungan Salju (Snowy Mountains) yang terletak di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Kawasan ini terdiri atas Plato Hammersley.Bentang Alam Australia 1. Di seluruh kawasan ini terdapat banyak cekungan salir. Dataran tinggi tersebut juga merupakan sumber bagi banyak sungai. Dataran tinggi Timur Kawasan ini dulu dikenal sebagai Pegunungan Pemisah Besar berawal di dekat semenanjung Cape York dan membentang ke selatan ke arah Tasmania. Di sebelah utara terdapat cekungan Carpentaria. Plato Barat merupakan kawasan yang sangat luas yang dulunya merupakan ketinggian tetapi kemudian aus dilanda erosi. kebanyakan sungai bersifat tidak tetap dan hanya mengalir kalau hujan. yakni Sungai Murray dan Sungai Darling. Sungai Murray (panjangnya 2. Di kawasan ini. serta monolit (batu besar) raksasa yang disebut Uluru atau Ayer's Rock. Dataran Rendah Tengah Kawasan ini terbentuk dari endapan. kawasan tersebut juga mencakup pegununganpegunungan yang sangat rendah seperti Pegunungan Macdonnell dan Musgrave. terletak di Snowy Mountains. Plato Kimberley. Di sebelah selatan cekungan Carpentaria ada cekungan Danau Eyre yang sangat luas. dan Plato Tanah Arnhem. yang membentang dari daerah pantai utara di Teluk Carpentaria ke arah selatan di dataran rendah Sungai Murray dan Sungai Darling . mengalir ke daerah pedalaman. 6 .520 km) dan sungai Darling (panjangnya lebih dari 3. Sisa-sisa gunung api tua tersebar di kawasan dataran tinggi timur. yakni Gunung Kosciusko (2.750 km) mengalir ke dataran tinggi timur. Dataran Tinggi Timur mencakup Pegunungan Biru (Blue Mountains) yang terletak di sebelah barat Sydney dan pegunungan tertinggi di Australia. Beberapa dari sungai-sungai ini mengalir ke pantai timur dan lainnya mengalir ke arah pedalaman. Di sebelah selatan cekungan Danau Eyre dijumpai cekungan Murray-Darling yang mengalir di kedua sungai terbesar di Australia. 3. Sungai-sungai tersebut mengalir ke danaudanau besar di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Gunung yang tertinggi di Australia.

seperti Sungai Burdekin. sehingga membentuk sebuah dataran pantai. Dataran pantai Timur Persesaran permukaan bumi juga telah terjadi di sepanjang pantai timur yang membentuk Dataran Tinggi Timur. sehingga menimbulkan kawasan dataran rendah pantai yang sempit.Bentang Alam Australia 4. Sungai-sungai ini penting bagi pertanian dan bagi penduduk yang menggunakan sungai tersebut. Sydney menggunakan tiga sungai. suatu patahan pantai yang sempit telah tertekan ke arah bawah. 5. Jalur pantai yang sempit itu terdiri atas lembah-lembah sungai dan bukit-bukit. Dalam proses ini. Parramatta. Dataran Pantai Barat Dataran rendah ini merupakan akibat adanya persesaran di sepanjang pantai barat Benua Australia. Fitzroy dan Hunter. 7 . dan Georges. Misalnya. yakni Sungai Hawkesbury. Di sini dijumpai beberapa sungai pendek dengan sungai yang alirannya baik.

bentang alam 8 .arus samudera 3.keadaan suhu dan angin 5.IKLIM AUSTRALIA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IKLIM DI AUSTRALIA 1.jarak dengan pantai 4.garis lintang 2.

23° 30'LS) 2. yakni 1.44°LS) 9 . kawasan tropis (11°LS .Lintang Australia membentang melintasi tiga kawasan garis lintang yang luas. kawasan subtropis (23° 30' . kawasan beriklim sedang (35°.35oLS) 3.

Arus lain yang disebut Arus Khatulistiwa Selatan mengalir di sepanjang pantai utara Australia. Arus samudera mempengaruhi iklim di darat. samudera menyebabkan suhu menjadi sedang di daerah pantai sehingga tidak ada perbedaan yang besar antara suhu minimum dan suhu maksimum. Arus hangat yang disebut Arus Australia Timur mengalir di sepanjang pantai timur dan arus hangat lain yang disebut Arus Leuwin mengalir di sepanjang pantai barat. Apabila menjauh dari pantai dan lebih masuk ke daratan.Arus Samudera •Arus samudera terbentuk ketika angin bertiup secara tetap di atas lautan. Arus hangat akan membuat iklimnya lebih panas. tepat di sebelah selatan Australia dan membawa hawa dingin ke Tasmania. Australia betul-betul dikelilingi oleh samudera.Arus dingin yang disebut Apung Angin Barat mengalir dari barat ke timur. Pada umumnya. suhunya menjadi semakin ekstrem dan perbedaan antara suhu maksimum dan minimum menjadi lebih besar. Arus dingin akan menyebabkan iklimnya lebih dingin. Arus Samudera di Australia Suhu rata-rata di Australia 10 . Arus-arus panas ini menyebabkan udara di Australia menjadi panas.

Jarak dari Pantai Jarak dari pantai mempengaruhi suhu dan curah hujan. kawasankawasan tropis. Banyak daerah di Australia jauh dari pantai. Di Australia. daerah agak gersang dan daerah kering. Daerah-daerah yang paling lembab di Australia adalah daerah yang paling dekat dengan laut. terdapat daerah-daerah yang basah. daerahnya menjadi lebih kering dan daerah bagian tengah di Australia adalah gurun pasir. Hujan Rata-rata Australia 11 . Lebih jauh ke darat. pada garis lintang berbeda. subtropis dan kawasan beriklim sedang mempunyai daerah yang lembab. daerah yang agak gersang dan daerah yang kering. Jadi.

iklim di Australia lebih dipengaruhi oleh udara tropis yang hangat. atau oleh massa udara.KEADAAN SUHU DAN ANGIN Iklim di Australia dipengaruhi oleh keadaan angin. Massa udara yang mempengaruhi iklim Australia di musim panas Massa udara yang mempengaruhi iklim Australia di musim dingin 12 . iklimnya lebih dipengaruhi oleh udara kutub yang dingin. yang berhembus di atas benua tersebut. Massa udara dan angin yang berasal dari bagian tengah benua Australia bersifat kering dan panas pada musim panas serta kering dan dingin pada musim dingin. Pada musim panas. Pada musim dingin.

Faktor Pengaruh Iklim Bentang alam Kawasan iklim di Australia 13 .

Tikus berkatun. Platipus. Malle. • Fauna antara lain Kangguru. Mallee. sabana dan stepa.FLORA DAN FAUNA • Flora antara lain eucalyptus. Koala dan Burung Unta. banyak dijumpai di dekat padang pasir kangguru koala Hutan eucalyptus yang kering Pohon eucalyptus dapat tumbuh baik di daerah tropik maupun di daerah suhu dingin platypus 14 .

15 .

FENOMENA SOSIAL 16 .

2008sekarang) BAHASA INGGRIS MATA UANG DOLLAR AUSTRALIA AGAMA(sensus 2006) Kriste n 64 % Katolik 26% Tony Abbot 17 .IBUKOTA CANBERRA •BENTUK NEGARA •FEDERASI •Legislatif : Majelis tinggi & majelis rendah •Parlemen : Senat & DPR Kepala Negara Ratu Inggris diwakili Gubernur Jenderal Kepala Pemerintahan Perdana Menteri (tony abbot.

6. 4. 2. 5. 7. 8. 3.NEGARA BAGIAN DAN WILAYAH TERITORIAL AUSTRALIA 1. New South Walles Ibukota Sydney Queensland Ibukota Brisbane Australia Barat Ibukota Perth Australia Selatan Ibukota Adelaide Victoria Ibukota Melborne Tasmania Ibukota Hobart Teritorial Ibukota Australia Ibukota Canberra Teritorial Utara atau Australia Utara Ibukota Darwin Negara Bagian dan Wilayah Teritorial Australia 18 .

Peta Kepadatan penduduk Sumber : www.gov.au 19 . dengan hampir 90% populasi adalah keturunan Eropa. Sebagian besar penduduk tingal di kota-kota besar.PENDUDUK Penduduk Asli: Suku Aborigin Sebagian besar dari 22 juta penduduk Australia adalah keturunan dari pemukim zaman kolonial dan imigran pascaFederasi dari Eropa.Penduduk yang tinggal di Australia Tenggara lebih banyak dari aerah lain karena iklimnya.

•Australia adalah salah satu negara yang memiliki masakan paling majemuk di dunia namun tidak memiliki masakan nasional.5 juta migran telah bermukim di Australia sejak 1945. •Inggris merupakan bahasa nasional namun bahasa-bahasa lain dihargai.embassy.html 20 .gov.au/jak tindonesian/penduduk_kebudayaan. •Sumber : http://www. terutama dipengaruhi oleh oleh kebudayaan Inggris •Lebih dari 6. •Lebih dari 11 juta warga Australia berusia 15 tahun atau lebih ambil bagian dalam olahraga atau kegiatan fisik lainnya. •Mayoritas penduduk Australia beragama Kristen namun orang bebas memeluk agama yang mereka pilih. •Sekitar 88 persen warga Australia menghadiri kegiatan kebudayaan sekurangnya sekali dalam satu tahun.indonesia.KEBUDAYAAN multikultural Kebudayaan Aborigin FAKTA dengan kebudayaan paling beragam.

Victoria dan Queensland 6. Perak. Intan  Di Argyle. Bauksit  Weipa (sebelah barat Semenanjung Cape York) 9. dan Pilbara dikapalkan ke pabrik peleburan besi dan baja di New Castle dan Port Kombla 8. Minyak bumi  Vicoria. Dan australia pengekspor terbesar ke-5 dunia. Broken Hill 5. Tembaga  Mount Isa. Mount Lyell. Emas  Kalgoorlie (Pusat Tambang Emas). merupakan tambang intan satusatunya di Australia. Australia Barat Sumber Mineral Australia 21 . 10.PERTAMBANGAN 1. Teritori Utara 2. 3. Timah hitam. Tonnant Creek. Mount Isa (Queensland) 4. Mount Morgan. Seng  Broken Hill (New South Wales). Batu bara  New South Wales( Sydney. Yamp Sound (Australia Barat). Uranium  Mary Kathleen (dekat Mt. Bijih besi  Iron Knob (semenanjung Eyre). New South Wales.New castle. Timah Putih  Tasmania.Isa) di Radium Hill (Australia Selatan) dan Run jungle (Teritori Utara) 7.

INDUSTRI Produksi baja HASIL Gambar : Perusahaan baja Australia Terdapat tiga perusahaan baja yang benar-benar terpadu di daerah pantai Whyalla. Gambar : Berbagai macam produk baja 22 . dan Port Kembla. Newcastle. Bahan-bahan mentahnya diangkut melalui kapal laut ke perusahaan baja dari berbagai tempat di Australia.

Mobil pertama yang diproduksi di Australia adalah Holden. Industri mobil tersebut mempekerjakan kira-kira 10 persen dari semua pekerja pabrik di Australia. perseneling. lampu.INDUSTRI Pembuatan mobil Mobil dirakit dari berbagai bagian yang berbeda-beda. Industri mobil harus bergantung pada beberapa industri yang memasok bagian-bagian suku cadang ini. Bagian-bagian ini mencakup mesin. tempat duduk. dan ban. kaca depan. Digunakan robot untuk merakit mobil-mobil Ford Australia 23 .

yakni: mesin pacu jantung yang dimasukkan dalam tubuh.INDUSTRI Olahan makanan es krim. sayuran dan buahbuahan kalengan dan beku. Gambar: Mesin pacu jantung (jaringan satu sentimeter persegi) Gambar : Kapal berlambung kembar buatan Australia yang disebut 'Catamaran' ini sangat cepat lajunya. 24 . minuman anggur dan daging serta ikan kalengan Peralatan kedokteran Ada dua hasil temuan kedokteran di Australia yang dibuat untuk pasaran dunia. dibuat oleh perusahaan Teletronics telinga bionik diciptakan untuk membantu mengatasi tuli saraf Pembuatan kapal laut Gambar: Telinga bionik. laik-layar dan dapat disetir.membantu banyak orang.

PERDAGANGAN (EKSPOR-IMPOR) 25 .

dan lebih dari 25% tanaman yang ada dihasilkan dengan menggunakan pengairan. yakni merentang sejauh 2.000 mm dan suhu rata-rata adalah 27° celsius.PADI.100 km. • Pengairan merupakan hal yang penting apabila curah hujannya di bawah 1500 mm.100 dan 5. dan padi Daerah tanaman tebu Gambar : Daerah tempat menanam padi 26 .GANDUM Padi ditanam di daerah pengairan Sungai Murray dan Murrumbidgee) di daerah pertanian yang rata-rata luasnya 300 hektare. Di sini curah hujannya adalah berkisar antara 1. PERTANIAN TEBU •penghasil gula terbesar ke-7 dunia •pengekspor gula terbesar ke-3 dunia •Tebu ditanam mulai di daerah-daerah tropis dan subtropis di negara bagian New South Wales bagian utara sampai ke daerah Mossman di negara bagian Queensland. barley . havermut. Daerah tempat ditanamnya gandum.

Buah-buahan yang ditanam adalah pisang . buah arbei. serta di New South Wales sebelah utara. Daerah-daerah buah-buahan yang penting adalah : daerah pantai Queensland sebelah timur laut. Buah mangga tumbuh subur di negara bagian Queensland. Anggur ditanam di distrik perbukitan sekeliling Adelaide. dan anggur Sebagian besar kebun buah-buahan terletak di dekat daerah pengairan seperti dari Sungai Murray dan Murrumbidgee. Daerah Irigasi Sungai Ord di Australia Barat dan di daerah pantai New South Wales sebelah timur laut. BUAH-BUAHAN Daerah Iklim Sub-Tropis meliputi buah apel. buah frambus. nanas dan mangga. Penelitian di bidang biologi telah menghasilkan buah yang tahan terhadap beberapa penyakit. Apel banyak dihasilkan d Tasmania yang beriklim lebih sejuk dan lembab.PERTANIAN Daerah Iklim Tropis Buah-buahan tropis ditanam di Australia sebelah utara. buah berri hitam. jeruk buah pir. 27 Petani pisang dari QLD . aprikot. Jeruk ditanam di pantai New Soth Wales yang ada irigasinya. Penggunaan teknologi telah membantu dihasilkannya buah yang lebih baik. Buahnya dipetik antara pertengahan bulan November dan awal bulan Januari. pepaya. yakni di daerah tropis yang lembab dan di daerah subtropis.

PETERNAKAN Sapi Domba Jumlah ternak per kilometer persegi (termasuk sapi dan sapi perah) Distribusi domba di Australia Peternakan domba utama berada di ledok (basin) Murray ke Arah Utara sampai Queenslands sentral. 28 .

Pariwisata Australia Jumlah wisatawan yang mengunjungi 20 tempat wisata utama di Australia 29 .

Teritorial Utara -TN.gua Naracoorte Caves yang penuh fosil di Limestone Coast. KAKADU Australia Barat -T. -Cable beach di Broome -Swan River. kawasan anggur tertua di Australia Barat.N Kakadu Queensland -The Gold Coast -The Great Barrier Reef Ningalo o Red Centre Australia Selatan -Kota Adelaide -Wisata kilang anggur di Barossa Valley -Pulau kangguru -Pegunungan dan Pedalaman Flinders .N.Neerabup -Ningaloo Reef -Kalgoorlie tambang emas -Swan Valley.N. Walyunga -T. Victoria: -Pusat Melbourne -Sungai Yarra -Dek Pengamatan Rialto -Pasar Ratu victoria -kebun binatang Melbourne Great ocean Road Hutan Belantara tasmania NEW SOUTH WALES --T.N Namadgi -Darling harbour -0pera House -Pantai Manly dan Bondi -Royal Botanical Gardens -The Rocks.di Perth T. yakni tempat asal-muasal kota Sydney -The Blue Mountains --Jervis bay (lumbalumba) --Hunter Valley(penghasil minuman anggur terbaik) 30 . ULURU Ayers Rock/ red centre -TN.

5. keju Hampir semua peternakan menggunakan model peternakan padang rumput (ranch). telur ayam. sapi potong maupun sapi perah tidak jauh berbeda dengan peternak sapi di Nusa Tenggara Barat (NTB). 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan padang rumput sudah diketahui secara luas oleh peternak karena dukungan infrastruktur dan hasil riset yang telah lama dilakukan. bahan wol dari bulu domba. pemupukan dan faktor kesuburan tanahnya.EKONOMI Peternakan Hasil utama industri peternakan Selandia Baru terdiri dari : 1. Metode peternakan untuk biri-biri. 2. susu perah 6. mentega. yaitu dengan cara penggembalaan di padang rumput yang dimiliki oleh peternak yang dikelilingi oleh kawat yang dialiri listrik tegangan rendah Hampir sepertiga luas negara merupakan daerah peternakan Peternakan sapi di selandia Baru 31 . Pengelolaan rumput dan pertumbuhannya dipengaruhi oleh musim. luas lahan. 3. margarin. jenis rumput. daging berkualitas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful