MENYUSUN MENU SEIMBANG MENURUT KEBUTUHAN TUBUH SELAMA SEMINGGU

Laporan ilmiah Ini Disusun untuk Melaporkan Hasil Pengamatan Selama Satu Minggu untuk Dijadikan Acuan Penilaian Pelajaran Biologi

Oleh Ade Putri Yulianti Kelas XI-IPA 1

SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2010/2011

PRAKATA
Puji syukur saya haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayahnya – Nyalah proses penyusunan laporan ilmiah ini dapat berjalan dengan lancar. Laporan ilmiah ini disusun untuk melaporkan hasil pengamatan selama satu minggu untuk dijadikan acuan penilaian pelajaran biologi.Dengan adanya laporan ilmiah ini ,saya dapat pelajaran serta pengalaman dalam hal pembuatan laporan ilmiah, selain itu saya dapat mengetahui berapa banyak kalori yang saya butuhkan, apakah terpenuhi secara optimal atau tidak, dengan begitu saya dapat memperbaiki pola makan saya.Laporan ini berisikan pengamatan,penguraian, dan teori yang saya ambil dari berbagai sumber dan disusun secara sistematis yang semoga nantinya dapat dimengerti dan mudah dipahami isinya. Ungkapan terima kasih khususnya kepada orang tua yang telah memberikan fasilitas serta dukungan untuk menyelesaikan Laporan ilmiah ini, Saya menyadari keterbatasan dan kekurangan dalam penyusunan laporan ilmiah ini. Untuk itu saya akan berlapang hati untuk menerima kritik maupun saran dalam tugas Laporan ilmiah ini. Semoga laporan ilmiah ini dapat menghantarkan saya meraih prestasi yang terbaik.

Penyusun

Ade Putri Yulianti

1.... ii BAB I PENDAHULUAN A.................................... 1 C..................... 27 i DAFTAR TABEL Tabel....................................... 13 BAB IV HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN A................................... 25 B.. 20 B.Daftar table menu seimbang……………………………………………………..................................... 2 BAB II LANDASAN TEORI A... 3 B...........................................DAFTAR ISI Halaman PRAKATA……… ...Tujuan Pengamatan....................... 21 D.................................Pola makan sehat dan seimbang…………………………………………………5 C........................................Kebutuhan kalori tiap harinya…………………………………………………….................. 1 D........................ Masalah……….......... Simpulan …………………………....Permasalahan tentang menu orang yang sakit dengan yang sehat…………................................................................Alat dan bahan…………………………………………………………………….............. 7 D....................... 26 Daftar Pustaka……...Makanan bergizi dan seimbang………………………………………………….......... 12 D................... 12 C..................................... 9 ......... 1 B.................Mengenal pedoman umum gizi seimbang……………………………………… 10 BAB III METODE PENGAMATAN A......................Kecukupan Kalori…………………………………………………………………................................. Saran . 20 C............... 22 BAB V SIMPULAN DAN SARAN A....................................... DAFTAR ISI . Latar belakang ............Daftar table kalori dan unit………………………………………………………................... ……………………………….............................Penyerapan gizi berbagai jenis makanan……………………………….....Daftar Tabel Kalori dan unit………….........Permasalahan jika kalori tidak terpenuhi………………………………………............................................. 9 Tabel....... Manfaat Pengamatan………………………… ....ii DAFTAR TABEL .........2................Metode pelaksanaan……………………………………………………………… 11 B..................................................Cara kerja………………………………………………………………………….....................

Bagaimana menu seseorang yang sedang sakit dibandingkan dengan menu orang yang sehat? C.3. Bagaimana jika kebutuhan kalori tersebut tidak terpenuhi? 3. 9 BAB I PENDAHULUAN A. Untuk memudahkan jalannya pengamatan maka disususunlah sub-sub masalah sebagai berikut. . Penyusunan menu ini didasarkan pada aktivitas yang dilakukannya.Latar Belakang Setiap makhluk hidup membutuhkan makan untuk mempertahankan hidupnya..………………………………. Sebagai seorang pelajar.Tabel. 1.Daftar Tabel Menu Seimbang…………. Berapa kebutuhan kalori yang diperlukan tiap harinya? 2.Masalah Bertolak dari permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan utama yang akan diteliti yaitu “Bagaimana menyusun menu seimbang bagi diri sendiri menurut aktifitas yang dilakukan?”. pengetahuan tentang gizi sangat dibutuhkan agar dapat menyusun menu seimbang untuk dirinya dan orang lain. B.Tujuan Pengamatan Ada pun tujuan dari pengamatan ini untuk”Dapat menyusun menu seimbang bagi diri sendiri menurut aktifitas yang dilakukan”. namun saat ini manusia telah mengetahui kandungan gizi dalam suatu makanan sehingga dapat menentukan makanan apa saja yang baik untuk dimakan. Untuk memudahkan jalannya pengamatan maka disususunlah sub-sub tujuan sebagai berikut. Pada awalnya manusia hanya mengetahui bahwa makan dapat menghilangkan lapar. Dalam makanan tersebut mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh organisme.

Mengetahui akibat jika kebutuhan kalori tersebut tidak terpenuhi.Manfaat Pengamatan 1. Manfaat secara teoritis Diharapkan dari pengamatan yang dilakukan ini dapat memberi manfaat bagi saya agar lebih mengetahui bagaimana menyusun menu seimbang bagi diri sendiri menurut aktifitas yang dilakukan dan lainnya. Dapat mengetahui perbedaan menu seseorang yang sedang sakit dibandingkan dengan menu orang yang sehat. 2. Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang diperlukan tiap harinya. 3. 2.1. Manfaat secara Praktis Hasil pengamatan yang dilakukan diharapkan menjadi bahan penilaian bagi guru Biologi sebagai tugas dalam pembahasan Bab 1. Semester 2 tentang Makanan sehat bagi tubuh. D. .

c. a. Bahan pembentuk senyawa kimia lainnya.BAB II LANDASAN TEORI Makanan bergizi dan seimbang Zat makanan disebut juga biomolekul karena merupakan senyawa atau molekul kimia yang dibutuhkan untuk dapat hidup dengan baik(bio= hidup. Salah satu bahan penyusun membrane sel. Penghasil energi tertinggi. Karbohidrat Karbohidrat merupakan penghasil tenaga. dan hormone seks. d. 1. molekul = senyawa) Zat makanan tersebut dapat dikelompokkan menurut jumlah yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yaitu zat makanan makro dan mikro. 3. Dan mempunyai fungsi sebagai berikut: a.Lemak Lemak dikenal juga sebagai trigliserida. antara lain berupa vitamin dan mineral.protein. b.Zat makanan mikro yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Membantu proses penyerapan kalsium. campuran . 2. Menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Pelarut vitamin A.Sumber lemak dibagi menjadi 2 yaitu: lemak nabati dan lemak hewani. Salah satu bahan penyusun garam empedu.D. Pelindung tubuh dari pengaturan suhu rendah. f. asam kholat.Protein . lemak dan air. g. f.Senyawa-senyawa lemak berdasarkan kimianya dibedakan menjadi 3 yaitu lemak sederhana. Salah satu bahan penyusun hormone dan vitamin. d. dan derivat. h. e. Sumber energi utama. Penahan rasa lapar karena pencernaan lemak membutuhkan waktu yang lebih lama. Pelindung alat-alat tubuh yang rusak. Membantu berlangsungnya proses buang air besar.E. c.Zat makanan makro yaitu makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar antara lain berupa karbohidrat. b. dan K e. Berperan penting dalam penurunan sifat.Fungsi lemak yaitu.

dan kadang juga mengandung unsure S.Unsur makro yaitu unsur-unsur yang diperlukan tubuh dalam jumlah banyak seperti natrium.O. d. c. Memacu berbagai reaksi kimia dan biologis f. Menjaga keseimbangan suhu tubuh. dan kromosom e.H. Menurut para ahli. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit defisiensi yang disebut Avitaminosis. Menyintesiskan substansi-substansi penting seperti hormone. 4. magnesium.Mineral Mineral merupakan substansi anorganik yang pada umumnya ditemukan dalam bentuk ion.Protein merupakan suatu senyaawa organic yang tersusun oleh unsur0unsur C.Vitamin tidak disintesis di dalam tubuh kecuali vitamin K. hingga organ. f. dan kobalt. c. jaringan. fosfor. tembaga.N.Air Air merupakan komponen utama protoplasma dan berperan penting dalm metabolisme sel. dan pemeliharaan struktur tubuh mulai dari sel. Berperan sebagai system buffer yang efektif.Unsur mikro adalah unsur-unsur yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit seperti mangan.Vitamin Vitamin adalah zat organic yang diperlukan tubuh untuk memperlancar metabolisme.enzim. b.P. susunan menu seimbang dalam sehari mengandung: Karbohidrat 60 . Mendorong pertumbuhan . dan belerang. Medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh. 5.70 % Protein 10 – 15 % .kalium.Air dalam tubuh berfungsi sebagai berikut. Pelarut berbagai jenis makanan dan vitamin. Mengangkut sisa metabolisme keluar tubuh.Mineral dibagi menjadi 2 golongan yaitu unsur makroelemen dan unsur mikroelemen. b. kalsium. e. Menyeimbangkan cairan dalam tubuh. seng. d. perbaikan. antibody. a. kebutuhan vitamin harus tetap terpenuhi . Menjaga tekanan osmotik dalam sel. Tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit . 6. Menyediakan energy. Meskipun diperlukan dalm jumlah sedikit. Mengangkut makanan ke jaringan tubuh. a.Protein berfungsi sebagai.

(4) buah-buahan. Dengan variasi.5 Sempurna. Lauk dengan tahu. maka kemudian ada upaya untuk merubah kesan tersebut. Karena pada usia rawan gizi ini sedang masanya pertumbuhan dan perkembangan tubuh bagi balita. pertumbuhan janin bagi ibu hamil dan pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu menyusui dan sehabis sakit. Perlu juga diperhatikan adanya variasi menu tiap hari. kacang hijau) yang bergiliran tiap hari akan lebih baik dari pada lauk hanya dengan daging saja yang tidak berubah setiap harinya. atau bagi mereka yang baru sembuh dari sakit. (3) sayursayuran. dan (5) lauk-pauk. Bagi golongan yang rawan gizi seperti balita. (2) lauk-pauk. termasuk minum susu. dengan logo yang telah mengalami perubahan. maka ada baiknya penjabaran hal hal di atas bisa dilakukan dengan memanfaatkan prinsip “Empat Sehat Lima Sempurna” sehingga disarankan alternativ susunan dibawah ini: Sepiring Nasi Sepotong ikan/ayam Sepotong tempe Sayur 1 mangkuk Buah 1 potong Susu 1 gelas Akan tetapi menu diatas masih perlu menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi tubuh secara individual. dan (5) susu. kacang-kacangan (kacang merah. Jadi menu diatas belum tentu sama jumlahnya bagi setiap individu. sedang atau berat. perlu sekali diperhatikan susunan menu diatas. ibu hamil dan ibu menyusui. yaitu: (1) makanan pokok. zat-zat gizi yang terkandung dalam setiap bahan makanan maka akan saling melengkapi untuk tubuh kita karena dimakan tiap hari selalu bergantian. di bagian tengah. dimana masing-masing berbeda dalam hal tinggi. umur dan aktifitas sehari-hari apakah aktifitas itu ringan. Slogan "Empat Sehat Lima Sempurna" berisikan lima kelompok makanan. Karena ada kesan perbedaan mengenai susu. Jadi. (3) susu. Poerwo Soedarmo yang sering disebut juga sebagai Bapak Gizi Indonesia. Kelima kelompok makanan ini dituangkan dalam suatu logo berbentuk lingkaran yang menempatkan kelompok makanan 1 sampai dengan 4 di sisi dalam lingkaran mengelilingi kelompok ke-5. (2) sayur-sayuran. (4) buah-buahan. sehingga pada tahun 1991 Departemen Kesehatan menerbitkan buku Pedoman Menyusun Menu Sehat Bergizi untuk Keluarga: 4 Sehat . jenis kelamin. yaitu susu. kacang kedelai.Lemak 20 – 30 % Untuk menyusun pilihan menu makan pagi. Jadi golongan makanan disusun dalam lingkaran dan terdiri dari lima belahan (menurut arah putaran jarum jam): (1) makanan pokok. variasi menu disini juga penting untuk menjaga keseimbangan menu makanan Pola Makan Sehat dan Seimbang 4 sehat 5 sempurna diciptakan pada tahun 1950-an oleh Prof. . tempe. berat badan.

Keempat. yaitu : tingkat dasar menggambarkan sumber zat tenaga.Pada tahun 1992 di Roma. yaitu gabungan makanan hewani (termasuk susu) dan nabati. adanya petunjuk penggunaan masing-masing golongan makanan tersebut dalam bentuk porsi dan kata "gunakan seperlunya" untuk minyak dan lemak (lihat gambar). umbi-umbian. Konsumsi gula sebaiknya dibatasi 5% dari jumlah kecukupan energi atau sekitar 3-4 sendok per hari. serta zat pengatur (vitamin dan mineral). Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi. jumlah tingkat kerucut yang sebelumnya tiga menjadi empat tingkat. terdapat pada tingkat tiga yang berisi makanan sumber zat pembangun/protein. Makanlah makanan sumber karbohidrat. Departemen Kesehatan (Depkes) membuat pedoman umum gizi seimbang dengan logo yang berbentuk kerucut atau tumpeng yang terdiri dari 3 tingkat. 2. • Di Indonesia. 3. serta puncak tumpeng berisi kelompok makanan sumber zat pembangun. 13 pesan dasar gizi seimbang tersebut adalah : 1. . yaitu kerucut atau tumpeng tetapi menjadi terdiri dari 4 bagian. dibuat secara terpisah antara hewani dan nabati (sebelumnya digabungkan). yaitu makanan sumber zat tenaga (karbohidrat). Dengan melihat perkembangan yang ada maka Depkes pada tahun 2002 telah merampungkan revisi terhadap UPGS tahun 1994. protein dan lemak. yaitu karbohidrat. yaitu padipadian. Seyogyanya sekitar 50-60% kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat kompleks atau setara dengan 3-4 piring nasi. • Kedua. tingkat kedua sayur & buah. yaitu : tingkat dasar bahan makanan sumber tenaga/karbohidrat. tingkat ke empat golongan lemak & minyak. setengah dari kebutuhan energi. Bentuk logo PUGS tahun 2002 tetap dipertahankan atau sama dengan tahun 1994. zat pembangun (protein). Revisi tersebut adalah : • Pertama. Oleh karena itu Indonesia melalui Direktorat Bina Gizi Masyarakat. dan tepung-tepungan. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dari tiga sumber utama. pedoman umum gizi seimbang (PUGS) tersebut dijabarkan sebagai 13 pesan dasar yang dapat dijadikan pedoman bagi setiap penduduk untuk medapatkan pola makan yang sehat dan seimbang. Makanlah aneka ragam makanan. tingkat ketiga sumber protein hewani & nabati. tingkat kedua diisi kelompok makanan sumber zat pengatur. Italia diadakan Kongres Gizi Internasional yang merekomendasikan agar setiap negara menyusun Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang andal. yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan. • Ketiga. penempatan minyak dan lemak pada puncak tertinggi tumpeng yang sebelumnya tidak ada.

kacang-kacangan. Hindari minum minuman beralkohol. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. Biasakan makan pagi (sarapan) untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja. untuk mengetahui komposisi bahan penyusun (ingridien). Selain itu pada gambar piramida makanannya juga disertakan gambar aktifitas fisik untuk melengkapi asupan makanan yang dilakukan. serta tanggal kedaluarsa. GAKI dapat menghambat perkembangan tingkat kecerdasan anak. 5. agar proses faali dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan seimbang. yaitu minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Sumber yang baik adalah sayuran berwarna hijau. aman dan cukup jumlahnya. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. 6. hati. Gunakan garam beryodium untuk mencegah timbulnya gangguan akibat kekurangan yodium (GAKI). . yang dapat menyebabkan sakit. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur untuk mencapai berat badan normal dan mengimbangi konsumsi energi yang berlebihan.4. telur dan daging. 7. Dianjurkan untuk mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari. 12. Piramida makanan yang baru tersebut yang disebut dengan “MyPyramid” menekankan pemilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas mereka. penyakit gondok. Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner. Pemberian ASI saja kepada bayi sampai berumur 4 bulan. Makanlah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia. 8. Pemberian ASI secara eksklusif ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi hingga umur 4 bulan. setelah itu perlu diberikan makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI). Bacalah label pada makanan yang dikemas. dan kretin (kerdil). Minumlah air bersih. 13. 9. 10. Untuk di Amerika Serikat. komposisi gizi. 11. Departemen Pertanian mereka pada tahun 2005 telah melakukan revisi untuk menggantikan piramida makanan yang dikenalkan sejak tahun 1992. yaitu bebas dari cemaran bahan kimia dan mikroba berbahaya.

tubuh memperoleh energi dari makanan yang dimakan.. Langsung Pengukuran atau penentuan banyaknya energi yang dihasilkan oleh makanan dengan menggunakan alat yang disebut bomb calorimeter.Untuk mengukur atau menentukan banyaknya energi yang dihasilkan makanan dapat dilakukan dengan dua cara. Kecukupan kalori (energi) Energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan.Dengan menggunakan alat tersebut akan dapat ditentukan atau diukur sejumlah kalori (untuk energi) yang dihasilkan zat makanan. Macam-macam makanan tidak sama banyaknya dalam menghasilkan energi. Dengan mengatur asupan makanannya supaya tetap sehat dan seimbang.. Bentuk energi yang berkaitan dengan proses-proses biologi adalah energi kimia. energi mekanis. Energi dalam tubuh digunakan untuk: • • • Melakukan pekerjaan eksternal.terutama untuk mempertahankan proses kerja tubunya dan menjalankan kegiatan-kegiatan fisik.Aktivitas fisik dapat berupa semua aktifitas pergerakan tubuh yang menggunakan energi. Melakukan pekerjaan internal dan untuk mereka yang masih tumbuh. senergi panas dan energi listrik. Orang tua sangat berperan dalam menjaga pola makan yang sehat dan seimbang bagi anak karena biasanya anak akan meniru pola makan yang ada di keluarga. naik tangga. Berjalan.Satu kalori adalah merupakan banyaknya panas yang digunakan untuk menaikan suhu 1 liter air sebanyak 1oC 1. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari aktifitas fisik tersebut. yaitu: 1. maka kesehatan dan kecerdasan anak akan dapat terjaga untuk menjamin masa depannya. Keperluan pertumbuhan. yaitu untuk senyawa-senyawa baru. seperti misalnya bergerak biasa atau jalan saat berbelanja. dan energi dalam makanan ini terdapat sebagai energi kimia yang dapat diubah menjadi energi bentuk lain. Secara tidak langsung Pengukuran atau penentuan banyaknya energi yang dihasilkan oleh makanan atau bahan makanan melalui ustu penguraian kimiawi (analisa).padahal manusia harus mendapatkan sejumlah makanan tertentu setiap harinya yang menghasilkan energi. Tetapi aktifitas fisik yang tidak menaikkan detak jantung tidak termasuk ke dalam aktifitas fisik yang dimaksud seperti diatas. berkebun. maka sebaiknya aktifitas tersebut dilakukan selama 30 menit sehari. . bermain sepak bola atau menari merupakan salah satu contoh aktifitas fisik.

Dalam bahan pangan hanya terdapat vitamin dalam jumlah yang relatif sangat kecil dan terdapat dalam bentuk yang berbeda-beda. Mineral-mineral tersebut adalah bagianbagian mustahak dari makanan.dengan pertama. kelinci dan lainlain). Bayaknya protein dalam tubuh didasarkan oleh dua hal pokok berikut: 1.lemak . Kecukupan mineral Zat gizi dapat digolongkan. zink. Sejumlah tambahan untuk mengimbangi adanya kerusakan infeksi . Kecukupan protein Tubuh manusia memerlukan berbagai zat gizi yang satu sama lain saling mempengaruhi. Penyerapan gizi dari berbagai jenis makanan telah diteliti dan dilaporkan oleh Martinez dan Torres (1971) yang menadakan penelitian dengan menggunakan sampel 524 orang dengan hasil sebagai berikut: Tabel 1. Komponen-komponen anorganik tubuh manusia terutama adalah Natrium. ayam. Klorida dan Sulfur. 2. sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. . harus diperoleh dari bahan pangan yang dikonsumsi. iodium dan fluor. Vitaminvitamin tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia dalam jumlah yang sangat cukup. Meskipun merupakan komponen yang paling vital untuk kehidupan. Sebagai perkecualian adalah vitamin D. mangan. diantaranya ada yang berbetuk provitamin atau calon vitamin (Precussor) yang dapat diubah dalam tubuh menjadi vitamin yang aktif. Besi. protein dan lemak) serta mikromolekul vitamin dan mineral. kobalt. Ini termasuk tembaga. setenium. Kecukupan vitamin Vitamin merupakan suatu molekul organic yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal. oleh karena itu. yaitu golongan Makromolekul (teh. kerbau. Sebagian dari unsur-unsur tersebut adalah mineral-mineral tulang dan ionion dapat sebagai cairan tubuh. Unsur-unsur lain yang terdapat dalam jumlah sangat kecil disebut unsur-unsur runut (trace elements) yang juga adalah komponen-komponen makanan yang mustahak. kromium. Penyerapan gizi dari berbagai jenis makanan. Magnesium. moblibzenum. Untuk memenuhi kebutuhan basal (minimal) di mana apabila jumlah kebutuhan ini tidak dipengaruhi maka kesehatan tubuh akan terganggu dan pertumbuhan normal tidak akan tercapai. Kalium. kambing. Fosfor. unggas.tama di tentukan terlebih dahulu karbonhidratya. pada bahan pangan hewani dapat berupa daging (sapi. dan protein. Kalsium. stress dan sebagainya.

Al Baqarah: 35. dan kesehatan yang memakannya. Makanan dapat menyebabkan kita sehat. Orang kafir itu makan untuk 7 perutnya sedangkan orang mukmin makan untuk satu perutnya. kita jumpai dalam beberapa ayat diantaranya adalah Al Baqarah: 168. 57. Al Maidah. tetapi mempunyai peranan yang sangat penting untuk pembentukan hormon tiroksin. Kebutuhan yodium per hari sekitar 1-2 g per kg berat badan. perkembangan. Rasulullah Muhammad SAW sendiri telah memberikan ciri khas musl. Al A’raaf: 19. dan 150 g per hari untuk orang dewasa. tetapi dengan makanan pula kita dapat menyembuhkan penyakit. dan An Nahl:144. Makna thoyyiban tidak saja menyangkut bahwa makanan tersebut adalah baik dari segi cara memperolehnya. Bagi makhluk hidup tidak terkecuali. . 2.88. Frevalensi pembeseran kelenjar gondok di indonesia temasuk sangat tingi. makanan juga dapat menyeababkan kita sakit. Ajaran manusia harus makan dapat kita jumpai pada surat alanbiya ayat 8. makanan yang bergizi sangat penting bagi kesehatannya. kelenjar gondok akan berupaya membuat konpensasi dengan membesrakan kelenjarnya.Besi dari komoditi Beras Kedelai Jagung Ikan Hati % Penyerapan 1% 6% 3% 11 % 13 % Yodium (i) merupakan mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang relatif sangat kecil. dan lain sebagainya. Standart kecukupan gizi pada masing-masing kelompok usia pertumbuhan dan pada keadaan fisiologis tertentu. tetapi punya makna dapat mendukung pertumbuhan.im tentang makan. Karenanya defesiensi yudium atau gondok andemik merupakan salah satu masalah gizi utama. Perkiraan kecukupan yang dianjurkan sekitar 40-120 g per hari untuk anak samapi umur 10 tahun. Dalam konteks islam sebagai agama samawi yang membawa misi rahmatan lilalamin sangat memperhatikan makanan pemeluknya. Hormon tiroksin ini sangat berperan dalam metabolisme sehingga dalam keadaan konsumsi yodium yang rendah. Untuk wanita dan menyusui dianjurkan tambahan masaing-masing 25 g dan 50 g per hari. yang arti bebasnya diantaranya adalah: 1. Yasin: 33. Sedangkan anjuran makan makanan yang halan dan thoyyibah. Kami ini adalah suatu kaum yang tidak makan kecuali lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

asupan gizi yang . Untuk mengkoreksi masalah tersebut maka dilakukan berbagai pendekatan melalui pemberian informasi tentang perilaku gizi yang baik dan benar. salah satunya dengan penyuluhan. Ibu hamil 6. dan 7. MENGENAL PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG Di negara kita yang telah memasuki era globalisasi. Dan jangan kau gapai makanan kecuali yang ada di hadapanmu. celaka bagi seseorang yang dapat tidur lelap. Masalah gizi ganda ini terdapat di pedesaan dan juga perkotaan. sedanbgkan tetangganya tidak dapat tidur karena kelaparan. Namun demikian masih cukup banyak kelompok yang rentan gizi yang lebih cenderung kepada kekurangan gizi (defisiensi gizi. PUGS ini terdiri dari 13 pesan dasar gizi perhatian khusus BALITA. Anak balita 3. Anak sekolah 4. ternyata masih menghadapi masalah gizi ganda yaitu masalah gizi kurang dan gizi lebih dengan berbagai resiko penyakit yang ditimbulkan. Masalah gizi ganda ini pada hakekatnya merupakan masalah perilaku. under nutrions)daripada kelebihan gizi (over nutrion). Banyak kegiatan UPGK (Usaha Perbaikan Gizi Keluarga) telah banyak dilakukan oleh pemerintah.3. Remaja 5. Kelompok tersebut adalah: 1. Untuk itu diperlukan suatu acuan edukasi atau pendidikan tentang perilaku gizi yang baik dan benar. Setiap muslim dalam komunitas mikro mendapatkan amanah untuk senantiasa menjaga ketahanan pangan (makanan) anjuran dalam memperbanyak kuah dalam memasak sayur yang kemudian daiantar ketetangganya. Lanjut usia Dari ketujuh kelompok rentan gizi tersebut yang dapat pemerintah adalah Ibu hamil atau menyusui dan dimaksudkian agar terlahir generasi yang potensial yang perkembangan. Bayi 2. Ibu menyusui. Islam sendiri telah memberikan konsep ketahan pangan (makanan) baik secara kualitas maupun kuantitas dalam komunitas mikro. yakni PUGS atau Pedoman Umum Gizi Seimbang ini. merupakan beberapa contoh bahwa islam sangat peduli bagi ketahanan pangan (makanan) pada komunitas mikro. dan kesehatannya tidak terganggu oleh kurang. Pemerintah indonesia sendiri juga telah banyak melakukan usaha untuk menuingkatkan keamanan pangan dan status gizi masyarakat. Hal ini pertumbuhannya.

sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang. 12. gunakan garam beryodium 6. makanlah makanan sumber zat besi 7. aman yang cukup jumlahnya 10. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi 5. setiap orang memerlukan 5 kelompok zat gizi yakni Karbohidrat. Beberapa makanan mengandung tinggi KH tetapi kurang vitamin dan mineral.seimbang yang bertujuan agar setiap orang berperilaku gizi yang baik dan benar sehingga memiliki gizi yang baik. biasakan makan pagi 9. lakukan aktivitas fisik secara teratur hindari minuman yang beralkohol makanlah makanan yang aman bagi kesehatan bacalah label pada makanan yang dikemas Makanlah Aneka Ragam Makanan Makan makanan yang beraneka ragam sangat bermanfaat bagi kesehatan. Secara alami. Untuk hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Nah apabila konsumsi makanan sehari-hari kurang beraneka ragam. komposisi zat gizi setiap jenis makanan memilki keunggulan dan kelemahan tertentu. Sedangkan beberapa makanan kaya vitamin dan mineral namun kurang KH dan Protein. Makanlah Makanan untuk Memenuhi Kecukupan Energi 3. Makanan yang beraneka ragam yaitu makanan yang mengandung unsur- . maka akan timbul ketidakseimbangan antara masukan dan kebutuhan zat gizi yang diperlukan untuk hidup sehat dan produktif. Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat setengah dari kebutuhan energi 4. Dengan mengonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam. Protein. Makanlah Aneka Ragam Makanan 2. 11. Vitamin dan Mineral dalam jumlah yang cukup. Lemak. 13 Pedoman Umum Gizi Seimbang adalah sebagai berikut : 1. Disamping itu manusia memerlukan air dan serat untuk memperlancar berbagai proses faali dalam tubuh. tidak berlebihan dan tidak kekurangan. 13. kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lain. minumlah air bersih. berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MPASI sesuadahnya 8.

diabetes mellitus dan sebagainya. berekreasi dan berkegiatan yang lain.unsur zat gizi yang diperlukan tubuh baik kualitas maupun kuantitasnya. Untuk vegetarian mereka harus lebih banyak mengonsumsi makanan sumber zat pembangun asal nabati. Kemudian diikuti oleh penurunan produktivitas kerja. merosotnya prestasi belajar dan olahraga. Apabila keadaan ini berlanjut akan menyebabkan kegemukan disertai berbagai gangguan kesehatan. serta mudah terkena infeksi. kecuali bayi umur 06 bulan yang hanya mengkonsumsi ASI saja. antara lain tekanan darah tinggi. tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang mampu membuat seseorang untuk hidup sehat. Hal ini dikenal dengan tri guna makanan yakni makanan yang mengandung sumber zat tenaga. Oleh karena itu setiap orang mengkonsumsi aneka ragam makanan. hal ini mengingat nilai cerna zat pembangun asal nabati tidak sebaik bilai cerna zat pembangun asal hewani. Dampaknya pada saat ia mencapai usia dewasa. agar dapat hidup dan melaksanakan kegiatan sehari-hari. hal ini dilakukan agar tidak terjadi kelebihan yang mengakibatkan kegemukan. prestasi belajar. tumbuh kembang dan produktif. protein dan lemak. Konsumsi energi yang melebihi kecukupan akan disimpan sebagai cadangan di dalam tubuh berbentuk lemak atau jaringan lain. dan juga kreativitas. penyakit jantung. Kekurangan energi yang berlangsung lama akan mengakibatkan penurunan berat badan dan kekurangan zat gizi lain dan akhirnya menyebabkan keadaan gizi kurang. Makanlah Makanan untuk Memenuhi Kecukupan Energi Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi. zat pembangun dan zat pengatur. Apabila hal ini berlarut maka akan menurunkan daya kerja. Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat setengah dari kebutuhan energi . Bila hal ini terjadi pada anak-anak akan menghambat tumbuh kembangnya. maka cadangan energi dalam tubuh yang berada dalam jaringan otot/lemak akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut. berolahraga. Tanda bahwa masukan energi itu cukup bagi seseorang adalah berat badan yang normal. seperti bekerja. misalnya kacang-kacangan. Kebutuhan energi dipenuhi dengan mengonsumsi makanna sumber karbohidrat. Namun sebaliknya bila konsumsi energi kurang. tinggi badannya tidak mencapai ukuran normal dan kurang tangguh. Konsumsi gula sebaiknya dibatasi sampai 5% dari jumlah energi atau sejitar 3-4 sendok makan setiap hari.

tepung dan sagu. Garam beryodium sebaiknya disimpan di tempat kering dan terhindar dari panas dan sinar matahari. Kekurangan . Jadi selain mengonsumsi garam yang beryodium setiap hari mereka wajib minum kapsul yodium sesuai dosis yang dianjurkan. serta menambah lezatnya hidangan. kecuali minyak kelapa. Untuk sumber karbohidrat jumlah yang diperlukan untuk tubuh kita adalah 50-60% dari kebutuhan energi kita. Konsumsi lemak dan minyak seperti yang dikatakan tadi adalah seperempat dari kebutuhan energi. dan lemak yang mengandung asam lemak jenuh yang sulit dicerna. Gangguan kekurangan yodium antara lain adalah gondok dan juga kretin (kerdil). Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan Kalium Iodat sebanyak 30-80 ppm. konsumsi lemak/minyak masih sangat rendah sehingga masih perlu ditingkatkan. Zat besi adalah salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah. lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang mudah dicerna. E dan K. Nah komposisi konsumsi lemak yang idanjurkan adalah 2 bagian makanna yang mendandung sumber lemak nabati dan 1 bagian mengandung sumber lemak hewani. Gunakan Garam Beryodium. Oleh karena itu perlu ditumbuhkan kepedulian kita terutama di daerah gondok endemik. jagung. Angka kejadiannya di negara kita masih tinggi. Makanlah Makanan Sumber Zat Besi . karena cenderutn berlebihan. umbi-umbian (singkong. D.Makanan sumber karbohidrat terdiri dari dua yakni karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. kentang). Bagi kebanyakan penduduk Indonesia khususnya yang tinggal di pedesaan. Bahkan bila terjadi pada anak-anak maka akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan pendidikan karena mengalami gangguan dalam menyerap pelajaran pendidikan dasar. dan makanan lain seperti pisang. Batasi Konsumsi Lemak dan Minyak sampai Seperempat dari Kecukupan Energi. Karbohidrat kompleks contohnya padi-padian (padi. Zat besi secara alamiah diperoleh dari makann. Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal umumya berasal dari makanan nabati. lemak terbagi 3 golongan yaitu lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang paling mudah dicerna. Lemak berguna untuk meningkatkan jumlah energi. Karbohidrat sederhana yaitu gula. Ditinjau dari proses pencernaan. Proses pencernaan karbohidrat kompleks di dalam tubuh kita berlangsung lebih lama dibanding karbohidrat sederhana. gandum). sedangkan konsumsi lemak pada penduduk perkotaan sudah harus diwaspadai. ubi jalar. Makanan sumber asam lemak jenuh umumnya berasal dari hewan. membantu penyerapan vitamin A.

mengatur suhu tubuh. Olah raga harus dilakukan secara teratur. cairan yang diukonsumsi orang dewasa. formalin. Aktivitas secara teratur meningkatkan kebugaran. berjamur. Penggunaan borax dan formalin menyebabkan makanan . Air berfungsi untuk melancarkan transprotasi zat gizi dalam tubuh. Kebiasaan minum minuman beralkohol dapat mengakibatkan : terhambatnya proses penyerapan zat gizi. Untuk mendapatkannya. Selain itu makanan yang kita makan juga harus bergizi lengkap dan seimbang dan layak dikonsumsi. methanil yellow yang sering kita jumpai. dan melancarkan dalam proses buang air besar dan kecil. Untuk memenuhi fungsi tersebut. mencegah kelebihan berat badan. Macam dan takaran olah raga berbeda menurut usia. Dan pesan yang ke 11 yaitu hindari minum minuman beralkohol. mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh. jenis kelamin. kurang gizi penyakit gangguan hati. paru dan otot serta memperlambat proses penuaan. Makanan yang aman bagi kesehatan makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimiaberbahaya serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat (halal). terutama air minum sekurang-kurangnya dua liter atau setara dengan 8 gelas perhari. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur. Kita juga perlu mewasapadai bahan tambahan makanan yang berbahaya seperti asam borax. zat pewarna rhodamin B. Minumlah Air Bersih yang Aman dan Cukup Jumlahnya Air minum harus bersih dan aman. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. air minum harus didihkan terlebih dahulu.zat besi dalam makanan sehari-hari secara berkelanjutan dapat menimbulkan penyakti anemia gizi atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah. meningkatkan fungsi jantung. hilangnya zat-zat gizi penting. Unutk makanan olahan pabrik bila melewati tanggal kadaluarsa atau terjadi kerusakan pada kemasan. Pada kalangan eksekutif karena kesibukan kerja maka cenderung memaksa para eksekutif tidak melakukan aktivitas fisik secara teratur dan mengkonsumsi makanan tidak sesuai dengan kebutuhan. aroma dan rasa atau warna makanan berubah. Sebaiknya makanan dengan tanda-tanda tersebut tidak dibeli dan tidak dikonsumsi meskipun harganya sangat murah. aman berarti bersih dan bebas kuman. dan kerusakan saraf otak dan jaringan selain itu minum minuman beralkohol dapat menyebabkan ketagihan dan kehilangan kendali diri. jenis pekerjaan dan kondisi kesehatan. Selain itu dengan cukup cairan akan mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dan dapat menurunkan resiko penyakit batu ginjal. Tanda-tanda umum makanan yang tidak aman bagi kesehatan antara lain berlendir.

yakni keterangan bahwa mutu makanan telah sesuai dengan persyaratan SP : Sertifikat Penyuluhan BAB III METODE PENGAMATAN A. jenis.4 minggu dan dikerjakan secara individu B. semester 2 tentang system pencernaan. Metode Pelaksanaan a) Tugas proyek ini dikerjakan untuk tugas dalam mempelajari bab 1. tanggal kadaluarsa dan keterangan penting yang lain. Misalnya tahu tahan lebih dari 2 hari bila dibiarkan pada suhu ruangan. susunan zat gizi. Cara Kerja . Bacalah label pada makanan yang dikemas. Label makanan yang dikemas adalah berisi tentang keterangan isi. bahan – bahan yang digunakan.tahan lebih lama dan elastis/kenyal. Banyak kita temui singkatan-singkatan pada label makanan dan kita harus tahu kepanjangan dari singkatan-singkatan seperti : MD ML Exp : makanan yang dibuat dalam negeri : makanan import/luar negri : tanggal kadaluarsa SNI : Standar Nasional Indonesia. Alat dan Bahan a) Bahan makanan sehari-hari selama seminggu b) Alat tulis c) Daftar informasi nilai gizi berbagai makanan d) Laptop atau mesin ketik C. Dan pemberian label makanan ini diatur dalam perunda-undangan bahwa setiap produk makanan yang dikemas harus mencantumkan keterangan pada label. b) Tugas proyek ini dikerjakan selama 3.

a) Menyusun jadwal aktivitas setiap harinya serta menghitung berapa banyak kalori yang dibutukan. e) Menyusun pembahasan dan kesimpulan dari permasalahan yang ingin dipecahkan. c) Menghitung nilai kalori pada bahan makanan tersebut agar tercapai menu seimbang berdasarkan pada sumber buku maupun berbagai informasi kandungan gizi berbagai bahan makanan. berolahraga. d) Kumpulkan sebagai laporan disertai sumber buku atau informasi nilai gizi bahan makanan. f) Membuat laporan sesuai dengan struktur penulisan ilmiah. Sehingga perlu perbaikan asupan kalori untuk selanjutnya. b) Menyusun menu seimbang menurut aktivitas individu selama seminggu. berekreasi dan berkegiatan yang lain. Memvariasikan menu untuk membantu menyeimbangkan asupan gizi.  Permasalahan jika kebutuhan kalori tidak dapat dipenuhi atau kelebihan : Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi. dengan mengetahui perbandingan antara kalori yang masuk dengan yang keluar. Tanda bahwa masukan energi itu cukup bagi seseorang adalah berat badan yang normal. seperti bekerja. . protein dan lemak. BAB IV HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN  Kebutuhan Kalori setiap hari : Berdasarkan tabel yang terlampir dapat diketahui kebutuhan kalori saya tidak sebanding dengan pembakaran kalori menyebabkan melemahnya fisik ditambah dengan tekanan. Kebutuhan energi dipenuhi dengan mengonsumsi makanna sumber karbohidrat. agar dapat hidup dan melaksanakan kegiatan sehari-hari.

karena tidak sesuai dengan kalori yang dibakar. Apabila keadaan ini berlanjut akan menyebabkan kegemukan disertai berbagai gangguan kesehatan. Kemudian diikuti oleh penurunan produktivitas kerja. perlu ditanyakan lama penurunan terjadi) . merosotnya prestasi belajar dan olahraga. tremor.Lamanya penurunan nafsu makan (bila nafsu makan menurun. Jadi.dapat diketahui bahwa dengan tidak terpenuhinya kebutuhan kalori menyebabkan lemahnya kesehatan.  Note :Konsumsi gula sebaiknya dibatasi sampai 5% dari jumlah energi atau sejitar 3-4 sendok makan setiap hari. penurunan nafsu makan. prestasi belajar. keringat berlebihan.Penurunan berat badan (berat badan sebelum sakit) .Konsumsi energi yang melebihi kecukupan akan disimpan sebagai cadangan di dalam tubuh berbentuk lemak atau jaringan lain. tinggi badannya tidak mencapai ukuran normal dan kurang tangguh. hal ini dilakukan agar tidak terjadi kelebihan yang mengakibatkan kegemukan. palpitasi. Bila hal ini terjadi pada anak-anak akan menghambat tumbuh kembangnya. antara lain tekanan darah tinggi. Kekurangan energi yang berlangsung lama akan mengakibatkan penurunan berat badan dan kekurangan zat gizi lain dan akhirnya menyebabkan keadaan gizi kurang. diabetes mellitus dan sebagainya. maka cadangan energi dalam tubuh yang berada dalam jaringan otot/lemak akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut. tanda-tanda hipermetabolisme (contoh flushing.  Permasalahan tentang menu seseorang ketika sedang sakit dibandingkan menu seseorang yang sedang sehat : Riwayat Gizi : -Kebiasaan makan -Pantangan -Keadaan penyakit dan faktor yang mempengaruhi status gizi. serta mudah terkena infeksi. dan juga kreativitas. Namun sebaliknya bila konsumsi energi kurang.serta penurunan berat badan. penyakit jantung. Dampaknya pada saat ia mencapai usia dewasa. frekuensi buang air besar meningkat dan gelisah) dan hipometabolisme (tanda yg berlawanan dari hiper-) . Apabila hal ini berlarut maka akan menurunkan daya kerja.

ada tidaknya diare.muntah.Toleransi makanan : untuk mengetahui reaksi tubuh terhadap makanan. terutama di saluran gastrointestinal (misal mual. Dalam konteks islam sebagai agama samawi yang membawa misi rahmatan lilalamin sangat memperhatikan makanan pemeluknya. Bagi makhluk hidup tidak terkecuali. obstipasi dan sakit perut .. makanan yang bergizi sangat penting bagi kesehatannya. Makanan dapat menyebabkan kita sehat. kita jumpai dalam beberapa ayat diantaranya adalah Al Baqarah: 168. kramp. Jadi Asupan kalori saya selama beberapa hari mengalami penurunan disebabkan terlalu banyaknya aktifitas serta fikiran yang menyebabkan nafsu makan saya berkurang sehingga berdampak pada fisik saya serta penurunan berat badan saya. tetapi dengan makanan pula kita dapat menyembuhkan penyakit. Sedangkan anjuran makan makanan yang halan dan thoyyibah. Yasin: 33. 57. Al Maidah. BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. Al A’raaf: 19. ada tidaknya perubahan bentuk feses. Bisa jadi nafsu makan berkurang juga bisa disebabkan factor terlalu banyak pikiran disertai aktifitas yang terlampau padat ketimbang asupan gizi sehingga melemahnya fisik. Ajaran manusia harus makan dapat kita jumpai pada surat alanbiya ayat 8. dan lain sebagainya.88. dan An Nahl:144. Al Baqarah: 35. Sehingga penambahan nutrient perlu diberikan untuk memperbaiki jaringan yang rusak dikarenakan oleh penyakit tersebut. Makna thoyyiban tidak saja menyangkut bahwa .kembung. apakah terjadi gangguan pada saat atau sesudah mengkonsumsi makanan. diare) atau kelainan sistemik lainnya (misal timbul reaksi alergi) Dengan kata lain Asupan gizi menjadi berkurang dikarenakan berkurangnya nafsu makan serta lemahnya fisik.Simpulan 1. makanan juga dapat menyeababkan kita sakit.Bowel habit : kebiasaan buang air besar (BAB).

perkembangan. mengakhirkan waktu sahur.yaitu sebagai berikut: • • • Menentukan kebutuhan energi Menentukan kebutuhan protein memperhatikan zat gizi bahan pangan yang ingin di gunakan yaitu memperhatikan bahan yang akan dimakan . 2. yaitu kecukupan kalori (energi) dan kecukupan protein. dan tidak lapar kecuali telah lapar dan akan berhenti makan sebelum kenyang merupakan anjuran dalam berpuasa yang sangat erat dengan hikmah puasa dari dimensi kesehatan.Sehat bagi orang yang berpuasa. Upaya pemenuhan menu empat sehat 5 sempurna . protein dengan • • Karbohidarat: Lemak: Protein 50 : 20 : 30 • • Menggunakan prinsip halalan dan thoyiban konversikan kebutuhan kalori dan protein makanaan dan hitung kembali kesesuaiannya. 3. dan kesehatan yang memakannya. Menggunakan ratio perbandingan : Karbonhidrat : lemak.makanan tersebut adalah baik dari segi cara memperolehnya. Anjuran meyegarakan berpuasa dengan makanan yang manis-manis. Ukuran mikro. pada kelima bahan B. Kebutuhan kalori (energi) perhari • • • • Orang kurus BB x 40-60 kalori Orang normal BB x 30 kalori Orang gemuk BB x 20 kalori Orang Obesitas BB x (10 x15) kalori 4. Berpuasa sesuai dengan tuntunan rasulluloh merupakan modal besar bagi di perolehanya hikmah puasa dari dimensi kesehatan. yaitu kecukupan vitamin dan mineral. 5. Perencanaan pemenuhan kebutuhan gizi (kecukupan kalori dan protein ) dapat dilakukan melaui 7 langkah utama. Hikmah puasa dari dimensi kesehatan merupakan hikmah yang selalu kita bisa rasakan jika kita mampu berpuasa sesuai yang di contohkan oleh Rasullulloh SAW. Saran . tetapi punya makna dapat mendukung pertumbuhan. Standart kecukupan gizi secara ukuran dapat dibagi kedalam dua bagian yaitu: • • Ukuran makro.

.Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka .2005. Daftar Pustaka M.S.Saya tahu bahwa didalam penulisan didalam makalah ini masih banyak terjadi kesalahan-kesalahan.Biologi 2A untuk kelas XI SMA. oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca yang mambangun sangat saya harapkan.Drs. Purnomo dkk.

htm http://86.html .htm http://t3447-tanya-menu-makanan-seimbang-yang-bagaimana.PR Biologi untukSMA/MA.htm http://Info%20Sehat%20%20%20Daftar%20Aktivitas%20dan%20Jumlah %20Kalori%20Yang%20Dibakar.Gut dan Rohana Kusumawati.html http://rudy-infokesehatan.htm http://DUKUNGAN%20NUTRISI%20pada%20KASUS%20PENYAKIT%20DALAM %20%C2%AB%20GIZI%20SEHAT.blogspot.htm http://daftar%20kalori%202.2010.Klaten:Intan Pariwara Situs : http://STANDART%20KECUKUPAN%20GIZI%20DAN%20PERENCANAAN %20PEMENUHANNYA%20%C2%AB%20BIOLOGI%20ONLINE.com/2009/07/daftar-kalori-makanan.htm http://Pola_Makan_Sehat_dan_Seimbang.Windarsih.htm http://MENGENAL%20PEDOMAN%20UMUM%20GIZI%20SEIMBANG %20(materi%20talkshow)%20_.