Gambar 2-9 Diagram volume tekanan khusus dari substansi murni menunjukkan dua isotherm: 13 dibawah temperature kritis, 45 diatas

temperature kritis. lagi, pertimbangkan perluasan suhu konstan digambarkan oleh garis 13 pada gambar 2-9. titik di mana beberapa molekul pertama meninggalkan cairan dan membentuk gelembung kecil gas disebut titik gelembung. titik di mana hanya setetes kecil sisa-sisa cairan yang dikenal sebagai titik embun. titik didih dan titik embun yang diindikasikan oleh perubahan tajam dalam kemiringan di sepanjang isoterm. untuk substansi murni, tekanan pada titik gelembung dan titik embun adalah sama dengan tekanan uap dari zat pada suhu bunga.

Gambar 2-1 diagram fase khusus dari substansi murni titik tripel titik T pada garis tekanan uap disebut titik tripel. poin ini merupakan tekanan dan temperatur di mana zat padat. dan gas berada bersama-sama dalam kondisi ekuilibrium. . cair.

poin di bawah garis tekanan uap merupakan kondisi dimana substansi adalah gas. suhu dan tekanan yang diwakili oleh titik ini disebut temperatur kritis.garis tekanan uap garis TC pada gambar 2-1 disebut garis tekanan uap. Tc dan tekanan kritis. suhu kritis mungkin didefinisikan sebagai suhu dimana gas tidak dapat dicairkan. poin suhu tekanan yang terletak di atas garis ini menunjukkan kondisi yang substansi adalah cair. titik kritis batas atas garis tekanan uap adalah titik kritis. Samapula dengan.untuk substansi murni. garis ini memisahkan kondisi suhu tekanan yang zatnya adalah cairan dari kondisi yang substansi adalah gas. poin suhu tekanan yang jatuh tepat pada baris menunjukkan kondisi dimana gas dan cairan ada bersama-sama. ditandai dengan poin C. Pc. Sama halnya . terlepas dari tekanan yang diterapkan.

tekanan suhu titik yang jatuh tepat pada garis ini menunjukkan sistem dua fase dalam hal ini zat padat dan cair berada bersama-sama. terlepas dari suhu. batas atas garis titik leleh belum diperoleh secara eksperimental. garis titik leleh garis titik leleh adalah garis hampir vertikal di atas titik tripel. Definisi dari sifat kritis tidak valid untuk sistem dengan lebih dari satu komponen. diagram fase untuk beberapa bahan murni menunjukkan garis lain didalam bagian padat dibawa oleh perubahan dalam struktur kristal. lagi.dengan tekanan kritis dari bahan murni didefinisikan sebagai tekanan dimana cairan dan gas tidak dapat berada bersama-sama. garis ini memisahkan kondisi padat dari kondisi cair. .

dalam campuran dua komponen.titik kritis definisi titik kritis yang diterapkan pada substansi murni tidak berlaku untuk campuran dua komponen. definisi yang lebih ketat dari titik kritis adalah bahwa hal itu adalah titik di mana semua sifat cair dan gas menjadi identik. . cairan dan gas dapat berada bersama-sama pada suhu dan tekanan di atas titik kritis. melihat bahwa amplop saturasi ada pada suhu lebih tinggi dari suhu kritis dan pada tekanan lebih tinggi dari tekanan kritis. kita lihat sekarang bahwa definisi titik kritis hanyalah titik di mana garis titik didih dan titik garis embun bergabung.

pada tekanan P1 campuranannya adalah cairan. tekanan dimana gas yang terbentuk adalah tekanan titik gelembung. ini adalah titik gelembung. Pb. . Pada saat tekana menurun.titik didih dan titik embun mempertimbangkan perluasan suhu konstan diilustrasikan pada gambar 2-13 pada baris 12. cairan mengembang sampai tekanan mencapai titik di mana beberapa molekul dapat meninggalkan cairan dan membentuk gelembung kecil gas.

hanya semenit cairan tetap ada.pada saat tekanan menurun di bawah tekanan titik gelembung. Pd. Akhirnya. ini adalah titik embun. pengurangan lebih lanjut dari tekanan ke titik 2 hanya menyebabkan perluasan gas. tekanan pada titik ini dikenal sebagai tekanan titik embun. gas tambahan muncul. Gambar 2-13 Diagram khusus campuran dua komponen dengan garis ekspansi isotermal .

Bruce H Sage dan Willam N Lacey.. Copyright 1949. Gulf Publishing Co. digunakan dengan izin.fhan28@gmail. tekanan tertinggi pada amplop jenuh disebut cricondenbar.) cricondentherm dan criondenbar suhu tertinggi pada amplop jenuh disebut cricondentherm. ni emailnyaa.. setya.. Kiki tolong di d ketik d bawahnya terjemahannya trus krim ke emailku ya.com . (dari Volumentric dan Tahap Perilaku Hidrokarbon..2/. 1 Gambar 2-20 Tekanan Volume diagram campuran 47. Houston. Kondisi ini diilustrasikan pada gambar 2-17..please.6 persen berat n-pentana dan 52.4 persen berat n-heptana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful