Perencanan keuangan Pengertian Perencanaan Keuangan

Perencana keuangan adalah suatu perencanaan yang dilakukan oleh seseorang dan keluarga agar kebutuhan finansial dapat tercapai dikemudian hari. Misalnya keinginan untuk memiliki rumah atau apartemen yang layak, memiliki kendaraan, dana untuk pendidikan bagi anak yang tercinta dan lain sebagainya.

Dengan lain kata bagaimana mengatur pendapatan agar dapat memenuhi semua kebutuhan kita/keluarga baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. Ada 3 Skenario dalam perencanaan keuangan perusahaan
  

- Skenario terburuk - Skenario normal - Skenario terbaik

Proses perencanaan Tahukan Anda bahwa proses melakukan perencanaan keuangan itu identik dengan Anda melakukan perencanaan perjalanan wisata? Jika Anda merencanakan perjalanan wisata ke suatu tempat yang Anda inginkan, langkah pertama Anda adalah menganalisa kondisi Anda sendiri termasuk dimana lokasi Anda berada, kemudian baru Anda tentukan tujuan wisata Anda. langkah berikutnya pemilihan rute perjalanan untuk mencapai tujuan Anda misalnya Anda ingin rute tercepat, atau rute terpendek, ataupun rute dengan melewati pemandangan yang indah atau melalui rute yang menantang. Pilihan Anda akan tergantung toleransi dan selera Anda. Jika ditengah jalan Anda berubah pikiran, Anda pun dapat saja merubah arah dan rute untuk mencapai tujuan Anda. langkah-langkah tersebut merupakan waktu proses untuk mencapai tujuan wisata Anda yang dapat dikatakan identik dengan proses melakukan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangan.

Tujuan Perencanan Keuangan Tujuan Jangka Pendek Kebutuhan menabung yang berhubungn dengan tujuan jangka pendek adalah dana darurat. Bila Anda belum memilikinya, sebaiknya alokasikan untuk kebutuhan darurat ini. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi satu menit atau bahkan satu detik yang akan datang.

Langkahkan kaki Anda untuk meraih mimpi dengan menggambarkan secara spesifik mimpi-mimpi tersebut dan mulailah sekarang.Menyisihkan dana darurat harus sebagai prioritas awal dalam hal perencanaan keuangan keluarga. Tujuan Jangka Menengah Dalam hal ini banyak sekali kebutuhan yang mungkin menjadi tujuan keuangan. langkah pertama untuk menentukan besarnya dana darurat adalah antara 3-6 bulan biaya hidup bulanan. Sebagai acuan. Semakin panjang waktu yang dimiliki akan semakin kecil kebutuhan tabungan regular yang harus dialokasikan. Selain dari tabungan pendidikan. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Anggaran menunjukkan tiga fungsi dasar bagi perusahaan :  Anggaran menunjukkan pemilihan waktu dan jumlah kebutuhan dana perusahaan di masa . bisa dalam investasi dengan tingkat likuiditas yang tinggi atu memiliki ‘investasi bayangan’ berbentuk asuransi yang akan mengeluarkan dana darurat untuk beberapa kasus tertentu. sehingga mudah untuk dicairkan. Hal ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena pendidikan menjadi sangat penting dalam kehidupan di masa datang. Mulailah sejak awal karena hal ini akan memberikan banyak kelebihan bagi Anda. Semakin spesifik Anda menentukan tujuan perencanaan keuangan ini. Tabungan untuk hal ini bisanya menjadi alternatif yang harus dipertimbangkan. dengan asumsi tingkat suku bunga serta besarnya kebutuhan yang diinginkan tetap sama. biasanya kebutuhan jangka panjang lainnya adalah dana pensiun. baik dari pilihan investasi yang lebih beragam dan tentunya keuntungan waktu yang lebih panjang. misalkan membeli rumah dengan kredit sehingga membutuhkan uang muka sebagai awal transaksi. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya dapat memperoleh pendidikan yang terbaik. Sebagai contoh. Kegunaan anggaran Anggaran merupakan suatu ramalan yang sederhana dari kejadian yang akan datang. Untuk kebutuhan jangka panjang. biaya pendidikan anak dan dana pensiun. Tujuan Jangka Panjang Yang merupakan kebutuhan jangka panjang yaitu. Perhitungkan dengan benar kebutuhannya dan mulailah menabung untuk tujuan tersebut. Tidak ada satu perusahaan pun yang memiliki anggaran yang tidak terbatas. Tempatkan dana. sehingga proses penyusunan anggaran menjadi hal penting dalam sebuah proses perencanan. Anggaran merupakan sejumlah uang yang dihabiskan dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program. Atau untuk membeli mobil sebagai alat transportasi keluarga. waktu adalah sahabat Anda. Sehingga dibutuhkan perencanaan yang seksama dan dilakukan secara berkesinambungan. semakin mudah pula langkah Anda untuk menentukan cara meraih tujuan tersebut. maka tempatkan dana sebesar antara Rp 15 juta sampai Rp 30 juta sebagai dana darurat. bila pengeluaran regular perbulan Anda adalah sebesar Rp 5 juta.

 . Anggaran memberikan dasar bagi evaluasi kinerja. perubahan bersih dalam kas untuk satu periode dan kebutuhan dana yang baru. pengeluaran kas. Anggaran memberikan dasar untuk mengambil tindakan korektif jika dianggarkan dan angka yang sebenarnya tidak cocok. jika perhitungan penganggaran tidak sesuai dengan perhitungan aktual  Anggaran merupakan dasar untuk evaluasi kinerja Anggaran kas Anggaran kas menggambarkan suatu rencana yang terperinci tentang arus kas masa depan dan terdiri dari empat unsur : penerimaan kas.yang akan datang  Anggaran menjadi dasar pengambilan tindakan korektif.   Anggaran menunjukkan jumlah dan waktu kebutuhan pembiayaan di masa depan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful