127

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) A. IDENTITAS Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Program Semester Pertemuan : SMA Muhammadiyah 11 Rawamangun : Fisika : X / IPA Fisika : II (Genap ) : 2 x pertemuan ( 2 x 45 menit )

Standar Kompetensi 5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi Kompetensi Dasar 5.2. Merangkai alat ukur listrik, menggunakannya secara baik dan benar dalam rangkaian listrik Indicator 1. Menyusun alat ukur listrik pada rangkaian sebagaimana mestinya 2. Menghitung hasil pengukuran kuat arus listrik dan tegangan listrik B. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pelajaran ini diharapkan peserta didik : 1. Menyusun alat ukur listrik pada rangkaian sebagaimana mestinya 2. Menghitung hasil pengukuran kuat arus listrik dan tegangan listrik

C. Materi Pembelajaran 1. Jenis alat ukur listrik 2. Cara merangkai alat ukur listrik 3. Cara membaca alat ukur listrik

. Metode dan pendekatan pembelajaran a). Praktikum. Metode Pembelajaran tanya jawab : SAVI : Diskusi. demonstrasi. Pendekatan Pembelajaran b).128 D.

Visual. dan Intelektual Elaborasi : . auditori. Langkah-Langkah Pembelajaran Langkah-langkah pembelajaran Guru Siswa Pendahuluan Apersepsi : Siswa Apakah Kuat arus mengemukakan listrik dapat diukur pendapatnya masingnilainya secara masing langsung? Motivasi : Apa nama alat ukur untuk tegangan? Apakah prosedur pengukuran kuat arus dan tegangan sama? Kegiatan Inti Eksplorasi : Eksplorasi : Mengajak siswa ke laboratorium Fisika Mempersilakan siswa untuk duduk sesuai kelompoknya Menyebutkan materi ajar dan indicator pencapaian Menginstruksikan siswa untuk mencari informasi tentang jenis-jenis alat ukur listrik dan fungsinya serta cara penggunaannya pada rangkaian Elaborasi : Melakukan kegiatan pembelajaran di dalam laboratorium Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang jenis-jenis alat ukur listrik dan fungsinya serta cara penggunaannya pada rangkaian Nilai budaya dan karakter (NBK) Komunikatif Toleransi Jujur Kerja keras Life sklills Eksistensi diri Komunikasi lisan NBK Komunikatif Toleransi Jujur Kerja keras Rasa ingin tahu Life sklills Somatis.129 E.

jawaban soal tentang alat ukur listrik. Visual. auditori. dan Intelektual Menghitung dan mengolah data yang didapat sehingga hasil pengukurannya dapat diketahui Mengerjakan LKS yang telah disediakan Mengerjakan soal tentang alat ukur listrik Konfirmasi : Mengumpulkan LKS yang telah dikerjkan. dan hasil diskusinya Komunikatif Jujur Toleransi Rasa ingin tahu Kerja keras Somatis. auditori. Visual. dan Intelektual Memperhatikan penjelasan guru .130 Menginstruksikan siswa untuk bekerja sama dalam tim Membagikan alatalat dan bahan Menginstruksikan siswa untuk melakukan praktikum dan pengambilan data sesuai waktu yang ditentukan Menginstruksikan siswa untuk Menghitung dan mengolah data yang telah didapat Menginstruksikan siswa untuk mengerjakan LKS tentang alat ukur listrik Menginstruksikan siswa untuk mengerjakan soal tentang alat ukur listrik Konfirmasi : Menginstruksikan siswa untuk mengumpulkan LKS. dan hasil praktikumnya. Mendemonstrasikan tentang perbedaan Setiap kelompok mempelajari hasil studi pustakanya Mengidentifikasikan jenis alat-alat dan bahan praktikum Melakukan praktikum sesuai prosedur kerja dalam modul yang di berikan Komunikatif Toleransi Jujur Kerja keras Rasa ingin tahu Mandiri Somatis. jawaban soal.

ATK. I Made Astra.131 prosedur kerja amperemeter dan voltmeter tentang materi alat ukur listrik dan mencatatnya Penutup Memberikan reward bagi kelompok terbaik Memberikan Tugas PR Merangkum dan menyimpulkan pembelajaran kali ini. Jenis Tagihan . untuk kelas X. LKS G. NBK Kerja keras Rasa ingin tahu Life skills Intelektual F.LKS .Tugas individu dan kelompok 2. Bentuk Instrumen . Fisika SMA jilid 1. Fisika SMA kelas X Alat : LCD. Sumber /Bahan/Alat: Buku ajar : Marthen Kanginan.Tes pilihan ganda 3. Contoh Instrumen . Penilaian Hasil Belajar 1.

A V E. A..67 A D. V A D. A V Vs Vs B.. 1. Berapakah kuat arus tersebut. Vs Vs A. V A Vs C.5 A . 0... A V 2.132 Pilihan ganda 1. Hasil pengukuran kuat arus dengan amperemeter analog dinyatakan seperti gambar di bawah ini. Cara pemasangan amperemeter dan voltmeter yang tepat dalam rangkaian untuk mengukur arus dan tegangan pada hambatan R adalah.

8 A C. 4 A . 0.133 B.25 A E. 1.