KELISTRIKAN PADA OTAK Semua sinyal saraf dari dan ke otak melibatkan arus listrik Fungsi listrik dalam

otak : untuk mengoperasikan saraf, otot dan berbagai organ. Otak dapat dikatakan sebagai “generator” listrik dalam tubuh manusia. Aliran listrik ini berlangsung secara otomatis Proses muncul kejadian stimulasi dalam otak mengaktifkan sinyal listrik bagian otak dikirim ke bag tertentu. Otak mengirimkan respon sinyal balik Pengiriman sinyal ke seluruh tubuh kecepatannya 120 meter/sekon• Tegangan listrik saat istirahat -90 mvolt. Saat dalam keadaan puncak +40 mvolt• Skemanya : Istirahat  Stimulasi  Keadaan puncak  Istirahat• Dalam keadaan puncak itulah dihasilkan sinyal sinyal listrik dalam waktu 1/1000 detik• Arus listrik dalam otak dapat direkam dengan EEG ( Electro Ensefalogram ) Electro Ensefalogram Sebuah alat medis yang berfungsi untuk merekam arus listrik yang lemah yang dihasilkan oleh otak tanpa harus membuka tengkoraknya Ditemukan oleh Hans Berger pada tahun 1929 Pemakaian pertama juga pada tahun 1929 untuk mengatasi anak yang malas belajar Fungsi EEG mendiagnosa penyakit otak seperti epilepsi, gangguan tidur atau tumor otak Bahan Pembuat Perak Klorida Cara MembacaMembandingkan tegangan antara elektroda aktif dan elektroda referensi pada telinga/ bagian lain.l Macam Macam EEG Monopolar : 1 elektroda Bipolar : 2

Untuk mendapatkan pemikiran yang rasional dalam pemecahan masalah C.Contoh : melakukan kegiatan sehari hari. Low Beta 12 Hz – 15 Hz. frekuensi daan sinyal• Jenis jenis gelombang yang dihasilkan oleh otak dikelompokkan menjadi : A. ALPHA ( 8 Hz – 12 Hz ). BETA ( 12 Hz – 20 Hz ) A.Terendah amplitudonya kecil gelombangnya. istirahat atau . Mengurangi kerusakan otot Sistem Penulisan Penulisan langsung dengan tinta.Saat relaksasi.Terbagi menjadi : A. GAMMA ( 20 Hz – 40 Hz ). gelombang.Saat mengalami aktivitas mental yang terjaga. High beta : (transisi dengan Gamma) > 19 Hz B. saat ketakutan B.Contoh : saat dalam pertandingan. Responfrekuensi 60 Hz – 40 Hz Sinyal EEG• Dalam pemeriksaannya menggunakan pemeriksaan getaran.elektroda Cara Kerja Elektroda diletakkan di kulit kepala pada titik titikyang telah ditentukan Catat perbedaan potensial antara titik titik tersebut. Catatan : Ganjil untuk kiri dan Genap untuk kanan Peralatan EEG Input  amplifier  Filter  Writing Port  Trace Amplifier Amplitudo EEG rendah jadi harus di kuatkan fILter. Gelombang saat seseorang mengalami aktivitas mental yang sangat tinggi ( kesadaran Penuh ). Beta 15 Hz – 18 Hz C.

Keadaan antara sadar dan tidak sadar.5-4 Hz. Orang mengalami gelombang ini adalah ketika tidur tanpa mimpi. Fase delta adlh fase istirahat bagi tubuh dan badan Schumman Resonnance1.mengantuk.Untuk hypnosis. kalium dan kalsium).Biasa digunakan untuk hypnosis ( pemberian sugesti ). THETA ( 4 Hz – 8 Hz ) A. DELTA. frekuesi rendah. Seseorang yang dapat mempertahankan frekuensi getaran ini biasanya mempunyai kekuatan supranatural seperti yang terjadi pada anak anak indigo Kelistrikan Pada Jantung Jantung berkontraksi akibat impuls listrik yang ditimbulkannya sendiri (pemukaan dan penutupan selektif dari kanal membran plasma untuk natrium.Hubungan antara pikiran sadar dan tidak sadar. ritual agama dan aliran energi saat berolahraga chi. saat mulai meditasi. Ada pada gelombang Theta4.Anak anak dapat cepat menangkap pelajaran dan berimajinasi tinggi karena berada pada gelombang ini. Nodus sinoatrium (SA): tempat impuls ritmis dicetuskan.Amplitudo besar. 83 Hz3.4. Merupakan sebuah ketentuan frekuensi getaran dari alam semesta2. Nodus atriumventricel (AV): : tempat impuls dari atrium mengalami perlambatan sebelum masuk ke ventrikel3.Saat tidur lelapMerupakan fase istirahat. E. Nilainya 7. mimpi malam harinya ada yang teringat dan ada yang tidak D.Saat tidur ringan. suatu sifat yang dikenal sebagai otoritmisitas.Juga terjadi saat bangun tidur.Frekuensinya antara 0.2. Berkas His (berkas atrioventrikel): menghantarkan impuls dari atrium ke ventrikel.Frekuensi seseorang tidak mungkin 0 karena berarti seseorang tersebut telah meninggal. Serat purkinje: : menghantarkan . Sel-sel jantung yang mampu mengalami otoritmisitas adalah :1.

Kecepatan dari denyut jantung ditentukan oleh kecepatan dari signal listrik yang berasal dari pemacu jantung. Pada dasarnya EKG terdiri dari banyak gelombang.80 kali per menit• Nodus AV : 40-60 kali per menit• Berkas His dan serat purkinje : 20-40 kali per menit Denyut jantung ditentukan oleh kecepatan dari signal listrik. jantung orang dewasa akan berdenyut secara teraturantara 60-100 detak/menit. EKG (Elektrokardiogram) Untuk mengetahui aktifitas listrik di jantung. yang bekerja di St. Sel-sel khusus jantung itu sendiri tidak mempunyai potensial istirahat.Pada keadaan normal dan istirahat. Adapun urutan kemampuan pembentukkan potensial aksi berbagai susunan penghantar khusus jantung yaitu:• Nodus SA (pemacu normal) : 60. yang tiap gelombang mewakilkan satu denyut jantung (satu kali aktifitas listrik jantung). London. . Denyut jantung yang tidak teratur disebut aritmia (disebut juga dysrhythmia).impuls jantung ke seluruh ventrikel. Orang pertama yang mengadakanpendekatan sistematis pada jantung dari sudut pandang listrik adalah Augustus Waller.cairan tubuh. Arus listrik yang dihasilkan oleh otot jantung menyebar ke jaringan di sekitar jantung dan dihantarkan melalui cairan. yang dinamakan elektrokardiogram. Marys Hospital di Paddington.Kecepatan denyut jantung ini dapat meningkat sesuai aktfitas yang dikerjakannya. bisa dilihat pada suatu grafik yang menggambarkan rekaman listrik jantung. SA node.

Cara penggunaan EKG terhadap pasien Untuk memperoleh rekaman EKG dipasang elektroda-elektroda di kulit pada tempattempat tertentu. Lokasi penempatan elektroda (sadapan) sangat penting diperhatikan. Terdapat 3 jenis sadapan (lead) pada EKG. yaitu :a. karena penempatan yang salah akan menghasilkan pencatatan yang berbeda. Sadapan Prekordial (sadapan yang .

Titik P mempunyai arti bahwa terjadinya denyutan/kontraksi pada atrium jantungb. Titik Q. T dan U a. Unipolar (Kaki dan Tangan dengan 3 elektroda). Sedangkan titik T berarti relaksasi pada ventikel jantung. S. Q. Dalam satu gelombang EKG terdiri dari titik interval dan segmen.ditempatkan secara langsung di dada). hiperkalemia dan hipokalemia)• EKG memungkinkan penemuan abnormalitas konduksi• EKG digunakan sebagai alat tapis penyakit jantung iskemik selama uji stres jantung• EKG kadang-kadang berguna .b. Pada gelombang yang tidak teratur memperlihatkan tidak terkoordinasinya listrik dan jantung sedang bekerja keras. Pada gelombang standar memperlihatkan bahwa pada listrik terkoordinasi dan jantung berdetak dengan internal yang teratur. Kegunaan EKG• EKG memandu tingkatan terapi dan risiko untuk pasien yang dicurigai ada infark otot jantung akut. bukannya berdetak seperti biasa.sinyal listrik kecil yang mengkoordinasi denyut jantung yang dapat menunjukkan penyakit jantung. Titik interval ini terdiri dari titik P. R dan S mempunyai arti bahwa terjadinya denyutan/kontraksi (listrik) pada ventrikel jantungc. Sinyal tersebut “berdesir” keluar dan dipungut oleh sensor-sensor logamnya yang ditempelkan dikulit pasien. R.• EKG membantu menemukan gangguan elektrolit (mis. Cara kerja EKG EKG melacak dan mencatat sinyal. Bipolar (Kaki dan Tangan dengan 2 elektroda)c.

emboli paru atau hipotermia) .untuk mendeteksi penyakit bukan jantung (mis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful