FLUORIDE TOPIKAL APLIKASI (IN OFFICE) 1.

STANNOUS FLUORIDE (SnF) 8-10% GAMBAR :

Tin (II) fluorida, dikenal dengan nama umum stannous fluorida, adalah senyawa kimia dengan rumus Sn F2. Adalah solid berwarna yang digunakan sebagai bahan dalam pasta gigi yang biasanya lebih mahal daripada yang menggunakan sodium fluoride. Beberapa penelitian klinis melaporkan bahwa stannous f1uorida merupakan bahan yang paling efektif dalam pencegahan karies. Stannous fluoride juga efektif terhadap hipersensitivitas dentin, plak, radang gusi, dan bau napas. stannous fluorida efektif menghambat terjadinya karies, dengan menghambat pembentukan asam yang ditimbulkan oleh mikroorganisme yang dikandung plak penyebab karies. Bentuk monoklinik berisi tetramers, Sn 4 F 8, di mana ada dua lingkungan yang berbeda untuk koordinasi atom Sn. Pada fase uap, SNF 2 bentuk monomer, dimer, trimer dan. monomer SNF 2 adalah molekul non-linear dengan panjang ikatan Sn-F dari 206 pm. Konsentrasi senyawa ini yang dianjurkan adalah 8%. Konsentrasi ini diperoleh dengan melarutkan bubuk SNF 2 0,8 gram dengan air destilasi 10 ml. Larutan ini sedikit asam dengan pH 2,4-2,8. Agar lebih enak campurkan pula 10 cc larutan SNF 2 8% dengan 1-2 tetes perasa jeruk dan 10 gr bahan abrasive. Biasanya berbentuk varnish atau gel. Teknik aplikasi Stannous Fluoride
1. 2. 3. 4.

Bersihkan gigi dengan pumice Isolasi gigi dengan cotton rolls Aplikasikan Stannous fluoride 8% pada gigi yang sudah kering dengan cotton aplicator, jaga kelembabannya dengan pengolesan ulang stannous fluoride setiap 15-30 menit Instruksikan pasien untuk tidak makan, minum ataupun berkumur selama 30 menit setelah aplikasi topikal Stannous fluoride

Agen penetral termasuk natrium hidroksida dan natrium karbonat . NATRIUM FLUORIDE (NaF) 2% GAMBAR : NaF merupakan salah satu yang sering digunakan karena dapat disimpan untuk waktu yang agak lama.ion. sekitar 462 pm. produk sampingan dari reaksi fluorapatite (Ca 5) PO 4) 3 F (daribatuan fosfat ) dari produksi superfosfat pupuk. Pasta gigi sering mengandung sodium fluoride untuk mencegah gigi berlubang atau digunakan sebagai agen pembersih.menempati situs koordinasi oktahedral. agak lebih kecil dari natrium klorida. memiliki rasa yang cukup baik. tidak mewarnai gigi serta tidak mengiritasi gingiva. Biasanya berbentuk varnish dan gel. . dampak buruknya adalah fluorosis gigi . jarak kisi yang ada. Seperti natrium klorida . yang dapat mengubah penampilan gigi anak-anak selama perkembangan gigi. sebagian besar ringan dan tidak mungkin untuk mewakili penampilan estetika atau kesehatan masyarakat. melarutkan dan memberikan Na + dan F . NaF dibuat dengan menetralkan asam fluorida atau asam hexafluorosilicic (H 2 Sif 6). mengkristal dalam kubik motif mana kedua Na + dan F . dilarutkan dalam bentuk bubuk 0. Senyawa ini dianjurkan penggunaannnya dengan konsentrasi 2%. Sodium fluoride merupakan senyawa ionik .2 gram dengan air destilasi 10 ml. misalnya sebagai "cuci asam". Dalam dosis yang lebih rendah digunakan untuk fluoridasi air.2. Alkohol kadang-kadang digunakan untuk mengendapkan NaF.

Pada kunjungan pertama bersihkan gigi dengan pumice dan rubber cup Bersihkan mulut dan isolasi dengan cotton rolls Keringkan gigi dan aplikasikan Natrium Fluoride 2% pada permukaan gigi termasuk permukaan proksimal dengan cotton aplicator atau spray Biarkan larutan mengering pada gigi selama 3-5 menit Lakukan pula pada gigi antagonisnya Pada kunjungan ketiga ulangi prosedur yang sama Prosedur topical aplikasi efektif dilakukan pada umur 3. 10 dan 13 tahun 3. tersedia dalam bermacammacam rasa. SiF62 dan air terprotonasi. merupakan bahan topikal aplikasi yang banyak di pasaran dan dijual bebas. 7. Bahan ini tersedia dalam bentuk larutan atau gel. 6.71 Å. Komoditas kimia hidrogen fluorida dihasilkan dari fluorspar melalui pengobatan dengan asam sulfat. Berbentuk Octahedral SiF62−. APF dalam bentuk gel sering mempunyai tambahan rasa seperti rasa jeruk. siap pakai. anggur dan jeruk nipis. 7. jarak ikatan Si-F adalah 1. Larutan berair dari H2SiF6 mengandung anion hexafluorosilicate.Teknik aplikasi Natrium Fluoride 1. tidak menyebabkan pewarnaan pada gigi dan tidak mengiritasi gingiva. ACIDULATED PHOSPHATE FLUORIDE (APF) 1. 4. Distilasi larutan asam hexafluorosilicic tidak menghasilkan molekul H2SiF6 melainkan uap yang terdiri dari HF. dan air. Menurut . 5. 3.23% GAMBAR : APF lebih sering digunakan karena memiliki sifat yang stabil. 2. Dalam anion oktahedral. SiF4.

produk. Salah satu varnish fluor adalah duraphat (colgate oral care) merupakan larutan alkohol varnis alami yang berisi 50 mg NaF/ml (2. H2SiF6 juga diproduksi sebagai produk sampingan dari produksi asam fosfat dari apatit dan fluorapatite. Aplikasi klinis dari APF gel harus menggunakan tray yang sesuai dengan lengkungan gigi atas dan bawah pasien 4. Aplikasikan APF setiap 15-30 detik untuk menjaga gigi lembab dengan larutan fluorida selama 4 menit 6. Oral prophylaxis selesai 2. Varnish dilakukan pada anak-anak umur 6 tahun ke atas karena anak dibawah umur 6 tahun belum dapat menelan ludah dengan baik sehingga dikhawatirkan varnish dapat tertelan dan dapat menyebabkan fluorosis enamel. untuk memberikan tetrafluorida silikon. asam hexafluorosilicic mengkonversi ke ion fluoride (F -). Biasanya berbentuk larutan dan gel. dalam aplikasi ini. Sekali lagi. atau berkumur-kumur selama minimal 30 menit FLUORIDE TOPICAL IN OFFICE TERSEDIA DALAM BENTUK : VARNISH Pemberian varnish fluor dianjurkan bila penggunaan pasta gigi mengandung fluor. Gigi yang telah diisolasi lalu keringkan dengan udara 3. beberapa HF pada gilirannya bereaksi dengan mineral silikat.5 % sampai kira-kira 25. Setelah tray diposisikan pada tempatnya. Pasien diinstruksikan untuk makan. sekitar 50 kg H2SiF6 diproduksi per ton HF karena reaksi yang melibatkan silika yang mengandung mineral pengotor. Pemberian varnish fluor diberikan setiap empat atau enam bulan sekali pada anak yang mempunyai resiko karies tinggi. minum. tablet fluor dan obat kumur tidak cukup untuk mencegah atau menghambat perkembangan karies. gunakan saliva ejector untuk membuang air liur dan kelebihan fluoride 5. Dengan demikian terbentuk. yang merupakan konstituen tak terhindarkan dari bahan baku mineral.000 ppm fluor). tetrafluorida silicon yang bereaksi lebih lanjut dengan HF. Teknik aplikasi Accidulated Phosphate Fluoride Accidulated Phosphate Fluoride diaplikasikan dengan jarak waktu 6 atau 12 bulan 1. yang merupakan agen aktif untuk perlindungan gigi. Setelah diolah menjadi natrium silicofluoride. .

caranya yaitu gel/foam diaplikasikan pada mouth tray kemudian mouth tray ini digigit. makan. merokok. Aplikasi ini biasanya memakan waktu 4 menit.Teknik Pemberian varnish :      Sediakan bahan aplikasi Gigi dibersihkan dengan sikat gigi terlebih dulu Bersihkan dan keringkan gigi dengan kain kasa Oleskan varnish keseluruh bagian gigi. Pasien tidak boleh berkumur. . ataupun minum setidaknya 30 menit setelah pengaplikasian ini. gigi akan terlihat menguning Dokter memberi instruksi untuk tidak menghilangkan lapisan fluoride sampai keesokan harinya GEL / FOAM Pengaplikasian gel/foam yang berfluoride dilakukan oleh dokter gigi.

LARUTAN Obat kumur yang mengandung fluor dapat menurunkan karies sebanyak 20-50%. Berkumur fluor diindikasikan untuk anak yang berumur diatas enam tahun karena telah mampu berkumur dengan baik dan orang dewasa yang mudah terserang karies. 2005). Penggunaan obat kumur disarankan untuk anak yang berisiko karies tinggi atau selama terjadi kenaikan karies (Angela. serta bagi pasien-pasien yang memakai alat ortho. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful