PRAKTIKUM PETROLOGI ACARA : BATUAN BEKU (ASAM) NAMA : APRILA F.

PARMA NIM : D61112259

HARI/TANGGAL : KAMIS, 3 OKTOBER 2013

No. Urut No. Peraga Jenis Batuan Warna Tekstur Kristalinitas Granularitas Fabrik o Bentuk o Relasi

:1 :: Batuan beku asam : Abu-abu keputihan : : Hipokristalin : Faneroporfiritik : : Euhedral - subhedral : Equigranular : Massive

Struktur Deskripsi mineral Mineral Mineral Utama

NAMA Biotit

WARNA Hitam

BENTUK Euhedral subhedral

PERSENTASE 40 %

Mineral Tambahan

Plagioklas Hornblende Massa dasar

Putih tulang Hitam Abu-abu

Subhedral Subhedralanhedral Afanitik

5% 15 % 40 %

Nama Batuan Keterangan

: Trakit Porphyri (Fenton 1940) : Batuan ini termasuk dalam jenis batuan beku

vulkanik, memiliki ciri-ciri fisik segar berwarna abu-abu keputihan, lapuk berwarna

sehingga kristal-kristalnya memiliki waktu yang sedikit untuk membentuk kristal-kristal karena interaksi dengan keadaan di sekitar seperti udara . relasi equigranular menunjukkan ukuran butir yang menyusun batuan hampir sama besar. kombinasi dari bentuk baik dengan bentuk jelek sampai bentuk bidang batas dari kristal cukup teratur. bentuk euhedral . Karena proses pembentukan mineral yang relatif cepat. tekstur kritalinitas hipokristalin dimana disusun oleh sebagian kristal dan sebagian massa dasar. dimana kristal-kristal terbentuk tidak bersamaan (berdasarkan BRS) setelah itu mengalami proses kristalisasi mineral-mineral dalam bentuk agregasi yang kemudian mengalami proses pencampuran magma dimana terjadi erupsi yang cepat dari suatu lubang kepundan. granularitas faneroporfiritik dicirikan oleh fenokris yang terdapat pada massa dasar kristal yang afanitik. Kegunaan dari batuan ini memilki nilai ekonomis batuannya yakni dapat dijadikan campuran dalam pembuatan lantai. yang kemudian membentuk batuan yang dinamakan Trakit porphyri. sehingga kristal-kristalnya tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengkristal dengan baik yang dapat mempengaruhi tekstur dan struktur dari batuan ini. Struktur massive/kompak berupa susunan yang kompak dari mineral-mineral dalam batuan. dan juga sebagai hiasan (aksesoris). Dilihat dari ciri-ciri fisiknya maka batuan ini memiliki nama Trakit porphyri. Batuan ini ditemukan berasosiasi dengan batuan beku asam lainnya seperti Syenit. Proses pembentukan batuan ini mengalami proses diferensiasi magma yaitu proses pemisahan magma homogen dengan komposisi yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi. digunakan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.subhedral yaitu bentuk bidang batas dari kristal bervariasi. tidak menunjukkan adanya pori-pori. penjajaran mineral atau bentuk aliran. Sehingga kristal-kristal yang memiliki berat jenis lebih tinggi akan lebih duluan sampai pada dasar. . Tekstur batuan ini dipengaruhi oleh kecepatan pembentukan kristal yang relatif cepat karena terjadi di permukaan.kecoklatan. Didahului oleh pembentukan mineral biotit pada suhu sekitar 700o-800o C.

subhedral : Equigranular : Massive Struktur Deskripsi mineral Mineral Mineral Utama NAMA Ortoklas WARNA Putih BENTUK Euhedral subhedral PERSENTASE 40 % Mineral Tambahan Piroksin Kuarsa Plagioklas Hitam Putih Putih tulang Subhedral Subhedralanhedral Subhedral 20 % 30 % 10 % Nama Batuan Keterangan : Granit (Fenton 1940) : Batuan ini termasuk dalam jenis batuan beku plutonik. PARMA NIM : D61112259 HARI/TANGGAL : KAMIS. Peraga Jenis Batuan Warna Tekstur Kristalinitas Granularitas Fabrik o Bentuk o Relasi :2 :: Batuan beku asam : Merah muda : : Holokristalin : Faneritik : : Euhedral .PRAKTIKUM PETROLOGI ACARA : BATUAN BEKU (ASAM) NAMA : APRILA F. lapuk berwarna . Urut No. memiliki ciri-ciri fisik segar berwarna merah muda. 3 OKTOBER 2013 No.

dimana kristal-kristal terbentuk tidak bersamaan (berdasarkan BRS) setelah itu mengalami proses kristalisasi mineral-mineral dalam bentuk agregasi. sehingga kristal-kristalnya memiliki waktu yang cukup untuk membentuk kristal-kristal yang jelas. penjajaran mineral atau bentuk aliran. sehingga kristal-kristalnya memiliki waktu yang cukup untuk mengkristal dengan baik yang dapat mempengaruhi tekstur dan struktur dari batuan ini. equigranular menunjukkan ukuran butir mineral yang menyusun batuan hampir sama. 1940). digunakan sebagai bahan pembuatan keramik dan bahan penggosok. tekstur kritanilitas holokristalain dimana disusun oleh kristal-kristal yang nampak jelas. Tekstur batuan ini dipengaruhi oleh kecepatan pembentukan kristal yang relatif lambat. bentuk euhedralsubhedral yaitu bentuk bidang batas dari kristal teratur baik dan tampak jelas sampai bentuk bidang batas dari kristal bervariasi. Didahului oleh pembentukan mineral piroksin pada suhu 1000°C. Dilihat dari ciri-ciri fisiknya maka batuan ini memiliki nama Granit (Fenton. . Struktur massive/kompak berupa susunan yang kompak dari mineral-mineral dalam batuan.kecoklatan. Kegunaan dari batuan ini memilki nilai ekonomis dari mineral penyusunnya maupun batuannya. Batuan ini ditemukan berasosiasi dengan batuan beku asam lainnya seperti Pegmatit. tidak menunjukkan adanya pori-pori. Sehingga kristal-kristal yang memiliki berat jenis lebih tinggi akan lebih duluan sampai pada dasar. Proses pembentukan batuan ini mengalami proses defrensiasi magma yaitu proses pemisahan magma homogen dengan komposisi yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi. dan terakhir adalah mineral kuarsa yang terbentuk pada suhu 375o C yang kemudian membentuk batuan yang dinamakan Granit. Karena proses pembentukan mineral yang relatif lama. granulitas faneritik dicirikan oleh kristal-kristal dari mineral penyusunnya tampak jelas dapat dibedakan dengan mata atau lup. kemudian ortoklas pada suhu sekitar 600o-700o C.

3 OKTOBER 2013 No. lapuk berwarna kehitaman.10 : Batuan beku asam : Abu-abu kehitaman : : Hipokristalin : Porfiritik : : Euhedral . Peraga Jenis Batuan Warna Tekstur Kristalinitas Granularitas Fabrik o Bentuk o Relasi :3 : B.subhedral : Inequigranular : Massive Struktur Deskripsi mineral Mineral Mineral Utama NAMA Ortoklas WARNA Putih BENTUK Euhedral subhedral PERSENTASE 45 % Mineral Tambahan Piroksin Biotit Plagioklas Massa dasar Hitam Hitam Putih tulang Abu-abu Euhedral Subhedralanhedral Subhedral Anhedral 25 % 10 % 5% 15 % Nama Batuan Keterangan : Syenit Porphyri (Fenton 1940) : Batuan ini termasuk dalam jenis batuan beku plutonik. memiliki ciri-ciri fisik segar berwarna abu-abu. . Urut No. PARMA NIM : D61112259 HARI/TANGGAL : KAMIS.PRAKTIKUM PETROLOGI ACARA : BATUAN BEKU (ASAM) NAMA : APRILA F.

granulitas porfiritik dicirikan oleh kristal-kristal dari mineral penyusunnya tampak hampir jelas dapat dibedakan dengan mata atau lup. dimana kristal-kristal terbentuk tidak bersamaan (berdasarkan BRS) setelah itu mengalami proses kristalisasi mineral-mineral dalam bentuk agregasi. dan terakhir adalah mineral biotit yang terbentuk pada suhu 800-700o C yang kemudian membentuk batuan yang dinamakan Syenit Porphyri. bentuk euhedral-subhedral yaitu bentuk bidang batas dari kristal teratur baik dan tampak jelas sampai bentuk bidang batas dari kristal bervariasi.tekstur kritalinitas hipokristalin dimana disusun oleh sebagian kristal dan sebagian massa dasar. penjajaran mineral atau bentuk aliran. inequigranular menunjukkan ukuran butir mineral yang menyusun batuan berbeda. Batuan ini ditemukan berasosiasi dengan batuan beku asam lainnya seperti Granit. Tekstur batuan ini dipengaruhi oleh kecepatan pembentukan kristal yang relatif cepat. tidak menunjukkan adanya pori-pori. Sehingga kristal-kristal yang memiliki berat jenis lebih tinggi akan lebih duluan sampai pada dasar. Proses pembentukan batuan ini mengalami proses diferensiasi magma yaitu proses pemisahan magma homogen dengan komposisi yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi. 1940). Struktur massive/kompak berupa susunan yang kompak dari mineral-mineral dalam batuan. . Didahului oleh pembentukan mineral piroksin pada suhu sekitar 1000o C. Kegunaan dari batuan ini memilki nilai ekonomis dari mineral penyusunnya maupun batuannya. sehingga kristal-kristalnya tidak memiliki waktu yang cukup untuk membentuk kristal-kristal yang jelas. Dilihat dari ciri-ciri fisiknya maka batuan ini memiliki nama Syenit Porphyri (Fenton. digunakan sebagai bahan papan penggosok. kemudian mineral ortoklas pada suhu sekitar 600o-700o C.

PRAKTIKUM PETROLOGI ACARA : BATUAN BEKU (ASAM) NAMA : APRILA F. PARMA NIM : D61112259 HARI/TANGGAL : KAMIS. 3 OKTOBER 2013 No.anhedral : Inequigranular : Massive Struktur Deskripsi mineral Mineral Mineral Utama NAMA Ortoklas WARNA Putih BENTUK Subhedralanhedral PERSENTASE 30 % Mineral Tambahan Kuarsa Biotit Sulfur Massa dasar Putih Hitam Kuning Abu-abu kemerahan Subhedral Subhedralanhedral Anhedral Anhedral 5% 5% 3% 57 % Nama Batuan Keterangan : Ryolit Porphyri (Fenton 1940) : Batuan ini termasuk dalam jenis batuan beku vulkanik. lapuk berwarna . Urut No. Peraga Jenis Batuan Warna Tekstur Kristalinitas Granularitas Fabrik o Bentuk o Relasi :4 :: Batuan beku asam : Merah muda : : Hipokristalin : Porfiroafanitik : : Subhedral . memiliki ciri-ciri fisik segar berwarna abu-abu kemerahan.

dan terkahir mineral kuarsa yang terbetuk pada suhu 375°C yang kemudian membentuk batuan yang dinamakan Ryolit Porphyri. digunakan sebagai bahan campuran semen. Proses pembentukan batuan ini mengalami proses diferensiasi magma yaitu proses pemisahan magma homogen dengan komposisi yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi. bentuk subhedral-anhedral yaitu bentuk bidang batas dari kristal cukup baik dan tampak jelas sampai bentuk bidang batasnya. kemudian mineral ortoklas yang terbentuk pada suhu 700 – 600°C. dimana kristal-kristal terbentuk tidak bersamaan (berdasarkan BRS) setelah itu mengalami proses kristalisasi mineral-mineral dalam bentuk agregasi. Struktur massive/kompak berupa susunan yang kompak dari mineral-mineral dalam batuan. penjajaran mineral atau bentuk aliran. . Kegunaan dari batuan ini memilki nilai ekonomis dari mineral penyusunnya maupun batuannya.kecoklatan. granulitas porfiroafanitik dicirikan oleh kristal-kristal dari mineral penyusunnya tampak hampir jelas dapat dibedakan dengan mata atau lup. Sehingga kristal-kristal yang memiliki berat jenis lebih tinggi akan lebih duluan sampai pada dasar. Dilihat dari ciri-ciri fisiknya maka batuan ini memiliki nama Ryolit Porphyri (Fenton. tekstur kritalinitas hipokristalin dimana disusun oleh sebagian kristal dan sebagian massa dasar. tidak menunjukkan adanya pori-pori. Batuan ini ditemukan berasosiasi dengan batuan beku asam lainnya seperti Granit. inequigranular menunjukkan ukuran butir mineral yang menyusun batuan berbeda. 1940). Tekstur batuan ini dipengaruhi oleh kecepatan pembentukan kristal yang relatif cepat. Didahului oleh pembentukan mineral biotit yang terbentuk pada suhu 800-700o C. sehingga kristal-kristalnya tidak memiliki waktu yang cukup untuk membentuk kristal-kristal yang jelas.

tekstur kritanilitas holohialin dimana disusun oleh massa dasar yang . lapuk berwarna kecoklatan. memiliki ciri-ciri fisik warna segar putih keabu-abuan. Urut No.PRAKTIKUM PETROLOGI ACARA : BATUAN BEKU (ASAM) NAMA : APRILA F. Peraga Jenis Batuan Warna Tekstur Kristalinitas Granularitas Fabrik o Bentuk o Relasi :5 :: Batuan beku asam : Putih keabu-abuan : : Holohialin : Afanitik : : Anhedral : Inequigranular : Pumiceous Struktur Deskripsi mineral Mineral Mineral Utama Mineral Tambahan NAMA Massa dasar WARNA Putih BENTUK Amorf PERSENTASE 95 % Biotit Hitam Subhedralanhedral 5% Nama Batuan Keterangan : Pumice (Fenton 1940) : Batuan ini termasuk dalam jenis batuan beku ekstrusif. 3 OKTOBER 2013 No. PARMA NIM : D61112259 HARI/TANGGAL : KAMIS.

nampak jelas. dan pada umumnya terdapat sebagai bahan lepas atau fragmen-fragmen dalam breksi gunung api. digunakan sebagai bahan industri dan peralatan rumah tangga. 1940). granulitas afanitik dicirikan oleh kristal-kristal dari mineral penyusunnya tidak dapat dibedakan dengan mata atau lup. bentuk anhedral yaitu bentuk bidang batas dari kristal sangat tidak jelas. Batu apung mempunyai sifat vesicular yang tinggi. Kegunaan dari batuan ini memilki nilai ekonomis dari mineral penyusunnya maupun batuannya. inequigranular menunjukkan ukuran butir mineral yang menyusun batuan tidak sama besar. Oleh sebab itu mengapung didalam air yang kemudian membentuk batuan yang dinamakan Pumis. . Pumice terbentuk dari magma asam oleh aksi letusan gunung api yang mengeluarkan materialnya ke udara. Batuan ini ditemukan berasosiasi dengan batuan beku asam lainnya seperti Basalt. Dilihat dari ciri-ciri fisiknya maka batuan ini memiliki nama Pumice (Fenton. kemudian mengalami transportasi secara horizontal dan terakumulasi sebagai batuan piroklastik. mengandung jumlah sel yang banyak (berstruktur selular) akibat ekspansi buih gas alam yang terkandung di dalamnya. Struktur pumiceous berupa kenampakan pori-pori panjang dan terlihat arah aliran.

com/2011/04/jenis-batuan. Ulfa Ria. Makassar : Universitas Hasanuddin. M. 2012.html diakses pada tanggal 4 Oktober 2013.com/2012/07/batu-apung-pumicestone.blogspot. New York. http://riise-aeza.blogspot. Penuntun Praktikum Petrologi.html diakses pada tanggal 4 Oktober 2013. http://fahmihakim.com/2010/09/02/petrologi/ diakses pada tanggal 4 Oktober 2013. Simon & Schuster.html diakses pada tanggal 4 Oktober 2013. Irfan. http://ikhsangnr.blogspot.com/2012/03/batuan-beku.S.blogspot. 1977. Penuntun Praktikum Kristalografi dan Mineralogi. Rocks and Mineral . Asisten Praktikan Madrianto Aprila Fitriani Parma .html diakses pada tanggal 4 Oktober 2013.1988.wordpress. Kaharuddin.com/2010/01/batuan-beku. Makassar : HMG FT-UH.DAFTAR PUSTAKA http://deboratresiasinaga. http://palkaldika.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful