HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI

)

Benda Benda adalah tiap-tiap barang dan tiap-tiap hak yang dapat dikuasai oleh hak milik. Pengertian benda tersebut dikemukakan pada pasal 499 KUH Perdata. Prof. Mahadi menawarkan rumusan lain dari pasal ini dapat diturunkan kalimat sebagai berikut: “yang menjadi dapat menjadi obyek hak milik adalah benda dan benda itu terdiri dari barang dan hak.” Selanjutnya sebagimana diterangkan oleh Prof. Mahadi barang yang dimaksudkan oleh pasal 499 KUH Perdata tersebut adalah benda materil, sedangkan hak adalah benda immateril. uraian ini sejalan dengan klasifikasi benda menurut pasal 503 KUH Perdata, yaitu penggolongan benda ke dalam kelompok benda berwujud dan benda tidak berwujud. Irama lagu merupakan salah satu contoh dari benda yang bersifat immateril, hal ini dikarenakan irama lagu tercipta karena hasil penalaran manusia melalui proses berpikir menggunakan otak. Berbeda misalnya dengan hasil kerja fisik yaitu petani mencangkul, menanam, menghasilkan buah-buahan. Buah-buahan tersebut adalah hak milik materil atau benda berwujud. benda immateril atau benda tidak berwujud yang berupa hak itu dapatlah dicontohkan seperti hak tagih, hak atas bunga uang, hak sewa, hak guna bengunan, hak guna usaha, hak atas benda berupa jaminan, hak atas kekayaan intektual., dan lain sebagainya. Menirut Pitlo yang dikutip oleh prof. Mahadi mengemukakan, serupa dengan hak tagih, hak immateril itu tidak mempunyai benda (berwujud) sebagai objeknya. Hak milik immateril termasuk ke dalam hakhak yang disebut pasal 499 KUH Perdata. Oleh karena itu hak milik immateril itu sendiri dapat menjadi objek dari suatu hak benda. Selanjutnya dikatakan pula bahwa, hak benda adalah hak absolut atas sesuatu benda berwujud, tetapi ada hak absolut yang objeknya bukan benda berwujud, itulah yang disebut dengan hak atas kekayaan intelektual.

Hak Kekayaan Intelektual Hak kekayaan intelektual itu adalah hak kebendaan, hak atas sesuatu benda yang bersumber dari hasil kerja otak (peranannya sebagai pusat pengaturan segala kegiatan fisik dan psikologis), hasil kerja rasio. Hasil dari pekerjaan rasio manusia yang menalar, hasilkerjaanya itu

mampu berpikir secara rasional dengan menggunakan logika (metode berpikir. mampu menggunakan rasio. 7 Tahun 1994 tentang Pengesahan Agreement Establishing the World Trede Organization (Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia). desain produk industri. Hasil kerja otak itu kemudian dirumuskan sebagai intelektualitas. Orang yang tergabung dalam kelompok ini disebut kaum intelektual. 57. ekonomi politik sosial dan budaya dunia internasional. karena ia tidak saja menyangkut hak-hak individu dan badan hukun lainnya yang berada dalam lingkup nasional. Hak cipta merupakan hak eksklusif yang merupakan hasil buah pikiran atau kreasi manusia dibidang seni. tetapi lebih jauh ia menembus dinding-dinding dan batas-batas suatu negara yang untuk selanjutnya lebur dalam hiruk pikuk pergaulan hukum. yang dalam kepustakaan hukum sering disebut dengan istilah hak milik intelektual atau hak atas kekayaan intelektual ( Intellectual Property Rights) yang terdiri dari copy rights (hak cipta) dan industrial property rights (hak kekayaan perindustrian). cabang filsafat). dan perlindungannya juga menembus dinding-dinding nasional. tanggal 2 November 1994. Khusus mengenai hukum benda di sana terdapat pengaturan tentang hak kebendaan. Arti pentingnya perlindungan hak atas kekayaan intelektual ini menjadi lebih dari sekedar keharusan setelah dicapainya kesepakatan GATT (General Agreement of Tariff and Trade) dan setelah konferensi Marakesh pada bulan April 1994 disepakati pula kerangka GATT akan diganti dengan sistem perdagangan yang dikenal dengan WTO ( World Trade Organization) yang ratifikasinya dilakukan oleh pemerintah RI melalui UU No. Orang yang optimal mememrankan kerja otaknya disebut sebagai orang yang terpelajar. sastra. Ruang lingkup perlindungan hak cipta sangat luas. dan ilmu pengetahuan. karena itu hasil pemikirannya disebut rasional atau logis. Hak cipta dalam hal perlindungannya hak atas kekayaan perindustrian yang terdiri dari merek. . Pembahasan terletak pada hak benda immateril.berupa benda immateril (benda yang tidak berwujud). paten. Hak kekayaan intelektual diklasifikasikan termasuk dalam bidang hukum perdata yang merupakan bagian hukum benda. diundangkan dalam LNRI 1994 No. Hak kebendaan itu sendiri terdiri atas hak benda materil dan immateril.

.Bagan Tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual Sumber Referensi: Saidin. PT.. H. M.H. 2007. Aspek Hukum Hek Kekayaan Intelektual (Intellectual PropertyRights). OK. Hum. S. Edisi Revisi 6. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful