LAPORAN MINGGUAN KEGIATAN MAGANG KERJA PT.

Perkebunan Nusantara XII Perkebunan Teh Wonosari DesaToyomarto, KecamatanSingosari, Kabupaten Malang, JawaTimur

Oleh: NOVI PUTRI NIAN SIANTURI 105040101111001

UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS PERTANIAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS JURUSAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN MALANG 2013

00 4 Jam Pabrik Teh Wonosari Prosesing Teh Mengikuti kegiatan pengolahan teh hitam CTC yang meliputi kegiatan pengayakan.dan sortasi. Senin 26 Agustus 2013 13. fermentasi. JAWA TIMUR PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA Jam Kerja Jumlah Jam Kerja Pendamping Lapang No Hari Tanggal Tempat Kegiatan  Keterangan Kegiatan penerimaan pucuk dari afdeling wonosari. Bapak Suprapto .00 – 20.00 – 17.00 – 12. Kegiatan pelayuan pucuk teh untuk mengurangi kadar air pucuk teh hingga 30%. Melakukan kegiatan analisis pucuk untuk mengetahui tua mudanya pucuk dan menentukan upah pekerja borongan.00 3 Jam Rumah Dinas Istirahat - -  20. pengeringan. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN TEH WONOSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN MALANG.00 2 Jam Pabrik Teh Wonosari Penerimaan Pucuk  Bapak Asmaji  12.00 4 Jam Pabrik Teh Pelayuan Wonosari Pucuk Bapak Asmaji 17.00 – 13. Penimbangan dan pencatatan berat pucuk the yang diterima oleh pabrik. 10.00 1 Jam Pabrik Teh Analisis Pucuk Wonosari MbaWiwik  1.00 – 24.LOG BOOK HARIAN PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG KERJA DI PT. penggilingan CTC.

Melakukan kegiatan analisis pucuk untuk mengetahui tua mudanya pucuk dan menentukan upah pekerja borongan. Kegiatan pelayuan pucuk teh untuk mengurangi kadar air pucuk teh hingga 30%.00 – 12. Selasa 27 Agustus 2013 13.00 1 Jam Pabrik Teh Analisis Pucuk Wonosari  2.00 3. Kegiatan penerimaan pucuk dari afdeling wonosari.00 – 12. pengeringan. Penimbangan dan pencatatan berat pucuk teh yang diterima oleh pabrik.00 3 Jam Rumah Dinas Istirahat - -  20. fermentasi.00 – 17. Penimbangan dan pencatatan berat pucuk teh Bapak Suprapto Bapak Asmaji .00 4 Jam Pabrik Teh Pelayuan Wonosari Pucuk Kegiatan penerimaan pucuk dari afdeling wonosari. Rabu 2 Jam Pabrik Teh Penerimaan Wonosari Pucuk  Mengikuti kegiatan pengolahan teh hitam CTC yang meliputi kegiatan pengayakan. penggilingan CTC.00 – 20.00 2 Jam Pabrik Teh Wonosari Penerimaan Pucuk   12.00 – 13. 10. Bapak Asmaji Bapak Asmaji Mbak Wiwik 17.00 – 24.00 4 Jam Pabrik Teh Wonosari Prosesing Teh  28 Agustus 2013 10.dan sortasi.

00 – 13.00 3 Jam Rumah Dinas Istirahat -  20.00 Rapat Pembahasan RKAP Tahunan 2 Jam Aula Cacao Membahas rancangan kerja anggaran perusahaan PTPN XII dan mengevaluasi produktivitas perusahaan. penggilingan CTC.yang diterima oleh pabrik.dan Bapak Misnan . Bapak Asmaji Mbak Wiwik 17.00 4 Jam Proses Pabrik Teh Pelayuan Wonosari Pucuk.00 – 20.00 – 10.  12. Bapak Gandi 4. Jumat 30 Agustus 2013 05. Kegiatan pelayuan pucuk teh untuk mengurangi kadar air pucuk teh hingga 30%.00 1 Jam Pabrik Teh Analisis Pucuk Wonosari  13. Melakukan kegiatan analisis pucuk untuk mengetahui tua mudanya pucuk dan menentukan upah pekerja borongan. pengeringan. Kamis 29 Agustus 2013 LIBUR  5. fermentasi.00 – 17.00 – 22.00 5 Jam Pabrik Teh Prosesing Teh Wonosari Mengikuti kegiatan pengolahan teh hitam CTC yang meliputi kegiatan pengayakan.

Melakukan kegiatan analisis pucuk untuk mengetahui tua mudanya pucuk dan menentukan upah pekerja borongan.00 – 20.dan sortasi.00 – 13. - Bapak Asmaji Mba Wiwik Bapak Asmaji 17.00 – 12.00 3 Jam Rumah Dinas Istirahat  Mengikuti kegiatan pengolahan teh hitam CTC yang meliputi kegiatan pengayakan. fermentasi.  6 Sabtu 31 Agustus 2013 10. pengeringan . Kegiatan pelayuan pucuk teh untuk mengurangi kadar air pucuk teh hingga 30%.00 4 Jam Pabrik Teh Pelayuan Wonosari Pucuk Kegiatan penerimaan pucuk dari afdeling wonosari.00 1 Jam Pabrik Teh Analisis Pucuk Wonosari  13. 20.00 4 Jam Pabrik The Prosesing Teh Wonosari Bapak Suprapto TOTAL 59 jam . Penimbangan dan pencatatan berat pucuk the yang diterima oleh pabrik.sortasi.00 2 Jam Pabrik Teh Penerimaan Wonosari Pucuk   12.00 – 24.00 – 17. penggilinga n CTC.

Penjelasan kegiatan magang yang dilaksanakan: 1. Teknis yang dilakukan kami mengambil 250gr sampel dari tiap mandor kemudian di analisa dengan membaginya kedalam 3 katagori yaitu MS (memenuhi syarat).Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui berapa harga pucuk yang telah di petik (upah petik). Kegiatan pertama yang kami kerjakan pada afdeling pabrik yaitu penerimaan pucuk . . Teknis yang dilakukan yaitu setelah pucuk yang diterima di tempatkan pada wetheringtrok yang memiliki kapasitas 600-700 kg kemudian pucuk dirapikan dan didiamkan dengan jangka waktu 4jam untuk selanjutnya di lakukan pembalikan dan di ikuti dengan kegiatan penggilingan atau proses produksi. Teknis yang dilakukan setelah pucuk teh tiap mandor di angkut kemudian diantarkan ke pabrik setelah itu pucuk akan di timbang di pabrik untuk selanjutnya di angkut kedalam pabrik. kami melaksanakan kegiatan magang di minggu ke 3 ini pada afdeling pabrik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air 30%. Setelah mengikuti kegiatan analisis pucuk kami di minta untuk mengawasi dan melihat kegiatan pelayuan pucuk. Setelah pucuk diterima kami diminta untuk mengikuti kegiatan analisis pucuk. Penimbangan bertujuan untuk mengukur massa awal dari teh yang diterima. Penerimaan pucuk merupakan kegiatan paling awal yang di lakukan di afdeling pabrik . Setelah mengikuti kegiatan ini kami beristirahat dirumah dinas untuk mengikuti kegiatan berikutnya.Untuk dapat mengkatagorikannya kami menekan batang dari bawah hingga kebagian yang mudah patah yang menunjukan batang muda. Agustus 2013 Kegiatan di minggu ke 3 dilakukan di afdeling yang berbeda dari minggu sebelumnya.TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan R (rusak atau cacat).Yang tidak memenuhi syarat ialah batang yang tua dan yang rusak daunnya atau bolong dimasukan kedalam katagori rusak.Kegiatan ini dilakukan pada semua mandor selama 2 kali setiap mandornya dalam sehari jam kerja. Tanggal 26.Kegiatan analisis pucuk dilakukan di salah satu ruangan dipabrik.

Pada proses penggilingan CTC daun teh akan digiling menjadi butiran butiran. 2. Selasa.5 .5%. Kegiatan ini merupakan proses penggilingan daun the setelah penggilingan persiapan. Selanjutnya setelah proses fermentasi dilakukan proses pengeringan yang bertujuan untuk proses menurunkan kadar air the menjadi sekitar 2.Pengeringan teh hitam dilakukan dengan menggunakan alatVFBD (Vibro Fluid Bed Dryer ). Proses oksidasi enzimatis tersebut berlangsungdengan sendirinya tanpa adanya penambahan zat-zat lain.27Agustus2013 Kegiatan kami dihari kedua kami masih melakukan kegiatan yang sama seperti yang dilakukan pada hari sebelumnya yaitu kegiatan penerimaan pucuk yang dilakukan sengan penimbangan masa awal pucuk pada saat diterima selanjutnya kami melakukan kegiatan analisis pucuk karena ini kedua kalinya kami melakukan analisis pucuk kemampuan kami sudah lebih baik dari pada hari pertama dalam mengkatagorikan pucuk teh kedalam beberapa bagian. Selain itu proses pengeringan juga bertujuan untuk menghentikan proses oksidasi enzimatis. Selanjutnya dilakukan kegiatan Penggilingan CTC . Selanjutnya kami beristirahat dan mengikuti proses produksi pada shift 1 malam hari dengan proses yang sama seperti proses yang dilakukan pada hari pertama yang terdiri dari pangayakan . penggilingan . sehingga didapatkan kualitas teh yang berbedabeda.3.00pm untuk shift 1. misalnya pasir dan logam yang mungkin ikut dalam pucuk tersebut.Proses pertama dilakukan dengan menggunakan green leaf shfter atau proses pengayakan . .Kemudian dilakukan Oksidasi enzimatis (fermentasi) yang merupakan proses mereaksikan enzim yang ada pada daun teh. sehinggadidapatkan teh dengan bau yang harum. Pada minggu ini kami diminta untuk mengamati proses hinga penggolongan karena proses selanjutnya akan dilakukan pada minggu kedua di afdeling pabrik. fermentasi.Setelah itu kami mengikuti kegiatan sortasi yang merupakan proses pemisahan teh berdasarkanukurannya. Proses inimerupakan proses pemisahan pucuk yangtelah layu dari material-material lain.Kegiatan kami selanjutnya yaitu mengikuti prosesing teh yang dilaksanakan pada pukul 08. Selanjutnya kami mengikuti kegiatan pelayuan pada kegiatan pelayuan hari kedua proses pelayuan membutuhkan waktu yang lebih karena cuaca atau suhu udara daerah yang lebih rendah dari biasanya dan kurangnya angina sehingga membutuhkan waktu tambahan untuk proses pelayuan. warna hitam dan rasayang khas. pengeringan dan sortasi.

Selanjutnya kami mengikuti kegiatan analisis pucuk pada hari ketiga terjadi banyak penurunan kualitas petik yang dilakukan oleh mandor namun penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan jauh. pengeringan dan sortasi . fermentasi.Kegiatan rapat ini dilakukan setahun sekali untuk menganggarkan dan merencanakan kegiatan perusahaan kedepan. 29 Agustus 2013 LIBUR PILKADA 5. 6.3. pengeringan dan sortasi.Sabtu. . 30 Agustus 2013 Pada hari jumat kami mengikuti kegiatan proses pembuatan teh pada shift 2 kami datang ke pabrik jam 5 pagi dan mengikuti proses yang sebentar lagi akan selesai yaitu proses pengayakan . Kegiatan ini kami ikuti dengan seksama hingga selesai dan kami membantu membersihkan alat dan juga pabrik pasca digunakan.Di malam hari kami di ajak untuk mengikuti rapat RKAP perusahaan. Jumat.selanjutnya kami beristirahat dan melanjutkan kegiatan dengan mengikuti proses pembuatan the yang meliputi pengayakan . penggilingan . 31 Agustus 2013 Pada hari terakhir kerja di minggu ini kami masih mengikuti kegiatan yang sama dengan diawali dengan penerimaan pucuk selanjutnya kami melakukan analisis pucuk dan mengikuti kegiatan pelayuan . Kamis. 28 Agustus 2013 Kegiatan pada hari ketiga kami masih dilaksanakan di afdeling pabrik seperti biasanya kami mengikuti kegiatan penerimaan pucuk dan mencatat timbangan masa awal yang diterima di pabrik.Selanjutnya kami melakukan kegiatan pelayuan yang dilakukan di pabrik hingga sore. fermentasi . penggilingan . 4. Rabu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful