1. (Score 15) a. Jelaskan pengertian Pendidikan Kewaganegaraan ! b.

Jelskan bagimana posisi Pendidikan Kewarganegaraan dalam konstelasi UU system Pendidikan Nasionl yang berlaku saat ini ! c. Apa urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan demokarasi di Indonesia saat ini, Jeklaskan!

2. (Score 15) a. Jelaskan Pancasila, sebagai salah satu Identitas Nasional Bangsa Indonesia! b. Jelaskan makna Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi Bangsa dan Negara Indonesia! c. Beri contoh kasus pemaknaan pancasila dalam mengaktualisasikan kehidupan masyarakat, Bangsa dan Negara RI!

3. (Score 15) Sebutkan perbedaan – perbedaaan principal antara Ideologi Pancasila, Komunisme dan Sosialisme, tentang aspek – aspek: a. Politik Hukum b. Ekonomi c. Agama d. Pandangan terhadap individu dan masyaraakat e. Ciri khas f. Contoh Negara yang menerpkan ideology tsb.

4. (Score 15) a. Jelaskan pengertian Identitas Nasional! b. Mengapa nasionalisme memiliki keterkitan dengan identitas nasional, Jelaskan! c. Sebutkan dan jelaskan unsur – unsure pembentuak Nasionalisme pada umumnya!

Sekarang atau hari ini. jarang sekali masuk mengajar. Bali. 4. Siswa adalah Presiden BEM di PT-X b. diperkirakan dalam 1 semester hanya 2-3 kali datang. Sedangkan untuk mahasiswa. 23 Maret – 2 April 2013. adalah Senin. Siswa akan melaksanakan demo atau unjuk rasa terhadap Dosen-Y antara tgl. 3. PT-X mempunyai 10 fakultas yang tiap fakultas mempunyai mahasiswa rata – rata berjumlah 400 orang. cukup baik ( untuk Dosen: gaji atau insentif. 2. bahkan belakangan ini uang – uang: Lab. Kondisi umum : 1. dll. Boleh disimpulkan bahwa Dosen-Y prilakunya negative atau sangat tidak baik. uang Lab. 3. 4 Maret 2013. Pengambilan gaji.5. hak libur. Bangsa Indonesia sedang mengalami krisis multidimensi. tgl. termasuk: disektor pendidikan 2. Perpustakaan. . dll – baik dan diberikan sesuai ketentuan. telah dipinjam atau digunakan untuk kepentingan pribadi. dari Dosen-Y tidak pernah terlambat. tanggal – H ini. Kondisi khusus : 1. Salah satu Dosen (Dosen-Y). Koperasi. yang mahasiswanya sangat peduli dengan perkembangan pendidkan. Perpustakaan. cuti. pembayaran SPP. dll – wajar atau sesuai ketentuan) 5. intensif. atau boleh dikatakan kontribusi “pendidikan” di PT-X sangat sedikit bahkan tiodak ada sama sekali. Koperasi. Salah satu perguruan tinggi (PT-X) di Badung. Kesejahteraan dosen dan mahasiswa. Persoalan a. Saat ini di PT-X terjadi keresahan akibat perilaku negative dari Dosen-Y tsb. Hari – hari lainnya digunakan untuk kepentingan pribadi (main judi dan pergi bersama istri simpanannya). 4. (Score 40) Simulasi a.

Rapat Kordinasi. 9 th. Tanggal. diharapkan “demo” bisa berlangsung efektif dan berhasil. Ruang Perpustakaan PT-X oleh beberapa mahasiswa. terjadi anarki antara lain pengrusakan atau pembakaran alat peralatan laboratorium. 1998) b. dllnya. Waktu. . Bagaimana tindakan mahasiswa.Buat rencana hal – hal yang harus dilakukan. Sarana prasarana/Logistik. Sewaktu berlangsung “demo”. antara lain memuat: Dukungan administrasi. Tempat atau Lokasi. dan berikan alasannya. Personal yang terlibat. Dan berikan alasannya ( kaitkan dengan UU RI No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful