BAB 1.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai permasalahan mengenai pengaruh suatu hal terhadap hal lain yang akan dijadikan pertimbangan dalam membuat suatu keputusan. Sebagai contoh adalah pengaruh nilai rapor sekolah, kondisi kesehatan dan jarak rumah ke kampus untuk menentukan perguruan tinggi yang diinginkan. Dari contoh permasalahn diatas akan timbul pertanyaan tentang pengaruh mana yang paling signifikan untuk menentukan perguruan tinggi yang diinginkan. Masalah-masalah tersebut dapat didekati dengan menggunakan pendekatan parametrik dan nonparametrik. Metode pendekatan nonparametrik yang biasanya digunakan adalah dengan bantuan regresi pohon. Hal tersebut dikarenakan eksplorasi data dan pengambilan kesimpulan dengan metode ini relatif lebih mudah. Metode regresi pohon ini pernah digunakan oleh Yuliani Setia Dewi (2007) yang diaplikasikan dalam pendugaan lama studi mahasiswa Universitas Jember, Widyastuti (2006) yang diaplikasikan untuk mengklasifikasikan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember untuk mengidentifikasi model penjurusan mahasiswa angkatan 2002/2003 sampai dengan 2004/2005. Tidak berbeda dengan permasalahan diatas, kali ini akan dilakukan studi kasus untuk melihat hubungan antara peubah respon dengan peubah-peubah penjelas dari data Cars93 yang terdapat dalam paket MASS pada program R. Dari data tersebut ingin diketahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap harga mobil.

1.2 Rumusan Masalah Permasalahan yang akan dibahas dalam studi kasus ini adalah bagaimana mengaplikasikan metode regresi pohon untuk melihat hubungan antara peubah

.2 respon yaitu harga mobil dengan peubah-peubah penjelas yaitu ukuran mesin. 1. kekuatan mobil. kapasitas bahan bakar dan jumlah penumpang berdasarkan dengan bantuan program R. kekuatan mobil. kapasitas bahan bakar dan jumlah penumpang dengan bantuan program R.3 Tujuan Tujuan dari penilitian ini adalah mengaplikasikan metode regresi pohon untuk untuk melihat hubungan antara peubah respon yaitu harga mobil dengan peubah-peubah penjelas yaitu ukuran mesin. kekuatan mobil.4 Manfaat Studi kasus ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai metode regresi pohon untuk untuk melihat hubungan antara harga mobil sebagai peubah respon dengan peubah-peubah penjelas ukuran mesin. kapasitas bahan bakar dan jumlah penumpang 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful