MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA

---------------------

RISALAH SIDANG PERKARA NOMOR 53/PHPU.D-IX/2011

PERIHAL PERSELISIHAN HASIL PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2011

ACARA PEMBUKTIAN (V)

JAKARTA
SENIN, 30 MEI 2011

MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA -------------RISALAH SIDANG PERKARA NOMOR 53/PHPU.D-IX/2011 PERIHAL Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Sarolangun Tahun 2011 PEMOHON 1) As’ad Isma 2) H. Maryadi Syarif TERMOHON KPU Kabupaten Sarolangun ACARA Pembuktian (V) Senin, 30 Mei 2011 Pukul 16.00 – 17.22 WIB Ruang Sidang Panel Gedung Mahkamah Konstitusi RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 6, Jakarta Pusat SUSUNAN PERSIDANGAN 1) Moh. Mahfud MD 2) Maria Farida Indrati 3) Anwar Usman Mardian Wibowo (Ketua) (Anggota) (Anggota) Panitera Pengganti

i

Pihak yang Hadir: A. Pemohon 1) As’ad Isma 2) H. Maryadi Syarif B. Kuasa Hukum Pemohon 1) Bachtiar Sitanggang 2) Merlina C. Termohon 1) 2) 3) 4) 5) Desy Ariyanto Syarifudin Thoriq Kurniawan Ahyar Salimin (Ketua KPU Kabupaten Sarolangun) (Anggota KPU Kabupaten Sarolangun) (Anggota KPU Kabupaten Sarolangun) (Anggota KPU Kabupaten Sarolangun) (Anggota KPU Kabupaten Sarolangun)

D. Kuasa Hukum Termohon 1) Maiful Efendi 2) Indra Lesmana E. Pihak Terkait H. Fahrul Rozi F. Kuasa Hukum Pihak Terkait 1) 2) 3) 4) Heru Widodo H. Soeharto Supriyadi Adi Muhammad Arfa 5) Yosef Beno 6) Subagiyanto 7) Dhimas Pradana 3) Filma Rico 4) Abdullah

ii

Ali Akbar Umar Ismail Hermansyan Hefni Zein Anwar Harun Bakhtiar 13) 14) 15) 16) 17) 18) 19) 20) 21) 22) 23) 24) Yuskandar Al Musyaiyat Mardiah Sarkanik Muhammad Wafir Famizal Hajar Saputra Tabroni Tusrial A. Rahman D. Panwas Ibnu Abbas iii . Saksi dari Pemohon 1) 2) 3) Muhajir Andra Rika 4) 5) Reza Umami Ayustina I. Al Azroki Zubir H.G. Saksi dari Pihak Terkait 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) 10) 11) 12) Ruslan Yupiter Samsuni Sugandi Desmirian M. Saleh Hapiz H.

MAHFUD MD Sidang Mahkamah Konstitusi untuk pembuktian sesi terakhir sengketa Pemilukada Sarolangun. Desmirian. Sholeh Hefis. silakan perkenalkan diri. ada dua puluh…. PEMOHON: H.SIDANG DIBUKA PUKUL 16. Supaya maju ambil sumpah dahulu. wb. PEMOHON: AS’AD ISMA Assalamualaikum wr. 2. Assalamualaikum wr. Pak? 6. Saya As’ad Isma. 3. Saudara Ruslan. Saudara Samsuri…. Majelis. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Selamat sore. Umar Ismail. Alexander. KETUA: MOH. Saya H. Sugandi. 4. KETUA: MOH. Kami dari Kuasa Pemohon. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: ? Umar Ismail. 25…. Umar Ismail apa Usmar Ismail. Saudara Jupiter. Bachtiar Sitanggang dan teman saya Merlina Ahmad. Terima kasih. Usmar…. Nomor 53/PHPU. 5. wb. Pemohon Prinsipal.D-IX/2011 dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum.00 WIB 1. siapa? Samsuni. 1 . Terima kasih. Di sebelah kanan. KETUK PALU 3X Pemohon. Yang Mulia. MARYADI SYARIF Terima kasih. H. Maryadi Syarif. M. Pemohon Pasangan Wakil Bupati. 25 saksi dengan materi kesaksian sudah disampaikan. saya persilakan. Ali Akbar. MAHFUD MD Baik.

8. Majelis. betul? Ada yang tidak Islam? Islam semua ya? Persilakan. A. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Minta tolong. Hermansyah…. Hefni Zein. 14. Hajar Saputra. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Satu. Subir. 13. 11. nanti kita pertimbangkan di sini. Yang satu kemarin sudah disumpah dan juga ada yang empat orang anak-anak dari kami yang di bawah umur mau memberikan kesaksian. Bachtiar. MAHFUD MD Yang kemarin kan sudah kan? Yang Pemohon kan sudah kan kemarin? 12. Anwar Harun. Affidavit nanti akan kami pertimbangkan. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Mohon. MAHFUD MD Ya? 10. Rahman. 9. Muhammad Wafir. Jadi gini saja. 2 . ada 25. masih ada satu lagi yang mau disumpah. KETUA: MOH. KETUA: MOH. padahal belum. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Itu kita rencanakan 77 orang. KETUA: MOH. affidavit saja. Fahmizal. Al Musayat. Ditulis saja Bapak. MAHFUD MD Umar ya? Umar Ismail.7. Majelis. Bapak bahwa itu benar begitu. di daftar saksi dari Pihak Terkait disebutkan nama seolah-olah saksi dari Pemohon sudah memberikan kesaksian. Hermansyah. Pak. KETUA: MOH. Majelis. MAHFUD MD Wah. Tusrial. ndak bisa. Mardiah. Majelis. pernyataan tertulis apa gitu dari masing-masing orang yang mau ditambahkan itu nanti di bawah tanggung jawab Bapak. Yuskandar Al Musa…. Di jawaban…. di…. Sarkanik. Azroki. Semuanya tercatat di sini beragama Islam. Mohon pertimbangan. itu sudah pasti ya.

KETUA: MOH. MAHFUD MD Nomor 18. Majelis. KETUA: MOH. MAHFUD MD Nomor 22. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Ya. 23. KETUA: MOH. membantah dalil Pemohon. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Di Nomor 22. MAHFUD MD Nomor? 20. 17. 21. 19. mohon maaf Majelis. MAHFUD MD Apa saksinya (…) 16. KETUA: MOH. ini ya? Betul? 22. MAHFUD MD Ha? Yang mana? 3 . nanti dianu saja…. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Nomor 18. KETUA: MOH. Muhammad Wafir? Betul? 24. 25. yang mana? 18. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Ada orangnya sekarang di sini. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Nomor 22. Nomor 18. KETUA: MOH. MAHFUD MD Saksi dari Pemohon memberi kesaksian bagaimana? Oh ya. Itu kenapa Saudara Tusrial menerangkan bahwa saksi adalah Kepala SMK 4.15.

MAHFUD MD Panwas mana. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Terima kasih. singkatan…. MAHFUD MD Membantah dalil Pemohon Nomor 46. Muhajir. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Padahal belum memberu…. ya. 4 . begitulah Majelis. 34. bisa nanti jelaskan saja secara lisan. 32. 27. belum memberikan kesaksian. ringkasan. tidak lain dari yang sebenarnya. Sanggahan terhadap Saksi Pemohon. Ini. okelah. Ya udah nanti kalau (…) 28. Dan di dalam daftar ini kan sudah juga di…. tapi poin kesaksiannya tertuliskan kemarin. pakai ini. Dicatat itu. HAKIM ANGGOTA: ANWAR USMAN Mohon ikuti saya. Demi Allah saya bersumpah sebagai saksi akan memberikan keterangan yang sebenarnya. Saksi ini Pak. Silakan.26. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Ada orang nego. Silakan maju. MAHFUD MD Ya. Ya kan Pak? Sehingga (…) 30. Ya. Ibnu Abas. yang ini begini. 31. MAHFUD MD Muhajirnya belum memberi kesaksian. Panwas? Kita undang juga sekaligus saya ambil sumpah di sini. Bapak bisa…. baik. Pak. sekarang Pak Anwar. Majelis. 29. terus yang mana orangnya. KETUA: MOH. Panwas juga beragama Islam? Siapa namanya Pak? Ibnu Abas. anu saja…. nanti dipertimbangkan itu semua. gitu bisa. Bismilahirrahmanirrahim. KETUA: MOH. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Di keterangan. di keterangan. KETUA: MOH. 33. KETUA: MOH.

Silakan duduk.) 42. Tapi karena saksinya banyak. Sebelumnya untuk tertib persidangan. sudah penuh.35. 39... MAHFUD MD Tapi belum tentu memberikan kesaksian (. 36. KETUA: MOH. Dan kita akan cepat.. bertele-tele! Nah. enggak usah apa... Yang Mulia.. 41... Majelis. HAKIM ANGGOTA: ANWAR USMAN Ya. Demi Allah saya bersumpah sebagai saksi akan memberikan keterangan yang sebenarnya. Pihak Terkait. Biasanya kita paling banyak empat kali sidang sudah selesai. untuk itu (.) 38. mohon kami keberatan kalau duduk di belakang Pemohon. itu siapa saja? Kalau memang bukan saksi. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Mohon Majelis.. Kami ingin tahu yang di belakang itu. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO Mohon izin. karena kebetulan itu sebenarnya mau jadi memberikan kesaksian anak-anak di bawah umur (. terima kasih. barisan kedua. 37. Sebagai rombongan (. MAHFUD MD Tidak apa-apa.) 5 .. ya! Kita masuk ke substansinya saja.. yang di belakang Pemohon. Majelis. KETUA: MOH.. ndak ada tempat yang lain.) 40. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Mohon. jadi tadi kan yang Pemohon mengenalkan kuasa dan Prinsipal. Kita izinkan saja.. SAKSI DISUMPAH OLEH HAKIM ANGGOTA: ANWAR USMAN Bismilahirrahmanirrahim. kita buka sampai hari ini terakhir nih sidang. KETUA: MOH.. Saudara hari ini adalah sidang yang kelima. MAHFUD MD Baik. tidak lain dari yang sebenarnya.

Yang Mulia. 45.. MAHFUD MD Saudara tahu. Yang Mulia. pemberitahuan dari panitia adanya acara lain. Yang Mulia. MAHFUD MD Ya. Desa Sungai Abang. 44.. Saudara Ruslan? 46. Kabupaten Sarolangun. KETUA: MOH. 49. Di sini saya perkenalkan nama saya. Kedua. di persidangan.43. MAHFUD MD Kita lihat perkembangan nanti.. KETUA: MOH. KETUA: MOH. KETUA: MOH. Terima kasih. Pertama. Dalam hal ini saya akan menyampaikan atau menerangkan lima hal. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Tadi juga sudah diberitahukan. Kecamatan Sarolangun. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Ya. sehingga saya kembali ke kamar untuk istirahat bersama teman satu kamar saya. Kecamatan Sarolangun. Yang Mulia. Karena setelah acara Bimtek tidak ada pember. Saudara Johar? 6 . 47. memang benarbenar saya ikut. nama saya Ruslan. MAHFUD MD Menerangkan tentang Bimtek di Batu. Jabatan kepala desa. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Baik. Malang dan Bali bahwa pada kegiatan tersebut dilakukan untuk para kepala desa yang merupakan murni acara kedinasan yang selaku disediakan setiap tahun ya? Apa tuh? 48. sudah di situ saja. Mengenai Bimtek ke Malang. kepala desa juga Saudara Nasrul Kepala Desa Sungai Baung. Saya tidak pernah disumpah atau dipanggil oleh Camat Pak Junaidi Janum selaku Camat Sarolangun untuk mengahadap Cek Endra untuk disumpah.

. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Tahu. KETUA: MOH.) 57. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Rombongan satu. MAHFUD MD Tapi Saudara tidak (. MAHFUD MD Tidak tahu. Yang Mulia. KETUA: MOH. KETUA: MOH.. saya tidak.50. Yang Mulia. Yang Mulia. KETUA: MOH. MAHFUD MD Dia disumpah.. atau memang tidak ada acara itu? 58. 53...) 56. MAHFUD MD Rombongan satu toh? 54. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Saya tidak. 59. 55. Pak. MAHFUD MD Tidak tahu. atau sengaja tidak hadir. ya? Ya kan Saudara ndak dipanggil karena sudah tahu ndak bakal mau.) 7 . Jadi yang dipanggil itu yang masih (. 51. katanya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Saya tidak tahu.. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Tidak (. 52.

62. saya akan mendapat teguran dari bupati.000.. Yang Mulia..000. MAHFUD MD Ya.. Saya langsung istirahat ke kamar. 63. untuk bersumpah. Nanti kita analisis saja dengan yang lain. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Karena tidak ada ini.. Terakhir. Yang Mulia. Saya Kepala Desa Rantau Panjang. Mengenai uang Rp1. Itupun atas dasar kesepakatan semua kepala desa. KETUA: MOH. dalam kegiatan Bim. Dalam hal ini kami membantah dari tuduhan daripada Saudari Merlian yang mengatakan saya memaksa Saudara dari Merlian untuk memilih atau menyukseskan Pasangan Nomor 1 Cek Endra-Pahrul dengan alasan. baik.00 tersebut benar yang dikatakan oleh Kades Sungai Abang tadi bahwa uang Rp1. Mengenai kegiatan ke Bali telah direncanakan dari awal. KETUA: MOH. Assalamualaikum wr.000. MAHFUD MD Oke.000.. kami tidak pernah membentuknya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUPITER Terima kasih. Dan mengenai uang Rp1. “Seandainya di desa saya Rantau Panjang kalah Pasangan Nomor 1. Yang kedua. 61. Tapi saya tidak pernah dipanggil oleh camat untuk mengahadap Cek Endra.. panitia menyampaikan acara lain setelah habis acara Bimtek. Kecamatan Batang Asai. keempat. Bimtek di Malang saya ikut. wb. Yang Mulia. dari dana ADD yang sudah dianggarkan.” Itu semuanya tidak benar. Yang Mulia... SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: RUSLAN Tiga.000.60. Yang Mulia. wb. Terima kasih. Yang Mulia. untuk menyukseskan Cek Endra. Empat.00 itu adalah uang 8 . Yang Mulia. baik. Kabupaten SaroLangun. Assalamualaikum wr.000. Yang Mulia.. Mengenai Tim Pamong. Dana tersebut diambil dara. Saudara Yupiter? 64. dari Sarolangun. oke.00 memang benar saya menerima dan semua kepala desa menerima sebagai uang saku. Yang Mulia.

KETUA: MOH. betul.saku yang telah dianggarkan dari dana desa.000.) 65. Yang Mulia. Yang Mulia. MAHFUD MD Jadi uang itu dari desa masing-masing ambilnya? 68.00 untuk uang saku. MAHFUD MD Oke.00 untuk perjalanan. Yang Rp5. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUPITER Itu dari anggaran dana desa yang dianggarkan Rp6. 70. yang Rp1. Yang Mulia.000. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUPITER Ya. MAHFUD MD Desa masing-masing maksudnya ya? 66. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUPITER Ya. 69.000. KETUA: MOH.. kok bilang uangnya bukan dari desa? Saudara ambil dari kas desa sendiri? 72.000. Yang Mulia. 73.. KETUA: MOH.000. 71. 67. Dan mengenai (. MAHFUD MD Oke. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUPITER Dan yang ketiga. KETUA: MOH. KETUA: MOH. Yang Mulia. Yang Mulia.00. Tapi Saksi yang lainnya sama-sama kepala desa. kami selaku kepala desa tidak pernah dibentuk dalam Tim Pamong. MAHFUD MD Itu dari desa atau dari Pemda? 9 . Terima kasih.000.

Yang Mulia. saya ingin membenarkan apa yang telah disampaikan rekan-rekan Kades tadi. Kecamatan Cermin Nan Gedang. Yang pertama. yang spesifikspesifik! 76. Paham. Dalam kesempatan ini baiklah saya adalah Kepala Desa Pemuncak. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SAMSUNI Assalamualaikum wr. 77. cukup? Ada lagi? 10 . SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUPITER Dari Pemda. MAHFUD MD Silakan. MAHFUD MD Oke. Yang Mulia. Yang Mulia. ya. Pak.. 81. oke. KETUA: MOH. 79. bahkan Camat Cermin Nan Gedang tidak hadir pada acara Bimtek tersebut. KETUA: MOH.. 78. MAHFUD MD Oh dari Pemda? Ya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SAMSUNI Terima kasih. KETUA: MOH. Saudara Samsuni? Tolong dicatat dengan cermat ya.74. Jendra untuk disumpah. Kemudian saya juga tidak pernah dipanggil Camat Cermin Nan Gedang untuk bertemu dengan Bapak H. wb. KETUA: MOH. silakan. MAHFUD MD Siapa yang tidak hadir? 80. yang. 75. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SAMSUNI Camat kami.. PP.

00 tadi. KETUA: MOH.00. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SAMSUNI Dana yang dari yang Rp6.000.000. KETUA: MOH. wb. 85. Badan Pemberdayaan Masyarakat Internasional Sarolangun. Assalamualaikum wr. Jadi. MAHFUD MD Kalau dana Rp1. Keberangkatan kepala desa sebagai peserta pada tanggal 27 September 2010 ke Malang. Perkenalkan diri saya. yang Rp1. uang saku.000. gimana? 84. dana yang Rp1.00-nya untuk operasional kami. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SAMSUNI Masalah Tim Pemenangan.000. Rp5.00-nya dikasih (…) 87. Yang Mulia. berikutnya Pak Sugandi.000. Yang Mulia. ke Batu. Yang Mulia.000. jabatan Kabid Kekayaan Desa. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SAMSUNI Setahu saya. Di sini saya ingin menerangkan yang pertama tentang Bimtek Aparatur Internasional Kabupaten Sarolangun dan studi karya wisata ke Bali.000. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SUGANDI Ya. silakan.000.000. dan sampai di Malang 11 . 83. 90.00 itu adalah dana dari Rp6. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SUGANDI Terima kasih. Malang.000. KETUA: MOH.000. KETUA: MOH. MAHFUD MD Baik. Terima kasih. kami selaku kepala desa tidak tahumenahu yang dilantik tanggal 30 Oktober 2010.000. nama Sugandi. MAHFUD MD Uang saku? 88. Pak Sugandi ini Kabid Kekayaan Desa.00. 89. MAHFUD MD Hah? 86.82.

pada esok harinya tanggal…. Kemudian. Setelah acara Bimtek. Jadi. Saya rasa demikian. dapat saya jelaskan mengenai uang Rp1. KETUA: MOH. Yang Mulia. maksud apa dan dari mana dana Bimtek tersebut.000. yang ketiga.000.pada tanggal 28 September 2010. Assalamualaikum wr. Kemudian.30 pagi. tepat tanggal 30 September 2010 Bimtek dilanjutkan kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan. Sepulang kita dari….000. Untuk menjawab yang tuntutan mahasiswa tadi yaitu yang pertama. mengenai tanggal 19 Oktober 2010 yang mana tuduhan…. Yang Mulia.000. Yang Mulia. Kemudian. wb. Kemudian.000. 12 . pada saat Bimtek pada tanggal 29 September 2010 dimulai pada jam 07. dan ini merupakan uang saku dari dana yang Rp6.00 selesai Bimtek kemudian saya sebagai pendamping itu langsung kembali ke kamar dan kemudian juga tidak ada diumumkan acara khusus di luar acara Bimtek kepada kepala desa. yang kedua. tidak benar.000.000.00. dan menjawab tersebut kita minta kepada kepala desa karena kepala desalah yang berhak dan menjawab dari apa maksud dan manfaat dari Bimtek. yaitu dengan tujuan membentuk tim pamong. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SUGANDI Saya ikut sudah dua kali. Yang Mulia. setiap kepala desa menerima….00 itu kita pergunakan untuk biaya Bimtek. Kemudian tanggal 19 Oktober. itu memang ada beberapa kepala desa dan perangkat desa datang ke Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sarolangun akan tetapi menanyakan (suara tidak terdengar jelas) dari alokasi (suara tidak terdengar jelas) tahap 2 dan ingin mengetahui apa aksi-aksi dari mahasiswa kemarin. jam 17. Yang Mulia. tujuan dari berkumpulnya kepala desa dan BPPD dengan tujuan untuk dibentuk tim Pamong. yang Rp5. maupun pendamping peserta dari Bimtek ada demonstrasi yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa yang mengatasnamakan PMII yaitu pada tanggal 11 Oktober 2010 dan tanggal 18 Oktober 2010. Kemudian.00. 91. MAHFUD MD Saudara sudah berapa kali ikut rombongan seperti ini? 92. itu dilanjutkan ke Bali dan mengenai ke Bali ini. dapat saya jelaskan juga merupakan program dari awal dan ini juga sudah dimusyawarahkan dengan kepala desa atas keinginan kepala desa yaitu pada tanggal 7 September 2010 di Aula PKK Kabupaten Sarolangun.00 ini diterima oleh kepala desa. Yang Mulia. Yang Mulia. Uang Rp1.000.

93. KETUA: MOH. MAHFUD MD Sudah dua kali, apa bagi Saudara ndak aneh kok diadakan menjelang Pemilukada begitu? 94. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SUGANDI Di sini ya Pak, saya jelaskan juga, Yang Mulia, kegiatan Bimtek ini telah…, merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Sarolangun yaitu setiap tahun dan ini sudah berlangsung selama 4 tahun, Yang Mulia. 95. KETUA: MOH. MAHFUD MD Tapi bulannya tetap? 96. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SUGANDI Bulan tetap, Yang Mulia. Jadi pelaksanaan Bintek ini kita laksanakan antara bulan September dengan Oktober, Yang Mulia. 97. KETUA: MOH. MAHFUD MD Sejak dulu begitu ya? 98. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SUGANDI Ya, Yang Mulia. 99. KETUA: MOH. MAHFUD MD Ya tolong nanti dibuktikan, ya. Yang tahun-tahun sebelumnya apa betul bulannya sama, jangan-jangan di dekat-dekatkan, gitu. Desmirian. 100. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Assalamualaikum wr. wb. 101. KETUA: MOH. MAHFUD MD Waalaikumsalam wr. wb.

13

102. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Saya sebagai Kepala Desa Mersip, dituduhkan rumah saya dan balai desa saya sebagai…, dan merupakan Posko Tim Kemenangan Pasangan Cek Endra Nomor Urut 1. Itu tidak benar, Yang Mulia. Rumah saya dan balai desa saya, tidak pernah dijadikan Posko Tim Pasangan Nomor Urut 1. Faktanya bahwa Posko Tim Pasangan Nomor Urut 1 adalah di rumah Saudara A. Holik. Demikian dan terima kasih. 103. KETUA: MOH. MAHFUD MD Ya. Saudara tidak ikut, ya? 104. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Tidak ikut, Pak. 105. KETUA: MOH. MAHFUD MD Ke Malang, ya? 106. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Tidak ikut, Yang Mulia. 107. KETUA: MOH. MAHFUD MD

Ndak ikut?
108. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Ndak ikut. 109. KETUA: MOH. MAHFUD MD Sebelum-sebelumnya Saudara pernah ikut, ndak? 110. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Pernah. 111. KETUA: MOH. MAHFUD MD Bulannya sama, ya?

14

112. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Bulannya sama. 113. KETUA: MOH. MAHFUD MD Sebelum-sebelumnya dapat uang saku juga, ndak? 114. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Dapat. 115. KETUA: MOH. MAHFUD MD Kalau tidak ikut seperti Saudara, dikirimkan uangnya, sebagainya, atau apa? Dikasih mentahan, gitu? 116. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Dikirimkan. 117. KETUA: MOH. MAHFUD MD Dikirimkan. Enak dong? Dapat mentahan, ya? Jadi bisa dibelikan apa saja, tidak usah ikut. 118. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN Yang uang saku itu, Pak. 119. KETUA: MOH. MAHFUD MD Oh, yang uang saku saja. Yang Rp5.000.000,00, ndak? 120. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN

Ndak.
121. KETUA: MOH. MAHFUD MD Yang uang hotel, operasional kendaraan, tidak ya? 122. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: DESMIRIAN

Ndak.

15

124. Kalau sekarang. kemudian sambutan saya. jadi dilanjut Nomor 7 langsung. MAHFUD MD Baik. itu adalah sosialisasi. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: M. kemudian mulailah acara. Nah. di tokoh masyarakat. tiga tahun sekali. Pak. acara dibuka. Minta saya ini sebagai sambutan. saya sampaikan pada waktu itu. Nah. Kalau dulu-dulu.123. Kadang-kadang dua tahun. ya dialihkan kepada pertemuan hari-hari besar Islam. wb. itu saja. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO H. Ini memang sudah sering dilaksanakan. datang seseorang di antara panitia…. MAHFUD MD Silakan. anu…. kadang-kadang ya tergantung pada kondisi.” saya bilang. “Oke.” Nah.” saya bilang. Saleh Hapit. perlu diketahui acara semacam ini bagi masyarakat Bathin VIII bukan acara yang asing. Itu diadakan kadang-kadang setiap tahun. Nah.… di masa dulu itu. menurut kami adalah tidak benar. waktu itu…. kemudian rombongan-rombongan pak bupati datang. Pak Alexander. ajang silaturahmi kepada kepala marga. pertama baca Alquran. Alexander berhalangan hadir. Saya masih ingat di antara acara itu. Panitia pelaksana Maulid Nabi. saya bukan panitia. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO Mohon izin. Bagaimana Pak Saleh? 128. Saleh Hapiz. KETUA: MOH. sambutan dari ketua panitia. “Mudah-Mudahan. 127. Alexander berhalangan. Karena kami diundang untuk acara Maulid dan kemudian setelah saya sampai di Hurum. “Pak Bupati. MAHFUD MD Ha? 126. se…. Berikutnya. 125. Pak Hakim Yang Mulia. Singkat saja kami sampaikan. KETUA: MOH. 16 . kami ingin (suara tidak terdengar jelas) meluruskan tuduhan Termohon bahwa acara yang dilaksanakan di Bathin VIII pada tanggal 4 Maret. KETUA: MOH. Yang Mulia. SALEH HAPIZ Assalamualaikum wr..

Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: H. Yang Terhormat. Saya Tim Suskses Pasangan Nomor Urut 1. di situ siapa yang hadir? Pasangan calon? 132. nama saya Umar Ismail. Ali Akbar sebagai Korcam (Koordinator Kecamatan) Bathin VIII. Jadi. ALI AKBAR Assalamualaikum wr. Itu adalah Maulid Nabi SAW. Maulid Nabi juga 130. Baik. Yaitu berteriak yel-yel pemenangan Nomor Urut 1. ya? Tapi.129. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: UMAR ISMAIL Assalamualaikum wr. KETUA: MOH. Pak Ali Akbar. Yang Mulia. KETUA: MOH. Terima kasih. Di sini saya membantah atau mengklarifikasi atas tuduhan melibatkan anak-anak sekolah. Pak. bukan anak-anak sekolah. Korcam Sarolangun. tidak ada sosialisasi. 136. adalah pemilih pemula. itu. MAHFUD MD Baik. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: H. pada tanggal 10 April 2011. Yang Mula. Silakan. MAHFUD MD ini? Ya. KETUA: MOH. ALI AKBAR Tidak ada. Malah 17 . Yang Mulia. Saya membenarkan penyampaian Pak H. wb. 135. Banyak pemilih pemula ikut meramaikan pawai damai. Pak Ali Akbar. MAHFUD MD Bupatinya hadir? Tapi tidak ada sosialisasi? 134. Saya H. Jadi yang berteriak itu Yang Mulia. Baik. tepatnya pada hari libur yaitu hari Minggu. 131. Hadir itu sudah sosialisasi sebenarnya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: H. Memang benar tidak ada sosialisasi. KETUA: MOH. Saudara Umar Ismail. wb. MAHFUD MD Ya. ALI AKBAR Bupatinya (suara tidak terdengar jelas) 133. Saleh Hapiz.

141. tapi ndak apa-apa nanti kita pertimbangkan. 143. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: UMAR ISMAIL Terima kasih.sebaliknya. 137. Yang Mulia. Apa lagi Pak Usmar…. KETUA: MOH. anu…. Pak Hermasyah. ditulis di belakangnya. KETUA: MOH. MAHFUD MD Foto itu kan bisa dibuat sesudah Pemilukada juga bisa. MAHFUD MD Ya. 139. MAHFUD MD Cukup. 18 . Yang Mulia. Pasangan Urut 3-lah yang melibatkan anak-anak sekolah dan anak bawah umur. Mohon diperlihatkan. MAHFUD MD Dikasih ke Panitera. KETUA: MOH. MAHFUD MD Dikasih ke Panitera ya (…) 140. Meskipun kita itu agak sulit mempercayai foto-foto itu ya karena (…) 142. KETUA: MOH. (…) 138. 145. kebetulan saya abadikan dengan bukti foto. dibuat tadi malam juga bisa ya. Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: UMAR ISMAIL Sekian. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: UMAR ISMAIL Ya. Saya punya bukti. Pak Umar? Cukup? 144. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: UMAR ISMAIL Cukup. nanti biar di….

Yang pertama. KETUA: MOH. tidak mungkin saya berani mendekatinya. saya membantah tuduhan bahwa saya menghubungi Saudari Laksmi melalui Handphone. Saudara…. Saudara Suhandi itu perpanjangan tangan dari saya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Kemudian Yang Mulia. Selanjutnya. Itu tidak benar. 148. Tuduhan yang dialamatkan kepada saya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Terima kasih. wilayah perkantoran Gunung Kembang waktu itu dan tidak ada acara sosialisasi. Itu pertama. Yang Mulia. Kecamatan Sarolangun. Yang keempat.146. Yang terakhir. Cek Endra karena lokasi RT 07 itu merupakan perwilayah…. Yang Mulia karena Saudara Laksmi ini adalah istri dari Tim Sukses Nomor Urut 3. Saya membantah tuduhan bahwa saya memberi uang kepada Saudara Kaustalani pada tanggal 25 April. Yang Mulia. Saudara…. Assalamualaikum wr. Yang Mulia. Yang Mulia. itu juga tidak benar Yang Mulia. Saya Hermansyah. 149. KETUA: MOH. warga masyarakat Kelurahan Gunung Kembang. di rumah Ketua RT 07. yang 19 . Tuduhan kalau sama saya memberikan uang kepada Saudara Ali Azwan yang disaksikan oleh Saudara Kaustalani. tidak benar itu Yang Mulia. Yang Mulia. saya akan menjelaskan dan membantah beberapa tuduhan. pada wak…. Saya tidak kenal dengan yang namanya Ali Azwan ini. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Memang benar itu. MAHFUD MD He em. 150. Itu tidak benar. wb. Kelurahan Gunung Kembang itu merupakan acara yasinan rutin setiap minggu bergilir. Yang Mulia. Yang Mulia (…) 147. saya akan memban…. Yang Mulia. Saya tidak pernah berhubungan dengan Saudara Kaustalani. Yang Mulia. Yang Mulia. memberi baju kepada dia. pada acara itu kami mengundang Bapak Bupati H. MAHFUD MD Ya. dan menyuruh menyoblos Pasangan Nomor Urut 1. Saya tidak pernah berhubungan dengan Saudara Suhandi selama Pilkada ini berlangsung. Dalam kesempatan ini. Kegiatan pada bulan Januari 2011.

MAHFUD MD Sering datang bupati? 156. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Kadang-kadang datang. itu ada yasinan…. MAHFUD MD Saudara sering mengundang bupati? 154. KETUA: MOH. Terima kasih. Saudara Hermansyah. Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Ya. MAHFUD MD Jangan-jangan hanya pada menjelang itu…. Yang Mulia. orang tua saya menyarankan saya untuk menghindar. yasinan tiap minggu ya? Ya? 152. saya sudah tidak berada di Sarolangun lagi karena ada ancaman SMS kepada saya. 20 . Saudara Laksmi ada ndak? Laksmi ada ndak? Tidak ada. 159. 151. KETUA: MOH. KETUA: MOH. 157. KETUA: MOH.keduanya pada tanggal 27 April. Baik. 153. Saudara Kaustalani itu ada ndak sekarang? Ndak ada. MAHFUD MD Kadang-kadang? 158. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Ya. MAHFUD MD Ya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Itu sudah kebiasaan. 155. Yang Mulia. KETUA: MOH. menjelang pemilihan datangnya.

KETUA: MOH. Yang Mulia. MAHFUD MD Ya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Itu kalau dia kenal sama camat.160. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Jawab jabat kan? 165. 168. 163. dia mengundang camat. Itu tergantung dengan yang mendapat gilir…. tingkat kecamatan gitu. KETUA: MOH. MAHFUD MD He em. 169. giliran. 167. Yang Mulia. sebab biasanya sih jarang itu bupati datang ke pengajianpengajian gitu apalagi tingkat RT. MAHFUD MD Waalaikumsalam. KETUA: MOH. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Tidak. 161. 21 . Oke. Saudara Hefni Zein. MAHFUD MD He em. wb. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HERMANSYAH Terima kasih. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HEFNI ZEIN Assalamualaikum wr. 162. Yang Mulia. 164. MAHFUD MD Begitu (…) 166. KETUA: MOH.

Selanjutnya. nama Anwar Harun. Asisten Pemerintahan Kabupaten Sarolangun. Tim HZN. atau Tim Ketua Tim Hefni Zen. menegaskan bahwa saya tidak jadi maju oleh karena sesuatu hal dan pada kesempatan tersebut. itu tidak pernah ada saya mendapat perintah. Dan atas desakan beberapa orang dari tim saya agar mendukung Pasangan CE-Pahrul. KETUA: MOH. Terima kasih. wr. tim yang dibentuk oleh Hefni Zen. bertempat di rumah saya diadakan acara untuk mendukung Pasangan CE dan Pahrul. saya Hefni Zein. Yang Mulia. saya membenarkan apa yang disampaikan oleh Bapak Hefni Zen. Saya tegaskan. dinyatakan saya mendapat perintah dari HBA atau Gubernur Jambi. pada tim saya bisa nyatakan tidak ada satu orangpun CPNS. MAHFUD MD Baik. tapi realitasnya berikutnya tim tersebut tidak jalan karena mereka kecewa. wb. tapi dilaksanakan sehubungan kepulangan saya dari Umroh. yang diinginkan mencalon bupati adalah saya bukan CE-Fahrul waktu itu. saya menyatakan terima kasih dan tidak…. pada media Sarolangun Ekspres edisi 21 Maret. Memang saya mengundang tim saya. Yang Mulia. Anwar tadi? Sekarang. Pada kesempatan ini ingin menjelaskan atau mengklarifikasi dua hal. ketua tim ingin mengarahkan 22 . tidak jalan dan tidak terlaksana. Pensiunan PNS. acara di rumah saya itu benar adanya.170. Saya. Assalamualaikum wr. Yang saya sampaikan tiga. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: ANWAR HARUN Assalamualaikum. tim (suara tidak terdengar jelas) waktu itu untuk menyatakan. Yang kedua. Pertama pada tanggal 11 Maret 2011. Silakan. Pak Anwar. Yang Mulia. Dua. tidak jadi maju. Yang Mulia. Yang pertama. Pertama. pada tanggal 21 Maret 2011. pada Mas Media Sarolangun Ekspres mengatakan bahwa saya mendapat perintah dari HBA atau Gubernur Jambi untuk mendukung dan memenangkan Pasangan CE-Pahrul. 171. Kemudian Saudara Anwar…. 172. wb. Sehingga tim yang kita serahkan pada waktu itu tersebut. Tiga selanjutnya. Anwar. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HEFNI ZEIN Yang Mulia yang saya hormati. Silakan. tidak ada yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil). pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis. yang saya ketuai. oke. Ketua Tim Hefni Zen. Pada kesempatan ini kami sampaikan. dan saya tidak pernah diwawancarai oleh wartawan Sarolangun Ekspres menyatakan saya mendapat dukungan dan perintah dari HBA untuk mendukung Pasangan Calon CE-Pahrul. Terima kasih.

Jadi. itu banyak bergabung kepada Tim Nomor 3. ada beberapa tim dalam kesempatan itu untuk mengundang bapak bupati. Baik berikutnya Pak Bakhtiar. Demikian.tim untuk mendukung Calon Bupati Cek Endra–Pahrul. 175. MAHFUD MD Baik. sampai akhir tidak jadinya maju untuk mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Sarolangun 2011–2016. 174. 173. MAHFUD MD Baik. saya tahu banyak mulai dari awal kepenginnya Hefni Zen mencalonkan diri. bahwa Tim Hefni Zen. wb. sesudahnya. Terima kasih. termasuk saya sendiri. dan Sarolangun sendiri. itu tidak ada perintah dari HBA atau Gubernur Jambi untuk mendukung salah satu kandidat. Yang Mulia. Assalamualaikum wr. KETUA: MOH. 23 . Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: BAKHTIAR Assalamualaikum wr. Saudara Yuskandar. Yang Mulia. Selaku sekretaris. Di sinipun atas desakan kami. selaku calon dan selaku tim sukses bahwa pada tanggal 19 Maret 2011. Hefni Zen tidak jadi maju karena sesuatu dan lain hal. Yang Mulia. Batang Asai. Itu semua kandidat mendapat izin dari gubernur untuk maju. KETUA: MOH. hanya mendapat doa restu tidak ada perintah. Demikian. Saya Bakhtiar. Saya ingin memperjelas apa yang dikatakan oleh Bapak Hefni Zen dan juga Bapak H. itu diadakan syukuran atas kepulangan Bapak Hefni Zen dari umrah. Akan tetapi. sekaligus kami berkeinginan untuk bergabung bersama Tim Cek Endra karena H. Assalamualaikum wr. Yang ada sebelumnya hanya mohon doa restu. selaku Sekretaris Umum Tim Pemenangan Hefni Zen. Oke nanti kita cocokkan. karena saya juga mengetahui kegiatan dari Bapak Hefni Zen. Yang Mulia. wb. keinginan ketua tim tidak dapat terlaksana karena tim tersebut tidak punya keinginan untuk melanjutkan kegiatan tim tersebut dan tidak ada pergerakan dari tim yang pernah dibentuk. itu bantahan dari Pak Anwar Harun yang merupakan tim sukses dari Hefni Zen yang tidak jadi calon ya? Tidak…. Namun karena beberapa tim tidak setuju bergabung sama Tim CE–Pahrul karena banyak yang kepengin bergabung Nomor 3. Yang Mulia. terutama Kecamatan Batilapan. Hal ini dibuktikan. terima kasih. tidak jadi maju. Anwar Harun. Saudara membantah dalil Pemohon Nomor 46. wb.

Demikian. Saya. Dan tidak benar kalau kami mengeluarkan SK terlibatnya kepala desa dan PNS.176. sudah Pak Camat. Di sini saya akan mengklarifikasi mengenai SK Tim Pemenangan Bersama Kecamatan Cermin Nan Gedang. Wassalamualaikum wr. Yang Mulia. kebetulan. wb. Bahwa SK yang disampaikan oleh Saksi Pemohon itu bukanlah SK. “Ya. setelah satu minggu memang ditemukan di Dinas Perhubungan dan kita ambil kembali. Yang Mulia.1/SarolanganSRL/SK/Endra-Fahrul/X/2010 tanggal 30 Oktober 2010 yang ditandatangani oleh ketua tim.” Kebetulan lokasi kampanye itu. Yang Mulia. Kemudian yang kedua. Bahwa di situ dilibatkan Sekdes Desa Jernih dan pada kenyataannya pada arsip SK kami tidak ada yang namanya dalil itu.” dia bilang begitu. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: YUSKANDAR Terima kasih. Yang Mulia. ke Kuasa Hukum Pihak Terkait. sekretaris tim. Nah. kemudian yang keempat yang terakhir. saya juga ingin membantah mengenai SK Nomor 07 untuk Air Hitam. melainkan pengajuan tim oleh Saudara Hali Anafiah. Yang Mulia. instansi-instansi terkait. mengenai keterlibatan Camat Batang Asai pada kampanye di Cermin Nan Gedang pada tanggal 12 April. “Pak Camat mau ke mana?” “Mau ke rumah Camat Cek MG ada urusan dinas. 24 . Yang Mulia.” saya bilang. Nama saya Yuskandar selaku Sekretaris Tim Pemenangan Bersama dan juga Tim Kampanye Pasangan Nomor Urut 1. Faktanya begini. selaku sekretaris tim yang merupakan motor dari Tim Pasangan Nomor Urut 1 tidak pernah menginstruksikan dan tidak pernah memprogramkan bahwa atribut itu dibagi-bagikan melalui dinas. pada saat itu memeng kami ada kehilangan satu bundel kalender lebih kurang sekitar 100 lembar. Dan ini ada bukti SK Nomor 07.” “Iyalah. Nah. Yang Mulia. Yang Mulia. beliau melihat saya. Dan ini sudah kami sampaikan. pada saat itu saya bertemu dengan Camat Batang Asai. Yang Mulia. eh…. Pak Saifullah. mengenai kalender atribut yang ada di Dinas Perhubungan. kalau mau ke rumah Pak Camat Cek MG melewati situ. “Tapi jangan ikut kampanye. Yang Mulia. beliau langsung berhenti dan menyalami saya terus saya tanya. Nah. Assalamualaikum wr. Yang Mulia. dan juga diketahui oleh penanggung jawab selaku calon bupati dan wakil bupati. Jadi perlu saya sampaikan. Pak Junaedi…. terima kasih. Yang ketiga. wb.

Yang Mulia. kunjungan kerja DPRD bersama bupati? 180. Yang Mulia. 178. perlu saya samapaikan di sini yaitu ingin mengklarifikasikan masalah adanya nama saya. MAHFUD MD Itu biasa dilakukan? 182. masyarakat yang menghadang untuk memberhentikan kita untuk menyampaikan apa kemauan mereka.177. MAHFUD MD Memang ada ya. Assalamualaikum wr. itu murni kunjungan kerja. Karena pada saat itu Bapak Drs. bukan acara sosialisasi. 181. Itu hanya kita melewati desa-desa. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL MUSYAIYAT Sering. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL MUSYAIYAT Bismillahirrahmanirrahim. KETUA: MOH. Perlu saya sampaikan kepada Yang Mulia bahwa tanggal 11 dan tanggal 12 ke Kecamatan Batang Asai yaitu khusus di dalam jadwal protokoler itu ada empat desa. Al Musyaiyat Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun dari partai pengusung pasangan Cek Endra dan pasangan Bapak Fahrul. 25 . namun 17 desa dihitung semuanya sebagaimana yang dilaporkan oleh Pemohon. 179. Saya. Yang Mulia. KETUA: MOH. Terima kasih. wb. kita berhenti sehingga 17 desa. Mencatut nama saya dan Bapak Bupati Sarolangun bersosialisasi di 17 desa di Kecamatan Batang Asai yaitu pada tanggal 11 dan tanggal 12 Maret. Cek Endra masih berstatus bupati dan saya anggota DPRD dari kecamatan tersebut dan semua kami dari anggota DPRD dari kecamatan Dapil 3 yaitu Kecamatan Batang Asai tersebut semuanya hadir dan ini murni kunjungan kerja dalam rangka mengingat dekatnya Musrembang tingkat desa maupun tingkat kecamatan karena akan diajukan secepatnya kepada pemerintah provinsi. H. MAHFUD MD Saudara Ali Musyaiyat. KETUA: MOH. Namun. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL MUSYAIYAT Ada.

188. Yang 185. Ketua BKMT Kecamatan Pauh Sorolangun.183. Tapi tidak tertutup kemungkinan bukan Dapil kita juga kita ikut. Yang Mulia. pengajian bulanan BKMT. MAHFUD MD Oh. Pak. Mardiah. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL MUSYAIYAT Ya. Terima kasih. Ibu Mardiah. MAHFUD MD Oke. 26 . pada saat itu Pak Somad tidak hadir pada kegiatan itu. 187. KETUA: MOH. sosialisasi khusus karena kegiatan tersebut murni pengajianan…. 190. 189. Bapak Hakim Yang Kami Muliakan. Kemudian Ibu Rosita hadir di Mesjid Arrahman atas undangan kami. Sesuai dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun. wb. KETUA: MOH. Yang Mulia. MA Bismillahirrahmanirrahim. Jambi akan menjelaskan tentang kegiatan majelis taklim tanggal 7 April 2011. baik kita catat. KETUA: MOH. Karena setiap bulan selalu mengundang pengurus BKMT kabupaten. DPRD-nya mengajak bupatinya ke situ? 186. Beliau adalah sebagai penasihat BKMT kabupaten. MAHFUD MD Ya. Bapak Hakim Yang Kami Muliakan. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: MARDIAH A. Hanya itu. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL MUSYAIYAT Mulia. Sarkanik. Saya. Assalamualaikum wr. nanti kami analisis. jadi Dapil yang bersangkutan. Assalamualaikum wr. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Teima kasih. MAHFUD MD Sering? 184. KETUA: MOH. Tidak ada sosialisi…. wb.

Sarkanik. KETUA: MOH. Terima kasih. 195. Desa Semaran. Bu…. Saya menerangkan bahwa apa yang disampaikan Ibu Mardiah itu benar apa adanya.Nama saya. MAHFUD MD tidak terdengar jelas) Bu…. Yang Mulia. MAHFUD MD Dimana itu tadi? Kecamatan…. MAHFUD MD Kadang hadir. dari Desa Semaran yaitu pengurus Musala Miftahul Jannah. 191. ya kadang diwakili. kadang diwakili? 27 . SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Kadang hadir. rutin hadir juga? Atau hanya situ? (suara 198. 197. MAHFUD MD Yang satu Desa Pauh. Assalamualaikum wr. KETUA: MOH. wb. KETUA: MOH. Bu Rosita. 199. ya? 194. KETUA: MOH. 193. KETUA: MOH. ya? 192. Itu pengajian rutin setiap bulan? 196. tidak pernah ada ada arahan dari Ibu Rosita dan penceramah untuk mencoblos atau memilih Cek Endra dalam Pilkada Sarolangun. Acara tersebut adalah pengajian rutin BKMT. MAHFUD MD Tapi Ibu Rosita hadir. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Setiap bulan. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Ya betul. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Hadir.

ya? Rajin hadir pak bupati sama bu bupati. 204. Suatu kegiatan keagaman rutinitas yang saya adakan setiap tahun dan dalam pelaksanaan kegiatan ini selalu mengundang Pejabat setempat. MAHFUD MD He em. oke. Pak Wafir. 205. Dan ini saya bisa buktikan dengan surat undangan yang kami samapaikan dan juga tulisan degerasinya. Kepada Bapak Hakim Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: MUHAMMAD WAFIR Dalam hal ini akan menjelaskan atau menerangkan kebenaran tentang sesuatu hal yang oleh pem…. KETUA: MOH. KETUA: MOH. dituduhkan kepada kami. 206. 28 . Dan pada kesempatan ini ada empat poin yang akan saya jelaskan. 201. kepala desa. Assalamualaikum wr. MAHFUD MD Tapi menjelang Pemilukada rajin. 203. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Ya. KETUA: MOH. Silakan Pak Wafir mana? Ada orangnya enggak ini? Oh. wb. MAHFUD MD Ya. Pengajian Akbar Pondok Pesantren Ihya Ulumiddin adalah: 1. sama sekali tidak ada hubungannya dengan sosialisasi politik. ya? 202. Terus. saya atas nama Pimpinan Pondok Pesantren Ihya Ulumiddin. 2. oleh Saksi Pemohon. Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: MUHAMMAD WAFIR Terima kasih. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: SARKANIK Ya. silakan berdiri di situ biar kelihatan. camat. dan yang lain-lainya. ditujukan kepada kami. betul. bupati.200. sebagaimana Saksi Pemohon disampaikan. Dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan ini.

MAHFUD MD Dan selalu hadir Pak Bupati? 212. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: MUHAMMAD WAFIR Ya. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: FAMIZAL Terima kasih. Nama saya. Famizal. 207. 209. Yang Mulia. MAHFUD MD Setiap tahun mengundang ya? 210. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: MUHAMMAD WAFIR Selalu. KETUA: MOH. 213. Dan itu sangat bohong jikalau disampaikan kepada kami.3. Famizal. Pak Ustad. Isi sambutan bapak bupati sama sekali tidak ada hubungannya dengan Pilkada. KETUA: MOH. Assalamualaikum wr. 29 . Yang Mulia. 214. 211. MAHFUD MD Ya oke. silakan duduk. wb. Assalamualaikum wr. memberikan saran bahwa bagaimana pondok pesantren ini di tahun yang akan datang lebih baik dan lebih bagus daripada keadaan yang sekarang. KETUA: MOH. Itu yang bisa kami sampaikan. 4. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: MUHAMMAD WAFIR Setiap tahun Pak. wb. Kami tidak pernah meliburkan siswa dalam pelaksanaan kampanye di mana kampanyepun berada. Sering mengundang mengundang pak bupati. menasehati. wb. Terima kasih. Bahkan dengan bijaksana beliau menyampaikan sesuatu hal. MAHFUD MD Waalaikumsalam wr. ya? 208.

KETUA: MOH. 217. wb. Saya hadir sebagai Anggota BPD pada acara musrenbang tersebut. itu selalu hadir di…. tidak ada fasilitas dari Arjuna. tahun ini bapak bupati dan khusus bapak bupati. Saudara Hajar Saputra. Yang Mulia.Pada tanggal 24 Februari 2011. KETUA: MOH. 215. Dan setiap tahunnya selalu dihadiri oleh Pejabat-Pejabat baik di lingkungan tingkat II maupun tingkat I. MAHFUD MD Ya baik. nama saya. Bapak Kh. Itu adalah tim yang dibentuk ketika Pemilihan Gubernur HBA dan ketika pemilihan bupati sekarang ini tim itu sudah tidak bergerak lagi. empat tahun belakangan ini selalu hadir beliau. pada saat itu bupati dan Sekda hadir dan anu 218. Yang ke dua bahwa acara ini murni dari pondok pesantren. Betul. 216. jam 20. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Betul. acara musrenbang di Kecamatan Cermin Nan Gadang. Tidak ada ajakan dan instruksi untuk mendukung Bapak Drs. Tim Arjuna. Terima kasih. MAHFUD MD ya (…) Sekarang betul ya. Saya ingin mengklarifikasi tentang kesaksian dari Saudara Abas Panai tentang acara haul yang dilaksanakan tanggal 25 Februari 2011. Yang ke tiga. wb. Tidak ada fasilitas dari pemerintah daerah maupun dari Tim Sukses yang lain. Sayuti Latif. bapak…. Assalamualaikum wr.00. Sarolangun. sekarang ini Bapak Cek Endra. di dalam acara tersebut. 30 . Yang Mulia. Fahrul Rozi. Assalamualaikum wr. H. itu yang bisa saya sampaikan. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Assalamualaikum wr. Terima kasih. Yang Mulia. Bapak gubernur tahun kemarin datang. Cek Endra dan Drs. Bahkan sepengetahuan kami Tim Arjuna itu tidak ada. pendanaannya dari pondok pesantren dibantu oleh para alumni dan para masyarakat. Hajar Saputra. Bahwa acara tersebut adalah acara rutinan pondok untuk mendoakan pendiri dari Pondok Pesantren Al-Fatah. Payolebar. pimpinan dari Pondok Pesantren Al-Fatah. Yang Mulia. wb.

225. KETUA: MOH. KETUA: MOH. Yang Mulia. Yang Mulia. KETUA: MOH. seingat saya. 228. 223. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Tidak ada. jadi tidak ada pernyataan itu ya? 226. KETUA: MOH. Yang disampaikan adalah ajakan untuk melaksanakan Pilkada secara damai kemudian mohon bantuan seluruh masyarakat yang hadir untuk membantu program-program yang sedang beliau jalankan. Ajakan untuk melaksanakan Pilkada secara damai.219. MAHFUD MD Siapa yang nulis nih? Itu yang Nomor 20 itu kok ada kata begitu? 224. 31 . SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Seingat saya tidak ada kata-kata itu. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Terima kasih. “Insya Allah akan maju dalam Pemilukada. MAHFUD MD Tapi di sini ini ditulis dalam sambutannya bupati menyatakan. ya? 220. MAHFUD MD Ya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Tidak tahu. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: HAJAR SAPUTRA Yang seingat kami…. MAHFUD MD Waktu sambutan itu mohon doa restu bahwa akan maju dalam Pemilukada. Yang Mulia. tidak ada. 221. Yang Mulia. MAHFUD MD Ya.” Ya? kan tidak apa-apa (…) 222. Begitu. KETUA: MOH. 227.

Yang kedua Yang Mulia. 231. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Belum itu. Memang betul Yang Mulia. 32 . saya membuat syukuran yaitu sebelum saya dilantik menjadi Kepala Desa Pulau Salak Baru itu syukuran tersebut adalah syukuran keluarga. 233. sudah? 234. sudah ya? Sudah pendaftaran. lalu ngasih uang dari uang negara. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Assalamualaikum. Terima kasih. Yang Mulia. yang saya terangkan yaitu dituduh sebagai yaitu pamasangan baliho terhadap rumah pribadi saya atau pemasangan yaitu baliho-baliho di rumah kepala desa. itu pemasangan baliho ataupun pembuatan posko di rumah pribadi saya yaitu dari awal-awal memang saya betul saya buat. Yang Mulia. tetapi setelah saya dilantik menjadi Kepala Desa Pulau Salak Baru. sudah masa kampanye gitu diangkat menjadi kepala desa atau bagaimana? 232. Pak. Kecamatan Batang Asai. KETUA: MOH.229. Pak. pada tanggal 3 April 2011 yang namanya baliho ataupun posko semuanya sudah saya buka. Kabupaten Sarolangun. saya seorang kepala desa dituduh yaitu membuat syukuran di rumah pribadi saya. Memang betul Yang Mulia. MAHFUD MD Ya. KETUA: MOH. jadi Saudara jadi kepala desa itu dalam proses jalannya Pemilukada. MAHFUD MD Sebelum Pilkada. Di sini saya atas nama Kepala Desa Pulau Salak Baru. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Saya diangkat sebelum yaitu Pilkada. Di sini saya menerangkan kepada Yang Mulia. tapi sudah mulai pendaftaran. sebenarnya kan tidak apa-apa juga orang mengatakan mau maju kan? Kecuali memaksa. KETUA: MOH. mulai kampanye. 230. MAHFUD MD Ya. Tabroni.

Itu sebelum saya menjadi Kades memang betul saya buat rumah saya. habis itu Saudara diangkat jadi Kades? 242. ada. MAHFUD MD Ada baliho (…) 238. MAHFUD MD Habis itu…. KETUA: MOH. KETUA: MOH. semua baliho saya buka sama sekali (…) 243. ada baliho di situ? 236. sebelum saya terpilih menjadi Kades. sebelum terpilih sebagai Kades. MAHFUD MD Belum. Yang Mulia. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Yang Mulia. Pak. Pak (…) 237. Tapi ini apa? Posko Tim Pemenangan Nomor 1. MAHFUD MD Jadi sesudah Saudara…. KETUA: MOH. KETUA: MOH. 239. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Sudah saya dilantik 3 April 2011. Memang betul ada. Sebelum terpilih sebagai Kades. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Ada. MAHFUD MD Terpilih lagi? Saudara terpilih? 244. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Terpilih. 33 . pasangannya itu berupa posko ataupun (…) 241. tapi waktu itu belum mulai masa kampanye? 240.235. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Belum.

Yang Mulia. MAHFUD MD Ya. KETUA: MOH. kampanye terakhir di Singkut. Silakan duduk. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Bukan Kades. ndak? 250. yang satunya adalah anak angkat saya semenjak orang tuanya 34 . Kepala SMK Negeri 4 Sarolangun. Dewan Hakim Yang Mulia. Yang Mulia. atau fasilitas sekolah. Tusrial. MAHFUD MD Oh. Bahwa yang pemasangan atau pengalungan bunga untuk Pasangan Cek Endra-Pahrul itu bukanlah anak sekolah. Pikada ini tidak ikut masalah itu. Yang pertama adalah tuduhan dari Saksi pelapor yang mengatakan bahwa saya memakai anak sekolah. ini perlu saya klarifikasi. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TUSRIAL Bismillahirrahmanirrahim. 251. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Mungkinlah. Nah. atau sanggar sekolah dalam kampanye tanggal 24 April. KETUA: MOH. Pak. MAHFUD MD Jangan-jangan terpilih pakai baliho itu. itu masyarakat saya tidak ada yang…. jadi Saudara Kades baru ya? 248. KETUA: MOH.245. yang masalah pemil…. 252. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: TABRONI Kades baru. tetapi adalah kebetulan anak saya sendiri yang kebetulan kuliah di Padang yang dua anak kandung saya sendiri. KETUA: MOH. Assalamualaikum wr. 249. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu saya klarifikasi barangkali. wb. Saya Tusrial. MAHFUD MD Sebelumnya Saudara bukan Kades? 246. 247. oke.

Nah.000. adat Jambi. mereka diminta oleh ketua…. Berikutnya Saudara Rahman. MAHFUD MD Pengurus Musala Al-Hidayah. Yang Mulia. Drum itu bukanlah drumband. sebagai anak mereka mengatakan. “Pak. Satu. D Ya. wb. Yang Mulia.meninggal dari kecil ada tinggal dengan saya. apa namanya…. RAHMAN. RAHMAN. kami diminta gini. ya? 256. MAHFUD MD Silakan. tam…. MAHFUD MD Waalaikumsalam. silakan saja. dan adat Minangkabau. ya mereka punya hak sendiri. pada malam itu mereka minta izin dengan saya.000. Uang tersebut sampai sekarang belum pernah saya 35 . Assalamualaikum wr. RAHMAN. Yang Mulia. mereka lakukan itu. Bagaimana menurut Bapak?” Karena menurut saya mereka sudah Mahasiswa.000. KETUA: MOH. tetapi adalah tambur milik satu organisasi yaitu organisasi PKDP yang pada waktu itu menyumbangkan untuk menyambut kedatangan Cek Endra-Pahrul pada waktu kampanye tanggal 24 dan itupun saya tidak tahu. KETUA: MOH. Terima kasih. ya? 254. Nah. KETUA: MOH. dan tinggal di rumah saya. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: A. ketua kampanye pada waktu itu mereka diminta untuk memakai baju adat yaitu adat Jawa. Uang tersebut saya ambil dan saya serahkan kepada Bendaharawan Langgar Al-Hidayah sebanyak Rp2. mereka diminta untuk memakai itu untuk pengalungan bunga pada waktu kampanye tanggal 24. D Yang Terhormat Bapak Hakim. gini. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: A. “Ya. saya ada menerima uang pada Harianto sebanyak Rp2. apa namanya…. Saya bilang. Demikian.” Nah. gini. dan tidak melanjutkan kuliah.00. 257. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: A. drumband sekolah itu tidak benar. 255.000. dan sudah tamat. 258. wb.00. Saya menyampaikan beberapa hal. D Assalamualaikum wr. 253. Nah. Dan yang kedua itu dikatakan memakai….

MAHFUD MD Si Dol itu siapa? Tim Sukses Pasangan Calon Nomor 3. Terima kasih. Alamat Desa Tanjung. umum. seminggu sebelum Pemilukada Kabupaten Sarolangun. Kemudian Al Azroki? Wiraswasta? 260. Yang ingin saya sampaikan. bebas. Yang Mulia. Saya memilih Nomor 3 dan Nomor 3 menang di desa saya. MAHFUD MD Kamu itu membocorkan rahasia itu! Langsung.ambil pada bendaharawan. 36 . belum pernah saya ambil. 261. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL AZROKI Assalamualaikum wr. Saya diberikan uang sebanyak Rp50. wb. MAHFUD MD Ya. KETUA: MOH. 259. saya didatangi Tim Nomor 3 yang bernama si Dol. Yang Mulia. Pak Hakim. Dan apa yang dikata orang itu tidak benar. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL AZROKI Betul.00 dengan arahan untuk memilih Nomor 3. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL AZROKI Ya. rahasia itu Pemilu itu! Jadi Saudara menerima uang? 262. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: AL AZROKI Ya. Yang Mulia. Terima kasih. Saya serahkan bendaharawan. MAHFUD MD Saudara terima uang itu dari si Dol? 264. 266. KETUA: MOH. Terima kasih. Yang Mulia.000. 263. 265. KETUA: MOH. Nama saya Al Azroki.

Saya dikasih duit Rp50. KETUA: MOH. wb. MAHFUD MD Cukup? 270. baik silakan duduk. MAHFUD MD Jadi sama-sama main uang. saya dipanggil oleh Tim Nomor Urut 3. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Ada 1 yang namanya Muhajir. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: ZUBIR Cuma itu. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Ini yang dikutip oleh Pak Ustad tadi. KETUA: MOH. MAHFUD MD Ya. saya juga di waktu itu termasuk masuk tim. Pak. 273. Terima kasih. 271. Yang Mulia. Saudara Zubir? 268. Yang lapor belakangan itu yang dilaporkan lebih dulu. 275.00 untuk menyucuk Nomor 3. Yang Mulia. tadi mau yang ada mau diajukan Saksi lagi yang tersisa? Siapa itu? Ada anak di bawah umur. ya? 272. MAHFUD MD Muhajir. KETUA: MOH. 269. KETUA: MOH. SAKSI DARI PIHAK TERKAIT: ZUBIR Assalamualaikum wr. Mana Muhajir? Oh. yang satu lapor belakangan.000. lalu ikut melapor. cuma yang satu lapor duluan. Pak. MAHFUD MD Oh.267. Saya menyampaikan pada tanggal 10 Maret. Terima kasih. ya? Pak Muhajir. Bapak itu? 274. ya? Sama-sama money politics. Baik nanti kita pertimbangkan semua. sudah tua bukan anak itu. mana Pak Muhajir (…) 37 .

besok sekolah saya. 278. kebetulan saya wali murid daripada kedua anak yang telah sekolah di tempat Wafir. Tadi Pak Wafir menyatakan masalah pesantren. Yang Mulia Majelis Hakim.276. Sudah sumpah kemarin. “Kenapa libur. terus sudah dijawab di sana. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Assalamualikum wr. saya tidak menyinggung masalah itu.” Kemudian saya tanya. sekolahnya libur. Itu yang ingin saya sampaikan. anak saya pulang dari sekolah. Namun yang ingin saya sampaikan adalah keterlibatan Lembaga Pendidikan SMK Ihya Ulumuddin. KETUA: MOH. Sebelum saya menyampaikan apa yang menjadi kesaksian saya. Yang Kami Hormati Mulia….” “Kenapa libur?” “Disuruh ikut kampanye ke sana. belum memberikan kesaksian. Yang Mulia.” katanya. KETUA: MOH. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Belum memberikan…. tadi terlebih dahulu Saksi Terkait yaitu Bapak Muhammad Wafir sudah menyampaikan.30 WIB. Ya sudah. ya? Sudah disumpah kan? Ya. silakan Pak Muhajir. silakan. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Di sini Pak? 279. “Besok kan ada kampanye di Desa Butang Baru yang dihadiri oleh artis ibukota yaitu Didi Kempot. wb. Kemudian (…) 38 . “Pak. Jadi bantahan atas bantahan kesaksian. Di sana saya tidak pernah membuat laporan bahwa pesantren.” katanya. MAHFUD MD Oke. anak saya bilang sama saya. 280. yaitu sebagai SMK Swasta Ihya Ulumuddin. Maju saja Pak Muhajir. Ternyata besoknya saya melihat memang anak-anak dan guru di situ semua ikut. Oke. 277. “Siapa yang menyuruh libur?” “Pak Zaki. Anak saya mengatakan. begitu.” saya tanya begitu. MAHFUD MD Ya. Sekitar jam 17. Pada saat itu terjadi tanggal 13 April.

SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Kemudian ada juga di daerah saya. MAHFUD MD Oke. KETUA: MOH. S. Yang Mulia. tapi tinggalnya di Desa Guruh Baru atau desa saya. Dia namanya Sudarta.281. 284. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Betul. 287. Kepala Sekolah Negeri Desa Butang Baru 1. dia Kepala Sekolah Desa Butang Baru 1. MAHFUD MD Ihya Ulumuddin yang (suara tidak terdengar jelas). 291. tapi sekolah SMK (…) 282. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR SMK-nya. 39 . MAHFUD MD Pesantrennya tidak.. 283. KETUA: MOH. MAHFUD MD Milik yayasan? 288. KETUA: MOH.Pd. MAHFUD MD SMK Ihya Ulumuddin itu sekolah negeri apa sekolah swasta? 286. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Tidak. KETUA: MOH. itu kepala sekolah Desa Butang Baru. apa lagi? 290. kemudian (…) 285. KETUA: MOH. MAHFUD MD Ya. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Swasta. 289. bahkan satu RT.

namun sebelumnya dia telah membagbag…. disampaikan dan pada saat penyampaiannya itu. 293. berupa baju muslim. Yang Mulia. Nah. membabikan…. ada juga anggota KPPS-nya yang bernama Sutimin. Jadi saya bingung. membagikan atribut untuk memilih nomor salah satu calon. sini bicara SMAK…. Terima kasih. ya? Ada lagi. ternyata saya kaget. pada saat tanggal 24 April juga telah berkeliling memakai sepeda motor Sekdes. Kapasitas di satu dusun daerah saya itu hampir mencapai 100 KK.” Nah. sekeliling satu dusun itu membawa kaus. “Tolong pilih Nomor 1. Saya bingung. Coba maju ke sini! Mana? Dua-duanya maju. baik untuk bapak maupun ibu sesatu dusun…. hampir itu. KETUA: MOH. Ini karena di bawah umur tidak akan diambil sumpah. itu yang…. Yang Mulia.” Saya gitu. Saudara Pemohon. saya tahu. MAHFUD MD Anak di bawah umur. “Jadi ini semua anggota KPPS yang bergerak untuk memberikan atribut-atribut atas nama Nomor 1. duduk di sini saja.” Itu. yaitu Nomor 1. kenapa di sini ada seorang PNS yang menjadi ketua KPPS. yaitu berap…. Pada saat dia memberikan atribut atau baju muslim itu. MAHFUD MD Tidak usah dikon….292. baik itu untuk bapak-bapak maupun ibu-ibu hampir ke seluruh satu dusun. Yaitu keliling…. masih bisa? 295. padahal pada saat di KPPS itu anggotanya. silakan duduk! Tidak usah dikonfrontasikan karena masalahnya jelas. baju hitam. itu di…. SMK. Yang Mulia. dia menyampaikan kepada masyarakat. Pada saat mendekati hari H Pilkada yaitu tepatnya tanggal 28 April. kaus yang berlogo Nomor 1. sana bicara pesantren. yang disampaikannya. siapa namanya dik? Ha? 40 . Saya cuma ingin…. Pak? Yang mau ditampilkan siapa? 294. Yang nomor satu. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Ini ada anak di bawah umur. KETUA: MOH. dia itu seorang PNS. Kemudian setelah dia menyampaikan atau memberikan baju muslim. SAKSI DARI PEMOHON: MUHAJIR Ketika itu sekitar tanggal 27 Maret telah membagikan atribut. “Dia kok seorang kepala KPPS di TPS 5 saya. silakan suruh menerangkan apa ini? Tolong dicatat namanya. Kemudian dari Ketua KPPS yang ada.

lihat. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Saya mendapat kartu undangan. dan saksikan waktu Pilkada dan keterlibatan Saudara! Terima kasih. KETUA: MOH. Sudah tertulis nama Andra atau nama orang lain di situ? 304. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Tolong Saudara Andra ceritakan apa yang Saudara alami. KETUA: MOH. MAHFUD MD Dari? 302. 297. 305. Pak? 298. MAHFUD MD Dari Ketua KPPS.296. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Dari Ketua KPPS. 303. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Nama saya. siapa yang nyuruh? Anak kecil kok nyoblos? 300. KETUA: MOH. KETUA: MOH. MAHFUD MD Apa? Saudara ikut mencoblos? Saudara ikut nyoblos. KETUA: MOH. Catat Mas! Gimana? Andra ini kenapa. MAHFUD MD Andra. 301. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Andra. 299. MAHFUD MD Nama Saudara? Dapat undangan? 41 .

SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Dua. 309. KETUA: MOH. gitu? Tanda tangan di daftar hadir? 310. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Ya. KPPS berapa? TPS berapa? 312. MAHFUD MD Terus waktu Saudara nyoblos. 42 . 313. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA He eh. MAHFUD MD Sudah ada. sehingga Saudara tinggal menyerahkan kartu undangan lalu disuruh nyoblos. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Desa Mersip. 311. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Ya. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Ya.306. itu nama Saudara sudah ada di daftar nama itu ya? 308. KETUA: MOH. MAHFUD MD Nomor atau desa? 314. KETUA: MOH. 315. MAHFUD MD Ya. 307. MAHFUD MD Desa? Mersip? 316.

323. KETUA: MOH. KETUA: MOH. KETUA: MOH. MAHFUD MD Mersip? 318. MAHFUD MD Kelas tiga SMP. Oke dicatat! Nanti saya tanya ke Pemohon ini. Ini yang perempuan siapa namanya. MAHFUD MD Ha? Mersip? Ya. 321. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya. SAKSI DARI PEMOHON: ANDRA Mersip. ka…. KETUA: MOH.317. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Tiga SMP. 319. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Rika. MAHFUD MD Kamu sekolah kelas berapa? 324. KUASA HUKUM PEMOHON: BACHTIAR SITANGGANG Rika. KETUA: MOH. 327. Dik? 320. MAHFUD MD Sama TPS-nya dengan Andra? 43 . Disuruh nyoblos? 326. MAHFUD MD Ka…. 325. siapa? 322.

KETUA: MOH. MAHFUD MD Terketik ya? 338. 44 . SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya. namamu sudah ada di daftar nama pemilih? 336. waktu kamu pilih itu. ketua (…) 333. MAHFUD MD Ketua KPPS? 334. 335. MAHFUD MD Siapa yang bawa? 332. 337. KETUA: MOH. 331.328. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ketua…. KETUA: MOH. 329. MAHFUD MD Waktu Saudar…. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya. KETUA: MOH. MAHFUD MD Dapat surat undangan juga? 330. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya.

MAHFUD MD Oh. KETUA: MOH. rahasia? Kamu juga rahasia ya? Rahasia. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Tidak. 343. Oke. KETUA: MOH. “Ini kamu saya kasih coblosan. 349. MAHFUD MD Terus? Surat undangan kamu kasih terus dikasih kertas coblosan? 340. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Itu rahasia.” Tidak? 346. MAHFUD MD Tidak. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ya. 347. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ndak. Kenapa kalau dikasih…. MAHFUD MD Terus nyoblos siapa? 342. Yang Mulia. MAHFUD MD Oh tidak? Tidak ya? 348. lalu kamu harus milih ini. Saudara sama Pak Ridwan disuruh milih siapa? Disuruh ndak? 344. KETUA: MOH. KETUA: MOH. 345. suruh pilih gitu. KETUA: MOH.339. SAKSI DARI PEMOHON: RIKA Ndak. KETUA: MOH. 341. berikutnya ini siapa? 45 . MAHFUD MD Dikasih.

Reza Umami. 355. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Reza Umami. TPS mana? 354.. 353. 351. KETUA: MOH. 359. KETUA: MOH.. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI TPS 2. MAHFUD MD TPS 2. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Mersip Tengah.350. MAHFUD MD Kamu tad…. KETUA: MOH. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Ya. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Reza Umami. enggak. MAHFUD MD Reza Umami. MAHFUD MD Mersip Tengah. nyoblos juga? 360. kamu tadi TPS berapa? Sama dengan Andra? Yang ini dulu! Yang ini dulu ini! TPS. Kamu namanya siapa? 358. Desa? 356.. MAHFUD MD Kamu sekolah juga? Di mana? 352. KETUA: MOH. 357. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI SMA 8. 46 .

365. MAHFUD MD Ha? 364. MAHFUD MD He eh. 367. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Disuruh ke rumahnya alasan…. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Setelah itu kami pertengahan masak itu. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Muhammad Saiu. MAHFUD MD Terus? 370. KETUA: MOH. istrinya itu menyuruh kami ke rumahnya untuk membantu masak. MAHFUD MD Tidak dikasih kartu pemilih. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Disuruh. KETUA: MOH. 369. disuruh berkumpul dan saya dikasih pengarahan bahwa nama saya diganti dengan nama Asyiah. 371. 47 . KETUA: MOH.361. Disuruh Bapak (…) 363. KETUA: MOH. MAHFUD MD Disuruh datang ke TPS? 368. MAHFUD MD Siapa yang kasih kartu? 362. tapi terus? 366. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Saya tidak dikasih.

artinya kartunya orang lain.372. 377. sampai TPS 1 kami suruh nyoblos Nomor 1 oleh Pak Saiu. menyoblos di TPS berapa? 382. 375. Nomor 1. 381. MAHFUD MD Oh. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Ya. MAHFUD MD Namanya siapa tadi? 380. MAHFUD MD Reza Umami. Catat. 373. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Reza Umami. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Ya. KETUA: MOH. 379. ya? 376. MAHFUD MD Pakai kartunya Asyiah? 374. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Dan setelah itu kami suruh masuk mobil. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI TPS 1. Mas! Jadi dia Reza Umami. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Diganti nama yang kami tidak ketahui. KETUA: MOH. MAHFUD MD Terus kamu disuruh nyoblos? 378. KETUA: MOH. 48 .

385. 393. KETUA: MOH. Kamu siapa namanya? 390.383. MAHFUD MD Siti Asyiah. KETUA: MOH. MAHFUD MD Ayus Tina. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Ayus Tina. 389. MAHFUD MD Nomor 1? 388. KETUA: MOH. Oke. MAHFUD MD Di TPS 1 tapi kartu yang dipakai namanya Siti Azi…. MAHFUD MD Oke. KETUA: MOH. MAHFUD MD Siapa yang ngasih kartu? 49 . Azizah? 384. Ayus Tina. KETUA: MOH. Nyoblos? 386. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Asyiah. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Ya. Nyoblos juga? 392. 387. 391. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Nomor 1. Berikutnya. SAKSI DARI PEMOHON: REZA UMAMI Nyoblos.

394. Muhammad Saiu. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Kartu…. MAHFUD MD Pak Saiu? Pak Saiu itu siapa? 396. kartu kami itu diganti dengan nama Asnia. sama. KETUA: MOH. 50 . 403. 395. 399. MAHFUD MD Wakil Ketua DPR ya? Menyuruh ya? 398. MAHFUD MD Asnia? Hampir sama dengan yang tadi? 404. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Wakil Ketua DPR Kabupaten Sarolangun. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Ya. MAHFUD MD Oke. Pakai kartu dari apa? 400. diganti namanya dengan nama Asnia. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Diganti…. KETUA: MOH. 397. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Kami disuruh oleh Bapak Saiu…. 401. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Ya. MAHFUD MD He eh? 402. KETUA: MOH.

Belum ya. 409. ndak ini kok bisa nyoblos ini. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Nama dia Asiya. 413. Kamu dikasih uang ndak? 412. MAHFUD MD Oh. Tidak ada yang bisa menjelaskan. Kamu sudah kawin belum? Belum ya? Kalau sudah kawin meskipun umur lima tahun boleh nyoblos. DPT sendiri. ndak. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Enggak. ada dua nama yang sama? 408. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Sama. padahal ini masih kecil. 407. sudah silakan (…) 51 . Gimana itu bisa terjadi? Saudara bikin anu sendiri…. Saudara Termohon. MAHFUD MD Terus TPS-nya sama? 406. nama saya Asnia. MAHFUD MD Oh. gitu. KETUA: MOH. SAKSI DARI PEMOHON: AYUSTINA Ya. KETUA: MOH. KETUA: MOH. Nyoblos Nomor 1 juga? 410. KETUA: MOH.405. Oke. MAHFUD MD Ndak. Ini ada pelakunya sendiri. di luar yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan atau bagaimana itu? Katanya namanaya sudah ada di situ. belum kawin ya? Belum. jadi ada di TPS…. KETUA: MOH. 411. MAHFUD MD Kalau kamu ndak? Ndak? Nyoblos suka-suka gitu ya? Dikasih uang ndak? Ndak…. Oke. Gimana ini ada orang ndak terpakai….

palsu apa bukan. 417. 415. yang berhak memilih. Ya. Silakan duduk Dik. dari Termohon dari KPU. Pertama kami menerima data DPT me….414. pencocokan dan penelitian. ini tersruktur. PANWAS: IBNU ABBAS Assalamualaikum wr. Masih ada lagi Bapak? Cukup ya? Cukup. Oh. itu nanti di pembuktian saja. Kalau Saudara tunjukkan DPT…. Kemudian itu semuanya sudah diumumkan. dikeluarkan oleh Dinas apa gitu. itu kami belum mengecek Pak. bisa minta penjelasan. Yang dua pertama. kalau eceran gitu mungkin bisa dipertimbangkan. KPU: ? Izin Yang Mulia. ini pembuktiaannya gampang. KETUA: MOH. Nanti kan akan ketahuan ini. Kemudian kami juga sudah jelas-jelas menginstruksikan kepada jajaran kami bahwa yang berhak memilih dalam DPT itu ada…. KPU: ? Dari Termohon Pak. 418. KETUA: MOH. kalau itu benar ini terstruktur ya.wb. membuat DPT ini Pak. Ndak usah final dikonfrontasi sekarang. pertama yang sudah berumur 17 tahun. Nah. terima kasih. 52 . tapi kalau tersruktur betapa pun sedikit itu bisa jadi masalah. Dari berempat ini yang dua itu sudah jelas ada penggantian nama yang sudah terdapat dalam DPT. Dan itu tidak boleh tindakan terstruktur. kemudian sudah pernah menikah atau kawin. silakan maju. kan bisa. Ini KTP-nya dan seterusnya. Yang Mulia. Jadi Saudara nanti tunjukkan ke Panitera. tapi Saudara laporkan saja keseluruhan yang Saudara lakukan sebagai Panwas. Baik. tapi empat ini menjadi catatan karena meskipun jumlahnya hanya empat.lalu tunjukkan identitasnya. Baik. oh nama ini tidak ada. Saya tidak akan tanya apa-apa. apa? 416. semua. nama ini memang ada KTP nya. DPT di tempat orangorang ini. kemudian terdaftar dalam DPT. MAHFUD MD Oke. Berproses mulai dari Dukcapil kemudian data-data dari Dukcapil itu kita proses melalui proses Coklik. Silakan duduk. Saudara Panwas. tetapi memang ada di…. Pemohon juga tunjukkan DPT bahwa nama ini tidak benar. lalu tunjukkan nama itu . dan seterusnya. apakah benar namanya ada di dalam DPT. MAHFUD MD Siapa ini.

Dari materi tersebut kami nampaknya Pak. Jadi secara umum nampaknya. tidak bisa untuk menjabarkan secara rinci. Kemudian. dari Bawaslu bahwa di MK ada beberapa materi gugatan yang di sini dapat kami bacakan…. Kemudian hal tersebut juga kami sampaikan kepada pihak KPU selaku penyelenggara. kami juga telah menyampaikan himbauan kepada pihak KPU bahwa di dalam DPS kami sudah menemukan semacam dugaan atau indikasi bahwa ada ditemukan anak di bawah umur menurut persepsi Panwas telah kami checklist Pak. Nama Ibnu Abbas. Contohnya. itu mungkin kami bisa jabarkan lebih tajam lagi. belum terfokus ada beberapa hal umpanya di salah satu TPS yang mengarah pengaduannya kepada Panwas. Pak. kami beberapa tahapan yang dapat kami ikuti. Jadi. tahapan berikutnya adalah tahapan pencalonan dan tahapan kampanye. Umpanya begini Pak. DPS dan DPT-nya. Tetapi kami sudah melakukan hal tersebut. Ini kayaknya dari empat materi ini kami masih bimbang…. Selanjutnya. ragu jadinya Pak. Baik Pak. namun untuk Panwascam dan PPL belum dilantik saat itu Pak. dimasalah DPT itu pihak KPU juga telah melakukan tugas mereka di bawah dengan bukti kami dari TPL di bawah sudah melakukan kerja sama dan apapun yang telah kita checklist itu hasilnya telah disampaikan kepada Pihak KPU kabupaten. NIP kemudian namanya tidak ada. 53 . Himbauan kami dan demikian juga sampai pada masalah DPT tadi. Nah. Pak. kemudian ada juga yang tertib. menyurati kepada pihak KPU supaya hal tersebut ditindaklanjuti. dan yang seharusnya tercantum dalam tersebut tetapi tidak ada. Sebagaimana yang kami terima. Pak. Pak.Yang Kami Muliakan Bapak Hakim. Pak. divisi pelaporan dan penanganan tindak pidana…. Ini masa tahapan kampanye itu kami sudah menyampaikan edaran kepada masing-masing pasangan tim. ini. dalam arti kata begini Pak karena kami perhatikan di situ masih umum nampaknya Pak. pelanggaran Pemilukada. Anggota Panwaslu Kabupaten Sarolangun. tahu-tahu ada umurnya saja. yang kami ketahui Pak. sudah disampaikan untuk dapat mengikuti…. ada beberapa hal yang seharusnya tidak dicantum dalam forum-forum tertentu enggak ada. Pak. Pak. Itu salah satu contoh Pak yang kami anggap Menurut Panwas itu adalah dugaan fiktif. Empat materi gugatan Pasangan 3 kepada Tergugat. ada empat materi Pak. melaksanakan kampanye itu sebagaimana mestinya. Nah. sepanjang pengetahuan kami Pak bahwa beberapa proses dan prosedur yang dilaksanakan Pemilu di Sarolangun itu dapat kami ceritakan bahwa kami telah melakukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. saya perkenalkan diri saya. yang dapat terkejar oleh kami setelah kami dilantik yaitu tahapan pemutakhiran data yaitu untuk Panwaslu kabupaten sudah dilantik.

MAHFUD MD Siap. KETUA: MOH. supaya memasukkan kesimpulan dari Pemohon. jadi kita bekerja cepat ya hari Rabu. dan Terkait menyam…. MAHFUD MD Baik. Pemohon mengajukan alat bukti P-1 sampai dengan 85 ya? Betul? 422. tapi kenapa itu bisa terjadi.00 WIB supaya Pemohon. Ibu ada yang ditanyakan? Tidak. Panitera nanti diambil ya? 420. tanggal 1 Juni. ya Pak. kalau begitu laporan tertulis dari Panwas. Bapak kepada Panwas. Pak? Cukup. jam 10. Seperti itu fakta-fakta itu dijelaskan. Ada atau tidak ada dan sudah pasti ada pelakunya sendiri. di mana masalahnya. kemudian sekarang alat buktinya disahkan dulu. seandainya ada hal-hal yang belum ditemui menurut Panwas masalah anak di bawah umur dan pemilih fiktif itu berarti sudah di luar jangkauan atau kemampuan dari Pihak Panwas sendiri. cukup? Cukup semua ya? Baik. KETUA: MOH. 423. dan Termohon. jam dua ribu…. misalnya tentang anak itu tadi dijelaskan seperti apa. Jadi cuma itu. 421. Jadi. KETUA: MOH. 419. KUASA HUKUM PEMOHON: MERLINA Telah kami daftarkan semuanya. terhadap fakta-fakta yang ditemukan dipersidangan itu.Nah. KUASA HUKUM PEMOHON: MERLINA Untuk alat bukti kami P-1 sampai dengan 102. Panwaslu sudah melaksanakan pekerjaan dan melakukan tugas sebagaimana mestinya. Termohon. Itu sementara dari kami. 54 . tahun 2011. jam 10. Sidang berikutnya itu pengucapan vonis. MAHFUD MD 102? 424. Pengesahan alat bukti…. siap Pak.00. Pak. dan Pihak Terkait ke Kepaniteraan tanpa sidang seperti ini. Kesimpulan itu analisis terpata…. Pak. memasukkan kesimpulan. Rabu 1 Juni. KUASA HUKUM PEMOHON: MERLINA Ya. Yang Mulia.

MAHFUD MD Oke. sampai dengan 102. 431. KETUK PALU 1X Kemudian. MAHFUD MD Oh. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO Sebelumnya Pihak Terkait menyampaikan ada tambahan satu bukti. Disahkan dulu. Jadi (. di TPS yang tadi disebutkan. KETUA: MOH. 429. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO Kami sudah siap. Yang Mulia. Jadi nanti kami mohon dilampirkan dalam kesimpulan untuk mem…. MAHFUD MD Oh ya. KETUA: MOH. Yang Mulia. KETUA: MOH. Betul? Ada tambahan? 426. MAHFUD MD Betul.. 427. KETUA: MOH. KUASA HUKUM TERMOHON: INDRA LESMANA Betul.425.. mencari tahu apakah di TPS tersebut ada keberatan dari saksi-saksi pasangan calon. Mohon maaf. Mengenai hasil perolehan suara di kec….) 55 . Yang Mulia. sini. KETUK PALU 1X Pihak Terkait belum menyerahkan? 428. 430. Termohon bukti T-1 sampai dengan sebanyak 155 tapi diberi bukti T-15 poin 8.

Yang Mulia. 56 . Paiyo NIP. sampai PT-44 disahkan hari ini. Jadi kami tambahkan menjadi sampai dengan 46. 433. MAHFUD MD Oke.432. MAHFUD MD Baik.22 WIB Jakarta. PT-45 dan PT-46 diserahkan langsung bersama kesimpulan. Terima kasih. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO Jadi ada dua alat bukti tambahan. 30 Mei 2011 Kepala Sub Bagian Pelayanan Risalah. 19601210 198502 1 001 Risalah persidangan ini adalah bentuk tertulis dari rekaman suara pada persidangan di Mahkamah Konstitusi. KETUA: MOH. KETUK PALU 3X SIDANG DITUTUP PUKUL 17. 435. di situ PT-1 sampai PT-44. sehingga memungkinkan adanya kesalahan penulisan dari rekaman suara aslinya. KUASA HUKUM PIHAK TERKAIT: HERU WIDODO Ya. KETUK PALU 1X Sidang dinyatakan selesai dan ditutup. ya? 434. KETUA: MOH.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful