Proposal

Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol (Voice over IP) pada Jaringan INHERENT
Agus Awaludin, Riri Fitri Sari, Adhi Yuniarto Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi Universitas Indonesia, Kampus Baru UI Depok 16424 Indonesia awaludin@ui.edu, riri@ui.edu, adhi@cs.ui.ac.id

Abstrak
Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan tulang-punggung mempengaruhi arah perkembangan perguruan tinggi di masa depan. Kesiapan perguruan tinggi menuju "World Class University" merupakan keharusan guna menghadapi persaingan global dibidang layanan pendidikan. Salah satu sifat dari perguruan tinggi masa depan adalah bentuk pengajaran yang bersifat "kapanpun,dimanapun" yang melengkapi pola pengajaran konvensional "Brick and Chalk". Jaringan perguruan tinggi dan penelitian di Indonesia (INHERENT) memfasilitasi kemungkinan dibangunnya kekuatan pendidikan nasional yang sinergi. Tiap universitas dapat membangun dan menonjolkan kemampuan dan ciri khas-nya yang kemudian sumber-daya ini dapat digunakan secara nasional melalui infrastruktur TIK yang terintegrasi diantara perguruan tinggi. Perhatian khusus difokuskan pada infrastruktur TIK yang memfasilitasi layanan-layanan bagi civitas akademik di perguruan tinggi, kemungkinan penggunaaan nomor elektronik dan rancangan infrastruktur yang memungkinkan adanya layanan nomor elektronik yang unik. Pada proposal ini disampaikan usulan implementasi pengembangan penomoran fasilitas voice over IP bagi institusi peserta INHERENT.

Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT   

Page 1 

edu dan VoIP dengan identifikasi 601009@ui. Integrasi infrastruktur VoIP dapat dilakukan dengan metode bilateral atau multilateral. Sebagai contoh Universitas Indonesia menggunakan fasilitas Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) untuk pengaksesan layanan VoIP dan layanan aplikasi sistem-sistem yang digunakan oleh civitas akademika. namun dalam hal otorisasi dan/atau otentifikasi keduanya menggunakan identifikasi yang berbeda. Penggunaan identifikasi yang berbeda ini disebabkan salah satunya oleh kebutuhan konvergensi layanan VoIP dengan infrastruktur telekomunikasi yang ada seperti PABX internal. Integrasi bilateral dilakukan dengan mendefinisikan tiap VoIP network yang akan dihubungkan.1. Salah satu kemungkinan adalah penggunaan bersama infrastruktur jaringan untuk layanan VoIP bagi civitas akademika perguruan tinggi yang tergabung dalam INHERENT. Kemampuan untuk integrasi dengan institusi eksternal lain seperti perguruan tinggi atau universitas lain. Keberadaan jaringan pendidikan tinggi dan riset nasional (INHERENT) memberikan parameter baru dalam pengembangan layanan TIK di tiap perguruan tinggi. Sebagian organisasi telah menggunakan infrastruktur yang sama dalam proses otentikasi dan otorisasi dari kedua tipe layanan tersebut. Saat ini banyak organisasi yang cenderung menggabungkan kedua layanan tersebut dalam satu pengelolaan. Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 2  . Pendahuluan Layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi suatu kebutuhan pada sebagian besar organisasi termasuk institusi dalam dunia pendidikan. bahkan menggunakan infrastruktur yang sama. sebagai contoh email dengan identifikasi awaludin@ui.edu. PSTN dan PLMN (yang berbasis nomor/angka). Metode multilateral menerapkan pola hirarki dimana suatu titik akses referensi mendefinisikan cara pengaksesan VoIP network yang ada. Solusi dengan spesifikasi dan teknik yang bersifat proprietry maupun terbuka (open) telah tersedia untuk menjawab kebutuhan integrasi dan aksesibilitas dengan skala global. menjadi salah satu pertimbangan dalam perancangan sistem dan infrastruktur layanan. Meskipun layanan ini sudah dalam pengelolaan yang sama.

Core Switch : Menyediakan platform transmisi yang terintegrasi berbasis IP dengan reliabilitas yang tinggi. jaminan QoS. dan registrasi • Layer 2. Service Layer : Menyediakan layanan-layanan value-added dan dukungan operasi berdasarkan koneksi yang ada • Layer 3. Latar Belakang 2. dan kapasitas yang besar Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 3  . Arsitektur NGN dibagi dalam 4 susunan yang mengelompokan komponen-komponennya berdasarkan fungsi layanan [Huawei06]. Pemodelan Infrastruktur berbasis NGN Next Generation Network (NGN) adalah jaringan berorientasi pada layanan. yang mengintegrasikan layanan suara (voice). 2. Network Control : Menyediakan fungsi kontrol koneksi. fungsi kontrol panggilan.Gambar 1. • Layer 4.1. Topologi INHERENT 2008 [Telkom08] Selanjutnya pembahasan proposal ini akan difokuskan pada pencarian solusi layanan berbasis sistem penamaan domain dan rancangan infrastruktur terintegrasi layanan VoIP jaringan perguruan tinggi dan riset nasional. gambar (video) dan data.

Identifikasi global layanan Jaringan telepon publik menggunakan model penomoran telepon publik internasional yang direkomendasikan ITU-T (E.2. Gambar 2.164 juga digunakan untuk menentukan format nomor telepon yang paling banyak menampung 15 digit dan menggunakan awalan + pada penulisannya. 2.• Layer 1.164). ke pengalamatan berbasis IP. E. Topologi Jaringan VoIP Universitas Indonesia Sistem arsitekur NGN digunakan sebagai acuan pengembangan dan pengintegrasian infrastruktur layanan Voice. Infrastruktur komunikasi berbasis arsitektur NGN menggunakan jaringan IP sebagai tulang-punggung yang menghubungkan berbagai komponen pada layer edge access.164 yang digunakan pada infrastruktur telekomunikasi yang sudah ada. Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 4  . Data dan Aplikasi pada jaringan INHERENT. Sebagian universitas seperti ITB. Edge Access : Menghubungkan subscriber dan terminal ke jaringan. network control dan service layer. Video. UGM telah menyediakan layanan voice dan data yang terintegrasi pada infrastruktur universitasnya. mengubah sinyal informasi ke berbagai format sesuai dengan kebutuhan transmisi dari jaringan. Gambar 2 memperlihatkan topologi jaringan VoIP Universitas Indonesia. Kondisi ini membutuhkan translasi dan penggabungan penomoran berbasis E. UI.

Proses translasi melalui tahapan berikut [Faltstrom04]: Page 5  Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    . sebagai contoh untuk bisa terhubung ke Internet. Pada sistem ini alamat IP dipetakan kesebuah nama yang merepresentasikan organisasi dan layanan terkait. sebagai contoh web server Universitas Indonesia menggunakan nama www.edu.4. DNS dan NAPTR Domain Name System (DNS RFC 1034 dan 1035) adalah sistem yang dibangun untuk memberikan kemudahan pengaksesan layanan pada komputer yang terhubung pada jaringan internet. Fiturfitur ini dibedakan berdasarkan tipe record dari informasi yang disimpan pada database DNS. Namun hal ini membawa kendala pada masalah penggunaan yang disebabkan tidak terwakilinya informasi mengenai organisasi ataupun layanan pada pengalamatan IP yang menggunakan bilangan.ui.11 (IPv4) dan 2001:e00:f00c::3:b (IPv6).Identifikasi node pada jaringan internet menggunakan pengalamatan 32 bit yang direpresentasikan dalam bilangan desimal (IPv4) atau 128 bit yang direpresentasikan dalam bilangan hexadesimal (IPv6).118. Informasi penamaan ini disimpan dalam bentuk database dan didistribusikan ke internet dengan menggunakan nameserver. Pada standar public ENUM. 2.164 dengan sistem penamaan dan pengalamatan Internet (DNS) yang menggunakan mekanisme pencarian secara tidak langsung untuk mendapatkan record NAPTR. ENUM diigunakan secara luas oleh para regulator untuk interkoneksi ke PSTN dan PLMN [Heinanen03]. Electronic Numbering (ENUM) dan Interenet Telephony Administrative Domain (ITAD) yang menggunakan NAPTR untuk memetakan alamat E. fitur ini melengkapi DNS dengan kemungkinan yang lebih luas penggunaan DNS. web server Universitas Indonesia diberi alamat 152.3.164 ke alamat VoIP atau ke alamat email yang diidentifikasikan oleh sebuah Uniform Resource Identifiers (URI). Naming Authority Pointer (NAPTR) adalah tipe record terbaru yang mendukung pemetaan nama berdasarkan persamaan regular (RFC 2195). Penggunaan bilangan desimal (IPv4) maupun hexadesimal (IPv6) pada jaringan internet memberikan kemungkinan pengaturan pengalokasian alamat yang unik bagi setiap jaringan yang terhubung. Tiap organisasi menggunakan nama domain yang unik .24. ENUM ENUM (Telephone Number Mapping) merupakan protokol-set yang menggabungkan penomoran berbasis E.arpa. root domain yang digunakan adalah e164. 2. [Albitz06] Pemetaan alamat IP ke nama domain adalah salah satu fitur yang ada pada DNS.

2.org . . Lookup DNS dengan alamat 9.• Menghilangkan semua tanda pemisah antar digit.4.1.6.1.4.org .3.e164.9. .6.3.8.2.4.848.edu.arpa di akhir urutan . Implementasi ITAD saat ini adalah pada penelitian ISN (Internet Service Numbering) yang menggabungkan nomor local dan ITAD dengan menggunakan tanda asterisk (*) sebagai pembatas.9.9.1 Menggabungkan kelompok II pada akhir digit dan dipisahkan dengan tanda (. dan menambahkan root domain freenum. ITAD pada kondisi Maret 2008.6.1.2.9.e164.1.).7.9.edu 2.freenum.2.1. . contoh: 62-21-7863419 menjadi +62217863419 • Membalik urutan angka dan menyisipkan tanda (. .) diantara digit yang ada .6 • Menambahkan root domain e164.arpa adalah sip:hotline.8.arpa .1999 menjadi 9. bukan wilayah seperti pada ENUM [Rosenberg02].6. baru dimiliki oleh 596 domains dari 46 negara yang sudah mendaftar.6.1.2. misal untuk layanan sip dari NAPTR 9. contoh: +62217863419 menjadi 9.8.9.freenum.1999*848 menjadi dua.org . kelompok I adalah 1999 dan kelompok II adalah 848 Membalik urutan digit pada kelompok I .6. dan menambah tanda + di awal urutan angka.org adalah sip:19999@ui. Proses • • • • translasi pada ITAD melalui tahapan berikut: Memisahkan digit yang dibatasi oleh * menjadi dua kelompok .9. hasil akhir adalah 9.3. Sebagai contoh subscriber 19999 pada ITAD 848 (Universitas Indonesia) memiliki nomor ISN: 19999*848.1.848.freenum.arpa • Lookup DNS dengan alamat 9.2.6.1.hasil lookup adalah sebuah URI.) diantara digit yang ada.1.2. hasil lookup adalah sebuah URI.848. ITAD dan ISN Internet Telephony Administrative Domain (RFC 3219) adalah sistem penomoran telepon yang diajukan oleh para volunteer berbasis latar belakang Internet dengan otorisasi penomoran yang mengacu pada organisasi. misal untuk layanan sip dari NAPTR 9.8.9.9.3.7.4. dam menyisipkan tanda (.1.5.2.1.7. Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 6  .7.e164.fasilkom@ui.

Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 7  . Mempersiapkan infrastruktur untuk bisa konvergen dengan layanan PSTN/PLMN. Jika dilihat dari dari sistem arsitektur NGN. Hal ini disebabkan oleh: • • • Belum digunakannya ITAD secara luas untuk layanan operasional . Gambar 3. menjamin keunikan setiap record yang ada pada layanan ini. Mekanisme interkoneksi VoIP dengan ENUM Dampak dari penggunaan DNS ini adalah adanya waktu tambahan untuk proses domain lookup. Untuk selanjutnya rancangan integrasi layanan VoIP di fokuskan pada penggunaan ENUM dengan root domain private e164. Kemampuan ini bisa digunakan untuk menjawab masalah skalabilitas pada pengintegrasian VoIP network yang ada di INHEREN.inherent-dikti.arpa yang digunakan luas untuk konvergensi VoIP dan PSTN.inherent-dikti.net. NAPTR memungkinkan pencarian URI dengan menggunakan DNS. dan ketergantungan peering Softswitch terhadap fasilitas DNS. pengintegrasian layanan dilakukan dengan menggunakan fasilitas pada Service-Layer untuk memetakan setiap perangkat Network Control Layer yang terlibat. Perancangan Operasi DNS yang hirarkis dan otorisasi pengelolaan yang terdistribusi. dengan kata lain fungsi routing dari softswitch diserahkan pada layanan DNS.3. Penggunaan e164.net disebabkan hingga saat ini belum ada kejelasan kebijakan pengelolaan ENUM dengan root domain e164.

ITB.inherent-dikti. maka e164.edu yang diperuntukkan bagi penelitian aplikasi ENUM pada layanan VoIP dan aplikasi lain. ITS.4. Paling tidak sudah ada 6 perguruan tinggi yang sudah bisa bergabung dalam testbed integrasi layanan VoIP dengan menggunakan ENUM yaitu UI. Tahapan Implementasi Gambar 4.net atau salah satu domain perguruan tinggi yang tergabung dalam INHERENT.net dijadikan pemodelan untuk implementasi ini. Karena root domain dari NAPTR record harus bermuara pada satu domain. Fase Implementasi Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 8  .ui. IPB. Implementasi Perancangan integrasi layanan VoIP pada jaringan INHERENT diusulkan untuk menggunakan ENUM dengan root domain private inherent-dikti. UB. saat ini Universitas Indonesia telah menyiapkan sebuah zone khusus e164.1. 4. UGM.

Pengaktifan fitur lookup NAPTR record pada zone/sub-zone e614.1.1. dilakukan dalam enam tahapan sebagai berikut. Delegasi Zone Pendelegasian dilakukan dengan mengalokasikan angka yang unik bagi tiap perguruan tinggi. yang dapat dilihat pada Gambar 4: • • Penentuan dan pendelegasian zone domain e614.0.inherent-dikti.net 2.inherent-dikti.1.inherent-dikti.0.1.net.1. Adapun urutan pengalokasian nomor tidak mencerminkan suatu apapun kecuali untuk ke-unikan Zone 0.net 3. pada softswitch/VoIP server.inherent-dikti.inherent-dikti.3.0.e164. Penggunaan lebih lanjut untuk layanan messaging (jabber).1.2.net 5.net 1.net 6.net 4.e164.net 8. Alokasi zone e164. Pengetesan basic call. Kemungkinan kedua lebih diutamakan untuk menjaga kestabilan layanan terkait dengan kegiatan pengetesan.net 0. • • • • 4.e164.inherent-dikti. Saat ini DNS server ns.net 9.e164.inherent-dikti. email dan lainnya.e164. dengan menggunakan berbagai perangkat pada edgeaccess layer.ui. Pengetesan NAPTR lookup antar zone/sub-zone.1.0.1.Pemodelan tahapan interkoneksi VoIP network.net 7.inherent-dikti.net 4.edu di set sebagai DNS server master yang mengelola zone e164.net Prefix Enum +100 +101 +102 +103 +104 +105 +106 +107 +108 +109 +110 Institusi DIKTI Universitas Indonesia Universitas Gajah Mada Institute Teknologi Bandung Institiute Teknologi Surabaya Institute Pertanian Bogor Universitas Brawijaya Universitas Diponegoro Politeknik Negeri Jakarta Universitas Sriwijaya Universitas Lampung Table 1.net dan sub domain dibawahnya.inherentdikti.0. Organisasi yang menggunakan sub-domain dibawah Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 9  .inherent-dikti.0.net.inherent-dikti.e164.1. Relasi DNS Server Infrastruktur ENUM yang mensyaratkan adanya suatu root domain difasilitasi dengan digunakannya zone e164.e164.inherent-dikti.1.inherent-dikti.inherent-dikti.0.0.e164.0.0.e164.inherent-dikti.e164.inherent-dikti.net ke perguruan tinggi yang tergabung dalam test bed.1.e164. Berikut ini adalah usulan penomoran untuk jaringan riset pendidikan tinggi. Pengimplementasian zone ini pada mesin DNS operasional atau pada server VoIP yang menjalankan daemon name server.1.e164.

e164. definisi record NAPTR diperlukan guna menentukan pemetaan nama DNS ke URI untuk layanan seperti SIP. Pada sisi server umumnya fasilitas ENUM perlu diaktifkan menambahkan parameter root ENUM dan memiliki maupun dengan modul.edu.edu yang mengelola zone 1.4.inherent-dikti. namun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi master jika diperlukan.1.0.e164. dilakukan dengan mendial +101 19999 . Cara Aktivasi Fitur ENUM pada Infrastruktur VoIP Penggunaan ENUM pada layanan VoIP mensyaratkan infrastruktur VoIP yang kemampuan memproses protokol dengan informasi ENUM.e164. Indikator keberhasilan implementasi dicapai dengan pengetesan panggilan ke salah satu nomor VoIP yang sudah mengimplementasikan ENUM sesuai dengan skenario integrasi VoIP INHERENT.ac.9.1. Pendefinisian SRV record (RFC 2782) pada DNS server utama disetiap perguruan tinggi diperlukan guna menentukan mekanisme pencarian layanan VoIP pada masingmasing domain terkait.net.e164.inherent-dikti. Sebagai contoh pada ns.1.9. Sebagai contoh Universitas Indonesia mendefinisikan port service udp 5060 untuk layanan SIP dan dilayani oleh sebuah mesin bernama sip. Pengamanan DNS server dilakukan dengan pendefinisian server yang diperboleh untuk melakukan transfer zone kedalam sebuah daftar kontrol akses ACL (Access Control List).id mengelola secara penuh dan menjadi master bagi zona 2.inherentdikti.edu 4.e164.1. Umumnya panggilan dilakukan dengan men-dial nomor VoIP dengan menggunakan tanda + diawal nomor Sebagai contoh untuk memanggil pesawat 19999 pada jaringan VoIP Universitas Indonesia.1. definisi record NAPTR di set untuk memetakan 9.net ke URI sip:19999@ui.ui.inherentdikti.e164.ugm. Sebagai contoh ns. Related Works • • • Integrasi LDAP Integrasi IPv6 Implementasi Multicast Network Page 10  Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    .net.0. baik disisi server client.ui. Pembatasan ini diperlukan dikarenakan interkoneksi terbuka pada jaringan IP yang memungkinkan terjadinya transaksi dengan komputer manapun. Pada setiap DNS server yang menjadi master bagi zone enum.0.net secara default di set sebagai slave untuk zone terkait.

• • Managemen Video Conference Integrasi layanan IM Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 11  .

Perancangan dan pengimplementasian yang hirarkis dibentuk dengan menset fungsi call control pada softswitch dan fungsi pencarian route pada DNS.html (1 of 6) last accessed: 2 Januari 2008 [Huawei06]] Huawei Tech. Aktivitas lebih lanjut perlu dilakukan untuk menjawab dan menganalisa masalah berikut: • • • Keamanan infrastruktur dan layanan VoIP Integrasi IM berbasis SIP dan jabber serta interkoneksi global Pengalokasian dan penggunaan public ENUM 2. April 2004.arpa dari Depatment Pos dan Telekomunikasi untuk menjawab kebutuhan pengaksesan global.2003.org/html/rfc3761.Enum Module. September 2000. OReilly.e164. Skalabilitas dan pengaksesan global menjadi issue yang mengemuka pada pengintegrasian layanan ini. Ltd.org/docs/modules/stable/enum. OReilly.openser. last accessed: March 2008 [Wallingford05]Theodore Wallingford. The Naming Authority Pointer (NAPTR) DNS Resource Record.5. Cricket Liu. NGN System Overview. DNS and BIND 5th Edition. Huawei Technologies Co.org/html/rfc2915.Otmar Lendl. http://tools.ietf. Kesimpulan Kemampuan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk bisa memperluas jaringan dan melayani aplikasi-aplikasi baru merupakan karakteristik yang harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi agar dapat berpartisipasi dalam membangun kekuatan pendidikan nasional. Salah satu solusi yang digunakan dalam menjawab permasalah ini adalah penggunaan ENUM. Pengintegrasian layanan VoIP menjadi pemodelan integrasi layanan diantara perguruan tinggi yang tergabung dalam jaringan INHERENT. May 2006 [Faltstrom04] P. http://tools. Integrasi layanan VoIP jaringan INHERENT menggunakan ENUM. The E. Faltstrom.164 to Uniform Resource Identifiers (URI) Dynamic Delegation Discovery System (DDDS) Application (ENUM).OpenSER Module. last accessed: March 2008 Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 12  . Referensi [Albitz06] Paul Albitz. Mealling.ietf.http://www.6. June 2005 [Heinanen03] Juha Heinanen. 2006 [Mealling00] M. Switching to VoIP.

org/ISN Cookbook. PT.org/rfc/rfc3219. November 1987.txt. Mockapetris. last accessed: March 2008 [Rosenberg02] J.txt.CONCEPTS AND FACILITIES.org/rfc/rfc1035. January 2002. Tbk. http://www. Mockapetris. 2007-10-25. DOMAIN NAMES .txt . Maret 2008 Proposal Integrasi Layanan Suara Berbasis Internet Protokol pada Jaringan INHERENT    Page 13  . last accessed 2 August 2008. Telephony Routing over IP (TRIP). http://www.org/rfc/rfc1034. http://www.ietf.. last accessed: March 2008 [Mockapetris87] P.. Telekomunikasi Indonesia. last accessed: March 2008 [Teitelbaum07] Ben Teitelbaum.The Freenum/ISN Cookbook. November 1987. Paparan Skenario INHERENT 20062008.IMPLEMENTATION AND SPECIFICATION.freenum.ietf.John Todd . DOMAIN NAMES . [Telkom08] PT. Tbk. Telekomunikasi Indonesia.ietf. http://www.htm. Rosenberg.[Mockapetris87] P.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.