e – Learning

 

Farida Agustina

A. Pengambilan Zat – Zat oleh Tumbuhan dari Lingkungan
Pernahkah anda memikirkan bagaimana caranya udara dan air masuk ke dalam tubuh tumbuhan? Semua sel tumbuhan dikelilingi oleh selaput atau membran. Membran sel tidak dapat dilalui oleh semua zat. Membran sel berfungsi seperti tirai kasa di jendela rumahmu yang dapat dilalui udara tetapi tidak dapat dilalui benda-benda yang besar seperti serangga atau kerikil bahkan nyamuk. Bagaimana zat-zat tertentu dapat melalui membran sel? Sel-sel tumbuhan dapat dilewati air, zat-zat makanan yang terlarut, oksigen dan karbondioksida baik ke dalam atau ke luar sel. Untuk melaksanakan fotosintesis, tumbuhan memerlukan karbon dioksida dan air. Tumbuhan juga memerlukan oksigen untuk bernapas. Tumbuhan mengambil karbon dioksida dan oksigen dari udara serta air dan unsur-unsur dari dalam tanah dengan cara difusi, osmosis, dan transpor aktif.
o

Difusi

Difusi merupakan perpindahan partikel zat dari larutan berkonsentrasi tinggi ke larutan berkonsentrasi rendah. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar, lambat laun cairan teh menjadi manis. Perhatikan Gambar 2.

Gambar 2 Proses Difusi (Sumber: http://tutorvista.com) Gambar di atas menunjukkan perpindahan konsentrasi larutan yang lebih tinggi ke konsentrasi larutan yang lebih rendah sampai terjadi keseimbangan dinamis. Peristiwa difusi pada tumbuhan sangat penting untuk keseimbangan hidup tumbuhan. Karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) diambil oleh tumbuhan dari udara melalui proses difusi. Pengambilan air dan garam mineral oleh tumbuhan dari dalam tanah, salah satunya melalui proses difusi. Difusi zat dari dalam tanah ke dalam tubuh

air dari luar akan masuk ke dalam sel sehingga sel membengkak. air akan berpindah dari B (larutan yang konsentrasi airnya tinggi) menuju A (larutan yang konsentrasi airnya rendah) melalui membran semi permeabel sehingga diperoleh hasil larutan isotonis. jika sel tumbuhan berada dalam larutan hipertonis (konsentrasi larutan lebih tinggi daripada cairan sel). Sebaliknya. yaitu konsentrasi air sama untuk dua larutan antara A dan B. Lihat Gambar 4. walaupun hasil akhirnya nanti volume antara A dan B berbeda. sehingga terjadi plasmolisis.blogspot. o Osmosis Osmosis adalah difusi pelarut melalui membran. . Sebaliknya.tumbuhan disebabkan konsentrasi garam mineral di tanah lebih tinggi daripada di dalam sel. Jika sel dimasukkan ke dalam larutan isotonis. Protoplasma yang kekurangan air menenyusut volumenya mengakibatkan membran sel terlepas dari dinding sel. Keadaan di atas terjadi juga pada peristiwa osmosis pada penyerapan air tanah ke dalam sel akar.com) ‘ Pada gambar diatas. Demikian juga gas CO2 di udara masuk ke dalam tubuh tumbuhan karena konsentrasi CO2 di udara lebih tinggi daripada di dalam sel tumbuhan. bentuk sel tetap karena keadaan seimbang. perhatikan Gambar 3. Gambar 3 Proses Osmosis (Sumber: http://rinaagustinapanjaitan. Akan tetapi. O2 dapat berdifusi keluar tubuh tumbuhan jika konsentrasi O2 dalam tubuh tumbuhan lebih tinggi akibat adanya fotosintesis dalam sel. air dalam plasma sel akan berosmosis keluar sehingga sel mengerut/menyusut. Untuk memahami tentang osmosis. jika sel berada dalam larutan hipotonis (konsentrasi larutan lebih rendah daripada cairan sel).

Akan tetapi.Gambar 4 Sel tumbuhan dalam larutan hipertonis. misalnya ion K+. keadaan ini menghambat pengambilan mineral dari luar ke dalam sel melalui difusi. diperlukan transpor aktif yang melibatkan energi dari ATP agar ion-ion dapat masuk ke dalam sel. Untuk mengatasi hal tersebut.2005) o Transpor aktif Pada sel-sel akar tumbuhan terdapat penumpukan mineral. atau potensial air di luar sel lebih tinggi dibandingkan dengan potensial air di dalam sel. isotonis dan hipotonis (Sumber: Campbell. konsentrasi mineral di dalam sel lebih tinggi daripada di luar sel.Lihat Gambar 5. Na+ dan CL . Transpor aktif merupakan transpor partikel-partikel melalui membran semipermeabel yang bergerak melawan gradien konsentrasi yang memerlukan energi dalam bentuk ATP. . Oleh karena itu. ATP adalah molekul pembawa energi di dalam sel. Artinya. Transpor aktif berjalan dari larutan yang memiliki konsentrasi rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi tinggi. et all. osmosis dari luar sel ke dalam sel tetap berlangsung untuk mencegah plasmolisis. Adanya muatan listrik di dalam dan luar sel dapat mempengaruhi proses ini. sehingga dapat tercapai keseimbangan di dalam sel. terutama karena membran sel memiliki permeabilitas yang sangat rendah.

Gambar 5 Mekanisme Transpor Aktif (Sumber: http://makelifes. bagaimana hal ini berkaitan dengan cara tumbuhan memperoleh nutrisi? ‘ Judul : Osmosis pada Kentang .blogspot.com) Tumbuhan umumnya hidup menetap dengan menancapkan akarnya ke tanah. Menurutmu.

8. 7. Apa yang dapat anda simpulkan dari pencobaan yang telah anda lakukan? .kentang pppppppp’. Aduk dengan baik hingga larutan garam larut. 10. dan amati lagi kekerasannya. Lanjutkan pengamatan hingga 30 menit. Buat larutan garam dengan cara menambahkan 2 sendok teh garam dalam 250 ml air. dan cawan petri kedua (B) diisi dengan air. Keterangan: Tingkat kekerasan ditunjukkan dengan tanda +.Tujuan : Mengamati peristiwa osmosis yang terjadi pada tanaman kentang Bahan ” : . Tekanlah dengan jarimu dan rasakan kekerasan potongan kentang tersebut! Catatlah hasil pengamatan anda pada tabel! 6. potongan kentang dari cawan petri mana yang lebih keras? 12. Isi cawan petri pertama (A) dengan larutan garam hingga ¾ tinggi petri. 9.pisau pppppppp. Pertanyaan 11. Setelah direndam selama 30 menit. Masukkan masing-masing 4 iris kentang ke dalam cawan petri A dan dalam cawan petri B. Tuliskan hasil pengamatan anda pada tabel berikut ini.2 cawan petri – gelas kimia – penggaris – garam halus pppppppp. Potonglah kentang menjadi bentuk kotak-kotak berukuran 4 x 3 x 0. Jelaskan apa yang menyebabkan perbedaan kekerasan potongan kentang pada cawan petri A dan cawan petri B! 13. 5.5 cm3 sebanyak 8 potong.air Alat ” : . semakin keras bahan maka tanda + yang diberikan semakin banyak.sendok teh Langkah kerja: 4. Biarkan selama 15 menit kemudian amati tingkat kekerasannya.

valid Drs. Respirasi Tumbuhan Daftar Pustaka Glosarium Peta Konsep Rangkuman Soal Soal © Copyright e – Learning 2011 | Powered by SAFANA Websites designed by Putut Sadewa & Farida Agustina.org Back to top A. Pengambilan Zat – Zat oleh Tumbuhan dari Lingkungan B. Fotosintesis C. Fotosintesis C.Comments are closed. Krispinus Kedati Pukan. . Search e-Learning Pages         A. Pengambilan Zat – Zat oleh Tumbuhan dari Lingkungan B. Respirasi Tumbuhan Rangkuman Peta Konsep Glosarium Daftar Pustaka Soal Soal Calendar August 2011 M T W T F S S « Apr 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 User Login               Register Log in Entries RSS Comments RSS WordPress.

Si & Noor Aini Habibah. .Si. Dra. Retno Sri Iswari.M.Si .U. Dra. Lina Herlina. . M. S. M.Si. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful