LATAR BELAKANG

Konsumsi gizi yang baik dan cukup seringkali tidak bisa dipenuhi oleh seorang anak karena faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal menyangkut keterbatasan ekonomi keluarga sehingga uang yang tersedia tidak cukup untuk membeli makanan. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang terdapat didalam diri anak yang secara psikologis muncul sebagai problema makan pada anak. http://cikarang-skull.blogspot.com/2008/08/bab-ipendahuluan.html Masalah gizi muncul akibat masalah ketahanan pangan ditingkat rumah tangga (kemampuan memperoleh makanan untuk semua anggotannya), masalah kesehatan, kemiskinan, dan kesempatan kerja. Indonesia mengalami masalah gizi ganda yang artinya sementara masalah gizi kurang belum dapat diatasi secara menyeluruh sudah muncul masalah baru. Sekarang ini masalah gizi mengalami perkembangan yang sangat pesat, Malnutrisi masih saja melatarbelakangi penyakit dan kematian anak, meskipun sering luput dari perhatian. Keadaan kesehatan gizi tergantung dari tingkat konsumsi yaitu kualitas hidangan yang mengandung semua kebutuhan tubuh. Akibat dari kesehatan gizi yang tidak baik, maka timbul penyakit gizi, umumnya pada anak balita diderita penyakit gizi buruk Hubungan antara kecukupan gizi dan penyakit infeksi yaitu sebab akibat yang timbal balik sangat erat. Berbagai penyakit gangguan gizi dan agizi buruk akibatnya tidak baiknya mutu/jumlah makanan yang tidak sesuaidengan kebutuhan tubuh masing – masing orang. Masalah gizi semula dianggap sebagai masalah kesehatan yang hanya dapat ditanggulangi dengan pengobatanmedis/kedokteran. Gizi seseorang dapat dipengaruhi terhadap prestasi kerja dan produktivitas. Pengaruh gizi terhadap perkembangan mental anak

A. kurus dibandingkan . yaitu:Keluarga miskin.html Kurang gizi pada balita dapat berdampak terhadap pertumbuhan fisik maupun mentalnya. Anak kelihatan pendek.puksel. TBC. ada 2 faktor penyebab utama. HIV/AIDS. Gizi Buruk Pada Balita: (online) http://id. karbohidrat dan kalori. Khomsan. Ketersediaan Pangan.com/doc/51849820/Makalah-GiziBuruk-2. atau dengan ungkapan lain status nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Nutrisi yang dimaksud bisa berupa protein. Sedangkan menurut UNICEF (1988).scribd.Ketidaktahuan orang tua atas pemberian gizi yang baik bagi anak.Gizi buruk adalah suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).Faktor penyakit bawaan pada anak. Penyebab lain adalah infeksi (diare). MP dan Dr. kasus KEP (Kurang EnergiProtein) adalah salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai pada balita drh. antara lain : Penyebab Langsung : Asupan Makanan. saluran pernapasan dan diare. Fitri Rachmayanti. atau faktor pemberian makanan bergizi yang kurang.Sarmin.com Faktor-faktor Penyebab Kekurangan Gizi Pada Balita Penyebab utama kurang gizi pada balita adalah kemiskinan sehingga akses pangan anak terganggu. seperti: jantung. Di Indonesia.http://medicastore. ketidaktahuan orang tua karena kurang pendidikansehingga pengetahuan gizi rendah. Infeksi Penyakit Penyebab Tidak Langsung : Pola Asuh Anak. www. ada 3 faktor penyebab gizi buruk . Layanan Kesehatan/Sanitasi Putu Sudayasa.com/artikel/247/Mengetahui_Status_ Gizi_Balita_Anda.

Pemerintah harus meningkatkan kualitas posyandu. memerlukan peranan dari keluarga. KhomsanA. tapi harus di perbaiki dalam hal penyuluhan gizi dan kualitas pemberian makanan tambahan.jangan hanya sekedar vaksinasi.http://medicastore. bidang kesehatan maupun pemerintah.Dr.com/artikel/247/Mengetahui_Statu s_Gizi_Balita_Anda. Ketika memasuki usia sekolah tidak bias berprestasi menonjol karena kecerdasanya tergangu.html . Untuk mengatasi kasus kurang gizi.pemerintah harus dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.teman-teman sebaya yang lebih sehat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful