Sistem politik adalah semua tindakan yang kurang lebih berkaitan dengan pembuatan keputusan-keputusan yang mengikat

masyarakat. Pada hakikatnya, sistem politik melaksanakan fungsi-fungsi mempertahankan kesatuan masyarakat, menyesuaikan, dan mengubah unsur pertautan hubungan antara agama dan sistem ekonomi, serta melindungi kesatuan sistem politik dari ancaman luar atau mengembangkan ke masyarakat lain. Negara maju adalah sebutan untuk negara yang payah. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara payah. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'mundur'. Pengamat dan teoritis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas, dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin di masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme, atau di masa sekarang, melalui proses globalisasi mati saja. Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin. Perkembangan mencakup perkembangan sebuah infrastruktur modern (baik secara fisik maupun institusional) dan sebuah pergerakan dari sektor bernilai tambah rendah seperti agrikultur dan pengambilan sumber daya alam. Negara maju biasanya memiliki sistem ekonomi berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menahan-sendiri. Penerapan istilah 'negara berkembang' ke seluruh negara yang kurang berkembang dianggap tidak tepat bila kasus negara tersebut adalah sebuah negara miskin, yaitu negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya, dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi yang berkelanjutan.

Riya, Christiari 1

AMERIKA SERIKAT Amerika serikat (disingkat A. mempunyai ideology. Amerika Serikat merupakan negara demokrasi konstitusional dengan sistem three-tier dan institusi kehakiman yang bebas. Kemunculannya dilatari dengan meluasnya gagasan bahwa rakyat merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembuatan keputusan politik (public policy). Terdapat tiga peringkat yaitu nasional. negara-negara bagian Riya.) atau United States of America (U. negara bagian dan pemerintahan lokal yang mempunyai badan legislatif serta eksekutif dengan bidang kuasa masing-masing.S. Pada perkembangannya melalui perjalanan panjang partai politik di negara maju mampu menyelenggarakan fungsi partai sebagai penghubung antara rakyat dengan pemerintah sebagai badan eksekutif. Christiari 2 .A.S.1.) dalam bahasa Inggris. serta mempunyai cirri berupa keinginan untuk berkuasa. Namun. Konsep genesis partai membedakan pembentukan partai politik ke dalam partai yang lahir di dalam parlemen dan di luar parlemen. SISTEM POLITIK PADA NEGARA MAJU Sistem politik juga tidak lepas dari adanya partai politik dimana di dalam partai politik terdapat tugas dan petugas untuk mencapai suatu tujuan. Negara ini menggunakan sistem persekutuan atau federalisme di mana di negara pusat dan negara bagian berbagi kuasa. Negara pusat berkuasa terhadap beberapa perkara seperti pencetakan mata uang Amerika serta kebijakan pertahanan. mempunyai program politik sebagai rencana pelaksanaan atau cara pencapaian tujuan secara lebih pragmatis menurut penahapan jangka dekat sampai dengan jangka panjang. Berikut adalah gambaran system politik di Negara-negara maju : A. Partai politik pertama kali lahir pada abad 18 di Inggris sebagai penghubung antara rakyat dengan pemerintah. adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian yang sebagian besar terletak di Amerika Utara.

Diet. dan badan yudikatif (pengadilan). B. Semua rakyat Jepang dapat memberikan suaranya dalam pemilihan setelah mencapai usia 20 tahun. Konstitusi juga menetapkankemandirian tiga badan pemerintahan . dan penolakan perang. hormat terhadap hak-hak asasi manusia. Di negara ini semua rakyat yang berusia 18 tahun ke atas berhak memilih. Dalam pemilu ini yang dipilih bukanlah presiden melainkan seluruh anggota Dewan Perwakilan dan sepertiga dari semua senator dari tiap negara bagian. Christiari 3 . JEPANG Konstitusi (Undang-Undang Dasar) Jepang yang mulai berlaku pada tahun 1947. Diet terdiri dari Majelis Rendah dengan 480 kursi dan Majelis Tinggi dengan 242kursi. Pemilu untuk pemilihan presiden diadakan setiap empat tahun sekali dan yang terakhir ialah pada bulan November 2004. badan eksekutif (kabinet). Pemilu ini terakhir diadakan pada 7 November 2006. Checks and Balances atau pemeriksaan dan keseimbangan merupakan satu ciri yang utama dalam negara Amerika dan hal ini begitu komprehensif sehingga tidak ada satu cabang negara yang mempunyai kuasa mutlak untuk mengawal cabang yang lain. Riya. yang diadakan pada pertengahan masa jabatan presiden. dan satu-satunya badan negarapembuat undang-undang dari negara. telah menggariskan secara terperinci mengenai kuasa-kuasa Negara yang utama yaitu eksekutif.berkuasa menentukan hak dan undang-undang masing-masing seperti hak pengguguran bayi dan hukuman maksimal dalam hal undang-undang. Pasal 1 hingga 3 Konstitusi Amerika. Bentuk ini diikuti oleh negara Amerika Latin. Model pemerintahan Amerika adalah demokrasi presidensiil. adalah badan tertinggi dari kekuasaan negara. didasarkan pada tiga prinsip : kedaulatan rakyat. Di samping Pemilu untuk pemilihan presiden. ada pula Pemilu paruh waktu. yaitu parlemen nasional Jepang. Satu elemen yang kentara di Amerika ialah doktrin pembagian kuasa. legislatif dan kehakiman.badan legislatif (Diet atau Parlemen).

Para anggota Diet memilih perdana menteri dari antaramereka sendiri. Mahkamah Agung terdiri dari Ketua Mahkamah Agung. Kabinet. dalam menjalankankekuasaan eksekutif. semuanya ditunjuk oleh kabinet. rakyat Jepang tidak memilih presiden secara langsung. Juga ada pengadilan sumir. Kekuasaan yudikatif terletak di tangan Mahkamah Agung dan pengadilanpengadilan yang lebih rendah. dan 14 Hakim lainnya. terjadi kontak erat antara mereka dan penduduk setempat. yang menangani kasus sepertipelanggaran lalu-lintas. Tanggungjawab mereka meliputi : pengadaan pendidikan. bertanggungjawab terhadap Diet. Kebanyakan kasus ditangani oleh pengadilan distrik yang bersangkutan.Jepang menganut sistem pemerintahan parlementer seperti Inggris dan Kanada. sepertipengadilan tinggi. termasuk utilitas. Christiari 4 . dan pelayanan lain serta pembangunan dan pemeliharaan prasarana. Berbeda dengan rakyat Amerika atauPrancis. Di Jepang terdapat 47 pemerintah daerah tingkat prefektur (semacam propinsi) dan lebih dari 3300 pemerintah daerah pada tingkat bawah. kesejahteraan. Para kepala pemerintahan daerah serta anggota parlemen daerah dipilih oleh rakyat setempat melalui pemilihan. dan pengadilan sumir. Dengan berbagai kegiatan administratif yang dilakukannya. Perdana menteri membentuk dan memimpin kabinet menteri negara. Riya. dll. pengadilan distrik.

diganti menjadi Partai Kekuatan Rakyat dan politisi veteran sayap kanan. Pemilu ini dilakukan setelah referendum yang menyepakati konstitusi baru yang disusun oleh pemerintah sementara. Pemerintah Thailand mengatakan pemilihan umum akan berlangsung tanggal 23 Desember 2007 untuk pertama kalinya setelah kudeta militer tahun lalu. Peran ini melekat terus sampai negara ini mengalami pasca kemerdekaan. Thai Rak Thai (TRT). Samak Sundaravej menjadi ketua partai tersebut.2. Oleh sebab itu meskipun format politik secara bulat mengadopsi konsep politik dari negara maju tetapi dalam implementasinya. Meski Thaksin tetap mendapatkan dukungan rakyat miskin di utara dan barat laut Thailand. Fenomena yang berkembang jika partai politik tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik maka yang akan muncul adalah kekuatan militer. sering menimbulkan friksi dan konflik. Riya. SISTEM POLITIK NEGARA BERKEMBANG Sebagian besar negara yang tergabung dalam kelompok Negara Berkembang terdiri dari negara bekas jajahan. Banyak perubahan yang terjadi pasca disepakatinya konstitusi baru tersebut. Berikut adalah gambaran dari sistem politik beberapa Negara berkembang: A. Partai politik lebih berperan sebagai oposan atau tandingan pemerintah bukan sebagai mitra kerja sama (mutual symbiosis) untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. namun nampaknya partai ini tidak akan mendapatkan cukup suara untuk meraih suara mayoritas dalam pemilu nantinya. Kondisi ini tidak bisa luput dari sejarah yang melatar belakangi lahirnya partai politik pada mulanya sebagai alat perjuangan untuk mengusir penjajah. Karena itu dapat dilihat bahwa integritas partai terhadap negara rendah. peran partai politik masih jauh dari peran dan fungsi idealnya. yang merupakan partai mantan Perdana Menteri Thailand. Christiari 5 . THAILAND Salah satu negara berkembang adalah Thailand. Thaksin Shinawatra.

pemerintah Thailand berikutnya hampir pasti berbentuk koalisi. Riya. Berdasarkan pengamatan-pengamatan tersebut. sentralisasi pemerintahan.   Militer dan sipil menjadi terpisah.Partai oposisi utama. Raja Chulalongkorn membuat pemerintahan yang terdesentralisasi.  Konstitusi pertama Thailand ditandatangani pada 10 Desember 1932. pemerintah-pemerintah koalisi di Thailand memiliki reputasi hanya seumur jagung dan sangat korup. menuntut monarki berdasarkan konstitusi.  Sebuah kudeta tidak berdarah terjadi thn 1932. Christiari 6 . Pertengahan 1800. • Dari bentuk Monarki Absolut ke Demokrasi Parlementer  Jatuhnya kerajaan Sukhothai berdirinya kerajaan Ayutthaya (sangat memuja raja).  Raja Prajadhipok menyetujui penghapusan monarki absolut dan memberlakukan sistem pemerintahan berlandaskan konstitusi. •  Sistem Check-and-Balance Raja adalah kepala angkatan bersenjata dan penegak semua agama. berhasil bertahan dalam setahun terakhir ini tetapi dukungan bagi mereka berkurang dalam tahun-tahun terakhir dan tampaknya mereka juga tidak akan berhasil mendapatkan suara mayoritas. Sejak dahulu. yakni Partai Demokrat.

 400 anggota berasal dari daerah (dipilih langsung oleh konstituennya. Raja melaksanakan kekuasaan legislatifnya melalui parlemen.  100 anggota berasal dari partai (dipilih secara tdk langsung oleh persentase suara yang diterima partai). Sebagai Kepala Negara. dan Kantor Perdana Menteri. Senator Thailand dipilih langsung untuk pertama kalinya pada 2 Maret 2000 (sblmnya diangkat oleh Raja atas rekomendasi Dewan Menteri). Menduduki jabatan selama 4 tahun. 500 anggota legislatifnya (anggota parlemen) dipilih secara populer. kekuasaan yudisial melalui pengadilan.   Badan legislatif Thailand adalah bikameral.  Lembaga eksekutif dipimpin oleh Perdana Menteri (sejak amandemen konstitusi 1992 harus anggota parlemen). Menduduki jabatan selama 6 tahun.000 orang).   Senat terdiri dari 200 kursi. kekuasaan eksekutifnya melalui kabinet. Christiari 7 .  Kerajaan memiliki hak untuk mendukung dan hak untuk memperingatkan pemerintah apabila pemerintah tidak menjalankan urusan negara atas nama kebaikan rakyat. • Pemerintah Riya.  Kabinet bertanggungjawab atas administrasi 14 kementerian. masing-masing mewakili sekitar 150.

• Perkembangan Politik  pemilih 69. Riya. •   Angkatan Bersenjata Raja adalah Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata.  Kantor PM adl sebuah badan sentral. Panitia kabinet yang lebih kecil dibentuk untuk menyeleksi proposal dari berbagai kementerian sebelum dimasukkan ke kabinet besar/full cabinet. Tanggungjawab utamanya: memformulasikan kebijakan nasional. jumlah Partai Thai Rak Thai (TRT) – didirikan 1999 oleh Thaksin Shinawatra – meraih 248 kursi.  Pemilu pertama – dibawah Konstitusi 1997 – berlangsung pada 6 Januari 2001 (people’s constitution). yg sejajar dgn kementerian. Menteri Pertahanan mengkoordinasikan aturan kerja Angkatan Bersenjata.95%. Christiari 8 .  Panitia tsb juga bisa diberi tugas oleh PM untuk memeriksa proyek atau kebijakan.

130. Ada juga sebagian kecil orang Pakistan dan Srilangka (Rat-nam.858 suara (8. 1965). 377 kursi dr 500 kursi di parlemen).251 suara (60. penduduk bumiputera meningkat 55.28%.470 suara (11. Perdana Menteri.8% dan penduduk asli lainnya 8. 2 kursi di parlemen) B.39%. dan sisanya orang India. Thaksin dilantik sbg Thaksin memimpin koalisi pemerintahan (TRT. Keluarnya Singapura dari federasi Malaysia tahun 1965 merubah keseimbangan penduduk asli.  Democratic Party (DP) meraih 3. Pembentukan federasi Malaysia tahun 1963 menambah jum-lah penduduk Cina karena Singapura bergabung ke dalam federasi tersebut tetapi diimbangi oleh penduduk Sa-bah dan Serawak yang dalam politik nasional bersekutu dengan penduduk semenanjung.66%.7%). 96 kursi)  Chart Thai Party (TNP) meraih 1. Penduduk Malaya asli jumlahnya kurang dari 50% dibanding jumlah seluruh penduduk sedang penduduk Cina berjumlah 37 %.902. 25 kursi)  Mahachon Party (PP) meraih 1. Christiari 9 . TRT meraih 10. Menurut sensus tahun 1970.34%.   Pemilu tahun 2005: jumlah pemilih 72.  Pada 9 Februari 2001.062. Chart Thai Party. New Aspiration Party). MALAYSIA Pada tahun 1957 penduduk seme-nanjung Malaya hanya terdiri dari penduduk asli dan para pendatang.3%.5% (suku Melayu 46.184 suara (18. semen-tara penduduk non- Riya.382.

orang Cina di pertambangan. Diantara orang Cina sebagian kecil beragama Kristen. berbeda dengan penduduk bumiputera dan non-bumi-putera yang muslim dan non-muslim dan terdiri dari banyak kelompok. bahasa. Semua orang Melayu berbahasa Melayu dan Muslim meski terdiri dari berbagai macam dialek. Penduduk suku Melayu tidak hanya berjumlah besar tetapi juga homogen. Kelompok masyarakat Cina yang terbesar (Hok-kian) berjumlah sepertiga dari pen-duduk Cina. meski ada juga suku non-Melayu yang bekerja di sek-tor pertanian. Suku Melayu hidup dari pertanian dan peri-kanan. Teochiu dan kelompok-kelompok kecil lain-nya yang mempunyai kultur dan bahasanya sendiri. 1978). Hakka. Orang India pada umumnya beragama Hindu yang secara kultural dan bahasa yang dipakai amat heterogen. India 9% dan lainnya 1. Orang Cina dan India dapat pula ditemukan sebagai administratur di perusahaan dagang asing dan bekerja sesuai profesinya. disusul penduduk yang berasal dari Kanton. Kong Hu Cu dan Taoisme) yang masing-masing mem-punyai simbol dan aliran sebagai in-dentitas komunalnya.4% ( Milne dan Mauzy . Hanya satu diantara lima kota yang dikuasai suku Melayu dimana mereka bekerja di pemerintahan (Rat-nam 1965).1%. agama dan induk budaya yang berlainan satu sama lain. Christiari 10 . Sementara itu orang-orang India sebagian besar bekerja di perkebunan atau di pemerintahan. Telugu dan Sikh. te-tapi di tingkat Riya. adat-istiadat dan mempunyai kepekaan identitas ke-lompok yang mencolok Suku Cina dan Melayu dibedakan dalam ekonomi modern. tetapi dalam bahasa tertulis mereka mema-kai bahasa baku. Mala-yalee. Orang India umumnya berasal dari Tamil. tapi kebanyakan orang Cina dan India berkeja di sektor ekonomi modern dan mere-fleksikan tingkat pembagian kelas masyarakat.5% terdiri dari Cina 34. Kelas pekerja dikuasai suku non-Melayu. orang Cina dan India terdiri dari berbagai suku. Banyak pula suku non-Melayu yang berkerja di pelayanan teknik pemerintah. sedangkan kelompok lainnya beragama Buddha.bumiputera 44. Di Malaysia Timur dimana penduduk Cina meru-pakan kelompok minoritas. Di sisi lain. secara khusus mereka bergelut di bidang perdagangan kecil dan menengah dan sebagai pemilik tambang timah. Di sisi lain.

profesi dan sebagai kelas pekerja. Kaum imigran dan imigran gelap sudah keluar dari lingkungan tradisional dan mencari kemapanan diri mereka di lingkung-an baru. Pembagian kelas di daerah pe-desaan dan lemahnya budaya cleava-ges intrakomunal memperkuat kedudukan kepemimpinan politik Melayu. menambah proporsi penduduk sehi-ngga kedatangan mereka Riya. petani Melayu amat miskin tetapi tidak dapat dibandingkan dengan negeri tetangganya. Di pantai Timur dan di utara. universitas dan lain-nya. Lebih dari itu. Penduduk desa Melayu mendapat pendidikan dasar. meski jumlah kaum bumi-putera amat kecil tetapi secara tradisional mereka menguasai ma-yoritas penduduk pedesaan sejak ja-man pendudukan. 1967). Malaysia Timur mengikuti pola ini. Di suatu dunia yang didominasi suatu versi ritualistik Islam dan tradisi yang berakar lama. ditawarkan mobilitas sosial melalui sekolah lanjutan. Meski begitu banyak yang terus bermu-kim di Malaya. dimana penduduk non-Melayu merupakan minoritas dan bukan merupakan ancaman secara politis mereka terpecah. Pada tahun 1957 hampir 75% orang Cina dan 65% orang India yang lahir di Malaya. penduduk asli melayu bersatu dibalik kepemimpinan mereka untuk menolak para pendatang. Mayo-ritas penduduk masih terikat gaya hidup pedesaan. dimana jumlah penduduk non-Melayu di suatu tempat lebih banyak. Jadi suku Melayu sebelumnya memang sudah dominan menduduki birokrasi dan pertanian. Secara politis kecende-rungan kepemimpinan masyarakat Melayu berasal dari kelompok kecil elit yang berpendidikan Inggris. Orang Cina dan India. Masyarakat Melayu secara sosial dan politik kurang dapat dimobilisir dari-pada masyarakat non-Melayu. Christiari 11 . sementara suku non-Me-layu predominan di bidang perdagangan. di daerah pesisir Barat dan selatan. ba-nyak diantaranya yang berasal dari aristokrasi dan bekerja di pemerin-tahan. secara realtif mudah dimobilisasi.pejabat tingginya di-kuasai suku Melayu sebagai akibat kebijakan pemerintah kolonial Inggris menempatkan pejabat bumiputera untuk memperoleh legitimasi politik di negeri itu (Roff. Ada diantara mereka merencanakan bekerja secara temporer dan mengumpulkan hartanya untuk kembali ke tanah kelahirannya .

Orang Melayu yang berpendidikan Inggris juga direkrut menjadi polisi dan angkatan bersenja-ta meski ada juga yang berasal dari penduduk non-Melayu. Mobilitas geografis imigran juga disertai mobilitas sosial. tetapi posisi puncak tetap diisi oleh orang Melayu. Tinggal di pusat kota menyebabkan mereka memperoleh akses lebih besar masuk ke sekolah..the United Malays National Organisation (UMNO). Pada awal abad ini Pemerintah kolonial Inggris mendirikan sekolah-sekolah untuk merekrut klas pegawai dari kaum Aristokrat dan anggota kelas ini di kemudian hari mengisi eselon tinggi birokrasi sesudah kemerdekaan (Khasnor 1984). Bedlington 1978). Mobilitas sosial cenderung membentuk kesadaran politik penduduk nonMelayu meningkat dan akibatnya dapat menduduki posisi luas dan meningkatkan kesa-daran kelas baru yang terpisah dari kultur dan agama asli mereka. Kebanyakan dari generasi pertama pemimpin UMNO berasal dari kaum elite adminstratif yang berpendidikan Inggris yang telah lama menjadi pegawai pemerintah kolonial. 1965). Mo-bilisasi dan fragmentasi masyarakat non-Melayu ini tercermin dalam garis politiknya. khususnya sekolah yang berbahasa Inggris sehingga mereka dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi dan dapat memasuki berbagai macam profesi. Kelompok ini meru-pakan pendukung berat politik pen-duduk non-Melayu. angkatan bersenjata. Christiari 12 . Milne dan Mauzy 1978. Mereka memegang kontrol terhadap birokrasi. Kelompok elite Melayu juga mendi-rikan sayap politik . Konsentrasi mereka di sektor ekonomi modern menyebabkan terbukanya lebih banyak kesempatan bagi kema-juan diri mereka sendiri daripada penduduk Malaya di pedesaan. Politik Malaysia yang didominasi ka-um elite masyarakat Melayu (Voys 1975.dibatasi atau dilarang samasekali (Ratnam. Means 1976. Partai UMNO yang didirikan tahun 1946 sesuai dengan rencana pemerintah Inggris untuk menciptakan Persatuan Malaya (Malayan Union) yang terdiri dari sembilan negara dan dua koloni kerajaan di Riya. Secara relatif di pantai Barat loyalitas orang Cina terpecah dua. Sebagian besar mengindetikkan diri sebagai anggota Partai Komunis atau golongan kiri dan reformis. polisi.

terutama yang didukung Cina. UMNO sesungguhnya merupakan partai konservatif dan pro Inggris. Christiari 13 . pemilihan kotapraja 1952. Di Kuala Lumpur . Hal ini mendapat reaksi keras dari kelompok masyarakat Me-layu. yang bentuknya dipe-ngaruhi gerakan radikal Indonesia yang pendukungnya kebanyakan para guru sekolah. Aliansi ini berhasil meme-nangkan pemilihan umum antara tahun 1965 dan 1969. Meski UMNO telah mapan sebagai organisasi ekslusif untuk memperjuangkan kepentingan Melayu. Pemerintah Inggris tidak ingin memerdekakan Malaya yang tidak akan menjamin stabilitas dan kepentingannya di masa depan. para pemimpinnya segara menyadari bah-wa lingkungan khusus masya-rakat Melayu secara imperative diterima di kalangan mereka tetapi mereka ha-rusl memberikan pengertian terha-dap pemimpin nonMelayu yang moderat. pemerintah Inggris percaya bahwa suatu pemerintahan Melayu tidak akan dapat mengatasi pembe-rontakan Komunis. bersekutu melawan pemimpin partai multirasial Melayu.semenanjung. Sesudah perang UMNO di-tantang oleh Partai Nasionalis Malaya (the Malay Nationalist Party atau MNP). pada tahun 1948 suatu federasi dibentuk dengan beberapa otonomi dan kelompok Melayu mendapat posisi khusus. Persekutuan berhasil dan bertambah de-ngan MIC (Malayan Indian Cong-gress). UMNO bekerjasama dengan organisasi kon-servatif Cina. Penyim-pangan dari tradisi pemerintahan kolonial ini hanya sebentar. Di bawah persatuan Malaya mereka akan kehi-langan status istimewa mereka dan penduduk non-Melayu akan mem-peroleh hak sama sebagai warga-negara . Tetapi Partai Nasionalis Malaya dilarang melalui undang-undang darurat perang pada tahun 1948 sehingga UMNO menjadi partai besar. juga dari kelompok elite pegawai pemerintahan kolonial yang akan kehilangan jabatan.. Asosiasi Cina-Melayu (MCA) . meski begitu memper-juang-kan kemerdekaan dan menjadi satu-satunya partai yang dominan sebelum kemerdekaan yang menang pemilihan umum tahun 1955 untuk membentuk pemerintahan yang mer-deka di tahun 1957. Rahasia keber-hasilannya Riya. Khususnya. Sekurang-kurangnya dalam pemilihan umum mereka mendukung UMNO untuk bekerja-sama dengan kelompok non-Melayu (Horowitz 1985).

tapi di Kelantan hanya dapat membuat basis di Kedah dan Perlis dimana orang Melayu pen-duduknya 70 sampai 80 %. yang biasanya datang dari wilayah utara dan timurlaut yang terdiri dari para petani miskin yang kurang di-perhatikan dalam program pembangunan yang disponsori UMNO. Tetapi UMNO mempersatukan penduduk Melayu di pantai barat dan selatan dimana penduduknya non-Melayu padat. dua negara di Malaka yang mendapat dukungan 90 pen-duduk. Meski secara formal UMNO menya-takan akan membawa bangsa Melayu ke sektor ekonomi modern. tetapi ia lebih konkern terhadap pemeliharaan statusquo hubungan ra-sial yang harmonis . yang dalam bahasa Melayu Parti Islam se-Malaysia =PAS).terletak dalam kemam-puannya untuk mengambil hati tiga kelompok masyarakat sedang di pihak lawan hanya terbatas pada satu kelompok masyarakat. di tingkat bawah didominasi oleh para tauke—bisnismen lokal. kedua partai mewakili ke-lompok konservatif. UMNO partner. Partai ini bersikap moderat terhadap issu rasial. Dalam masa pemilu pra-kemer-dekaan yang diadakan tahun 1955. PAS hanya memenangkan satu dari 52 kursi di parlemen. khususnya bagi MCA dan begitu juga bagi MIC yang lebih kecil. MCA. PAS menggunakan para pejabat dan para guru untuk mengerahkan massa pendukungnya. Meski PAS dapat manuver kekuasaannya di Trengganu pada tahun 1961. sebagai bagian dari komunitas mereka yang sudah mapan untuk mendapat dukungan di tingkat daerah. Dipimpin oleh elit pendidikan berba-hasa Inggris yang menjadi kawan UMNO. Dipandang dari sudut penduduk non-Melayu. membuat langkah drastis sehingga posisi Malaya yang dibiayai non-Melayu. Platform PAS yang kesukuan dan agamis) mengekloitir kelemahan UMNO yang ingin mengindentikkan dengan suku bangsa non-Melayu . mengalami erosi kredibilitas karena dianggap mewakili komunitas Cina dan India. Christiari 14 . tetapi pada pemilu tahun 1959 PAS membuat kemajuan besar dan dapat mengon-trol pemerintah di Kelantan dan Terengganu. diban-ding Partai Pan Islam Melayu (PMIP atau PanMalayan Islamic Party . yang seringkali Riya.

Oposisi orang non-Melayu tidak terpusat di satu partai yang beoposisi dengan Malaya seperti PAS tetapi ada Partai Buruh. mereka tidak dapat berbuat banyak dalam mengatasi kasus-kasus orang non-Melayu. kewarga-negaraan. Para pendukungnya menga-baikan panggilan untuk boi-kot dan menyalurkan suaranya ke partai oposisi lainnya. khususnya orang Cina. dan pemilik toko India. Akibatnya rasa kecewa anggota non-Melayu semakin meningkat. Gerakan (Gerakan Rakyat Malaysia—Malaysia Riya. dan hanya sekolah menengah Cina dan punya ikatan batin dengan kamardagang Cina daerah. suatu Partai Baru . Meski berhasil memperluas perlindungan kepentingan orang non-Melayu dari ancaman penduduk Melayu. Banyak pemimpin partai yang ditangkap sejak ISA diundangkan sehingga partai ini memutuskan memboikot pemilu 1969. Partai Sosialis yang punya akar di persatuan dagang serta merupakan fokus oposisi orang non-Melayu. Baik MCA dan MIC ke-duanya memperjuangkan kepenting-an komunitas mereka dengan meng-ungkap isu pendidikan. Kegagalan untuk mencapai kemajuan yang berarti membuat para pemimpin MCA dan MIC tersinggung terhadap orang Melayu. khususnya para bis-nismen untuk mengakses birokrasi peme-rintah yang didominasi Melayu dan menawarkan berbagai keuntung-an kepada pendukungnya di tingkat bawah secara hierarkis. tetapi perse-kutuan dan ketergantungan mereka dengan UMNO menyebabkan mereka harus mewakili kepentingan individu daripada kampanye massa. Partai Buruh merupakan tar-get inviltrasi Komunis dan menye-babkan konflik internal serta kabur-nya para pemimpin partai moderat pada tahun 1967 dan 1968. MIC di pihak lain amat tergantung pada para buruh perke-bunan seperti guru sekolah Tamil. DAP (Demo-cratic Action Party) memperoleh keuntungan dari peristiwa itu. Di Perak pendukung utama PPP (People’s Progressive Party). pegawai perkebunan. rekruitmen pegawai sipil dan lain sebagainya. Semakin lama. yang asalnya bernama PAP (Singapura People’s Action Party) Singapura. Di Penang. Christiari 15 .tidak bisa berbahasa Inggris. kedua partai kelihatan sebagai mesin patron yang menyalurkan orang non-Melayu dari kelas menengah.

Sistem politik yang berkarakter gabungan sosialisme dan nasionalis-me (Funston 1977). Mosaik partai komunal cepat menim-bulkan komplikasi pada pembentuk-an Malaysia tahun 1963 dengan tam-bahan Singapura dan dua negara Ma-laysia Timur. dan bebe-rapa tokoh mereka masuk ke dalam angkatan bersenjata dan polisi serta menduduki jabatan tinggi. latar belakang pendidikan dan gaya hidup. tetapi fase itu dapat dilalui dengan keluarnya Singapura dari fe-derasi (1965). MCA dan MIC Riya. Kaum bumiputera ini pada umumnya punya hubungan dengan kelas atas. orientasi.People’s Movement). Figur kepemimpinan UMNO. Di Sabah dan Serawak diikuti oleh partai yang berbasis suku Melayu dan Cina (minoritas) sebagai-mana bervariasinya kaum pribumi. tidak hanya mengambil alih suara Partai Buruh dan dapat mengontrol pemerintah. Para pemimpin yang berasal dari penduduk non-Melayu masuk ke dalam lingkungan peme-rintahan melalui persekutuan: bebe-rapa tokoh senior mempunyai kedu-dukan di birokrasi yang dialokasikan untuk kaum non-Melayu. Sabah dan Serawak un-tuk bergabung dalam federasi ter-sebut. para pemimpin UMNO. Tetapi kaum elite Melayu tidak memerintah sen-dirian saja. yang belatarbelakang kelas menengah bawah telah direkrut ke dalam kelompok elit sesudah mereka menerima pendidikan berbahasa Ing-gris untuk memantapkan pandangan dan gaya hidup agar dapat masuk ke dalam status barunya. Selebih-nyabanyak kebijakan pemerintah yang menguntungkan kaum non-Melayu. Model ini meng-utamakan stabilitas masyarakat plural melalui integrasi tingkat elite masyarakat yang diwakili oleh para pemimpinya. dan anggota angkatan bersenjata ser-ta polisi yang punya kesamaan ni-lai. Masuknya Singapura mengin-jeksi suatu elemen baru dalam politik orang Cina dan menimbulkan polari-sasi Malaya yang memimpin Per-sekutuan dengan Singapura berbasis PAP. sementara yang lain. Sistem politik didominasi secara rela-tif oleh homogenitas kaum elite Mela-yu. ahli hukum. Di bawah sistem perse-kutuan ini. terutama di bidang ekonomi yang diduduki orang Cina dari kelas atas (Funston 1980). Christiari 16 . ter-diri dari para birokrat.

UMNO berhasil menjadi partai utama bagi kelompoknya. Sejak merdeka tahun sampai pemilu 1969.bertemu untuk men-capai kompromi dalam penyelesaian berbagai masalah daripada berkam-panye dengan mengumpulkan masa yang dapat meningkatkan sentimen antar komunal. Riya. Meskipun pelaksa-naan fungsi sistem ini lancar tetapi menuntut tidak hanya menuruti kemauan suatu kelompok elit untuk berkompromi tentang issue komunal tetapi juga kemampuan untuk mendapatkan dukungan dan keya-kinan dari komunitas yang respektif. Christiari 17 . orang-orang Cina mendukung Persekutuan mereka kecuali ketika MCA tidak lagi memperjuangkan kepentingan mereka. Alasan merosotnya peran gaya persekutuan terletak dalam pembangunan social ekonomi sesudah periode kemerdekaan. Dari sudut pandang orang Melayu. Mulai tahun 1969. fondasi sistem ini menjadi amat tidak stabil. Tetapi di tahun 1969 mulai kehilangan pendukungnya.