Home � logo , saka , satuan karya pramuka � Logo atau Lambang Saka (Satuan Karya Pramuka

)

Logo atau Lambang Saka (Satuan Karya Pramuka)
Alam Endah | 5:58 PM | 0 comments

Logo atau lambang Saka (Satuan karya Pramuka) adalah daftar lambang atau logo berbagai Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia. Logo Satuan Karya Pramuka bukan hanya lambang Saka yang bersifat nasional atau sudah diakui dan ditetapkan dengan SK Kwarnas Gerakan Pramuka dan berlaku di seluruh Indonesia saja. Namun juga disertakan beberapa Saka yang masih bersifat lokal atau hanya berlaku di daerah tertentu dan hanya ditetapkan melalui keputusan Kwartir daerah atau Kwartir Cabang. Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yaitu meliputi Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana (Keluarga Berencana), Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wira Kartika. Logo atau lambang dari masing-masing Satuan Karya Pramuka tersebut adalah sebagai berikut (klik masingmasing logo untuk memperbesar):

Saka Bahari; Satuan Karya Pramuka Bahari adalah Saka di bidang kebaharian atau kelautan dengan lambang atau logo:

Saka Bakti Husada; Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah saka di bidang kesehatan dengan lambang atau logo:

 Saka Bhayangkara. Satuan Karya Pramuka Dirgantara adalah Saka di bidang kedirgantaraan dengan lambang atau logo: . Satuan Karya Bhayangkara adalah Saka di bidang ketertiban masyarakat dengan lambang atau logo:  Saka Dirgantara.

kehutanan. Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan dengan lambang atau logo:  Saka Taruna Bumi. Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi adalah saka di bidang pembangunan pertanian dengan lambang atau logo:  Saka Wanabakti. Satuan Karya Pramuka Wanabakti adalah saka di bidang pelestarian sumber daya alam. Satuan Karya Pramuka Kencana adalah Saka di bidang bidang Keluarga Berencana. Saka Kencana (Keluarga Berencana). dan lingkungan hidup dengan logo: .

Satuan Karya Pramuka Bina Sosial (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka di bidang kesejahteraan sosial dengan lambang atau logo: . Tidak menutup kemungkinan ke depannya Saka-saka tersebut pun bisa berlaku secara nasional jika telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Logo dari beberapa Saka yang masih bersifat lokal tersebut adalah:  Saka Bina Sosial. Satuan Karya Pramuka Wira Kartika adalah Saka di bidang kewilayahan dan bela negara dengan lambang dan logo: Selain Saka-saka yang telah berlaku secara nasional tersebut juga terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka yang berlaku secara lokal di Kwartir daerah atau Kwartir Cabang tertentu saja. Saka Wira Kartika.

 Saka Pandu Wisata. Satuan Karya Pramuka Pandu Wisata (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka di bidang kepariwisataan dengan logo atau lambang:  Saka Pustaka. Satuan Karya Pramuka Pustaka (Kwarda Jawa Tengah) di bidang kepustakaan dengan lambang atau logo: .

Satuan Karya Pramuka Telematika (Kwarda Jawa Barat) di bidang teknologi dan informasi dengan lambang atau logo: Itulah beberapa Satuan Karya Pramuka yang ada di Indonesia baik Saka yang bersifat nasional (melalui penetapan Kwarnas Gerakan Pramuka) atau pun saka yang masih bersifat lokal. Tentu masih terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka lokal yang belum terdaftar dalam postingan ini. Untuk pembahasan lebih mendetail tentang masing-masing Satuan Karya Pramuka tersebut akan diposting dalam kesempatan mendatang. Saka Telematika. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful