Gunakan EBM agar Up To Date STEP 1 1.

EBM : evidence based medicine  penjabaran ilmiah atau pendekatan yang berdasarkan bukti2 ilmiah terkini untuk kepentingan kesehatan. 2. Critical appraisal : sebuah telaah atau kejian untuk mengkritisi sebuah sember penngetahuan untuk menentukan apakah layak apa tidak untuk digunakan sebagai rujukan dan layak untuk dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan klinis. STEP 2 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. Bagaimana langkah2 EBM ? Apakah tujuan dan manfaat dr EBM? Apa latar belakang EBM? Kelemahan dari EBM? Apa syarat2 dalam melakukan EBM ? Kendala dalam melakukan EBM? Langkah apa saja yang harus dipenuhi saat melakuka CA? Mengapa harus dilakukan EBM dan CA? Hubungan EBM dan CA? Manfaat dan tujuan CA? Bagaimana mencari sumber yang layak rujuk?

STEP 3 1.  Mencari artikel2  Menggunakan CA  Mengubah keluhan dan gejala pasien untuk mencari informasi yang spesifik  Mencari fakta terbaik untuk menjawab masalah  Menilai secara kritis fakta2 yang diperoleh dari sudut keabsahan . efektivitas. efisiensi. Manfaat : Untuk klinisi sebagai penguat bukti pada proses hukum dan Agar sebagai dokter tidak hanya terampil dalam keahlian klinis tapi jg trampil menevaluasi tindakan yang diambil 3. misalnya DM Intervention :obat utama Comparison :obat pembanding Outcome :hasilnya. 2. dan kemungkinan untuk diterapkan  untuk evaluasi. Apa latar belakang EBM?  Karena seorang dokter dituntut untuk melakukan praktek dengan baik. tepat dan dapat dipertanggung jawabkan dan sesuai penuntutan pasien. Bagaimana langkah2 EBM ?  PICO mencari masalahnya Patient & problem :subyek penelitiannya . Apakah tujuan dan manfaat dari EBM? Tujuan : membantu proses pengambilan keputusan klinis berdasarkan bukti ilmiah terkini. . terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. manfaat.

5.  Kemajuan teknologi dan media komunikasi mempengaruhi perkembengan disegala bidang  Pengetahuan bisa berubah dalam waktu yang tidak terlalu lama  Adanya banjir informasi  Adanya kemustahilan akses kesemua informasi  Adanya slipperyslope : kemunduran pengetahuan dokter. 6.4. sedangkan pasien membutuhkan tatalaksana terkini. Kelemahan dari EBM?  Perlu waktu dan proses yang lama  Pengetahuan yg kurang tentang sumber yg ingin dipejari  hasil kurang maksimal  Adanya kesalahpahaman dalam menerima informasi  Segan dalam mengkritisi suatu informasi  Kurangnya fasilitas dan teknologi yang memadai  Minimnya pengalaman dan prior knowledge Apa syarat2 dalam melakukan EBM ?  Sumber informasi yang sudah teruji kebenarannya  Dilihat siapa yang menerbitkan dan bagaimna validitasnya  Dilihan jurnal apakah memiliki efektifitas apa tidak Kendala dalam melakukan EBM?  Perlu waktu dan proses yang lama  Pengetahuan yg kurang tentang sumber yg ingin dipejari  hasil kurang maksimal  Adanya kesalahpahaman dalam menerima informasi  Segan dalam mengkritisi suatu informasi  Kurangnya fasilitas dan teknologi yang memadai  Minimnya pengalaman dan prior knowledge .

reliable. Manfaat dan tujuan CA? Manfaat :  meningkatkan daya analisis kritis  Menentukan aalternatif yang lebih baik  Memunculakan banya pertanyaan baru  Informasi yng didapatkan lebih detail dan memperoleh kebenaran suatu informasi Tujuan :  Memahami informasi yang diperoleh . smple. desain. Mengapa harus dilakukan EBM dan CA?  Untuk memecahkan masalah klinis dengan sumber yang valid.7. jelas dan dipertanggung jwabkan 9. dan terkini. Langkah apa saja yang harus dipenuhi saat melakuka CA?  Validitasnya Pico : untuk mengetahui penjelasan definisi Metode. Hasil yang di studi itu penting atau tidak untuk dipertimbangkan. 8. analisis data dan hasil  Apakan hasilnya penting : ketepatan estimasi efek terapi  Relevan atau tidak : pasian ada di studi sama dengan pasien yang kita hadapi. confounding variable. Hubungan EBM dan CA?  CA merupakan dasar EBM yg berdasarkan critical thinking berdasarkan IT  IT nya bagus  informasi yg diperoleh bagus seseorang dapat melakukan CA 10.

terlalu focus. akurat. jurnal.  Mampu memilih informasi yng tepat untuk dianalisa. sangat spesifik?  Dilihan apakah informasi spesifik yang dicari mudah didapat?  Berapa lama waktu yng diperlukan untuk memperoleh info tertentu. . Mampu mengevaluasi permasalan yng dihadapi maupun pemecahan masalahnya. informasi fakultas. Contoh : lebih bnyak info diperoleh dari bacaan drpd audio visual  Apakah info yg diperoleh dapat di review secara mudah untuk menyegarkan kembali dengan sumber info lain  Apakah cara untuk mmperoleh info sudah yng terbaik?dengan cara efektif dan efisien. review artikel. fresh dari sumber informasi dari textbook . detail. 11. audio visual resources. Bagaimana mencari sumber yang layak rujuk?  Bagaimana sifat informasinya : apakan kontemporer.  Apakan informasi terlalu luas atau terlalu sempit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful