BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Meningkatnya tuntutan perawat memberikan kualitas terbaik dalam pelayanan keperawatan. Dalam hal ini diperlukan kemampuan perawat memperhitungkan tenaga keperawatan yang dibutuhkan sesuai dengan keefektifan dan kebutuhan ruangan. Selain itu dalam suatu kelompok dapat diberikan pengarahan untuk mencapai visi dan misi ruangan yang diharapkan bersama-sama dilakukan. Tentunya dengan jumlah tenaga keperawatan yang sesuai dengan yang dibutuhkan, kemudian diberikan pengarahan dari seorang pemimpin, namun harus diingat tetap diperlukan pengendalian dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan guna mencapai peningkatan mutu kualitas manajemen pelayanan asuhan keperawatan. Sehingga manajemen keperawatan di Indonesia di masa depan perlu mendapatkan prioritas utama dalam pengembangan. Hal ini berkaitan dengan tuntutan profesi dan tuntutan global bahwa setiap perkembangan dan perubahan memerlukan pengelolaan secara profesional dengan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi di dunia. Penyusunan makalah ini dimaksudkan agar kita sebagai perawat mengetahui bagaimana ketenagaan, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan dalam manajemen yang baik. Hal ini ditujuan agar perawat dapat memberikan asuhan keperawatan yang lebih baik dan mampu merespon tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan keperawatan. Selain itu agar kita sebagai perawat juga mengetahui berbagai bidang dalam keperawatan agar menjadi perawat profesional.

1.2 Rumusan Masalah 1. 2. Bagaimana konsep ketenagakerjaan dalam manajemen keperawatan? Bagaimana metode memahami penghitungan jumlah tenaga yang dibutuhkan berdasarkan beberapa metode penghitungan Dougles/ Gill/ Depkes? 3. 4. Bagaimana pengendalian mutu kualitas keperawatan dan asuhan keperawatan? Mengapa diperlukan pengarahan untuk peningkatan asuhan keperawatan ?

tujuan penulisan.5 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan yang kami gunakan dalam makalah ini terdiri atas empat bab.4 Metode Penulisan Jenis makalah ini adalah question based dan kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka. dan BAB IV merupakan penutup yang berisi kesimpulan dan saran. Mahasiswa mampu menjelaskan pengarahan untuk peningkatan asuhan keperawatan. 1. BAB II yaitu tinjauan pustaka mengenai ketenagaan. Apa yang dilakukan dalam pengendalian dalam manajemen asuhan keperawatan? 1. 4. Mahasiswa mampu memahami konsep ketenagakerjaan yang dikaitkan dengan kasus. dan sistematika penulisan. 2. BAB III yaitu pembahasan kasus yang dikaitkan dengan pertanyaan. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan. yaitu dengan mencari referensi dari dari beberapa buku dan literatur digital (website) yang relevan serta valid untuk mendukung pembuatan makalah ini. . sehingga disusunlah makalah ini sesuai dengan tujuan penyusunan yang diharapkan. pengarahan. 1. 3. 5. perumusan masalah. dan pengendalian dalam asuhan keperawatan.3 Tujuan Penulisan 1. penyusun melakukan diskusi kelompok kemudian menjawab pertanyaan yang dikaitkan ke kasus. Mahasiswa mampu memahami penghitungan jumlah tenaga yang dibutuhkan berdasarkan beberapa metode penghitungan.5. Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengendalian mutu kualitas keperawatan dan asuhan keperawatan. metode penulisan. Mahasiswa mampu menjelaskan pengendalian dalam manajemen asuhan keperawatan. BAB I yaitu pendahuluan yang mencakup latar belakang masalah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful