MANAJEMEN JASA KARTU KREDIT (BANK CARD

)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INABA BANDUNG

3. setiap transaksi dilakukan melalui pertukaran (barter) baik antara barang dengan barang. Saat ini untuk melakukan transaksi dapat digunakan berbagai sarana pembayaran mulai yang tradisional sampai dengan yang modern. barang dengan jasa atau jasa dengan jasa Dengan bantuan Teknologi Informasi. . Sebelum dikenal uang sebagai alat pembayaran. 2.PENDAHULUAN 1. untuk melakukan transaksi pembayaran dapat digunakan kartu plastik yang dikenal dengan kartu kredit yang mampu menggantikan fungsi uang sebagai alat pembayaran.

Kartu kredit dapat mengambil uang tunai di berbagai tempat seperti bank atau ATM yang tersebar diberbagai tempat . hotel. restoran dan tempat lainnya. Kartu kredit merupakan kartu plastik yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang diberikan kepada nasabah untuk dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dan pengambilan uang tunai Kartu kredit dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di tempat-tempat tertentu dimana bank penerbit menlakukan perjanjian seperti super market. 3.Pengertian 1. 2.

Masing-masing pihak satu sama lain terikat perjanjian.Pihak Yang Terlibat Transaksi dengan menggunakan kartu kredit melibatkan berbagai pihak yang saling berkepentingan. Pedagang (Merchan). Supermarket. sebagai mitra bank tempat belanja pemegang kartu. Pihak Yang terlibat 1. fungsinya adalah sebagai penerbit dan/atau pembayar kartu kredit yang ditagihkan oleh Merchan (pedagang) 2. (Hotel. Bank atau Lembaga Pembiayaan. Pemegang Kartu (Cardholder) yaitu nasabah yang namanya tertera dalam kartu kredit dan pihak yang berhak menggunakan kartu kredit . Toko dll) 3.

menyetujui/menolak permohonan Jika disetujui. 3. 5. 7. Bank melakukan analisis. 6. 2. Nasabah mengajukan permohonan dan mengisi formulir dengan lengkap dan benar.Prosedur Permohonan dan Sistem Kerja Kartu 1. 4. bank menerbitkan kartu kredit dan diserahkan kepada nasabah Nasabah bisa mempergunakan kartu merchan tertentu yang ada perjanjian dengan bank Merchan akan menagih kepada bank dan bank membayar tagihannya Bank menagihkan kepada nasbah berdasrkan bukti Pemegang kartu/nasabah membayar kepada bank (pokok dan bunga) .

pemegang kartu kredit harus melunasi semua tagihan atas transaksinya sekaligus saat jatuh tempo Cash Card. adalah suatu sistem dimana pemegang kartu dapat melunai penagihan yang trjadi atas dirinya secara angsuran dengan minimal pembayaran tertentu Debit Card. pembayaran atas penagihan nasabah melalui pendebetan atas rekening yang ada di bank dimana pada saat membuka kartu. Charge Card.Jenis-jenis Bank Card     Credit Card. kartu sebagai alat penarikan tunai pada ATM atau langsung pada Teller .

Master Card. merupakan kartu kredit yang dapat digunakan di brbagai negara trgantung dari bank yang mengeluarkannya (contohnya Visa Card. Dinner card atau American Card) .Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah  Kredit lokal. kartu kredit yang hanya berlaku dalam suatu wilayah tertentu  Kartu Kredit Internasional.

kemudahan memperoleh uang tunai dan menghindari risiko  Bagi Merchan. memperoleh iuran tahunan. memenuhi kebutuhan nasabah  Bagi Nasabah. meningkatkan omzet penjualan dan pelayanan kepada pelanggan . bunga .Keuntungan Bank Card  Bagi Bank. kemudahan berbelanja.

menjamin keamanannya dan mengambil uang lebih dari satu kali per hari . melayani 24 jam. telepon dll  Kemudahan lainnya adalah lokasi ATM tersebar ditempat strategis dan mudah pengoperasiannya.Automated Teller Machine (ATM) Pelayanan yang dapat diberikan oleh ATM  Menarik uang tunai  Melihat saldo rekening  Melakukan transfer uang  Memesan buku cek/bg  Melakukan pembayaran listrik.

Sistem Kerja Bank Card Pemegang Kartu (Cardholder) Pedagang Merchan Bank / Pers. Pembiayaan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful