Muhammad Iqbal 1006709494 Tugas Analisis Jurnal Asing Mengenai Profesi Hukum Mata Kuliah Etika dan Tanggung

Jawab Profesi Hukum

Permasalahan Etika di Dalam Bidang Hukum: Dari Sudut Pandang Luar Dalam

Artikel ini membahas mengenai masalah masalah etika yang terkait dengan profesi di bidang hukum dan efektivitas tindakan/ perilaku partner dan kode etik dalam menurunkan masalah masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini membongkar bahwa masalah etika yang paling sering muncul terkait dengan ketidak jujuran dari sisi klien dan konflik kepentingan dari sisi pengacara.

Dalam artikel ini, profesi hukum terus dihujani oleh banyak kritik mengenai kegiatan nyata atau bayangan yang dilakukan oleh para pengacara. Menurut American Bar Association, etika dan profesi hukum telah meluas dan menyadari bahwa sebagian besar profesi di bidang hukum tidak kompeten. Konflik mengenai etika di dalam suatu firma hukum sering terjadi, misalnya bawahan di firma hukum belajar bahwa kode etik di dalam American Bar Association terjadi ketika mitra dalam perusahaan menerima suap dari seseorang yang dapat menyebabkan dirugikannya klien dan kepentingan klien, perusahaan, mitra dan masyarakat dan diri sendiri yang mungkin akan bertentangan dengan firma tersebut.

American Bar Association berpendapat bahwa pengacara tampaknya memliki pengetahuan tentang penggunaan khusus kode etik bagi mereka sendiri. Upaya yang dilakukan oleh American Bar Association tentang penanggulangan kode etik profesi di bidang hukum hanya untuk memulihkan kepercayaan public terhadap profesi hukum itu sendiri.

1

kode etik profesi hukum dapat dirancang sebagian untuk mendorong perilaku dan etika yang ideal. Kode etik dan perilaku dalam profesi merupakan alat kerja yang praktis. permasalahan etika yang paling sering disebutkan dalam jurnal ini adalah konflik kepentingan yang dihadapi oleh para pengacara. penyelesaian masalah klien dan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa seorang pengacara. Di dalam perilaku dan bertindaknya. aturan ini membahas isu isu etis yang paling menonjol untuk diperhatikan. tetapi pada dasarnya kode tersebut dimaksudkan untuk dapat diberlakukan. Sebagian besar masyarakat berpandangan bahwa pengacara yang sukses tidak terlibat dalam perilaku tidak etis yang disimpulkan dalam jurnal ini. 2 . Di dalam jurnal ini dapat ditarik kesimpulan yaitu. pengacara di bekali model aturan perilaku yang membantunya bekerja dan berkaitan dengan kegiatan kegiatan di dalam bidang hukum.Menurut Carey dan Doherty.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful