Aplikasi Trigonometri dalam pertanian

Siapa bilang trigonometri hanya dipakai untuk matematika saja? salah satu aplikasi trigonometri bisa kita temui dalam bidang pertanian khususnya dalam penanaman tanaman dengan stek batang. berikut langkah-langkah stek batang

Metode stek merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan sebab tidak perlu persiapan yang panjang selain itu alat yang digunakan juga tidak terlalu rumit.

1. Siapkan peralatan yang terdiri dari gunting tanaman, pisau, plastik penutup, tali plastik, pot dan media tanam.

2. Siapkan media tanam dengan campuran pasir, dengan humus bambu.

3. Pilih batang puring yang sudah terlihat tua untuk dipotong. Cirinya cukup mudah perhatikan kulit bila sudah berwarna cokelat seperti kulit kayu berarti batang sudah siap di stek.

4. Potong dengan menggunakan gunting tanaman yang sudah dibersihkan. Hindari pengunaan pisau sebab batang punya struktur yang keras dan mengandung kayu.

5. Setelah terpisah jangan lupa untuk untuk menutup luka di pohon indukan dengan fungisida.

6. Bila daun terlihat rimbun potong di bagian bawah dengan menyisakan sekitar 5-7 daun. Tujuannya untuk mengurangi penguapan yang harus di jaga selama proses stek.

7. Ikat sisa daun mengarah keatas dan tutup dengan plastik untuk mengurangi penguapan.

8. Rendam potongan bawah dalam larutan perangsang akar sekitar 15-20 menit.

. Nah jadi trigonometri juga ada dipertanian kan? nah kenapa harus dipotong runcing ? mari kita tanya sama Pak Tani. Yang tak kalah penting adalah untuk menjaga kelembaban dengan menempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Jadi masih ada kemungkinan 10 persen tidak berhasil. Masukkan dalam media tanam dengan urutan stylofoam/gabus bisa juga dengan menggunakan pecahan genting.. selanjutnya masukkan pasir hingga setengah pot. 12. nah untuk tanaman seperti singkong atau ketela pohon Potong2 batang secara miring dengan sudut > 45derajat (runcing). Bila terlihat tetap segar bahkan tumbuh tunas baru berarti stek berhasil dan tutup plastik bisa dilepas..9. Untuk meminimalkan kegagalan usahakan saat melakukan pemotongan stek dipastikan pohon dalam keadaan sehat. Tanda berhasilnya proses stek bisa dilihat dari kondisi daun selama satu hingga dua minggu. 11. 10. Lapisan atas gunakan campuran pasir dengan humus bambu hingga penuh. Tancapkan potongan2 ke tanah.. Selain itu batang juga harus sudah tua supaya pertumbuhan akar bisa maksimal. Cara stek ini mempunyai kelebihan cepat dan mudah namun keberhasilan proses ini masih mempunyai keberhasilan hingga 90%.... Tekan media tanam hingga batang bisa berdiri tegak. Tempatkan ditempat teduh. Siram media tanam dengan menggunakan sisa air perangsang akar 13. Setelah itu masukkan potongan stek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful