BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Penelitian geologi ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti untuk mengetahui kondisi geologi dari sebagian wilayah Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian geologi meliputi; geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, sejarah geologi, dan geologi lingkungan serta proses - proses geologi yang masih berkembang sampai sekarang yang pada akhirnya dapat digambarkan pada peta geomorfologi dan peta geologi. Keberadaan aspek-aspek geologi tersebut sedapat mungkin teramati, kemudian pada akhirnya dapat bermanfaat bagi pemerintah daerah setempat atau pihak yang berkepentingan pada daerah penelitian khususnya dalam eksploitasi, seperti bahan galian dan segala bentuk sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh kepentingan umat manusia. Selain itu, peristiwa gempabumi yang terjadi pada tahun 2006 silam di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan gempabumi yang disebabkan adanya patahan (sesar) Opak yang berada di daerah penelitian. Keberadaan sesar Opak yang hingga kini masih mengundang banyak peneliti untuk melakukan pengkajian terhadap struktur geologi berupa sesar Opak tersebut. Terkait dengan permasalahan tersebut, Sesar Opak menarik untuk dikaji terutama pada pola di bawah permukaan.

Usul Tugas Akhir Al Hussein Flowers Rizqi (410009047)

1

Luas daerah penelitian ± 54 km 2 (9 km x 6 km). peta geomorfologi dan peta geologi. Peta tersebut diharapkan dapat digunakan untuk kepentingan keilmuan maupun kepentingan pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam.1). struktur geologi. berupa geomorfologi. Kajian bawah permukaan juga dilakukan di sepanjang Sesar Opak untuk mengetahui pola bawah permukaanya. (meridian 0° dari Greenwich).000 yang sumbernya diterbitkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL). susunan stratigrafi serta mempelajari karakteristik fisik (megaskopis dan mikroskopis) dari contoh batuan yang representatif/mewakili satuan batuan yang menyusun daerah penelitian.2.1408 . Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi geologi yang diwujudkan dalam bentuk peta lokasi pengamatan. penyatuan batuan menjadi satuan batuan. Letak dan Luas Daerah Penelitian Secara administratif daerah penelitian termasuk dalam sebagian wilayah Desa Selopamioro. 1408 – 021 dan Lembar Peta Imogiri No. Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Gambar 1. Secara astronomis terletak pada koordinat 110° 21' 05" BT .7° 58' 50" LS.022.110° 26' 00" BT dan 7° 55' 35" LS . Kecamatan Imogiri. Maksud dan Tujuan Maksud dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan geologi yang mencakup pemerian data geologi yang tersingkap di permukaan bumi. Usul Tugas Akhir Al Hussein Flowers Rizqi (410009047) 2 . dengan skala 1 : 25.3.1. 1. Daerah penelitian termasuk dalam Lembar Peta Bantul No.

1 jam. Kondisi medan daerah penelitian bervariasi dari dataran maupun daerah yang bergelombang namun kondisi jalan relatif masih cukup baik sehingga masih dimungkinkan menggunakan kendaraan untuk menempuhnya.1 Peta lokasi daerah penelitian : Lokasi penelitian 1.Gambar 1. Usul Tugas Akhir Al Hussein Flowers Rizqi (410009047) 3 . tetapi untuk lokasi-lokasi tertentu hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Kesampaian Daerah Penelitian Daerah penelitian dapat dicapai dari Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 22 km selama kurang lebih ½ .4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful