You are on page 1of 17

LANDASAN EKONOMI PENDIDIKAN KEJURUAN

Oleh YAYI FEBDIA PRADANI SHOFIYAH AL IDRUS ARIS SULISTYO YULI ASTUTI 130551818098/OFF-A 130551818115/OFF-A 130551818122/OFF-A 130551818140/OFF-A

LANDASAN EKONOMI PENDIDIKAN KEJURUAN Hubungan Ekonomi dan Pendidikan Peran Ekonomi dalam Pendidikan Konsep Dasar Pendidikan Ekonomi Faktor Ekonomi Ekonomi Pendidikan Kejuruan .

HOME .ILMU EKONOMI Merupakan suatu disiplin yang berkenaan dengan efisiensi. pengalokasian sumber-sumber yang langka untuk mencapai tingkat kepuasan setinggitingginya (Thomas H Jones 1985).

PERAN EKONOMI DALAM PENDIDIKAN Secara Makro Secara Mikro .

PERAN EKONOMI SECARA MAKRO Peran ekonomi secara makro dapat ditunjukkan dengan contoh yaitu banyaknya orang kaya yang mau secara sukarela menjadi orang tua asuh/bapak angkat (dorongan hati atau himbauan pemerintah) untuk mensukseskan wajar 9 atau 12 tahun. HOME . terlaksananya sistem ganda dalam pendidikan dan munculnya sekolah-sekolah unggul.

HOME .PERAN EKONOMI SECARA MIKRO Peran ekonomi secara mikro dapat ditunjukkan dengan contoh yaitu seperti peningkatan taraf hidup manusia yang selalu dikaitkan dengan perekonomian.

dan (7) Membuat para personalia pendidikan lebih bergairah bekerja HOME .Kegunaan Ekonomi dalam Pendidikan (1) Untuk membeli keperluan pendidikan yang tidak dapat dibuat sendiri atau bersama siswa (2) Membiayai segala perlengkapan gedung (3) Membayar jasa semua kegiatan pendidikan (4) Untuk mengembangkan individu yang berperilaku ekonomi (5) Untuk memenuhi kebutuhan dasar dan keamanan para personalia pendidikan (6) Meningkatkan motivasi kerja.

Konsep Dasar Landasan Ekonomi Konstribusi Pendidikan Produktivitas Kerja .

Lanjutan. Konstribusi Pendidikan dalam Pertumbuhan Ekonomi Tenaga Kerja Modal HOME ...

terdapat dua aspek utama dalam ekonomi pendidikan kejuruan: (1) Pendidikan kejuruan sebagai kontributor utama dalam ekonomi masayarakat (2) Ekonomi pendidikan kejuruan itu sendiri .Faktor Ekonomi Dalam landasan ekonomi pendidikan kejuruan.

Pembahasan Dalam Faktor Ekonomi Peran Tenaga Kerja Faktor-faktor Teknologi Dasar Ekonomi Pendidikan Kejuruan Pendidikan Kejuruan dan Kesejahteraan Umum .

Peran Tenaga Kerja 2/3 pendapatan negara untuk upah dan gaji Peran tenaga Kerja Upah dipengaruhi oleh kebiasaan. HOME . monopoli. otoritas publik. dan penawaran antara pemilik antara tenaga kerja dan tenaga kerja itu sendiri.

Dasar Ekonomi Pendidikan Kejuruan Penawaran Tenaga Kerja Tuntutan Pekerjaan yang Berat serta Keterampilan yang rendah Diciptakannya Program Keahlian Kejuruan HOME .

HOME . Pendidikan nantinya akan menjadi perantara antara teknologi disatu sisi dan tenaga kerja disisi yang lain. di masa yang akan datang pertumbuhan ekonomi akan meningkat tergantung pada peningkatan perkembangan teknologi yang mana sebaliknya akan tergantung pada tersedianya personilpersonil yang terlatih dalam teknologi.Faktor-faktor Teknologi Pada peningkatan produksi dan konsumsi.

Penggunaan tenaga kerja akan mengarah kepada perbaikan ekonomi. HOME . yang mana akan menuju kepada standar hidup yang lebih baik bagi individu dan masyarakat.Pendidikan Kejuruan dan Kesejahteraan Umum Pilihan-pilihan pada fasilitas kejuruan melalui penyediaan dana pemerintah untuk pengembangan program pendidikan kejuruan.

Pendanaan Kejuruan Dana pemerintah pusat untuk pendidikan kejuruan disalurkan ke seluruh wilayah sesuai dengan anggaran dasar yang diajukan berdasarkan: • Jumlah populasi • Pendapatan per kapita HOME .