HASIL

DBD ( Demam Berdarah Dengue ) Penyakit demam berdarah dengue merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan kekhawatiran masyarakat karena pejalanan penyakitnya yang cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang sering menyebabkan kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia. Salah satu daerah di Propinsi Kalimantan Barat yang terdapat laporan kasus DBD diatas adalah Kota Pontianak.

Melihat dari profil puskesmas Parit H.Husin II, dapat diketahui kasus Demam Berdarah Dengue di puskesmas Parit H.Husin II di Tahun 2012 ini terjadi peningkatan di bandingkan dengan tahun 2011, pada tahun 2012 ini terdapat 19 kasus dan tahun 2011 hanya 18 kasus . Kasus Demam Berdarah Dengue
20 15 10 5 0 2010 2011 2012
6 18 19

KASUS DBD

Setiap unit pelayanan kesehatan yang menemukan tersangka atau penderita DBD wajib segera melaporkannya ke dinas kesehatan kabupaten/kota setempat. Laporan tersangka DBD merupakan laporan yang dipergunakan untuk tindak kewaspadaan dan tindak lanjut penanggulangannya. Hingga saat ini pemberantasan nyamuk Aedes aegypti merupakan cara utama yang dilakukan untuk memberantas DBD, karena vaksin untuk mencegah dan obat untum membasmi virusnya belum tersedia. Cara pemberantasan yang dilakukan adalah terhadap nyamuk dewasa atau jentiknya. Program pemberantasan DBD yang telah dilaksanakan di puskesmas Parit H.Husin II meliputi larvasidasi yaitu ketika ditemukan adanya kasus DBD maka petugas Puskesmas Parit H.Husin II turun langsung ke rumah warga untuk memberantas jentik nyamuk Aedes dengan pemberian Abate ke dalam wadah penampungan air bersih. Selain pemberantasan jentik nyamuk, juga di lakukan pengasapan (fogging) untuk pemberantasan terhadap nyamuk dewasa .

sehingga pada waktu kami survey ke puskesmas Parit H.Husin II juga melakukan penyuluhan mengenai Demam Berdarah Dengue terhadap warga-warga setempat. biasanya warga yang sakit langsung di rujuk ke rumah sakit setempat.Husin II tidak ditemukan adanya data rekam medik pasien Demam Berdarah Dengue. . Untuk penanganan kasus demam berdarah dengue.Selain upaya diatas. petugas puskesmas Parit H.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful