BAB III METODE PENELITIAN

3.1. Rancangan Penelitian Penelitian ini menggunakan Desain Eksperimen Murni (Pure Experiment Design). Untuk mendapatkan kesimpulan tentang hasil penelitian yang valid dan dapat dipercaya tentang efek suatu intervensi maka diperlukan pembanding. Pembanding dapat dilakukan dengan menyertakan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan atau kelompok kontrol dengan perlakuan selain intervensi yang diuji cobakan. Kesimpulan hasil penelitian didapat dengan membandingkan efek perlakuan pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Dalam penelitian eksperimen murni ini peneliti menggunakan rancangan Pre and Post Test Control Group Design. Pada desain ini responden penelitian dibagi secara random menjadi dua kelompok. Satu kelompok adalah kelompok perlakuan sedangkan kelompok lain adalah kelompok kontrol sebagai pembanding. Sebelum perlakuan pada semua kelompok dilakukan pengukuran awal (pre test) untuk menentukan kemampuan atau nilai awal responden sebelum perlakuan (uji coba). Selanjutnya pada kedua kelompok diberikan intervensi, setelah itu dilakukan pengukuran akhir (post test) pada semua kelompok untuk menentukan efek perlakuan yang lebih baik pada responden (Dharma, K, K, 2011). Dengan mengambil rancangan penelitian ini peneliti akan melakukan pemberian terapi musik pada kelompok perlakuan dan terapi murrotal pada kelompok kontrol/pembanding, akan dilakukan pengukuran intensitas nyeri dan pengukuran

87

1 Rancangan Eksperimen Random Alokasi R1 : O1 R R2 : O1 X2 O2 X1 O2 Keterangan : R R1 R2 O1 O2 X1 X2 : Responden Penelitian : Responden Kelompok Perlakuan : Responden Kelompok Kontrol : Pre Test Pada Kedua Kelompok Sebelum Perlakuan : Post Test Pada Kedua Kelompok Sesudah Perlakuan : Intervensi Terapi Musik : Intervensi Terapi Murotal (Dharma. K. K. kemudian akan dicari terapi mana yang lebih akurat dalam menurunkan intensitas nyeri dan kesatabilan tandatanda vital.88 tanda-tanda vital sebelum dan sesudah intervensi. 2011) . Bentuk rancangan ini adalah sebagai berikut : Tabel 3.

2. metode ini sering digunakan untuk penelitian eksperimen yang menguji cobakan suatu intervensi ( Dharma.2. 2010 memaparkan bahwa populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang diteliti. K. Slamet Garut 2) Pasien dengan keluhan utama nyeri ringan – sedang dan sebelum pemberian obat analgetik 3) Pasien yang nilai dari tanda-tanda vitalnya mengalami ketidakstabilan 4) Pasien tidak memiliki gangguan pendengaran . Pada penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan metode “Non Probability Sampling” dengan teknik “Consecutive Sampling “ yaitu suatu metode pemilihan sampel yang dilakukan dengan memilih semua individu yang ditemui dan memenuhi kriteria pemilihan. Populasi dan Sampel Peneltian 3. Inklusi 1) Pasien post operasi di Ruang Pasca Bedah RSU dr. 3. 2010). 2010). Slamet Garut yang berjumlah 6. K.1 Populasi Penelitian Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian (Arikunto.2.89 3. sampai jumlah sampel yang diinginkan terpenuhi. Kriteria sampelnya adalah sebagai berikut: a. 2011). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien post operasi di Ruang Post Bedah Rumah Sakit Umum dr.524 kasus di tahun 2012.2 Sampel Penelitian Sampel adalah objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi yang diteliti (Notoatmodjo. Sedangkan menurut Notoatmodjo.

Eksklusi 1) Pasien dengan skala nyeri berat – berat sekali Untuk mengambil sampel penelitian menggunakan rumus Analitik Numerik tidak berpasangan. 2011) N1 = N2 = ( Z Z = 1.96 = 0.90 5) Pasien bersedia mengikuti penelitian dan kooperatif 6) Pasien berusia dewasa awal (26 . ditetapkan sebesar = 2 (Kusuma.35 tahun) 7) Pasien non muslim dimasukan kedalam kelompok perlakuan yaitu menerima intervensi terapi musik. rumus besar sampel untuk penelitian Analitik Numerik adalah : N1 = N2 = ( Keterangan : Zα Zβ = Deviat baku alfa = Deviat baku beta = Estimasi Varian kelompok 4 = Selisih proporsi pajanan minimal bermakna. b.84 =4 = 4 ) yang dianggap ) .

sifat. Definisi Operasional Variabel No 1 Varibel Variabel independen terapi musik Definisi Perlakukan yang Alat Ukur Tape recorder/ MP3 terapi musik Hasil Ukur 0 = Tidak dilakukan Skala Ordinal diberikan kepada pasien berupa sebuah musik yang didengarkan . Definisi lain mengatakan bahwa variable adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri. Variabel dependen yaitu intensitas nyeri dan kestabilan tanda-tanda vital 3. dalam penelitian ini ada 2 (dua) variabel yaitu : 1.4. atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang suatu konsep (Notoatmodjo. 2010). besar sampel setiap kelompok adalah 16 responden. 3. Variabel Penelitian Variable mengandung pengertian ukuran atau cirri yang dimiliki anggotaanggota suatu kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok lain. Variabel independen yaitu terapi musik dan terapi murrotal 2.3. Garut. sehingga total sampel yang diperlukan adalah 32 responden di Ruang Pasca Bedah Rumah Sakit Umum dr.68 atau dibulatkan menjadi 16 Dengan demikian.91 N1 = N2 = ( =( =( ) ) ) = 15.

4-6 : sedang d.O (Lembar a. 1-3 : ringan c. 7-9 : Nyeri Nyeri Nyeri responden dalam bentuk Skala skala numerik 0-10 Penilaian Numerik (Numerical rating scales.92 pasien dengan memilih genre musik yaitu 1 = dilakukan terapi musik musik mozart. 13 selama 1 kali putaran 15 menit. NRS) 0-10 . musik instrumental dan musik favorite menit 2 Variabel independen yaitu terapi murotal Pemberian terapi atau rekaman ayat-ayat AlQur’an surat AlFatihah. 0 oleh Observasi) : Tidak Ordinal nyeri b. Al Falaq. An Naas. Yaasin ayat ke 58 dan Al An’am ayat 1-3. ayat Qursy. Al Ikhlas. Tape recorder/ MP3 0 = Tidak dilakukan terapi murotal 1 = dilakukan terapi murotal Ordinal selama 15 3 Variabel dependen intensitas nyeri Perubahan ditunjukan yang L. musik klasik.

5 Derajat Celcius . pernafasan dan suhu Nadi dalam 1 menit Usia seperti darah.93 berat e. Nilai Normal a. Nilai Normal Suhu aksila Usia Dewasa : 36. Usia Dewasa : 120/80 mmHg b. suhu tensi darah. Nilai Normal Tensi Darah Interval pernafasan Dewasa : 60100 x/menit c. tanda-tanda dan vital tensi nadi. 10 : Nyeri sangat berat 4 Variabel dependen nilai hasil observasi tanda-tanda vital Perubahan nilai tanda.Observasi tanda vital responden pengukuran berupa nadi. Nilai Normal Pernafasan dalam 1 menit Usia Dewasa : 12-20 x/menit d.

selanjutnya pasien dilakukan pengukuran intensitas nyeri dan tanda-tanda vital (tensi darah. musik klasik. Sementara untuk kelompok kontrol diberikan terapi murrotal berupa gabungan dari surat Al-Fatihah. Al Falaq.4. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri. Setelah mendengarkan musik pada kelompok perlakuan dan murotal pada kelompok kontrol. 13. musik instrumental dan musik favorite. nadi. Al Ikhlas. nadi. Selanjutnya kelompok perlakuan responden mendapatkan terapi musik dengan mendengarkan 4 (tiga) buah lagu pilihan yang disediakan. NRS) 0-10.5. pernafasan dan suhu) pasien post operasi dilakukan pertama kali pada 24 jam post operasi. Beberapa jenis musik yang disediakan adalah jenis musik mozart. An Naas. Instrumen Penelitian Pengumpulan data skala intensitas nyeri dilakukan dengan menggunakan pengukuran Skala Penilaian Numerik (Numerical Rating Scales. . pernafasan dan suhu) kembali.94 3. ayat Qursy. 3. Metode Pengambilan Data Pengukuran intensitas nyeri dan tanda-tanda vital (tensi darah. Yaasin ayat ke 58 dan Al An’am ayat 1-3.

Langkah Penelitian Langkah – langkah penelitian merupakan tahapan kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dalam proses penelitian. 2011) 3. Analisa Data 3. Langkah .1.95 3. Analisis Bivaiat Analisis bivariat yang digunakan adalah Paired t-test yang bertujuan untuk mengetahui beda mean tentang perbedaan pengaruh terapi musik dan terapi murotal terhadap penurunan intensitas nyeri dan kestabilan tandatanda vital pada pasien post operasi.2. K. 3.6.6.6. Analisis Univariat Analisa ini di lakukan sebagai langkah awal analisis untuk melihat distribusi frekuensi masing-masing variabel independen (terapi musik dan terapi murrotal) sedangkan variabel dependen (intensitas nyeri dan kestabilan tanda-tanda vital). (Dharma. K. adapun langkah – langkah penelitian sebagai berikut : 1.7. Tahapan Persiapan Memilih topik dan lahan penelitian Melakukan studi pendahuluan Melakukan studi kepustakaan Menyusun proposal penelitian Seminar proposal Perbaikan proposal penelitian dan intrumen Pengandaan intrumen .

3.8. Slamet Garut. .96 2. Tahapan Terakhir Penyusunan laporan Sidang proposal hasil penelitian Pendokumentasian atau penggandaan hasil. Tahapan Pelaksanaan Mengurus surat izin penelitian mendapatkan persetujuan dari responden Melakukan pengamatan Pengolahan data dan analisis data 3. Waktu dan Tempat Waktu penelitian selama 30 hari dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 sampai November 2013 yang bertempat di Rumah Sakit Umum dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.