NAMA NPM

: HANIF HARDIAN : 1111010019

MATA KULIAH : KOPERASI

Koperasi Asih Sejati
Bermula diprakasai Ibu Pamoedji dengan mengajak 8 orang ibu-ibu dalam rukun tetangga di Jl. H.Kanang, Pondok Labu pada akhir tahun 1982. dari satu rukun tetangga dengan 3 kelompok berkembang menjadi satu rukun warga hingga pada akhir 1983 mempunyai anggota 193 orang dengan 13 kelompok dengan nama Koperasi Pola Asih. Pada tahun 1984 Koperasi Pola Asih mengajak ibu-ibu dari 4 kelurahan lain dilingkungan Kecamatan Cilandak dengan tujuan untuk mendapatkan Badan Hukum dan mengganti nama “Koperasi Asih Sejati”. Badan Hukum dikeluarkan dengan nomor : 1957/BH.I tanggal 11 maret 1986. dengan berlakunya UU Koperasi No. 25 thn 1992, Koperasi Asih Sejati meluaskan daerah kerja seluruh Kecamatan Cilandak menjadi seluruh DKI Jakarta dan Bekasi.  Komentar : menurut saya, dari berawal rukun tetangga dengan sedikitnya orang yang ikut bergabung, koperasi ini bisa mengajak orang-orang rukun tetangga di sekelilingnya agar masuk ke dalam koperasi tersebut. Cukup baik, supaya menjalin hubungan baik antar warga, silaturahmi, bertukar pendapat dan bisa kerja sama mengembangkan koperasi ini sehingga dapat di contoh dengan rukun tetangga lainnya.

Koperasi Sukma Mulya
Koperasi sukma Mulya Semarang Bermodal awal 10 jutaan sekarang sudah memiliki aset ratusan juta. Koperasi Simpan Pinjam Kusuma Mulya Semarang di dirikan pada tahun 2000, dengan modal awal 10 juta rupiah, dengan jumlah anggota sebanyak 40 orang. Koperasi Kusuma Mulya pada awalnya hanya bergerak di bidang simpan pinjam. Pada tahun

Satelindo dengan PT. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi DKI Jakarta Tentang Pengesahan Koperasi Sebagai Badan Hukum No. Rapat Anggota Tahunan. Melalui penggabungan tersebut. ada usaha didalamnya . seiring dengan proses merger PT. 111/BLK/1984 tanggal 30 Nopember 1984. Tahun 2004 tepatnya tanggal 2 Maret. jumlah anggota Kopindosat bertambah menjadi ± 4000 orang. dengan jumlah anggota sebanyak ± 800 orang dengan modal awal dari iuran anggota yang berasal dari alokasi bonus karyawan. Indosat. koperasi sukma mulya ini mengalami perubahanperubahan yang sangat baik. memutuskan bahwa rapat menerima laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi masa bhakti 2004-2007.SE. Hasil voting yang terpilih menjadi pengurus koperasi adalah Ketua Agus Santosa. Tbk.  Komentar : Dari tahun ketahun. Hal itu untuk membangkitkan potensi kinerja baru dengan mencari dan melakukan pemilihan sebagai pengurus koperasi tersebut. Terbentuknya koperasi baru. Satelindo. Dewan Pengawas Pratiknya SH dan Saino.SE Sekretaris Rokhayati Bendahara Iria Wati. sehingga terciptanya koperasi yang maju serta dukungan dari anggotanya. terjadi penggabungan (amalgamasi) antara Kopindosat dengan Koperasi Antariksa yang merupakan Koperasi Pegawai PT. organisasi permodalan yang cukup 2. Koperasi dikatakan sukses apabila didukung 3 kriteria koperasi sukses yakni : 1. berawal dari hanya simpan pinjam menjadi koperasi yang sampai saat ini. Selanjutnya rapat memilih pengurus koperasi masa bhakti 2007 -2010 melalui pemungutan suara. Koperasi Karyawan Indosat (Kopindosat) Berdiri pada 15 Agustus 1984.2007 Koperasi mengadakan Rapat Anggota Tahunan dengan agenda penyampaian laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi masa bhakti 2004 – 2007 dan pemilihan pengurus koperasi yang baru.

3.sesuai dengan pengesahan koperasi yg kini menjadi badan hukum mampu meningkatkan kualitas koperasi itu sendiri dengan memiliki target target tanpa ada intervensi dari pihak luar. . memantapkan koperasi sebagai pilar ekonomi rakyat dalam tatanan perekonomian yang demokratis dan berkeadilan  Komentar : menurut saya merger yg dilakukan kedua koperasi tersebut cukup baik melebur menjadi sebuah kesatuan yg besar dengan jumlah karyawan menjadi 4000 orang.hal tersebut dilakukan guna mencapai kaidah koperasi sukses demi meningkatkan kesejahteraan koperasi atau karyawan khususnya.