BAB III METODA PENELITIAN 3.

1 Desain Penelitian Penelitian ini merupakan deskriftif observasional yang dilakukan dengan design berupa menguraikan kasus. Yaitu untuk mendeskripsikan kadar hemoglobin penderita malaria. 3.2 Tempat dan Waktu Penelitian 3.2.1 Tempat Penelitian Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif Kuala Tungkal. 3.2.2 Waktu Penelitian Penelitian ini akan dilakukan Desember 2011. 3.3 Populasi dan Sampel 3.3.1 Populasi Populasi yang di teliti yakni seluruh kasus yang didiagnosis malaria di Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif Kuala Tungkal. 3.3.2 Sampel Sampel diambil adalah seluruh kasus yang didiagnosis malaria di Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif Kuala Tungkal selama periode Januari-Desember 2010 yang sesuai dengan kriteria inklusi, dikarenakan Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif merupakan rujukan dari kasus malaria di kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 3.3.3 Kriteria Inklusi Kriteria inklusi pada penelitian ini yaitu pasien yang didiagnosis malaria di Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif Kuala Tungkal. 3.3.4 Kriteria Eksklusi Kriteria eksklusi dari penelitian ini yaitu: • Malaria dengan data yang tidak lengkap.

29

31 Desember 2010. < ≥ 12 3.5 Pengumpulan Data Data dikumpulkan dengan cara menggunakan check list terhadap seluruh kasus malaria di Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif Kuala Tungkal pada periode 1 Januari . ≥ 12 b. Dalam kota 2. Laki-laki 2.6 Instrument Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembaran Check List.3. 6-14 tahun 12 Sumber Rekam medis Rekam medis Rekam medis Rekam medis 3. Anak-anak a. Perempuan a. ditentukan dan dipisahkan yang termasuk kriteria inklusi dan eklusi.data yang termasuk kriteria inklusi yang akan diteliti. 3. Selanjutnya data . Anak-anak 2. Laki-laki a.7 Rencana Analisis Analisis deskriftif bertujuan untuk mengetahui gambaran-gambaran nilai hemoglobin pada penderita malaria di Rumah Sakit Umum Daerah Daud Arif Kuala Tungkal pada periode 1 Januari .4 Variabel Penelitian Variable yang diukur Jenis kelamin Alamat Umur Nilai Hemoglobin Hasil Ukur 1. < 13 2.31 Desember 2010. 30 . 6 bulan-6tahun 11 b. 3. ≥ 13 b. kemudian data yang telah didapatkan. Perempuan 1. Luar kota 1. Dewasa 1.

6-14 tahun 1. Laki-laki 2. selanjutnya diteliti ulang dan diperiksa ketepatan atau kesesuaian jawaban serta kelengkapanya dengan langkah-langkah sebagai berikut.8 Defenisi Operasional a.3. Infeksi malaria memberikan gejala berupa demam. Editing Langkah ini dimaksudkan untuk melakukan kegiatan pengecekan terhadap kelengkapan data. Wanita hamil Hb (gr/lOOml) 11 12 13 12 11 3. kesinambungan data dan keseragaman data. Dengan melalui fungsi ini maka oksigen dibawa dari paru-paru ke jaringan-jaringan. 31 pengkodean data untuk memudahkan dalam . Wanita 3. Hemoglobin adalah protein yang kaya akan zat besi. Coding Melakukan pengolahanya. menggigil. c. Entry data Memasukkan data yang telah dilakukan coding ke dalam program komputer. Malaria adalah suatu penyakit infeksi parasit yang disebabkan oleh Plasmodium yang menyerang eritrosit dan ditandai dengan ditemukannya bentuk aseksual didalam darah. b. a. anemia dan splenomegali.15 b. Memiliki afinitas (daya gabung) terhadap oksigen dan dengan oksigen itu membentuk oxihemoglobin di dalam sel darah merah.9 Pengolahan Data Data yang telah diperoleh dari proses pengumpulan data. c. Batas Normal Kadar Hemoglobin Setiap kelompok Umur Kelompok Anak Dewasa Umur 1. 6 bulan sampai 6 tahun 2.

3.d.11 Jadwal Penelitian No 1 2 3 4 5 Kegiatan Persiapan proposal Seminar proposal Pengambilan data Analisis data dan pembahasan Seminar hasil penelitian Waktu Mei-Oktober 2011 Desember 2011 Desember 2011 Januari 2012 Februari 2012 32 . 3) Mengubah jenis data sesuai dengan teknik analisis yang akan digunakan. Langkah-langkah dalam tabulasi antara lain: 1) Memberi skor item yang perlu diberi skor. Tabulasi Mengelompokkan data ke dalam suatu data tertentu menurut sifat yang dimiliki sesuai dengan tujuan penelitian. 2) Memberi kode terhadap item-item yang tidak diberi skor. 3.10 Penyajian Data Hasil pengolahan data akan disajikan dalam bentuk deskriftif naratif dan juga di tabulasikan dan di sajikan dalam bentuk tabel.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.