Adaro Akuisisi Perusahaan Jasa Pertambangan Rp 200 Miliar

Jakarta - Anak usaha PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Alam Tri Abadi (ATA), mengakuisisi 35% kepemilikan saham PT Servo Meda Sejahtera (SMS). Nilai transaksi mencapai Rp 200 miliar. Saham tersebut sebelumnya milik PT Servo Infrastruktur (IS). Kedua belah pihak sudah melakukan penandatanganan akta jual beli pemindahan saham tersebut. Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir mengatakan, investasi perseroan di SMS merupakan bagian dari strategi untuk mengulangi model bisnis perseroan di Kalimantan Selatan, seiring dengan langkah perusahaan untuk mengakuisisi dan mengembangkan aset tambang batu bara di Sumatera Selatan. "Transaksi ini membawa kami selangkah lebih dekat untuk memiliki dan atau mengendalikan rantai pasokan batubara yang terintegrasi secara vertikal di Sumatera Selatan," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (12/10/2011). Setelah dilakukannya transaksi tersebut, pemegang saham SMS menjadi SI sebanyak 50%, ATA 35%, dan PT Bumi Alam Sejahtera (BAS) 15%. Transaksi ini bukan merupakan transaksi material maupun transaksi yang mempunyai benturan kepentingan. "Transaksi ini dilakukan untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan operasi logistik Adaro Energy dalam bidang batubara di Sumatera Selatan," ungkapnya. Ia mengatakan, SMS menyediakan pelayanan logistik batu bara yang terintegrasi di Sumatera Selatan. Melalui anak perusahaannya, SMS memiliki jalan khusus batubara di Sumatera Selatan yang memberikan layanan pengangkutan batubara. Melalui anak perusahaan lainnya, SMS memiliki pelabuhan khusus untuk pengangkutan batubara di pantai sebelah timur Sumatera Selatan yang memberikan layanan pemuatan batubara ke atas kapal. Pada penutupan perdagangan hari ini, harga saham ADRO ditutup naik 80 poin (+4,49%) ke level Rp 1.860 per lembar. Sahamnya ditransaksikan 3.788 kali dengan volume 259,360 lot senilai Rp 237,76miliar.

B. Tbk). yang dikomandani Chairul Tanjung. Namun. Dengan demikian. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh. segmen penonton dominan untuk Trans TV adalah female (perempuan). Cipta Televisi Pendidikan Indonesia) dan Global TV (PT. Misalnya. Kelompok kedua. Media Nusantara Citra (PT. tetapi juga untuk konsumen laki-laki. Kedua. Sebuah kelompok stasiun TV dengan segmen audience dan jangkauan siaran yang berbeda-beda. baik dilihat dari segi demografi. Pertama. psikografi. dengan payung PT. yang bisa diisi iklan) bagi iklan produk-produk untuk konsumen perempuan di Trans TV. dalam membuat perencanaan periklanan. Kelompok pertama. tiga televisi swasta yang belum jelas mau masuk kelompok yang mana. Televisi Transformasi Indonesia) dan Trans-7 (PT. jika bergabung dalam kelompok. Lativi Media Karya). Bakrie Brothers (Grup Bakrie). karena biro-biro iklan ini tidak perlu lagi repot berurusan dengan satu-persatu stasiun TV. dan C (menengah ke atas). Setidaknya saat ini sudah terbentuk tiga kelompok besar. maupun tingkat status sosial-ekonominya. yang dikomandani Anindya N. TPI (PT. mereka akan bisa menawarkan paket penayangan iklan yang menarik dan lengkap kepada para pemasang iklan. Bimantara Citra. dengan payung PT. iklan itu akan diarahkan untuk ditayangkan di Trans-TV. serta keterbatasan kue iklan yang harus dibagi untuk seluruh stasiun TV. Trans Corpora (Grup Para). Namun. baik dari segi ternologi maupun bisnis. Metro TV. media TV akan mampu melakukan efisiensi. Kelompok ketiga. dalam kondisi persaingan yang sangat ketat ini. Maka. akan bisa merangkum segmen penonton yang sangat luas dan beragam. Mungkin mereka masih mencoba bertahan dan lebih suka berdiri sendiri. dan Indosiar. semula dikenal sebagai TV7). Global Informasi Bermutu). Bakrie. jelas lebih banyak keuntungan yang bisa diraih suatu stasiun TV. dengan payung PT. Selain makin banyak stasiun TV yang secara bertahap mulai menerapkan teknologi digital dalam operasionalnya. membawahi: RCTI (PT. Cakrawala Andalas Televisi) dan Lativi (PT. bagian sales dan marketing dari bisa menawarkan slot (bagian dari skedul siaran dengan durasi tertentu. membawahi: Trans TV (PT. tinggal SCTV. membawahi: ANTV (PT.KONSOLIDASI STASIUN-STASIUN TV NASIONAL Oleh Satrio Arismunandar Industri media televisi nasional kini mengalami perkembangan pesat. industri media TV juga ditandai dengan proses konsolidasi dan pengelompokan stasiun-stasiun TV. optimalisasi sumberdaya. jika produk yang mau dipasarkan bukan cuma untuk perempuan. pengelompokan ini jelas akan didukung oleh para biro iklan. Rajawali Citra Televisi Indonesia). yang sangat krusial artinya di tengah . dan penghematan biaya modal dan operasional. Jadi. kepada birobiro iklan. dengan membentuk kelompok. Sedangkan segmen penonton yang dominan di Trans-7 adalah male (laki-laki) dengan status sosial-ekonomi A. dengan status sosial-ekonomi A dan B (kelas atas). yang dikomandani Hary Tanoesoedibjo.

dengan terkonsolidasinya stasiun-stasiun TV dalam grup/kelompok. Akibatnya. antara lain: Fenomena. sebuah film yang ditayangkan di Trans-7 “hanya” menghasilkan pendapatan iklan Rp 70 juta. film yang sama. bisa memiliki posisi tawar yang tinggi karena mereka bisa “mengadu domba” satu stasiun TV dengan stasiun TV yang lain. Sebelum ini. Program itu. dalam berhadapan dan bernegosiasi dengan rumah-rumah produksi atau PH (production house). pemanfaatan program-program yang sudah diakuisisi. Dan. dan alat-alat siaran lain. Konsolidasi dan pengelompokan sejumlah besar stasiun TV bersiaran nasional ini merupakan proses. karena keterbatasan sumberdaya manusia di Trans-7 untuk memproduksi sendiri program-program berkualitas semacam itu. karena terbukti bisa mendatangkan pemasukan iklan lebih besar dibandingkan jika dipaksakan tayang di Trans-7. yang pada tahun 2006.persaingan antar stasiun TV yang ketat saat ini. PH bisa menjual produk-produknya dengan harga sangat mahal. memungkinkan penghematan dalam biaya rekrutmen. untuk mengurangi ketergantungan pada PH. Dalam 20 tahun terakhir. diungkapkan. AOL-Time Warner. News Corporation juga sudah masuk ke pasar Indonesia. . dengan mengusai 20% saham ANTV. sesudah bergabung. Namun. Hal serupa juga sudah lebih dulu terjadi di Amerika dan Eropa. penggunaan kontributor dan koresponden di daerah. dan pada saat yang sama menekan biaya akuisisi. serta efisiensi dan optimalisasi penggunaan studio. sejumlah program yang pernah tayang di Trans-TV juga ditayangkan ulang di Trans-7. kelompok industri TV akan memiliki bargaining position yang lebih baik dibandingkan stasiun TV yang berdiri sendiri. Viacom-CBS. Disney-ABC. para pengelola TV kini malah bisa menekan PH untuk memberi harga yang lebih proporsional bagi produk-produknya. misalnya. Tukar-menukar program antar stasiun-stasiun TV yang sudah berkelompok dalam suatu kemitraan strategis juga memungkinkan maksimalisasi profit. Lacak. sudah 80% tayangannya merupakan buatan sendiri. Sebagai contoh. misalnya. terjadi merger dan konsolidasi besar-besaran di industri media dunia. dan Paranoid. Menanti Ajal. fasilitas. Malah sejumlah stasiun TV kini menggenjot produk-produk buatannya sendiri (in-house production). asal tahu saja. bisa menghasilkan iklan senilai Rp 400 juta. Tetapi. yang dipicu oleh pertimbangan hisnis. jika ditayangkan di Trans TV. dan Sony-Columbia. Sebaliknya. dengan membentuk kelompok yang kompak. Misalnya. kini tinggal lima perusahaan media besar yang menguasai seluruh pasar media global. PH yang memproduksi sinetron-sinetron lokal. film-film produksi Amerika yang sebelumnya sudah diakuisisi oleh Trans-7 banyak ditayangkan di Trans-TV. Salah satu contoh yang paling berhasil adalah Trans TV. Ketiga. Dalam buku The New Media Monopoly (2004) karya Ben Madigan. Yaitu: News Corporation. Kemitraan strategis antara Trans TV dan Trans-7.

di Jakarta.176 lembar saham. Senin (23/11/2009). CBP akan tetap berdiri sebagai perusahaan hasil penggabungan.000 per lembar saham. PT Ciptakemas Abadi. Nantinya. sedangkan empat perusahaan lainnya akan bubar demi hukum tanpa dilakukan likuidasi terlebih dahulu. industri pembuatan kecap dan sambal serta industri pembuatan kemasan yang merupakan industri penunjang bagi industri produk konsumen bermerek. Seperti diungkapkan manajemen perseroan dalam keterangannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Oleh karena itu. maka penggabungan dirasa perlu dilakukan.PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) berencana menggabungkan usaha (merger) lima perusahaan yakni. Dengan demikian.176. PT Indobiskuit Mandiri Makmur. efektif. dan produktif. Sementara untuk modal ditempatkan sebesar Rp466. mengingat bidang usaha perusahaan peserta penggabungan merupakan salah satu alternatif untuk mencapai pengelolaan usaha yang lebih efisien.476.176. PT Indosentra Pelangi.00 (Rp466.476. modal dasar perseroan akan menjadi Rp750 miliar yang terbagi atas 750 juta lembar saham dengan nilai nominal Rp1. PT Gizindo Primanusantara. untuk mengkonsolidasikan industri produk konsumen bermerek. merger tersebut memakan biaya (modal disetor) sebesar Rp466.47 miliar).Indofood Merger 5 Perusahaan Rp466. dan PT Indofood CBP Sukses Makmur (CBP).476.000 yang terbagi atas 466. dengan terlaksananya penggabungan maka perusahaan hasil penggabungan akan menanggung semua biaya dan pajak yang berhubungan dengan pengalihan dan pendaftaran pengalihan/balik nama aktiva menjadi atas nama perusahaan hasil penggabungan. Masing-masing perusahaan peserta penggabungan seluruh sahamnya akan dimiliki oleh INDF yang masing-masing bergerak dalam bidang industri pembuatan produk konsumen bermerek.47 Miliar JAKARTA . .

Asing.Jenis / Macam Perseroan Terbatas (PT) yang Ada Di Indonesia PT Tertutup. Perseroan Terbatas / PT Tertutup PT tertutup adalah perseroan terbatas yang saham perusahaannya hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu yang telah ditentukan dan tidak menerima pemodal dari luar secara sembarangan. Domestik. Dengan begitu otomatis orang itu akan akan memilik kekuasaan tunggal. . Umumnya jenis PT ini adalah PT keluarga atau kerabat atau saham yang di kertasnya sudah tertulis nama pemilik saham yang tidak mudah untuk dipindahtangankan ke orang atau pihak lain. Perseroan Terbatas / PT Asing PT asing adalah PT yang didirikan di negara lain dengan aturan dan hukum yang berlaku di negara tempat PT itu didirikan. Pada umumnya saham PT terbuka kepemilikannya atas unjuk. yaitu mengusai wewenang diektur dan juga RUPS / rapat umum pemegang saham. Perseroan Terbatas / PT Terbuka PT terbuka adalah jenis PT di mana saham-saham perusahaan tersebut boleh dibeli dan dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali sehingga sangat mudah untuk diperjual belikan ke masyarakat. 5. Perseroan Terbatas / PT Perseorangan PT perseorangan adalah PT yang saham yang telah dikeluarkan hanya dimiliki oleh satu orang saja. Terbuka. bukan atas nama sehingga tak sulit menjual maupun membeli saham PT terbuka tersebut. Perseroan Terbatas / PT Domestik PT domestik adalah PT yang berdiri dan menjalankan kegiatan operasional di dalam negeri sesuai aturan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. 4. Namun pemerintah telah menetapkan bahwa setiap perusahaan atau pemodal asing yang ingin berbisnis dan beroperasi di dalam negri berbentuk PT yang taat dan tunduk terhadap aturan dan hukum yang ada di Indonesia. 2. Orang yang menguasai saham tersebut juga bertindak atau menjabat sebagai direktur di perusahaan tersebut. Perseorangan dan Publik 1. 3.

6.Orang yang membeli saham disebut pemegang saham .Tujuan membeli saham : menjadi bagian pemilik suatu perusahaan. . untuk mendapatkan dividen dan bisa juga untuk spekulasi agar mendapat capital selisih harga beli dengan harga jual. ---Tambahan : . Perseroan Terbatas / PT Umum / PT Publik PT Publik adalah PT yang kepemilikan saham bebas oleh siapa saja dan juga terdaftar di bursa efek.

Persekutuan Komanditer / CV Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap adalah suatu bentuk badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Tanggung jawab yang tidak terbatas 2. 2. Memiliki kesempatan untuk berkembang lebih besar Kekurangan 1. Sekutu Komanditer atau sekutu pasif Orang yang tidak ikut mengurus persekutuan tapi mempercayakan uangnya dalam persekutuan. Dapat mengumpulkan modal lebih banyak 3. Pendirian relatif mudah 2. Jenis Persekutuan 1. sulit untuk menarik modal yang telah disetor . Akibat perubahan Anggaran Dasar dimana perubahan tersebut mempengaruhi kepentingan pihak ketiga terhadap CV Kelebihan 1. Kelangsungan hidup yang tidak terjamin/tidak menentu 3. Sebelum jangka waktu yang ditetapkan akibat pengunduran diri atau pemberhentian sekutu 3. Berakhirnya CV (Padal 31 KUHD) 1. Lebih mudah memperoleh kredit pinjaman 4. Tanggung jawabnya terbatas pada jumlah kekayaan yang diikutsertakan saja. Para anggota persekutuan menyerahkan uangnya sebagai modal perseroan dengan jumlah yang tidak perlu sama sebagai tanda keikutsertaan. Sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar (Akta Pendirian) 2. Sekutu Komplementer atau sekutu aktif Orang yang bersedia memimpin pengaturan perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya (UU pasal 18 KUHD).

Terhadap Perusahaan Perseorangan Terbatas . suatu Perusahaan Persekutuan (Firma) hanya memerlukan izin dari aparat pemerintahan.hubungan antar sekutu mudah retak. . 3.perjanjian persekutuan sulit untuk dirumuskan. menurut Pasal 1618 kuh-perdat "suatu perjanjian persetujuan dengan mana dua orang atau lebih mengikatkan diri untuk memasukkan sesuatu dalam persekutuan dengan maksud untuk membagi keuntungan yang terjadi karenanya" Keuntungan Perusahaan Persekutuan (Firma) Terhadap Perusahaan perseorangan 1. karena setiap sekutu lama keluar atau ada sekutu baru masuk dalam Firma maka Firma tersebut harus membuat perjanjian Firma yang baru.menghimpun keahlian dari masing-masing sekutu. 2. Jika dua orang atau lebih memutuskan untuk bekerja sama.kewajiban bersama dan kewajiban tak terbatas dapat menimbulkan kewajiban pribadi.Perusahaan Persekutuan (Firma) Membentuk suatu Perusahaan Persekutuan (Firma) tidaklah sulit. maka otomatis telah membentuk persekutuan (Firma).dapat menghimpun modal yang lebih besar karena bersama-sama. pajak dikenakan terhadap masing-masing sekutu secara pribadi. 2.tidak ada pajak yang dikenakan terhadap persekutuan. 1+1>2 maksudnya jika sekutu-sekutu bekerja bersama maka hasil yang didapat secara keseluruhan lebih besar dibanding hasil masing-masing sekutu digabungkan. 3.dalam persekutuan yang baik. Kerugian Perusahaan Persekutuan (Firma) 1.

tidak mengatur bagiamana seandainya terjadi kerugian.PERSEKUTUAN PERDATA Persekutuan Perdata diartikan sebagai: Perjanjian antara dua orang atau lebih yang saling mengikatkan dirinya untuk memasukkan sesuatu ke dalam persekutuan dengan maksud untuk membagi keuntungan (manfaat) yang terjadi karenanya (pasal 1618 KUHPerdata). walaupun hal tersebut telah disepakati mereka. Unsur Persekutuan Perdata: 1. 2. PP merupakan perjanjian (kontrak) 2. akan tetapi dapat berupa barang. Tidak melalui pengangkatan: semua sekutu. dimana telah terdapat akta dahulu baru pengangkatan sekutu mandater. Pengecualian bagi sekutu mandater yang diangkat dengan surat kuasa. jika tidak maka batal demi hukum.Dalam persekutuan perdata harus ada pembagian keuntungan. Unsurnya haru membagi keuntungan. Pemasukan (inbreng) Pasal 1619 KUHPerdata 1. Tenaga/kerajinan Pengurusan 1. Cara mendirikan Konsensual (pasal 1624 KUHPerdata) Akte Notaris: dimaksudkan untuk menghindari dari persengketaan atau perselisihan di kemudian hari mengenai tanggung jawab. Tujuan untuk membagi keuntungan Persekutuan Perdata merupakan suatu perjanjian yang konsekuensinya dalam persekutuan perdata modalnya tidak selalu uang. Uang 2. Kewenangan mewakili sekutu (hubungan dengan pihak ketiga) . kerajinan atau keterampilan. Laba/rugi Hanya diperjanjikan masalah keuntungan saja. Barang 3. Prestasi para pihak dengan memasukkan sesuatu ke dalam persekutuan 3. Dalam persekutuan perdata tidak boleh ada perjanjian yang keuntungannya untuk 1 orang. Pengangkatan: disebutkan dalam anggaran dasar sehingga mempunyai kewenangan yang mutlak dalam pengurusan persekutuan. pembagian hal dan kewajiban masing-masing pihak.

Tanggung jawab Tidak terbatas.Apabila salah seorang sekutu melakukan perbuatan hukum dengan pihak ketiga yang mewakili sekutunya maka akan mengikat 1 sekutu saja. . Apabila lebih dari 2 orang sekutu mengikatkan dengan pihak ketiga yang mewakili sekutuny. maka akan mengikat seluruh sekutu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful