Pengumpulan, pengangkutan dan penyimpanan sampah Jika komunitas Anda tidak memiliki jasa pemungutan sampah yang bisa

diandalkan, Anda dapat mengalang masyarakat, pemerintah setempat dan para pemilik usaha untuk membentuk suatu usaha jasa ini. Ketika Anda merencanakannya, ingat barang-barang apa yang akan dikumpulkan dan apakah barang-barang tersebut akan diangkut untuk dijual kembali pada perusahaan daur ulang besar atau diangkut ke program daur ulang komunitas. Makin pendek jarak yang ditempuh oleh sampah, makin baik tetapi banyak

komunitas yang tidak dapat mendaur ulang sampah didekat lokasi, sehingga harus dicari solusi lain. Cara Menyiapkan Sampah Bagaimana cara anda menyiapkan sampah untuk dikumpulkan, diangkat dan disimpan tergantung dari beberapa luas tempat yang tersedia, siapa yang akan mengerjakan, siapa yang akan membeli barang bekasnya, dan apa yang akan dibuat dari barang tersebut. Untuk menghindari bau tidak sedap dan menyebarnya kuman, barang-barang tadi harus dibersihkan, dikeringkan, dan diratakan atau ditumpuk agar tidak menyita terlalu banyak tempat dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Komputer-komputer, radio-radio, dan televisi-televisi mengandung banyak bagian yang dapat dijual kembali atau didaur ulang, tetapi banyak bagiannya yang mengandung racun. Barang-barang tersebut sebaiknya dibuka dan dipindahkan setelah pekerja mendapat pelatihan untuk setiap produk, dengan menggunakan peralatan pelindung keamanan serta didalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Semua wadah penyimpanan barang-barang beracun harus ditangani secara khusus. Kesehatan dan Keamanan Bagi Pengumpul Sampah Pengumpul sampah menghadapi risiko gangguan kesehatan saat bekerja dengan sampah. Untuk melindungi diri, mereka perlu dilatih tentang cara-cara mencegah penyakit dan kemana harus pergi jika ada masalah. Jika pengumpul sampah dikoordinasi menjadi suatu koperasi atau usaha kecil, maka akan lebih mudah menyatukan sumber daya, menyediakan pelatihan, dan mendapat dukungan pemerintah atau komunitas untuk membeli peralatan keamanan dan membuat pekerjaan seaman mungkin.

Koran tua dipotong- . Pusat-pusat ini sudah memberi inspirasi bagi program limbah padat komunitas diseluruh negara. Pusat-pusat Pemanfaatan Ulang Sumber Daya Di beberapa komunitas di Filipina. bahan bangunan. Dibeberapa komunitas. meubel. Beberapa pusat pemanfaatan ulang sumber daya juga menyediakan ruangan dimana pekerja dapat membuat produk baru dari barang bekas. atau pabrik-pabrik. Sebuah bengkel-Eko atau gudang. Karton jus diratakan dan dijahit menjadi tastas belanja. gorden. botol beling. Warga menyimpan sampah organik mereka didalamwadah tertutup didalam rumah atau di tong-tong kompos yang diletakkan disekitar lingkungan tempat tinggal mereka. dan lain sebagainya. tempat membuat produk barang baru dari barang bekas. dan tempat menukar barangbarang seperti baju. Rumah tangga dianjurkan untuk memisahkan sampah masing-masing dan membersihkan barang bekas yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang. ada pusat pemanfaatan ulang sumber daya yang dibentuk oleh pemerintah setempat dan suatu lembaga bernama Mother Earth Foundation. Botol-botol diubah menjadi gelas-gelas untuk diminum. sendokgarpu. Semua diangkut kepusat pemanfaatam ulang sumberdaya. dan sampah yang harus dibuang. pot-pot. Setiap hari. dan membantu mengubah seluruh sistem pengelolaan sampah. peralatan dapur. Seringkali warga mendapat imbalan uang untuk barang-barang mereka yang bisa didaur ulang. yang memiliki dua bagian:   Kebun ekologi. perusahaan daur ulang.Memulai Suatu Pusat Pemanfaatan Ulang Sumber Daya Masyarakat Suatu pusat pemanfaatan ulang sumberdaya adalah tempat dimana barang-barang bekas yang berguna dan dapat didaur ulang dikumpulkan untuk dijual atau digunakan kembali. dimana sampah organik dibuat menjadi kompos dan digunakan untuk menanam sayur yang bisa dijual ke warga komunitas. sepatu. Tempat ini dapat juga menjadi tempat memulai suatu proyek kompos komunitas dan kebun tanaman pasar. dimana barang yan didaur ulang disimpan sebelum dijual kembali ketoko-toko. pekerja-pekerja dari pusat pemanfaatan ulang sumber daya mendatangi rumah-rumah dengan gerobak beroda tiga untuk mengumpulkan sampah organik. barang-barang yang didaur ulang. ada peraturan yang melarang orang menumpuk sampah diluar rumah yang menimbulkan bau tidak sedap.

dan PCB yang menyebabkan banyak masalah. Barang-barang ini bisa dijual untuk memberi penghasilan pada pekerja dan untuk biaya pengelolaan pusat pemanfaatan ulang sumber daya. dan menghasilkan lebih banyak sayuran dengan menggunakan kompos dari sisa makanan. atau tidak bisa didaur ulang harus dibuang secara aman. Tetapi membakar plastik atau karet dalam jumlah kecil pun dapat melepaskan bahan kimia beracun seperti dioksin. Jika sampah yang mengandung bahan kimia berbahaya dipendam. Lain orang lebih suka mengubur sampah untuk mencegah asap yang terjadi dari pembakaran sampah. gali lubang ditempat yang jauh dari sumber air. Untuk membuat lubang pemendaman kecil. Beberapa orang berpendapat bahwa membakar sampah adalah yang terbaik. purans. cara yang terbaik adalah memasukkan kedalam tempat pembuangan akhir yang dilapisi lapisan pengaman. dimanfaatkan kembali atau dibuat kompos. Faktanya kedua cara menghancurkan sampah ini bermasalah. Limbah Beracun Limbah beracun adalah limbah yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kita dan lingkungan. dan tutup dengan selapis tanah diatasnya. serin bahan-bahan ini di potong-potong dan dibakar agar menjadi bahan bakar untuk memasak atau memanaskan. tidak bisa dikomposkan. warga mendapat penghasilan dari mendaur ulang barang-barang. Sampah yang tidak dapat ditangani dengan cara apapun tidak dapat ditangani dengan cara apapun dapat dipendam dilubang kecil atau ditempat pembuangan akhir (TPA). Di tempat-tempat dimana timbunan kertas dan kardus tidak dapat didaur ulang. Cara terbaik untuk mencegah bahaya dari sampah beracun . masukkan sampah kedalam lubang. bahan kimia ini dapat merembes kedalam lapisan tanah dan mengkontaminasi air minum. Daripada hidup dengan tumpukan sampah yang bau. Jika tidak ada cara yang aman untuk membuang sampah beracun (misalnya. Kehadiran pusat-pusat ini telah sangat mengurangi jumlah sampah dikomunitas mereka. Membuan Sampah Secara Aman Barang apapun yang sudah tidak dapat digunakan kembali.potong dan dirajut untuk membuat keranjang dan tas yang dilapisi lem atau damar agar lebih kuat. mengembalikan pada pabrik yang memproduksinya agar racunnya terurai).

dan sebagainya. Sampah kegiatan Medis. dan alat tajam lainnya. Seperti perban berdarah. Ratakan kaleng. Cat latek tidak begitu beracun di bandingkan dengan cat lainnya tetapi perlu cara pembuangan dengan sama seperti cat lainnya. Simpan kaleng cat dalam keadaan tertutup di tempat yang teduh. ratakan kaleng cat dan bungkus dengan kertas koran. perpentim. Setelah cat habis di gunakan. dan kubur di tempat pembuangan akhir (TPA) atau kotak besi besar yang tertutup. Cat dan kaleng cat. simpan di dalam tas plastik dan di kubur di tempat pembuangan akhir (TPA). Pelarut-pelarut (pelarut lemak. Membuang bahan beracun yang Umum Produk rumah tangga yang umum dimiliki setiap rumah tangga dapat menghasilkan sampah beracun jika tidak di tangani secara hati-hati dan di buang secara aman. Kuburkan di TPA. Pestisida. jarim suntik bekas. Dengan mendirikan pusat pengumpulan atau tempat penyimpanan bahan beracun yang aman dapat mencegah bahan-bahan ini terkontaminasi lahan-lahan dan sistem pengadaan air warga. lubangi kaleng pelarut agar tidak digunakan untuk tujuan lain. Simpan pelarut-pelarut di wadah tertutup di tempat tidur agar tidak menimbulkan kebakaran setelah semua pelarut habis di gunakan. Di beberapa tempat. Pemerintah harus melarang produknya dan proses-proses produksinya. obat bekas atau kadaluarsa. dan setelah .adalah menghentikan produksinya. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) TPA merupakan lubang besar dimana dasarnya dilapisi bahan pelindung dan sampah. lalu dipadatkan agar mengecil dan memadat. dibenamkan secara berlapis-lapis. bungkus dengan Koran simpan di dalam kertas plastic. Mendaur ulang baterai dengan tangan tanpa tanpa pelindung sangat berbahaya dan jangan dilakukan tanpa latihan yang memadai dan tanpa mengenakan peralatan pelindung. Baterai-baterai. pelarut cat). Komunitas dapat mempromosikan penggunaan produk alternatif untuk membersihkan rumah dan buruh pekerja dapat mempromosikan produk alternatif pada industri. baterai dapat di daur ulang. Lubangi atau hancurkan kemasan pestisida agar tidak digunakan kembali. Ntuk mengetahui bagaimana menggunakan lebih sedikit pestisida.

atau komunitas dapat membangun TPA yang baru dan memindahkan sampahdari tempat lama. membangun kemitraan antara komunitas. pemerintah setempat. dari sumur-sumur atau sumber air minum lainnya. sebuah TPA harus paling tidak berjarak :     150 meter dari tepi pantai. TPA terbaikpun dapat menjadi penuh setelah di isi bertahun-tahun.selesai di isi. Membangun dan mengelola suatu TPA perlu banyak sumberdaya. danau. 250 meter dari hutan lindung. Hal ini meliputi studi tentang Janis tanah dan batuan. Tempat pembuangan terbuka dapat di ubah menjadi TPA. Walaupun demikian. dan bekerja sama dengan pusat-pusat pemnafaatan ulang sumberdaya. pemerintah menuntut dibuatnya suatu kajian lokasi (pengamatan kondisi lingkungan) sebelum konstruksi. seperti sungai. 250 meter dari air tawar. bagian atasnya ditutup. Memilih Lokasi Langkah pertama dalam merencanakan TPA adalah memilih lokasi. maka sejak awal kita harus mencegah menciptakan sampah. Demi kesehatan dan keamanan. Tempat ini dilapisi dengan tanah liat keras atau plastik untuk melindungi bahanbahan kimia dan kuman-kuman mencemari air tanah. Pengelolaan yang baik biasanya meliputi pelatihan dan dukungan bagi pekerja TPA. lapak-lapak sampah beracun. Tempat ini di tutup agar tidak menjadi sarang serangga dan hama pembawa penyakit. dan jarak dari sumber-sumber air dan rimah-rumah penduduk. 500 meter dari rumah-rumah. jenis tanaman yang tumbuh dilokasi. dan kemungkinan besar akan bocor. Dikebanyakan tempat. dan pemerintah daerah setempat. Untuk menanggulangi masalh sampah. TPA dapat melindungi kesehatan komunitas jika:    Tempay ini di bangun jauh dari pemukiman. atau rawa. TPA dapat mengurangi bahaya yang ditimbulkan dari sampah yang dikumpulkan dan lebih aman daripada tempat pembuangan terbuka. dan lembaga lainnya seperti suatu perusahaan. Sebuah TPA dapat menjaga kesehatan masyarakat hanya bila TPA di kelola dengan baik. . karena itu seringkali perlu dilaksanakan bersama.

kerikil dan tanah. Melapisi Lubang Untk melindungi air ternak. Membangun tempat pembuangan di daerah yang memiliki tanah liat akan memudah pekerjaan. Jika ada lapisan pelindung yang lebih baik. seperti beberapa lapis lemabaran plastic tebal dan kain terpal. . dan sistem pipa serta pompa-pompa dapat dibangun untuk mengeluarkan cairan. Akan lebih melindungi tanah. tempat pembuangan perlu dilindungi pelapis bawah. Bentuk ini juga membantu memadatkan sampah karena berat sampah yang di atas akan menekan lapisan dibawahnya. Pelapis yang baik dapat di buat dari padatan tanah liat. Bagian dasar semua lubang harus lebih sempit disbanding bagian atasnya agar tdak terjadi longsor. Membangun TPA Ukuran sebuah lubang pembuangan akhir tergantung dari jumlah sampah yang akan mengisinya. 500 meter dari garis lempengan gempa (earthquake fault line) Dasar pembuangan harus minimal 2 meter di atas batas tertinggi permukaan air tanah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful