You are on page 1of 3

ANALISA TINDAKAN HIPOTERMIA

A. Tindakan kegiatan yang dilakuakan : Perawatan Bayi Inkubator B. Nama Px C. Dx Medis : :

D. Persiapan, Prosedur kerja dan Rasional kerja 1. Persiapan Alat : Inkubator Perlak Selimut Termometer

2. Persiapan Pasien : Perkenalan diri kepada ibu px Identifikasi kepada ibu px Menjelaskan tujuan kepada ibu pasien. Menjelaskan langkah dan prosedur kerja kepada ibu px

3. Prosedur Kerja Cuci tangan R/ untuk menjaga kebersihan dan proteksi diri Pastikan bahwa semua petugas yang terlibat dalam perawatan ini mampu menggunakan inkubator dengan benar R/ menghindariterjadinyakesalahan Tentukan suhu yang tepat untuk inkubator berdasarkan usia dan berat badan bayi R/ untukmengetahuisuhubayisebelum di incubator menyesuaikan suhu inkubator untuk mempertahankan lingkungan suhu netral (NTE).Inkubator memerlukan pasokan listrik yang tidak terputus. Hangatkan inkubator sampai suhu yang diinginkan sebelum meletakkan bayi di dalamnya. Perhatikan lokasi inkubator di ruang bayi. Inkubator harus jauh dari jendela yang tidak bisa ditutup rapat.

Bersihkan kasur dan tutupi dengan lembaran seprai bersih. Pastikan bahwa reservoir air inkubator kosong; bakteri yang berbahaya dapat berkembang dalam air dan menginfeksi bayi. Membiarkan reservoir kering tidak akan mempengaruhi fungsi inkubator.

Pastikan bahwa kepala bayi tertutup dan bayi diberi baju atau tertutup kecualijika bayi perlu telanjang atau dilepaskan bajunya sebagian untuk pengamatan atau prosedur.

Letakkan hanya satu bayi dalam tiap inkubator. Tutup kap secepat mungkin setelah meletakkan bayi di dalamnya, dan pertahankan jendela inkubator tetap tertutup setiap saat guna mempertahankan kehangatan inkubator.

Periksa suhu inkubator setiap jam selama delapan jam pertama, dan kemudian setiap tiga jam Ukur suhu bayi setiap jam selama delapan jam pertama, dan kemudian setiap tiga jam Suhu neonatus harus dipantau secara berkala, setiap 4 jam atau sesuai instruksi dokter. R/ untuk mempertahankan suhu tubuh 36,5 37,5C.

Jika suhu bayi kurang dan 36,5 C atau lebih dan 37,5 C, sesuaikan suhu inkubator berdasarkan suhu tersebut. Jika suhu bayi tetap kurang dan 36,5 C atau lebih dan 37,5 C meskipun inkubator dipertahankan pada pengaturan yang direkomendasikan, atasi suhu tubuh yang tidak normal.

Lubang jendela inkubator sedapat mungkin harus digunakan saat melakukan perawatan neonatus, dan tidak dengan membuka pintu inkubator yang lebih besar.

Berikan bayi kepada ibu segera setelah bayi tidak lagi membutuhkan perawatan khusus dan prosedur serta terapi yang sering. Biasanya bayi hipotermia menderita hipoglikemia, sehingga bayi harus diberi ASIsedikitsedikit sesering mungkin. Bila bayi tidak menghisap, diberi infus glukosa10% sebanyak 60-80 ml/kg per hari

SuhuInkubator SUHU INKUBATOR (OC) MENURUT UMUR 35oC 34 oC 33 oC 32 oC >5 minggu

BERAT LAHIR <1500 g

1-10 hari 11hari- 3 minggu 3-5 minggu

1500-2000 g 2100 2500 g

1-10 hari

11 hari 4 minggu >4 minggu 3 hari 3 minggu >3 minggu

1-2 hari

>2500 g

1-2 hari

> 2 hari

4. EvaluasiHasilKegiatan