P. 1
Membuat Efek Pelangi_noPW

Membuat Efek Pelangi_noPW

4.5

|Views: 681|Likes:
Published by Rahmad Mukti Wijaya
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat efek pelangi pada foto dengan menggunakan Adobe Photoshop
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat efek pelangi pada foto dengan menggunakan Adobe Photoshop

More info:

Published by: Rahmad Mukti Wijaya on Jul 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

Membuat efek pelangi pada foto t da

Photoshop Tutorial
E-books from Rahmad Site http://www.rahmad.netne.net

rial by : Rahmad M. Tutor d

Efek pelangi pada foto merupakan sebuah efek yang sebelumnya foto berwarna normal kita ubah warnanya menjadi berwarna pelangi.Efek ini bisa kita gunakan saat kita mendesain sebuah poster,dengan tambahan efek ini poster yang kita buat akan tampil menarik dari sisi desain,namun ingat anda harus memadukan warna yang tepat agar efek ini tampil dengan sangat baik di poster yang anda buat.Bagaimana apakah anda siap untuk memulai praktek kali ini?Tanpa basa-basi mari kita mulai saja. 1. Buka aplikasi Adobe Photoshop CS yang ada di komputer anda.Buka hingga tampilannya seperti ini.

2. Kemudian buka file foto atau gambar yang hendak kita edit.Usahakan foto yang hendak kita edit memiliki background putih,sehingga efek ini tampak dominan berwarna pelangi.Apabila anda ingin mengedit foto atau gambar yang memiliki backgroun full color,silahkan anda hapus backgroundnya terlebih dahulu.Buka file foto dengan mengakses menu File>Open lalu pilih file foto kemudian click tombol Open.Lakukan hingga tampilan Adobe Photoshop anda seperti ini.

3. Kemudian lihat Layer Pane,kemudian pada click kanan dimana terdapat preview gambar yang akan anda edit.Clik kanan>Duplicate Layer, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Setelah anda meng-click Duplicate Layer,maka akan tampil jendela baru sebagai berikut.

Pada kolom As isikan dengan nama layer yang ingin anda gunakan.Pada contoh ini saya menggunakan nama Duplikat sebagai nama layer barunya.Silahkan anda berikan nama sesuai dengan keinginan anda,ini tidak akan berpengaruh terhadap hasil akhir.Kemudian click OK. 4. Maka akan tercipta sebuah layer baru bernama Duplikat(nama layer yang saya gunakan),maka tampilannya sebagai berikut.

5. Kemudian aktifkan tool Gradient Tool (

),lihat gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas,terdapat tanda persegi merah nah itulah yang saya maksudkan sebagai Gradient Tool dengan icon tool seperti ini .Kemudian click

untuk memilih warna.Pilih warna pelangi sesuai tanda merah gambar diatas. 6. Jika anda telah memilih warna pelangi seperti pada step 6 diatas,kemudian letakkan kursor diatas foto yang hendak kita edit.Kemudian click kiri dan tahan dari arah pojok kana atas ke arah pojok kiri bawah foto.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Arahkan mouse seperti arah salah satu anak panah gambar diatas.Silahkan anda memilih dari arah bawah maupun dari arah atas.Jika sudah maka warna pelangi akan memblock seluruh permukaan foto seperti gambar diatas. 7. Kemudian lihat menuju Layer Pane,kemudian click kanan pada layer kemudian pilih opsi Blending Option.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

8. Setelah anda meng-click Blending Option maka akan mucul jendela baru sebagai berikut.

Kemudian cari bagian Blend Mode(Dimana pada gambar diatas saya tandai dengan persegi merah) kemudian ubah Blend Modenya menjadi Color.Jika sudah hasilnya akan seperti berikut.

Kemudian Save(CTRL+S),berikut hasil akhirnya! Bagaimana?Cukup menarik bukan?Tidak terlalu sulit untuk membuatnya cukup hanya memerlukan beberapa langkah untuk membuat efek seperti ini.Efek ini dapat anda kreasikan dengan efek yang lain sehingga hasil karya anda lebih kreatif.Cukup sekian tutorial saya,semoga bermanfaat!Terima kasih!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->