BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Kertas dibuat dari suspensi serat, air, dan chemical additives, yang

kemudian air dikeluarkan (dewatered) melalui aksi mekanis dan kimia di forming section dan aksi mekanis di press section untuk membentuk lembaran kertas basah (paper web). Setelah web terbentuk dilanjutkan pemanasan di dryer section untuk mengurangi kadar air di bawah 10% (dryness lebih besar 90%) yang tidak dapat dilaksanakan melalui aksi mekanis dan kimia. Dryer section bertujuan untuk mengeringkan lembaran kertas dengan cara penguapan (evaporation) sisa uap air (residual moisture) di dalam paper web dengan cara kontak langsung dengan permukaan drum pengering (cylinder dryer) yang sangat panas sehingga mencapai derajat kekeringan yang diharapkan. Industri pulp dan kertas menempati urutan keempat terbesar di dunia dalam pemakaian energi disamping industri kimia, baja, dan minyak. Pemakaian energi terbesar terutama pada proses penguapan uap air di dryer section dari mesin kertas (Noboa, 1999). Umumnya pada dryer section, untuk menguapkan tiap 1 kg uap air pada lembaran paper web diperlukan 2600 – 3500 kJ energi panas dalam bentuk uap (Martinsson, 2002). Ini berarti, 1/3 dari total konsumsi energi pada integrated paper mill digunakan oleh dryer section untuk mengurangi kadar air dari 60% menjadi di bawah 10% (Pontremoli, 2000) yang membuat dryer section sebagai pengguna energi panas terbesar dan sejauh ini merupakan bagian yang paling mahal dalam proses pembuatan kertas. Kebutuhan energi yang besar di dryer section menuntut kajian bagaimana karakteristik perubahan perilaku yang terjadi pada dryer section karena adanya gangguan kesetimbangan massa dan energi akibat perubahan laju perpindahan panas dan perpindahan massa pada proses pengeringan paper web. Kenyataan ini memerlukan pemodelan yang mencakup beberapa kombinasi subproses dalam pengeringan paper web. Subproses ini dimodelkan dengan persamaan differensial atau persamaan differensial parsial. Penyelesaian model dilakukan dengan analisa numerik menggunakan metode beda hingga (finite difference method) yang dapat 1

. Arasakesari. 2 .25 detik) tidak berpengaruh secara signifikan. 2004. pemodelan temperatur dan moisture content dari paper web. et all. et al. Yeo. et al. mengembangkan pemodelan dinamik Yankee dryer menggunakan software IDEAS selama start-up.5 jam. Perré. Pemodelan temperatur cylinder dryer. operasi normal (steady state). dan 901 m/min. masing-masing terbagi atas 3 dan 2 grup steam and condensate system. dan shut-downs. 2004. tebal lapisan coating masingmasing 15 gr/m2. basis weight 100 gr/m2. mengembangkan pemodelan proses pengeringan kertas di dryer section yang terdiri dari: 39 cylinder di main dryer section dan 16 cylinder di after-dryer section.Tesis menjelaskan hubungan antara temperatur cylinder dryer dan temperatur udara di dalam dryer hood terhadap temperatur paper web dan dry solid content agar diperoleh derajat kekeringan (dryness) paper web yang diharapkan. 2001. dan kecepatan mesin 800 m/s dengan software VBA (visual basic application). dan (3) profil kandungan uap air turun dari 40% selama falling rate period hingga dicapai baseline moisture content 4%. meliputi: pemodelan temperature profile dari masingmasing cylinder dryer. Pada kondisi steady. Pemodelan dilakukan dengan variasi kecepatan mesin 904. Hasil penelitian menunjukkan temperatur dan tekanan dryer cylinder naik secara bertahap untuk mencapai tekanan dan temperatur target selama start-up yang berlangsung ± 2. temperatur dan kandungan uap air dari paper web dengan koefisien perpindahan kalor bervariasi (variable heat transfer coefficients) menunjukkan hasil yang lebih mendekati kondisi operasional dibandingkan dengan koefisien perpindahan kalor konstan. mengembangkan pemodelan pengeringan lembaran kertas jenis coated paper. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pengeringan akan tinggi jika energi dari infra red emitters dan cylinder dryer yang dimasukkan ke lembaran paper web juga tinggi. (2) beda profil laju perpindahan panas pada posisi berbeda dari cylinder dryer shell yang mempengaruhi profil temperatur kertas. 892. menunjukkan bahwa: (1) temperatur dryer shell cylinder relatif tidak ada perbedaan karena kapasitas kalor cylinder dryer sangat besar sehingga dinamika kehilangan kalor ke kertas dan environment dengan 1 putaran (hampir 0.

Tujuan pemodelan adalah untuk simulasi temperatur dan moisture content di dalam paper web dengan temperatur permukaan cylinder dryer dan kondisi udara di dalam ventilation hood sebagai variabel bebas. 70.0 Enterprise Edition. Bagaimana pemodelan numerik dapat menjelaskan hubungan antara temperatur dryer cilinder. 1. yaitu moisture dan temperatur gradient melintang mesin (cross machine direction) ditentukan dengan analisis numerik untuk penyelesaian persamaan differensial parsial tidak membahas sistem kontrol steam dan kondensat di cylinder dryer dan ventilation hood dari dryer section.2 Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses perpindahan panas dan perpindahan massa berlangsung di dryer section untuk proses pengeringan paper web. dan 80 gsm Sifat fisik paper web. dan jenis chemical additives) terhadap sifat fisis perpindahan panas dan massa pada kertas diabaikan. 3 . Penyelesaian model dengan analisis numerik menggunakan metode beda hingga dilakukan dengan perangkat lunak MathCad 14. 1.Tesis Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pemodelan numerik dengan metode beda hingga pada dryer section dari mesin kertas yang dapat menjelaskan karakteristik dalam proses pengeringan paper web yang terjadi dengan analisis perpindahan panas dan perpindahan massa. jenis serat: virgin fiber – recycled fiber. bone-dry weight dari paper web terhadap temperatur dan kadar uap air paper web untuk mendapatkan dryness yang diharapkan. Pemodelan dryer section dan paper web pada saat dryer section operasi normal (steady state) dan jenis kertas copy paper 60. Bagaimana pemodelan numerik dapat dibuat untuk menjelaskan karakteristik proses yang terjadi di dryer section.3 Batasan Masalah Batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Pengaruh komposisi bahan (prosentase pulp kimia – pulp mekanis. kecepatan mesin. dan suhu udara dalam ventilation hood.

Dapat membuat pemodelan numerik untuk menjelaskan hubungan antara temperatur cylinder dryer. Pemodelan dapat membantu optimalisasi konfigurasi dryer dan memberikan informasi sifat-sifat kertas sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan mutu kertas yang akan dihasilkan. kandungan uap air lembaran kertas masuk dryer harus dibuat serendah mungkin dengan melihat kemampuan press section. (5) kertas mudah putus. (2) kerusakan coating. 1. Ketidak-seragaman ini mengakibatkan: (1) ketidak-konsistenan produk. Dapat menjelaskan karakteristik proses yang berlangsung di dryer section dengan pemodelan numerik.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian Metoda Pengeluaran kandungan uap air dari paper web sampai saat ini masih diakui yang terbaik adalah menggunakan steam drying walaupun metoda ini cukup mahal (Smook. dan moisture content untuk mendapatkan tingkat kekeringan lembaran kertas yang diinginkan. (4) terjadi efek twosideness. Untuk meminimalkan biaya operasional keseluruhan.2 Manfaat penelitian Manfaat yang diperoleh setelah melakukan penelitian ini adalah: Dapat menjelaskan proses pengeringan paper web yang terjadi di dryer section dengan kajian perpindahan panas dan perpindahan massa. 2002). Produk akhir kertas sangat tergantung pada keseragaman kandungan uap air pada lembaran kertas melintang mesin.4. (7) ukuran kertas roll tidak sama. temperatur paper web. (6) terjadi blackening. 4 .4. dan (8) ketidak-rataan kerapatan lembaran kertas di winder section.Tesis 1. (3) terjadi variasi cetak.1 Tujuan penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: memodelkan process flow pengeringan paper web berdasarkan physical model dari dryer section memodelkan temperatur paper web dengan process setting berdasarkan operating parameters yang ditentukan memodelkan moisture content dari paper web dengan variasi parameter berdasarkan boundary conditions dan fluid property yang diketahui. 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful