Membuat Karikatur Foto dengan Adobe Photoshop

Pembuatan karikatur dengan Photoshop tidaklah rumit. Yang kita butuhkan awalnya adalah image foto, bisa kita dapatkan dari hasil scan,foto digital atau lainnya. Pada contoh saat ini kita gunakan image foto Britney Spears.

Untuk memudahkan proses pembuatan sebaiknya kita lakukan penghilangan background foto. Klik ganda pada layer untuk membuat layer background menjadi Layer 0. Lalu seleksi background dengan lasso dan delete. Pada menu Edit pilih Transform lalu klik Distort. Ubah bentuk dengan menarik masing-masing sudutnya sesuai keinginan (lihat gambar). Setelah pas tekan enter.

Karikatur pada intinya merupakan pendistorsian sebuah bentuk tanpa mengubah kharakter si bentuk itu sendiri sehingga masih dikenali. Dengan prinsip dasar ini anda tinggal mengubah bagian-bagian yang ingin diubah. Misalnya kita perbesar hidung si Britney. Seleksi bagian hidung dengan laso lalu buka menu Select pilih Feather, masukkan nilai. Feather berfungsi untuk membuat kisaran (range) toleransi seleksi.

Buka menu Filter - Distort - Spherise untuk membuat efek distorsi. Geser scroll sampai maksimum atau sesuai keinginan anda.

Lakukan langkah di atas pada kedua mata Britney agar tampak lebih besar.

Untuk bagian bibir Britney bisa juga kita buat diperbesar, tapi kali ini kita akan memperkecilnya. Langkah yang dilakukan mirip sama dengan untuk memperbesar hidung, perbedaan hanya pada saat proses pemberian filter distort.

Untuk memperkecil, nilai filter distort mengarah ke minimum. Kita juga bisa mengubah bagian-bagian yang lain yang kita inginkan. Tapi untuk si Britney sampai tahap ini dirasa sudah cukup. Hasil akhir karikatur Britney Spears bisa dilihat seperti di bawah. Untuk menambah background tinggal kita buat layer baru di bawah layer 0. Selamat mencoba.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful